Postingan

Tips Trik Checking Mesin dan Body Toyota Agya Bekas, Jangan Sampai Pernah Kecelakaan!

Tips Trik Checking Mesin dan Body Toyota Agya Bekas: Pastikan Tak Pernah Kecelakaan dan Cek Kelengkapan Surat-Surat

Mobil dengan segmen LCGC (low cost green car) masih menjadi salah satu pilihan mobil yang sangat diminati di Indonesia. Beberapa alasan umum mereka memilih mobil jenis ini adalah harganya murah, body compact, serta hemat bahan bakar.

Dan salah satu jenis mobil LCGC yang paling laku di pasaran adalah Toyota Agya. Untuk harga baru dibanderol mulai dari 140 jutaan dengan sejumlah fitur modern dan desain yang fresh sesuai jaman sekarang.

Jika ingin toyota agya yang lebih murah maka mungkin bisa cari orang jual mobil toyota agya bekas, biasanya dapat harga lebih murah dibawah 100 juta terkandung kondisi mobil dan usia pemakaiannya. Semakin tua usia mobil dapat membuat harga jual bekasnya semakin turun

tips membeli mobil toyota agya bekas

Nah agar kamu bebas rasa khawatir jika ingin membeli toyota agya bekas, perhatikan tips trik berikut.

1. Ketahui Harga Pasaran Mobil Toyota Agya dan spesifikasinya

Jika kamu melihat iklan jual mobil toyota agya terlampau murah, pastikan jangan mudah tergiur. Kamu perlu curiga, bandingkan dengan harga di pasaran. Bisa jadi harga miring yang ditawarkan penjual sebanding dengan kualitas mobil dengan berbagai kekurangan.

Mengetahui sejarah diluncurkannya toyota agya generasi awal hingga yang terbaru sangat penting, agar sebagai calon pembeli yang bijak tidak mudah termakan tawaran penjual nakal alias penipu.

Sekilas sejarah generasi toyota agya

  • Toyota agya generasi awal diluncurkan tahun 2013. Fiturnya sedikit karena hanya menggunakan mesin berkapasitas 1.000cc dengan tiga silinder dan tanpa teknologi VVT-i
  • Selanjutnya toyota agya mendapatkan facelift pertamanya di tahun 2017, hadirnya pilihan mesin berkapasitas 1.200cc yang dibekali teknologi Dual VVT-i. Untuk versi 1.000cc juga mendapatkan fitur teknologi VVT-i
  • Facelift kedua dan merupakan generasi terbaru toyota agya muncul ditahun 2020. Untuk mesin tidak ada perubahan, perubahan besar hanya dari tampilan desain serta interior yang lebih ditingkatkan kenyamanannya.

Pastinya dari 3 generasi agya, generasi pertama harga mobil bekasnya cenderung murah kisarannya mulai dari 70 jutaan. Namun tidak disarankan sebab disinyalir banyak keluhan dari pemakainya. Tapi jika kamu termasuk pembeli yang apatis dengan keluhan dan lebih percaya dengan mencobanya sendiri juga bebas saja, mungkin kamu punya kenalan mekanik handal atau kamu sendiri sebagai mekaniknya pasti tidak ada masalah berarti.

Jalur amannya adalah kamu bisa pilih toyota agya 2017,selain mendapat perbaikan dari versi sebelumnya, harganya juga dibanderol mulai dari 90 juta hingga 140 juta, sesuai kondisi dan tahun pembuatan. Andaikan kamu menemukan orang jual mobil toyota agya bekas 2017 dibawah harga pasaran diatas, bisa jadi kondisi mobil dibawah rata-rata, takutnya mobil tersebut pernah terendam banjir bahkan yang paling parah pernah tabrakan. Ciri mobil pernah terendam banjir adalah komponen kelistrikan rentan korsleting.

2. Lakukan Test Drive untuk Mengetahui Performa Mobil

Yang kedua, jangan pernah menganggap tampilan mobil yang kinclong sebanding dengan kondisi mesin. Itu merupakan persepsi yang salah, yang benar adalah dengan menguji langsung dengan test drive sehingga bisa memastikan sendiri kondisi mesin masih layak pakai atau mesti diperbaiki.

Saat menguji langsung, semua fitur yang tersedia di mobil wajib di coba apakah semua berfungsi dengan seharusnya. Pasang juga telingamu untuk mendengar apakah ada bunyi aneh dan tak wajar saat sedang mengendarai mobil? Tes juga fungsi pengereman apakah masih normal. Sesekali lewati jalan yang kurang rata atau melewati polisi tidur untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil yang akan di beli.

Kondisi setir kemudi juga wajib kamu cek, saat membelokkan setir ke kanan kiri apakah terdengar bunyi aneh atau tidak. Jangan lupa cek perpindahan transmisi apakah terasa berat dan tidak bertenaga ataukah tidak.

3. Periksa Detail Kondisi Bodi

Nah, secara kasat mata tampilan body mobil bekas dapat mencerminkan pemilik sebelumnya. Jika perawatannya bagus maka pastikan tidak ada goresan pada cat mobil. Sebab tampilan body mobil yang mulus tentunya menunjang penampilan ketika anda mengendarainya.

Jika kamu menemukan beberapa goresan pada body mobil, pastikan untuk menanyakan secara detail kepada penjual apakah hanya benturan kecil atau bekas kecelakaan. Dan jika ia mengatakan bekas kecelakaan tentunya rawan terdapat body atau part yang pernah bengkok dan saat di perbaiki tidak bisa kembali secara sempurna. Jika ragu lebih baik lewati mobil bekas kecelakaan meskipun tampilan luarnya terlihat mulus.

mobil toyota agya bekas kecelakaan

Biaya perbaikan body repair bekas kecelakaan tergantung kondisi dari ringan, sedang hingga berat. Kisaran biaya mulai dari 400-750 ribu hingga puluhan juta rupiah. 

4. Cek kelengkapan surat-surat

Hal yang tak kalah penting adalah kelengkapan surat menyuratnya. Jangan pernah mau membeli mobil STNK only, meskipun murah kamu beresiko di cap sebagai penadah mobil bodong takutnya saat mobil di parkir tiba-tiba di tarik mobil derek oleh pihak leasing yang ternyata penjual sebelumnya menggadaikan BPKB mobil tersebut sebagai jaminan. Jadi pastikan STNK dan BPKB lengkap serta pastikan dalam kondisi hidup, walaupun mati pastikan penjual untuk membereskannya terlebih dahulu. Agar tidak repot saat membayar pajak pastikan untuk melakukan balik nama kepemilikan BPKB dan STNK mobil toyota agya.

5. Bisa Beli Dengan Skema Kredit

Jika bujet yang kamu miliki terbatas namun ingin segera membeli mobil, bisa memilih dengan membeli mobil secara kredit. Saat ini telah banyak tersedia platform jual beli mobil bekas yang mendukung pembelian secara kredit, salah satu yang direkomendasikan adalah caroline.id.

Salah satu layanan di Caroline adalah adanya simulasi kredit sehingga calon pembeli tidak perlu repot menghitung sendiri yang secara otomatis menunjukkan acuan besaran nominal yang perlu Anda keluarkan selama masa kredit berlangsung beserta jumlah uang muka yang diinginkan. Jadi calon pembeli dapat menyesuaikan berapa lama tenor dan sesuai kemampuan ia membayar cicilan kredit.

beli toyota agya di caroline.id

Apalagi Caroline.id sebagai platform jual beli mobil punya program unggulan yaitu memberikan garansi 7G+. Dimana garansi 7G+ meliputi : 

  1. garansi mesin
  2. garansi transmisi
  3. garansi AC
  4. garansi rem
  5. garansi electrical (kelistrikan)
  6. garansi penggerak
  7. garansi kemudi
  8. garansi buyback dan oli & filter oli

Selain melayani jual-beli mobil, kamu juga bisa melakukan pre-order dan tukar tambah kendaraan. Ditambah caroline.id selalu memberikan promo menarik setiap saat, Promo yang sedang berlangsung saat ini adalah promo cuci gudang yang menawarkan harga mobil yang terjangkau dibawah harga pasaran.

Jika tertarik ingin datang langsung pun lebih mudah untuk melakukan transaksi langsung karena caroline tersedia banyak cabang di beberapa kota di Indonesia. Jadi tunggu apalagi periksa iklan jual mobil toyota agya bekas di caroline.id dan nikmati fitur unggulan garansi 7G+ yang mantap.

Semoga mobil impian kita toyota agya dapat segera dimiliki dan bermanfaat untuk kehidupan kita kedepannya.

Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko