Pentingnya Nutrisi Bagi Pelari

Bagi kalian yang hobi lari seperti aku, jangan lewatkan informasi ini. Kali ini aku akan berbagi informasi mengenai nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh para pelari. Selain latihan dan recovery yang tepat pelari juga membutuhkan nutrisi yang cukup agar menunjang program lari yang di jalani. Nutrisi ibarat bahan bakar bagi tubuh kita untuk mengisi tenaga sebelum memulai aktivitas, apalagi aktifitas yang akan kita lakukan merupakan aktifitas yang berat, seperti olahraga lari. Untuk itulah para semua orang khususnya olahragawan maupun pelari perlu nutrisi khusus sehingga menunjang aktifitas larinya. Baiklah berikut ini akan aku sampaikan beberapa nutrisi penting tersebut.

Nutrisi Penting bagi Pelari


Karbohidrat (Beras, Roti, Gula)


Untuk pelari, dianjurkan mengonsumsi makanan kecil satu jam sebelum berlari, yaitu karbohidrat dari 1-2 potong roti (80 kalori per potong) atau sekotak susu (70-140 kalori per karton), dengan total 100-200 kalori, karena dapat memberikan energi yang dibutuhkan secara efektif selama berlari.

Protein (Daging, Susu, Telur, Kedelai dan Protein Nabati lainnya)

roti panggang

Dengan jumlah protein yang tepat dan tidur yang cukup, otot-otot dapat diperbaiki, dibangun kembali dan menjadi lebih kuat. Selain daging, susu, dan telur, kedelai juga merupakan sumber protein yang baik karena merupakan salah satu dari protein nabati lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Lemak (Lemak dan minyak)

Minyak sayur

Lemak berfungsi sebagai sumber energi penting. Setelah karbohidrat, lemak sering digunakan sebagai bahan bakar, selama berolahraga. Ketika kita berolahraga sekitar 30-60 menit, tubuh membakar jumlah lemak yang cukup. Lemak sangat mudah dikonsumsi tetapi sangat sulit untuk dihilangkan.

Mineral dan vitamin (Sayuran dan buah-buahan)

pisang pelari

Jika Anda memilih berolahraga lebih dari dua jam berturut-turut, minuman berenergi dan mengandung mineral sangat disarankan untuk menggantikan cairan yang hilang. Biasanya buah-buahan favorit para pelari adalah buah pisang (kesukaanku juga hehe). Kandungan nutrisi pada pisang sangat banyak, ada vitamin c, potasium, kalium yang berguna untuk kesehatan jantung, serta rendah kalori, cocok untuk santapan orang yang lagi diet.

Air

minum air


Air membantu mengantarkan nutrisi ke sel-sel dan memainkan peran penting dalam menghilangkan limbah dalam tubuh. Pelari perlu menjaga keseimbangan air tubuh sebelum, selama dan setelah latihan, karena air memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk hampir setiap fungsi tubuh, serta membantu membatasi perubahan suhu tubuh.

Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bermanfaat bagi kalian semuanya...
Share:

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung, tinggalkan saran dan komentarnya

For More Info (Just Click)

Popular Posts

Hi I'm Eko

Hi I'm Eko
My name is Wahyu Eko Cahyanto, I'm a running enthusiast, Whatsapp : 0896 0186 2879, email : weko333@gmail.com

Recent Posts