Ini yang Saya Suka dari ASUS Vivobook 14 A416

Anyeong... Sudah tahun 2021 ya, apa nih resolusi kalian? pasti banyak deh, sama dong kaya aku, hehehe. Mau tau ga resolusiku di tahun 2021? Sebenarnya sih ini rahasia, tapi gapapa deh aku bocorin salah satunya aja. Salah satu resolusiku di tahun 2021 ini tuh pengen ganti laptop, secara kebetulan kemarin pas nyari laptop untuk keperluan desain dan blogging aku nemu laptop ASUS VIVOBOOK 14 A416 yang bikin mupeng.

Seperti yang aku bilang tadi, di tahun ini tuh aku sangat berkeinginan untuk mengganti laptop buat keperluan desain dan ngeblog. Soalnya beberapa waktu belakangan ini laptop yang sudah menemani aku belajar desain selama hampir 8 tahun memberikan tanda-tanda "uzur". Wajar banget sih laptop low-end yang itu sering aku “paksa” untuk melakukan pekerjaan berat contohnya membuka software-software desain baik itu adobe photoshop, adobe illustrator maupun coreldraw. Mungkin ia sudah lelah hehehe.

Meskipun laptop lawas yang hanya dibekali dapur pacu Intel celeron 887 dengan penyimpanan SSD  + RAM 4GB, sebenarnya sudah terbilang cukup mendukung untuk pekerjaan desain dan ngeblog. Betewe SSD dan RAM tersebut aku upgrade sendiri ya, bukan bawaan asli laptopnya. 

Seperti yang aku ceritakan di awal tadi keluhanku tentang usia laptop, yang kadang kala mati mendadak sehingga membuat pekerjaan harus mengulang kalau lupa nge-save. Layar yang biasa-biasa saja juga menjadi salah satu alasan aku untuk bergegas mencari perangkat baru.

Jadi sudah saatnya kini aku persiapkan dana untuk mengganti dengan perangkat laptop terbaru. Di akhir tahun 2020 kemarin ASUS baru saja launching produk barunya yaitu ASUS Vivobook 14 A416. Mengusung tagline baru yakni Easy portability, Effortless productivity. Laptop ASUS ini hadir untuk semua kalangan. Nah untuk itu akan aku bahas lengkap di artikel ini. Jadi pastikan kalian baca sampe habis ya.

ASUS Vivobook 14 (A416), Laptop untuk Semua Kalangan


asus vivobook 14 a416

Jadi ASUS Vivobook 14 (A416) ini merupakan laptop trendy dan modern yang menyasar semua kalangan yang hadir dengan beberapa varian dan fitur menarik, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang kamu miliki. Dibanderol mulai dari harga terendah yaitu 4 jutaan dan yang varian tertinggi dibanderol dengan harga 10 jutaan. Berikut ini beberapa fitur unggulan ASUS Vivobook 14 A416 yang menjadi alasan kenapa aku memilih laptop ini sebagai target perangkat terbaru :

memilih laptop
Hal yang jadi pertimbangan ketika memilih laptop

1. Kinerja Lebih Kencang

Semua varian vivobook 14 (A416) telah dibekali dengan prosesor Intel generasi ke 10, jadi tak perlu khawatir pasti mendapatkan teknologi terbaru. Ada tiga jenis prosesor yang di sematkan pada vivobook 14 (A416) dari varian terendah yaitu Intel® Celeron N4020 dengan kecepatan maksimal bisa boost clock hingga 2,8GHz.

Untuk varian di harga pertengahan ASUS menyematkan Intel® Core™ i3-1005G1 dengan kecepatan maksimal bisa boost clock di angka 3,4GHz. Dan untuk seri tertingginya disematkan Intel® Core™ i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 9 thread dengan speed maksimal yang bisa di boost clock di angka 3,6GHz.

Buat kamu yang butuh laptop untuk keperluan kerja harian seperti membuka program office, browsing ataupun mengakses beragam multimedia varian vivobook 14 A416 yang mengunakan prosesor celeron atau core i3 dengan kartu grafis Intel UHD Graphics juga sudah sangat rekomended. Jadi sangat membantu kamu untuk menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan efisien sesuai dengan tagline ASUS di tahun ini Easy portability, Effortless productivity

Lalu buat kamu yang ingin mulai belajar desain, editing video ringan sepertinya seri vivobook 14 A416 core i5 sangat cocok. Apalagi sudah dipadukan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX330, RAM DDR4 4GB dan dengan penyimpanan PCIe® SSD duh pasti joss banget tuh. Ditambah lagi dengan layar Full HD dengan panel IPS-nya, pasti bikin pekerjaan desain dan ngeblog semakin betah dan mengasyikan.

intel core 10th gen

Jika kamu yang senang streaming video dengan resolusi 4K, maka disarankan untuk memilih varian yang punya kartu grafis NVIDIA GeForce MX330, sebab kartu grafis merupakan perangkat yang mendukung pemutaran video 4K tersebut. Pantesan dilaptop lawas saat streaming video K-Pop di youtube selalu eror (video crash patah-patah) saat aku pilih resolusi video 2K maupun 4K.

Oh ya, jika kamu butuh penyimpanan lebih besar  ASUS VivoBook 14 A416 memberikan slot M.2 PCIe yang kosong sengaja untuk memberikan keleluasaan pengguna untuk upgrade storage. Selain itu terdapat juga opsi tambahan Optane™ H10 Intel® memory2.

Intel Optane Memory

Pasti kamu pernah bertanya-tanya lebih pilih mana antara HDD atau SSD. Kalau pilih HDD tentu karena storagenya lebih besar dan lebih murah namun kecepatannya untuk bekerja kurang bisa di andalkan, alias lemot. Kalau SSD pasti dipilih karena kecepatan transfer datanya yang tinggi jadi sangat bisa di andalkan untuk bekerja, namun ukuran penyimpanannya cenderung kecil dan harganya yang lumayan mahal.

Masalah itulah yang kadang membuat sebagian orang merasa bingung untuk memilih, nah hadirnya Intel Optane Memory merupakan solusi dari permasalahan tersebut. Intel Optane Memory berfungsi sebagai akselerator untuk meningkatkan kinerja kecepatan baca tulis dari sebuah Hardisk/HDD.

intel optane memory

Intel Optane Memory menurutku sangat cocok dipasangkan dengan HDD sebab ia menggunakan slot M.2. Jadi jika kamu menggunakan sudah menggunakan SSD terlebih PCIe SSD (NVMe), maka Intel Optane dirasa tidak ada gunanya. Wong slot M.2 nya cuma satu kok hehehe

Cara kerja nya kurang lebih seperti ini, jika kamu sering buka software tertentu misalnya software desain, maka Intel Optane akan menyimpan data agar saat nanti dibuka kembali maka software yang sering dibuka akan diproses lebih cepat. Seperti itulah kira-kira cara kerja Intel Optane Memory

2. Portabel, Tipis dan Ringan

Laptop vivobook 14 (A416) ini di desain dengan bentuk yang tipis serta ringan. Bobotnya hanya sekitar 1,6 kg. Di banding laptop pada umumnya yang memiliki bobot rata-rata yaitu 2 kg. Memang bukan yang paling ringan sih. 

laptop slim

ASUS VivoBook 14 A416 memiliki ukuran dimensi panjang 32.49 cm dan lebar 21.60 cm dengan ketebalan hanya 1.99 cm. Tak harus membawa tas yang besar untuk membawa perangkat slim ini kemana pun yang kamu mau.

Charger laptop ini juga sangat ringkas bobotnya pun hanya 200 gram sehingga sangat mudah untuk di bawa dan dimasukkan ke berbagai kompartemen dalam tas. Kalau dilihat dari besar ukurannya charger laptop asus ini bisa dibilang hampir sama dengan charger handphone, cukup mungil bukan . Hehehe

portabel
Tipis dan ringan , bisa ngerjain project desain sambil rebahan di pantai, asyik kan?

3. Desain & Layar NanoEdge yang Modern

Laptop modern yang mengusung konsep mobilitas tinggi ini memiliki desain yang premium. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya ASUS Vivobook 14 a416 hanya memiliki bobot 1,6kg. Hal tersebut disebabkan body laptop ini yang terbuat dari polikarbonat (plastik berkualitas tinggi tahan panas dan benturan) dengan finishing look pada bodynya tampak seperti laptop kelas premium. Jadi saat vivobook 14 a416 dilihat dari sisi yang berbeda maka akan terlihat pantulan cahaya serta gradasi yang mirip seperti bahan metal.

Bicara dari segi layar pun laptop ini telah menggunakan teknologi NanoEdge Display. Hal itu membuat bezel layar vivobook 14 A416 terlihat sangat tipis, sehingga screen-to-body rationya hingga 82%. Laptop berukuran 14 inci ini juga telah memiliki resolusi layar Full HD untuk beberapa variannya. Untuk varian terendahnya masih menggunakan layar beresolusi HD.

screen to body ratio 82%

Dan panel warna yang digunakan pada varian tersebut masih menggunakan panel Twisted Nematic (TN), jadi bukan panel In-Plane Switching (IPS) seperti yang dibenamkan pada layar varian khusus Intel Core i5. ASUS juga menyediakan sebuah fitur penyesuaian warna layar yang bernama Splendid

Fungsi dari fitur tersebut yaitu mengoptimalkan layar dengan mengoreksi warna dengan basis gamma dan suhu warna sesuai dengan selera penggunanya. Splendid merupakan bagian dari aplikasi MyASUS. Jadi untuk mengatur warna harus melalui aplikasi MyASUS dan pilih fitur Splendid.

screen to body ratio 82%

Layar tersebut jika digunakan untuk bekerja maupun menikmati beragam konten video dan musik masih sangat nyaman. Selain itu layar laptop ini juga telah memiliki teknologi anti glare alias anti silau dan memiliki sudut pandang yang luas hingga 178 derajat (khusus layar Panel IPS), sehingga penggunaan laptop masih nyaman untuk penggunaan dalam waktu yang lama dan terhindar dari mata lelah. Buat yang belum tahu, anti glare berfungsi untuk mengurangi jumlah cahaya yang mencerminkan dari layar.

4. Suara Dahsyat dengan Teknologi SonicMaster

Pengaruh penggunaan teknologi SonicMaster pada laptop ini memberikan rentang suara yang lebih jernih, lebih lengkap, suara bass lebih deep dan vokalnya yang lebih jelas. Jadi buat kamu yang suka dengerin musik, meeting online, webinar, main game, atau bahkan menonton video,  pasti bakal merasakan sendiri kualitas suara yang dihasilkan oleh teknologi Audio premium dari ASUS ini.

speaker SonicMaster

Dengan speaker ini suara yang dihasilkan sangat jernih dan jelas, apalagi saat laptop ini digunakan untuk mendengarkan musik, menonton video pembelajaran, meeting online, webinar dan lain-lain. ASUS juga menyediakan software khusus audio yaitu ASUS AudioWizard sehingga kamu dapat mencustom sendiri seperti apa jenis audio seperti apa yang akan kamu dengar.  Tentunya pengguna laptop ini bakal merasa semakin puas.

itaewon class
Nonton Itaewon Class semakin nyaman dengan kualitas audio premium dari SonicMaster

5. Keyboard Backlit dan Ergonomis

Sebagai seorang blogger dan desainer, kenyamanan mengetik dan editing tentu menjadi pertimbangan utama dalam memilih laptop. Mungkin kebanyakan orang juga bahkan berpendapat demikian. Baik itu pelajar, mahasiswa, guru, atau bahkan pekerja kantoran. Untungnya ASUS Vivobook 14 A416 hadir buat menjawab kebutuhan dari segi kenyamanan tersebut.

backlit keyboard

Desain laptop yang ergonomis serta keyboard full-size yang memiliki key travel sejauh 1,4mm sehingga sangat ideal untuk mengetik. Ditambah lagi saat tombol keyboardnya ditekan bakal terasa empuk dan enggak berisik. Dijamin buat para blogger, pelajar, maupun pekerja yang sering ngetik bakal betah nih berlama-lama di depan laptop.

Oh ya keyboardnya juga telah dilengkapi dengan backlit dengan 3 level kecerahan , sehingga bisa mendukung saat berada dalam kondisi ruangan yang gelap. Fitur backlit ini sangat jarang ditemukan pada kelas laptop entry-level. Jadi beruntung banget jika bisa memiliki laptop ini.

6. Software Original

Memiliki software original di laptop juga dapat menjadi suatu kebanggan tersendiri. Sebab software original jika dibeli secara terpisah masih terasa sangat mahal. 

windows 10


Untungnya lagi di laptop vivobook 14 A416 telah pre-install Windows 10 Home serta Microsoft Office Home & Student 2019. Ada tiga aplikasi utama yang terdapat di Office tersebut yakni, Word, Excel dan PowerPoint. Jadi produk ini sangat cocok buat pelajar, guru maupun pekerja yang membutuhkan laptop untuk mendukung aktivitas belajar daring dan pekerjaan lainnya.

microsoft office home & student 2019

Dengan adanya software original tersebut, kamu tak perlu lagi memikirkan biaya tambahan. Microsoft Office Home & Student 2019 tersebut juga dapat terus kamu update sehingga aman terkendali dari berbagai ancaman celah keamanan dan malware. Ini yang aku suka dari ASUS, semua produknya sudah menggunakan software original terutama sistem operasi Windows 10.

7. Input / Output & Konektivitas yang Terkini

Dirancang sebagai laptop modern yang mengedepankan mobilitas, Vivobook 14 A416 dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas yang modern seperti USB Type-C, USB 3.2 Gen 1 Type-A , HDMI dan combo audio jack. Laptop ini juga mendukung fitur konektivitas nirkabel seperi Wi-Fi 5 (802.11 ac) dan Bluetooth 4.1 yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan aksesoris.

input output

Karena laptop ini di design untuk pengguna agar lebih mobile sehingga lebih produktif makanya kamu tidak akan menemukan port tipe lama seperti Ethernet dan VGA.

8. Pengisian Baterai Lebih Cepat

Beberapa produk ASUS belakang ini memang sudah mendukung fitur fast charging, baik itu handphone, powerbank bahkan laptop pun kini sudah dibekali teknologi fast charging. Jadi ASUS tahu banget kebutuhan pengguna saat ini yang punya mobilitas yang tinggi. Untuk mengisi baterai hingga 100% dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam. Akan tetapi fitur fast charging aktif ketika di bawah 50%, hal ini dibuktikan untuk pengisian daya baterai dari 10% hingga 50% hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

fitur fast charging

Meskipun kapasitas baterai vivobook 14 A416 tergolong kecil yaitu Baterai 37 WHrs, ternyata baterainya sanggup bertahan hingga 8 jam untuk pemakaian ringan dengan mode hemat daya. Buat kalian yang suka streaming youtube, baterai laptop ini sanggup bertahan dengan mode hemat daya (ASUS Battery Health Charging) hingga 6 jam lebih. Jadi kapasitas baterainya yang kecil tidak mengurangi kualitas daya tahan baterainya. Daebak!!

9. Sistem Keamaan Ekstra

Pada varian khusus Intel core i5 kamu dapat memilih laptop dengan fitur keamanan biometrik yaitu fingerprint sensor3. Fitur yang satu ini sangatlah keren, letaknya pun ada di bagian touchpad. Selain sensor sidik jari ada juga fitur login dari Windows Hello, cukup dengan menampakkan wajah kamu dilayar kamu bisa langsung login sehingga kamu tak perlu lagi mengetik kata sandi. Jadi laptop kamu tetap aman dari tangan-tangan yang punya niat jahat.

fingerprint sensor


10. Touchpad Optional

Tidak semua fitur dapat kamu nikmati dalam satu waktu, jadi pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Nah berikut ini aku tampilkan beberapa opsi touchpad beserta fitur yang mungkin dapat membantu kamu untuk memilih laptop ASUS Vivobook 14 A416 sesuai dengan kebutuhan dan dana yang kamu punya.

touchpad vivobook 14 a416

Untuk menikmati touchpad yang biasa hampir semua varian sudah menggunakan touchpad jenis ini. Untuk varian tertentu vivobook 14 A416 menggunakan touchpad dengan fitur Number Pad dengan cahaya numerik LED di Touchpad.  Kamu cukup tab pada ikon numpad kecil di pojok atas  touchpad maka akan muncul LED-Illuminated Numeric.

Dengan adanya fitur Numeric LED ini pasti mempermudah kamu mengetik angka lebih cepat. Teknologi ini cocok banget buat kamu yang sering berhadapan dengan pekerjaan yang membutuhkan angka-angka

Untuk jenis toucpad yang terakhir dengan fitur keamaan sensor sidik jari juga telah aku bahas sebelumnya yaitu pada poin 9. Intinya fitur keren ini hanya tersedia untuk varian yang menggunakan Intel core i5.

11. Enhanced Protection

Tak hanya dilengkapi dengan beragam fitur, ASUS Vivobook 14 A416 juga memliliki konstruksi yang tangguh untuk melindungi bagian dalam komponen utamanya. Ada tiga fitur perlindungan ekstra yang disematkan pada laptop ini seperti :

enhanced protection


E-A-R® HDD Protection 

Umumnya HDD lebih rentan terhadap benturan bila dibandingkan dengan SSD. Hal tersebut disebabkan inti dalam HDD yang masih menggunakan piringan cakram magnetik, di banding SSD yang inti dalamnya telah menggunakan chip flash sehingga SSD jauh lebih tahan getaran.

Dengan adanya fitur peredam getaran yakni HDD E-A-R dapat melindungi HDD dari kerusakan sehingga data kamu tetap terlindungi. Sehingga buat kamu yang sering bepergian dengan membawa laptop tak perlu khawatir soal guncangan. Meskipun tahan terhadap guncangan, laptopnya jangan kamu guncang sekuat tenaga kamu lho ya, itu sih bunuh diri namanya hehehe :D

Reinforced Chassis

Pada bagian bawah keyboard, terdapat penahan logam. Sehingga saat dipakai buat ngetik dan menggunakan touchpad akan jauh lebih stabil. Chassis yang kokoh tersebut berguna untuk memperkuat engsel dan melindungi kompenen internal

Reinforced Lid

Pada sisi bagian dalam layar yakni sisi tutupnya terdapat logam penahan yang berfungsi sebagai pelindung benturan (cara kerjanya mirip seperti pada sisi mobil). Dengan adanya logam tersebut, membuat cover, layar dan engsel semakin kokoh. Sehingga saat kalian mengetik pun bagian layar tidak akan bergoyang-goyang.

12. Warna yang elegan

Sayangnya untuk ASUS Vivobook 14 A416 ini hanya tersedia pilihan dua jenis warna yaitu Transparent Silver dan Slate Grey. Meskipun begitu kedua warna tersebut tetap terlihat elegan, hal ini di sebabkan bahan material yang digunakan adalah polikarbonat. Warna yang elegan memberikan kesan premium untuk laptop vivobook 14 A416. So, kalian pilih warna apa gaes? Kalau aku pribadi sih dari awal paling suka yang warna slate grey.

asus vivobook 14 (a416)


13. Upgradeable

Sebagai desainer aku butuh banget laptop yang bisa di upgrade terutama penyimpanan, sebab beberapa file project desain itu lumayan gede jadi kadang harus mengorbankan file lain untuk di hapus supaya bisa menyimpan file project tersebut. 

komponen internal asus vivobook 14 a416

Selain butuh penyimpanan yang besar aku juga kadang suka buka banyak aplikasi dalam satu waktu atau istilah kerennya multitasking, sebab beberapa aplikasi desain juga cukup banyak memakai kapasitas RAM, untuk mendukung hal tersebut tentu aku butuh kapasitas RAM yang besar juga. 

Nah untungnya di ASUS Vivobook 14 A416 kamu masih dapat upgrade beberapa item, seperti menambah kapasitas RAM hingga 12GB karena tersedia 1 slot SO-DIMM kosong yang memang di sediakan untuk tambahan RAM. Jika butuh storage yang lebih besar pun kamu bisa mengganti HDD maupun SSD.  Semua pilihan tergantung di kamu.

14. Bisa dipakai Buat Gaming 

Rutinitas kerja seharian kadang bisa bikin kita stress, jadi pasti butuh suatu hiburan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu cara efektif yang bisa menghilangkan stress yaitu bisa dengan cara bermain game. Meskipun laptop ini bukan laptop khusus gaming, tapi jangan salah lho. ASUS Vivobook 14 A416 ini juga bisa kok buat kamu pakai untuk bermain game.

game pc populer

Beberapa daftar game pc populer yang bisa kamu mainkan di laptop ini yaitu, DOTA 2, CSGO, PES 2020, GTA V, Genshin Impact for Pc, GRID (2019). Oh ya, semua game tadi bisa kamu mainkan jika laptop kamu punya GPU NVIDIA GeForce MX330 ya. Dengan settingan low kamu dapat bermain game dengan lancar tanpa kendala. Biar makin lancar saat gaming saran aku sih RAM-nya kamu upgrade juga deh.

Kalau kartu grafisnya masih Intel UHD Graphics sih, tetap bisa sih main game tapi bukan daftar game di atas loh ya. Untuk daftar game di atas aku gak rekomendasikan loh. Paling kamu bisa main game kasual yang ringan-ringan aja ya, jangan dipaksa kasian entar nasibnya kayak laptop lawasku. hehehe

15. Dukungan dari MyASUS

MyASUS merupakan sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop VivoBook 14 (A416). Guna aplikasi ini yaitu kamu dapat memantau status laptop sekaligus melakukan troubleshooting. Di MyASUS juga tersedia fasilitas untuk dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Kamu juga dapat melihat status garansi perangkat di aplikasi MyASUS. Tersedia juga fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

MyASUS

Beberapa fitur dari aplikasi MyASUS juga sudah aku bahas poin-poin sebelumnya, seperti fitur Battery Health Charging, Splendid, Tru2Life, Keyboard hotkeys, Wi-Fi roaming optimization. Selain fitur tadi ada juga nih fitur yang paling menarik yaitu Link to MyASUS. Dengan fitur ini kamu dapat menghubungkan smartphone dengan laptop ASUS Vivobook 14 A416, sehingga kamu dapat beraktivitas secara lebih produktif. 

Beberapa fungsi Link to MyASUS yaitu menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Bahkan kamu dapat berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.


Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook 14 A416

Sepertinya hampir semua spesifikasi telah aku jelaskan diatas, akan tetapi jika kalian ingin melihat spesifikasi lengkapnya secara ringkas kalian dapat melihat infografis yang aku sediakan di bawah ini. Dan dengan senang hati aku persilahkan kalian untuk membagikannya ke orang banyak, agar lebih banyak yang tahu produk keren dari ASUS ini.

spesifikasi asus vivobook 14 a416


Harga ASUS Vivobook 14 (A416)

Terdapat tujuh Stock Keeping Unit (SKU) dengan harga yang ditawarkan mulai dari 4 jutaan hingga 10 jutaan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat informasi harga beserta spesifikasi singkat tentang unit yang akan didapat, lengkap dengan rekomendasi jenis pengguna, simak dibawah ini:

harga asus vivobook 14 a416


Kesimpulan

Buat kalian para pelajar yang lagi nyari laptop terjangkau di varian terendahnya dengan prosesor Intel® Celeron N4020 menurutku cocok. Sebab di harganya yang 4 jutaan sudah bisa memenuhi kebutuhan dasar kamu terlebih lagi buat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kamu bisa dapat spesifikasi yang persis hanya beda di prosesor dan untuk penyimpanan aku sarankan pilih yang SSD. Jadi kalau ingin meminang laptop dengan spesifikasi ini persiapkan dana 5 jutaan ya ada kembaliannya kok. hehehe

Buat kalian pekerja kantoran yang nyari laptop dengan tenaga lebih pilih varian yang harganya di 7 jutaan sebab sudah menggunakan Intel® Core™ i3-1005G1  dan NVIDIA GeForce MX330. Dengan spesifikasi demikian menurutku sudah sangat cukup worth it.

Dan buat kamu yang perlu ekstra tenaga harian seperti aku yang butuh untuk ngeblog dan ngedesain cocoknya sih pilih varian dengan spesifikasi prosesor Intel® Core™ i5-1035G1. Terlebih lagi panel layar digunakan pun merupakan panel IPS, jadi cocok untuk aku yang butuh untuk desain grafis. Dengan harga 10 jutaan dengan spesifikasi yang lumayan menggoda serta punya fitur premium jadi worth it sih.

alasan pilih asus vivobook 14 a416

Semoga kedepannya ASUS menambah varian SKU dari Vivobook 14 A416 ini, mungkin dari segi spesifikasi yang di tingkatkan atau menambah varian warna. Mengingat produk ASUS yang menyasar semua kalangan, aku rasa untuk pilihan warna sangat perlu di tambah, sehingga pengguna dapat memilih warna favoritnya,hehehe.- Wahyu Eko Cahyanto

Dengan banyaknya varian harga dengan beragam spesifikasi tadi tentu akan mempermudah kamu memilih perangkat yang tepat sesuai kebutuhan. Yang pasti ASUS Vivobook 14 A416 merupakan laptop untuk semua kalangan jadi bijaklah dalam memilih, sesuaikan kebutuhan dan dana yang kamu punya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya. Terima Kasih

Salam Hangat Desainer Iseng

asus vivobook 14 a416


Referensi :

  • Press Release - ASUS VivoBook 14 (A416) Laptop dengan Fitur Modern  untuk Semua Kalangan
  • ASUS VivoBook 14 A416 - https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/
  • Intel Optane Memory - https://www.youtube.com/watch?v=Ld_L7IkhwNI
  • Foto Pendukung :  Foto Produk ASUS VivoBook 14 A416 - https://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=aba3122a603e4cd6a06f2086de0cfd6a
    Microsoft Office Home & Student 2019 - https://www.didno76.com/2020/12/asus-vivobook-14-a416-laptop-modern-untuk-semua-kalangan.html
    MyASUS -
     https://www.microsoft.com/id-id/p/myasus/9n7r5s6b0zzh?activetab=pivot:overviewtab#
  • Grafis : Wahyu Eko Cahyanto 

Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

17 Komentar untuk "Ini yang Saya Suka dari ASUS Vivobook 14 A416"

  1. Uweww takjub sama start harganya 5juta udah dapat yang bagus ya Bang.
    Kemarin jg baru beli asus nih untuk adekk. Daridulu asus emang jadi pilihan pertamaaa

    BalasHapus
  2. Wah keren banget ya laptop ini. Mupeng banget liatnya. Moga bisa meminangnya.

    BalasHapus
  3. kalo aku liat2, asus yang baru2 ini desainnya lebih minimalis, light, dan elegan yaa.. kayak macbook gitu. dalemnya juga kayaknya udah semakin bagus ya, makin cepet juga

    BalasHapus
  4. Asus Vivobooknya bikin mupeng. Bloger sepertiku sangat butuh spek pro seperti Asus Vivobook. Masyaallah semoga kesampaian punya yg seperti ini.

    BalasHapus
  5. Asik banget bisa ngetik di pinggir pantai, bisa nonton drama Korea juga dengan laptop ASUS yang keren ini. Infografisnya keren dan detail. Btw, salam kenal ya, kak.

    BalasHapus
  6. ASUS memang oke punya. Kualitasnya yahuud. Di rumah saya juga ada ASUS , teoatnya HP ASUS. Bandell

    BalasHapus
  7. Sepertinya asus sedang merajai pasar laptop ya mas. Saya pribadi ada rencana beli laptop, mgkin asus salah satu incaran saya. Hehehe

    BalasHapus
  8. mantap ini laptopnya. top markotop, harga paling murah 4 jutaan tapi spek 8 jutaan, terbaik deh pokoknya. nabung dulu ah, he

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah sudah saya pinang yang versi FHD 321 dgn harga 8,2 :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap tuh gan, termasuk murah dong bisa dapet FHD dengan harga segitu

      Hapus
  10. Untuk Memory/RAM itu bisa di Upgrade ke 16GB, atau maksimal nya 8GB ?
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada RAM 12GB itu bisa kak, tapi kebanyakan yang di jual itu 2,4,8,16 , jadi yang paling mungkin ya tambah RAM 8GB kak karena RAM onboardnya hanya 4GB

      Hapus
  11. Slot buat nambah SSD atau HDD nya di konek kemana ya? saya cari gak ada konektor nya. mohon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kak, punya kakak spesifikasi laptopnya seperti apa kak? apakah pas beli hanya HDD?

      Hapus
    2. soalnya kalau dari awal HDD, itu kakak hanya bisa menambah SSD dengan slot M.2 PCIe kak, kalau SSD yang kakak punya 2,5' ya berarti harus tukar dengan HDDnya, karena slot SATA cuma ada 1 kak, Begitu kak

      Hapus
Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel