Waspada Penularan Flu Singapur

Anyeong… Apa kabar gaes? Semoga dalam keadaan sehat semua ya. Beberapa waktu yang lalu aku pernah menulis tentang cara menjaga daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan mata. Nah kali ini aku ingin membahas tentang informasi kesehatan lagi nih, yaitu tentang Flu Singapur atau Flu Singapura.

Apa sih Flu Singapur itu?

Supaya tidak membuat kalian bingung, ada baiknya aku perkenalkan apa itu Flu Singapur. Mungkin kalian berpikir kalau Flu Singapur ini merupakan sejenis flu pada umumnya. Tolong  jangan di salah artikan, faktanya Flu Singapore merupakan suatu penyakit menular akibat infeksi kelompok virus yang bernama enterovirus bukan virus influenza.

flu singapur

Virus ini menyebabkan munculnya sariawan di mulut serta luka lepuh di kulit. Kalau di ibaratkan penyakit ini hampir mirip dengan cacar, namun berbahaya. Perbedaannya terletak pada ukuran dan penyebaran ruam/lenting (kondisi melepuh di kulit) di tubuh. Kalau Flu Singapura ukuran lenting lebih kecil dibanding cacar. Dari penyebarannya di tubuh Flu Singapura hanya ada di mulut, kaki dan tangan sedangkan cacar menyebar di sekujur tubuh.

Penyakit ini dikenal sebagai Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) atau dalam bahasa Indonesia disebut penyakit Kaki Tangan dan Mulut (KTM). Umumnya penyakit ini menyerang bayi dan anak-anak sebab sistem imunitas yang belum kuat. Bukan berarti penyakit ini tidak menyerang orang dewasa loh ya.

Kenapa di namakan Flu Singapur? Flu Singapura sebenarnya bukan berasal dari Singapura. Hanya saja pada tahun 2000-an pernah mewabah di Singapura. Padahal sebelum itu juga pernah terjadi di Toronto, Kanada  di tahun 1957.

Penyebab penularan Flu Singapura

Jika dilihat dari penyebabnya mungkin kamu akan kaget karna hampir mirip dengan covid-19. Ya bisa di katakan hampir mirip, yakni menular lewat cairan misalnya lendir hidung dan tenggorokan, air liur, cairan lenting, tinja, ataupun cairan orang bersin dan batuk.

Yah, lagi-lagi kebersihan diri jadi faktor utamanya. Umumnya penyakit ini sering terjadi saat musim panas. Beberapa hasil studi yang dilakukan telah menemukan bahwa penyakit ini lebih mudah menular pada tempat yang suhunya panas, kelembapan yang tinggi, serta angin yang bertiup kencang.

Gejala Flu Singapura

Menurut beberapa sumber, seseorang yang terinfeksi virus Flu Singapur akan memperlihatkan gejala-gejala setelah 3-6 hari masa inkubasi berlalu. Gejala awal yang muncul biasanya adalah demam, sakit tenggorokan (perih saat menelan), turunnya nafsu makan dan lemas.

Pada anak biasanya akan di susul dengan munculnya sariawan di dalam mulut 1-2 hari setelah demam. Sariawan ini lah yang menyebabkan anak biasanya tidak mau makan akibat perihnya. Lalu setelah sariawan, barulah ruam-ruam merah muncul di sekitar kaki, tangan maupun mulut si anak.

flu singapura
gejala flu singapura

Mungkin agar lebih mudah dipahami aku buat daftar gejalanya berikut ini :

  • Demam
  • Sakit Tenggorokan
  • Sariawan
  • Turunnya Nafsu Makan
  • Ruam/Lenting

Jika kamu melihat gejala yang persis seperti yang aku sebutkan diatas, sebaiknya kamu segera periksakan ke dokter. Dan ingat, sebelumnya kamu pernah kontak dengan siapa saja. Hal demikian bertujuan agar penyakit ini tidak semakin menular secara luas.

Cara Pengobatan Flu Singapura

Meskipun tidak membutuhkan pengobatan khusus yakni penyakit akan mereda setelah 7-10 hari. Namun ada baiknya untuk tetap berobat agar meredakan keluhan dan mempercepat pemulihan. Terlebih jika penyakit ini menyerang anak-anak. Dengan pengobatan tentunya akan meredakan gejala sehingga anak merasa lebih nyaman dan nafsu makan pun meningkat.

pengobatan flu singapura
perawatan flu singapura

Perawatan mandiri juga bisa kamu lakukan untuk anak maupun orang dewasa antara lain :

  • Minum obat penurun panas demam dan meredakan nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen
  • Konsumsi banyak cairan seperti banyak minum air putih. Bahkan dianjurkan untuk makan es krim atau minuman dingin guna membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan.
  • Oleskan salep kulit pada ruam/lenting.
  • Agar energi dan nutrisi terjaga, berikan makanan lunak agar anak maupun orang dewasa mudah menelan. Bila perlu tambahkan nutrisi cair  yang mengandung nukletida dan laktoferin.
  • Untuk mengurangi nyeri pada sariawan, disarankan untuk berkumur dengan air garam beberapa kali sehari
  • Dan pastikan kamu beristirahat dengan cukup

Pencegahan Flu Singapura

Cara sederhana untuk mencegah penyakit adalah dengan membiasakan hidup sehat. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti :

  • Sering mencuci tangan baik ketika sebelum makan, setelah buang air dari toilet, maupun setelah bersin dan batuk.
  • Disarankan untuk tidak berbagi alat makan dan minum, terlebih jika sedang berada dekat dengan seseorang yang sedang sakit
  • Tutup mulut dan hidung ketika bersin maupun batuk.
  • Rutin membersihkan benda maupun barang yang sering digunakan bersama yang berpotensi sebagai media penularan.
  • Istirahat dirumah sampai kondisi benar-benar pulih.
flu singapura
pencegahan flu singapura

Itulah penjelasan singkat mengenai Flu Singapur. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya.


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Waspada Penularan Flu Singapur"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel