NAS, Solusi Ketika Penyimpanan Cloud Tak Lagi Gratis

Penyimpanan media digital sudah menjadi bagian dari masyarakat modern saat ini, adapun beberapa file digital yang biasa orang simpan seperti dokumen tugas/kerjaan,  foto maupun video. Semakin kesini banyak yang telah bergantung pada media penyimpanan berbentuk cloud gratis sebut saja Google Foto dengan kapasitas maksimal 15GB. Namun baru-baru ini, pihak google telah mengumumkan bahwa akan menghentikan layanan penyimpanan gratis untuk foto berkualitas tinggi per tanggal 1 Juni kemarin.

Jika akun google foto kalian tidak aktif selama 2 tahun atau telah melebihi batas 15GB maka kalian harus bersiap menerima kenyataan bahwa foto yang tersimpan akan dihapus oleh mereka tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika ingin menambah ruang penyimpanan kamu sebagai pengguna diharuskan membayar biaya berlangganan atau mencari alternatif lain. Tentunya kebijakan baru ini akan mempengaruhi lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Padahal cloud merupakan salah satu alternatif penyimpanan yang membantu ketika penyimpanan internal di gadget mulai sesak. Jadi pilihan kini ada ditangan pengguna apakah mau lanjut berlangganan atau mengganti layanan cloud lain yang menawarkan penyimpanan gratis seperti OneDrive, Dropbox, atau iCloud. Tapi tetap saja yang namanya gratis tentu ada batasnya artinya mau tak mau kita sebagai pengguna harus tetap membayar biaya berlangganan terlepas dari platform mana saja. Lantas apakah ada solusinya?

Adakah Pilihan Alternatif Terbaik?

Apakah harus kembali penyimpanan manual seperti menyimpan file di hard disk eksternal? Pasti ribet dong, untuk mengaksesnya harus butuh laptop/computer jadinya gak fleksibel lagi, apalagi adanya kemungkinan file corrupted akibat human error atau virus. Ditambah lagi masalah antara layanan cloud tidak dapat terintegrasi langsung pasti makin bikin pusing saat akan memindahkan file.

solusi alternatif cloud berbayar


Seakan menjawab beberapa permasalahan diatas kini telah ada perangkat on-premise atau solusi cloud pribadi. Network-Attached Storage yang biasa disebut dengan NAS dapat menjadi solusi andalan dalam membangun server multimedia untuk menyimpan berbagai file penting seperti foto, video, hingga audio dengan aman.

Apa itu Synology NAS?

NAS (Network Attached Storage) adalah sebuah perangkat dengan sistem penyimpanan cerdas yang terhubung ke jaringan rumah maupun kantor. Berbagai jenis file dapat di simpan oleh pengguna di NAS, mulai dari dokumen penting hingga koleksi audio musik, foto dan video kenangan yang berharga. Mirip seperti layanan cloud, kamu bisa mengakses file di dalam NAS menggunakan browser web atau aplikasi seluler dengan mudah menggunakan berbagai layanan yang disediakan oleh NAS melalui Internet.

NAS (Network Attached Storage)
Synology NAS DS220j untuk rumahan


Synology NAS ini didukung oleh sistem operasi DiskStation Manager (DSM) yang memiliki aplikasi gratis bagi pengguna untuk membackup berbagai file foto, video dan musik baik di smartphone, PC, maupun laptop. Selain itu, Synology NAS juga menawarkan penyimpanan yang aman, sehingga semua data akan terlindungi dan kepemilikan data sensitif sepenuhnya ada ditangan pengguna.


Solusi penyimpanan foto modern dan berbagi data untuk keluarga

Untuk pengguna rumahan pilihan solusi penyimpanan foto modern dan berbagi data untuk keluarga yang sesuai adalah Synology DS220j. Dengan fitur yang lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan multimedia seluruh anggota keluarga.

Menggunakan CPU Realtek RTD1296, DS220j memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengkategorikan foto, mengelola file dengan mudah di seluruh komputer dan smartphone, serta sangat ekonomis. Dengan penyimpanan yang terpusat, berbagi data antar anggota keluarga juga menjadi mudah tanpa harus mengirimkan ulang menggunakan platform messenger. 

 

Manajemen dan backup foto yang komprehensif

Menariknya Synology DS220j dapat kita optimalkan sebagai solusi manajemen foto yang secara menyeluruh dan juga aman. Kalian sebagai pengguna juga tak perlu memikirkan masalah yang sudah di paparkan sebelumnya seperti harus membayar biaya berlangganan lagi untuk mendapatkan fitur lebih ataupun khawatir akan keamanan data jika terjadi kehilangan data akibat dihapus atau foto pribadi tersebar. Semua itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan layanan NAS.

manajemen backup foto
Manajemen foto terpusat di Synology NAS

Kejadian file corrupted pada hardisk eksternal memang bikin sebel, di tambah smartphone yang tiba-tiba mati padahal file datanya sedang dibutuhkan saat itu juga. Jika kita lupa backup tentu masalah akan makin tambah makin pusing. Oleh sebab itu sangat perlu membackup file-file yang sekiranya penting menurut kamu. Nah masalah seperti itu juga tak perlu khawatir lagi sebab adanya fitur backup otomatis di dalam Synology NAS akan membantu kamu melindungi data penting. Menariknya lagi seluruh keluarga dapat mencadangkan semua foto dan video dari smartphone yang berbeda ke dalam satu NAS terpusat. 


Membuat layanan media streaming sendiri tanpa biaya

Siapa nih yang hobi nonton film? Kalau ditanya begitu sepertinya pasti semua orang suka deh. Karena setiap orang pasti punya film favoritnya masing-masing, yang tak ada jenuh menontonnya secara berulang. Dengan Synology NAS kalian bisa menonton film favorit kalian dengan mudah, karena ia dapat digunakan sebagai aplikasi streaming rumahan. Dimana pengguna dapat streaming konten digital langsung ke perangkat elektronik favorit, seperti komputer, smartphone, Samsung TV, Apple TV, Google Chromecast, dan perangkat DLNA. 

Server Multimedia Pribadi
Membangun Server Multimedia Pribadi Untuk Streaming Tanpa Biaya

Membangun server multimedia pribadi di rumah bukan lagi masalah dengan adanya Synology NAS yang punya beragam manfaat yang dimilikinya. Punya OS yang sangat intuitif sehingga mudah digunakan, serta biaya jangka panjang yang lebih efektif. Tak perlu lagi termakan hoax penyimpanan gratis dan segera miliki penyimpanan cloud pribadi dengan NAS!

Apabila kalian ingin memiliki teknologi dari NAS yakni DS220j untuk menjadi solusi multimedia terdepan kalian, silahkan langsung klik link pembelian berikut : https://sy.to/awv6f

Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

61 Komentar untuk "NAS, Solusi Ketika Penyimpanan Cloud Tak Lagi Gratis"

  1. Iya nih Bang, kapasitas Google Photos dan Google Drive dibatasi. Kalau mau lebih banyak, ya harus berlangganan. Mau pakai HDD eksternal, takut error atau file pada ilang, karena nggak bisa auto back up. Padahal file di laptop udah menumpuk banget, bikin kinerja laptop jadi lemot.

    Mau nggak mau harus nyari alternatif yang lain bisa mencoba NAS. Merek Synology cukup recommended ya Bang. Makasih info kerennya...

    BalasHapus
  2. Kalau konten-konten kreator kelas atas pasti yang gratisan itu sangat kurang ya. Tapi untuk saya 15 GB mah ya lumayan banyak. Ditambah suka upload di sosmed jadi di memori bisa dihapus hehehe
    Rekomendasinya untuk NAS ini bagus banget.

    BalasHapus
  3. Teknologi sekarang semakin memudahkan ya, iya nih sekarang apa2 bayar, dengan adanya NAS dari Synology ini membantu kita menyimpan dan sharing data dalam jumlah yang besar ya :)

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu,
    Teknologi Keren ini mah 😍

    Btw fotoku buanyak di laptop huhu πŸ˜‚

    BalasHapus
  5. Mantuull sekali ini NAS.
    Network-Attached Storage atau yang biasa disebut NAS dapat menjadi solusi alternatif dalam membangun server multimedia untuk menyimpan foto, video, hingga audio dan kenangan dengan aman.

    Pengguna dapat menyimpan semua file di NAS, mulai dari dokumen penting hingga koleksi foto, musik, dan video yang berharga.keren bnget!

    BalasHapus
  6. Jadi semacam penyimpanan google gitu ya? Tapi, nggak banyak orang yang pakai. Dalam artian untuk kalangan sendiri saja.

    Kita tentu nggak khawatir ada data bocor kemana-mana dong.

    NAS ini bisa dibilang kayak server data gitu ya?

    BalasHapus
  7. Benda ini beneran bikin aku penasaran bang, pengen tau lebih jauh cara kerja n tentu aja pengen ikutan makenya. Sepertinya solutif g cuma untuk kebutuhan rumah tp jg di small office ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yang tidak tahu soal seperti ini juga penasaran dan mau tahu. Masalah yaitu ga tahu bagaimana cara step by step pemakaian nya hehehe

      Hapus
  8. Untuk memasukkan file ke NAS, bisa sekaligus dalam jumlah banyak atau harus satu persatu ya, mas?
    Aku baca beberapa review soal NAS kayaknya praktis dan menarik sekali nih. Jadi pengen cepatcepat mengalihkan semua file penting ke sini deh

    BalasHapus
  9. Wah penting banget Naz bisa jadi solusi ya kak, nggak hanya pemakaian pribadi tapi perusahaan juga kan kepo dengan harganya nih... Cuss ah Cari infonya

    BalasHapus
  10. Nah ini untuk biayanya berapa ya mas? Hihi penasaran juga nih aku. Soalnya kepikiran juga kalau pakai NAS pastinya ngga repot2 bawa harddisk gt loh

    BalasHapus
  11. NAS ini fungsinya ya seperti HDD yg sekaligus cloud ya. Untuk conten creator seperti youtuber sangat perlu banget memerlukan penyimpanan data yang aman dan juga personal begini. NAS dr Synology banyak yg rekomendasikan. Siap dicatat.

    BalasHapus
  12. iya ya mas
    klo pakai yg gratisan, aksesnya pasti terbatas
    mau memori yg besr ya harus langganan
    tapi klo punya NAS ini pasti nggak bingung lagi buat menyimpan data

    BalasHapus
  13. Kalau menurut daku menyimpan soft file di NAS ini simple banget ya, soalnya juga pasti banyak file apalagi buat seorang konten kreator kan, makanya butuh storage besar seperti NAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu, NAS juga bisa diakses secara online karena jg menggunakan system cloud gitu, keren banget ya. Gak perlu bawa2 HDD kemana2. Data yg tersimpan di NAS aman banget.

      Hapus
  14. Dengan Synology NAS ternyata enaknya tuh karena sudah didukung oleh sistem operasi DiskStation Manager (DSM) ya kak. Apalagi udah tersedia aplikasi gratis untuk para pengguna saat butuh membackup berbagai file.

    BalasHapus
  15. Wah asyik nih ....aku baru tahu kalau sekarang tidak gratis lagi nih kalau lebih dari 15GB NAS beneran jadi solusi nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengen nih ...harus diprioritaskan nih penting juga soalnya...

      Hapus
  16. solusi yang sangat bagus banget ini NAS, saya sangat suka untuk bisa menyimpan video, foto, dan file yang besar di NAS

    BalasHapus
  17. Butuh banget tempat penyinpanan dengan storaga besar dan aman.

    Gak lucu kalau data penting dan lengkap satu-satu nya malah ilang. Duh, bisa nngis bombay eykeh πŸ˜‘

    BalasHapus
  18. Keren nih ada sistem backup otomatis di NAS. Foto-foto jadi tersimpan dengan aman, tanpa takut kena virus atau error karena laptop rusak.

    BalasHapus
  19. Perkembangan teknologi kalo kita ikuti terus emang tdk ada ada habisnya. Apalagi di masa depan, data adalah aset perusahaan. Siapa yg bs menjaga kapasitas penyimpanan datanya secara aman, histori perusahaan jg akan aman. Dulu padahal msh kenal floopy, disket, flashdisk, hdd, ssd, cloud ampe skrg NAS.

    BalasHapus
  20. Multifungsi juga ya, selain untuk penyimpanan juga untuk media streaming. Aman juga ya untuk menyimpan file, sepertinya cocok juga buat content creator atau binsnis mikro, nggak usah mikir nyimpan file kapasitas besar dmn

    BalasHapus
  21. Wuih, bagus nih, ya. Tapi kemaren aku cek harganya. Lumayan juga ya. Nabung dululah aku.

    BalasHapus
  22. Informasi yang saya butuhin banget nih
    Setiap masuk Google Drive, langsung ada peringatan, dan saya gak tau harus apa

    Menyedihkan banget ya saya?

    BalasHapus
  23. wah ini penting ya mas
    apalagi buat konten kreator, g bakal ribet lagi cari tempat buat simpan konten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak Dee, buat konten kreator memang perlu juga storage yang besar karena bakal banyak file yang harus disimpan

      Hapus
  24. Ternyata sudah ada yaa layanan seperti ini. Semoga harganya terjangkau u semua kalangan deh yaaa. Ini cocok banget si buat content creator kalo mau nyimpan atau backup data.

    BalasHapus
  25. NAS ini maksudnya hardware tapi bisa online gitu ya? nggak perlu pakai kabelkah jadinya, Mas? bagi mereka yang punya konten dengan ukuran besar pasti kepake banget ya NAS ini.

    BalasHapus
  26. NAS ini solusi pe nyimpanan data skala kecil maupun besar ya Bang
    banyak yang butuh nih, apalagi yang berkecimpung di dunia online pasti banyak file yang disimpan.

    BalasHapus
  27. Serius baru dengar NAS ini, taunya selama ini google foto aja. Bagus juga nih jadi ada alternatif penyimpanan lainnya.

    BalasHapus
  28. Kalau punya penyimpanan pribadi begini, nggak akan terjebak lagi link phising dan hoaks penyimpanan gratis.

    BalasHapus
  29. Asik banget ini ya. Solusi yang mantap buat nyimpen file foto dan video yang menumpuk. Jadi aman dan gak ribet aksesnya.

    BalasHapus
  30. wah ini sih salah satu alternatif bagus ya untuk para pemilik data banyak, meski harganya lumayan setahu saya tapi worth it lah

    BalasHapus
  31. NAS ini solutif sekali ya mas. Apalagi cloud ada kelemahannya kayak gitu. Saya pribadi pakar hardisk eksternal malah entah keselip di mana hiks

    BalasHapus
  32. Jadi kalau penyimpanan file sfh full 15GB klu gak bayar bs hilang ya di google foto. Wah sayang dong. Ada NAS gini JD solusi ya...syukurlah...

    BalasHapus
  33. Keren banget, jadi ingat hardisk eksternalku yang isinya foto anak anak waktu masih bayi rusak beserta isinya. Jadi penasaran nih sama di NAS ini terjangkau nggak ya buat aku?

    BalasHapus
  34. Wah teknolologi baru nih keren banget Naz ini pas banget dibutuhkan buat Kita Kita yang membutuhkan tempat penyimpanan file foto yang lumayan banyak ya

    BalasHapus
  35. manajemen data dan foto yang baik ini pentiing banget karena kita sekarang kan sudah pakai gadget terus yaa buat ngapa2in. jadi kalau ga punya penyimpanan yang baik dan jelas kualitasnya, risiko data ilang makin gede huhu

    BalasHapus
  36. Iya nih aku pun mulai pusing sama urusan penyimpanan haha.. Pengen yang praktis meski berbayar dengan harga terjangkau..

    BalasHapus
  37. Wah alternatif yang bagus nih, Google foto ku udah nyaris penuh. Jadi NAS ini cukup beli layanan di awal abis itu terserah kita pakai sampai kapanpun? Ada batasan juga tentu kan? Aku jadi penasaran dengan biaya dan cara mindahin foto ke NAS ini

    BalasHapus
  38. Asli dah, saya sedang merasakan memory di google drive udah menipis. Kemarin sempet buang-buang foto lama. Huhuhu.

    Memang perlu NAS nih, sebagai solusi penyimpanan data yang tepat. Mudah-mudahan kapasitasnya maksimum tanpa batas.

    BalasHapus
  39. Pernah mengecap pedihnya hard drive tidak bisa diakses sebab tidak terbaca oleh PC. Harusnya dulu tahu NAS bisa jadi solusi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh kebayang ngerinya :( aku belum pernah ngalamin si mba.. ga minta laah huhu memang penyimpanan data tuh penting banget. kudu punya yang super safe and secure.

      Hapus
  40. Sebagai anak media yang doyan ngambil foto, upload2 dokumen dan video yang bejibun sudah tentu butuh NAS ini. Semoga nanti bisa beli deh ya buat kebutuhan nyimpen data selanjutnya biar gak ilang tiba2 seperti yg dibilang. Hiks sedih banget pasti kalo fitur gratisnya google dah habis :(

    BalasHapus
  41. Harus dikepoin ini NAS. Sebab memori smartphone hampir penuh. Apa NAS ini penyimpanannya unlimited kak? Baik dari segi kapasitas ataupun periode pemakaian?

    BalasHapus
  42. Misalnya untuk kepentingan blog, bisa gak disimpan menggunakan teknologi dari NAS (DS220j)?
    Atau kudu memperbesar kapasitas cloud yang disediakan google?

    Enak banget yaa..
    Lega kalau punya NAS.

    BalasHapus
  43. Seru banget nih kalau punya masalah storage ya. Bisa koleksi film buanyaaaak, jadi hemat ga pake langganan segala.

    BalasHapus
  44. kalau punya NAS ini jadi sama kayak punya server pribadi gitu ya Bang, secara bisa menampung banyak banget ya, gak was-was data corrupt dan sebagainya gitu ya kayak HDD external.

    BalasHapus
  45. Jadi aman ya pake NAS ini. Simpan di Google bisa resiko hilang. Di HDD pun juga ada resiko

    BalasHapus
  46. kebetulan di Radio tempat aku siaran sudah menggunakan teknologi ini sih. Dari pengalaman mudah digunakan dan juga aman

    BalasHapus
  47. Banyak sekali yang merekomendasikan NAS ini. Mungkin lebih cocok kepada instansi/komunitas yang memiliki banyak data ya, supaya pengaksesan dan pengarsipan lebih gampang..

    BalasHapus
  48. Abis baca tentang NAS, aku kepikiran buat ngajuin ini ke kantor. Mustinya di ACC sih, biar enak dan nyaman buat simpen2 file bersama.

    BalasHapus
  49. Wah pas banget ini buat konten kreator ya mas
    biar nggak bingung lagi simpan foto dan video bahan konten

    BalasHapus
  50. Wah penting nih pake NAS biar file bisa tersimpan rapi dan pastinya tdk takut hilang.

    BalasHapus
  51. wah cocok buat saya yang stock fotonya bertera-tera akibat jalan-jalan dan senang apa aja difotokan, penasaran sama NAS ini bisa dicoba ni

    BalasHapus
  52. NAS ini bisa banget dimanfaatkan untuk penyimpanan data kantor atau para freelancer yang butuh space penyimpanan data yang besar ya.

    Kerasa sih rasanya sekarang gdrive mulai dibatasi untuk penyimpanan datanya.

    BalasHapus
  53. Kejadian sama saya nih bank, harddisk corrupted, sd card hp rusak huhu semua foto & file kenangan hilang tak berbekas, jadi penasaran pengen nyoba NAS, apalagi bisa streaming, godaan banget nih😍

    BalasHapus
  54. Hepi banget kalo punya inilah ya kak. Yang perusahaaan banyak data atau pelaku dunia digital ke NAS ajalah yang terbaik soalnya

    BalasHapus
  55. NAS solusi banget nih buat yang butuh penyimpanan dengan space banyak. Mantap pula ya Bang, bisa digunakan buat keluarga. Teknologi yang sangat inofatif dan solusi yang tepat.

    BalasHapus
  56. Wah, keren kalau ada NAS ini. Urusan simpan menyimpan atau kapasitas penuh nggak takut lagi. Jadi solusi banget deh. Tapi ngomong2 semakin ke sini makin banyak yang canggih ya. Hahaha. Aku merasa kudet bang.

    BalasHapus
Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel