Jadi Melek Finansial Setelah Nonton bluMusical

Tanggal 17 Agustus yang lalu aku mengisi waktu dengan Nonton bluMusical #MulaiLangkahmu yang di saksikan secara langsung melalui kanal youtubenya blu. Nah kali ini aku akan sedikit bercerita tentang acara bluMusical itu sendiri. Hadirnya acara musikal ini sangat menginspirasi menurutku, serta mengobati rasa rindu lomba HUT RI.

Nonton bluMusical

Acaranya berlangsung dengan durasi kurang lebih 20 menitan. Ohya dalam acara ini dibawakan oleh beberapa nama terkenal yakni Yura Yunita, Jakarta Movin, Jehian Panangian Sijabat, Eva Alicia dan Raymond Chin. Ohya bluMusical sendiri merupakan pertunjukan drama musikal yang bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya melek finansial serta sarana perkenalan sub-unit produk bank digital BCA yang disebut Aplikasi blu by BCA Digital. 

Di awal penampilan kita di suguhkan dengan ilustrasi orang yang sedang membaca berita koran dengan judul “Usia 25 Idealnya Punya Rp 100 Juta, apa kata millennials?”. Yang usianya sudah lebih dari 25 pasti tersentil sambil mesem ngguyu hehehe. Termasuk aku gaes :D nusuk banget di dada nih.

Proses mapan finansial bagi setiap orang itu berbeda-beda gaes, jadi umur 25 bukanlah suatu ukuran untuk harus sukses, atau bukan petanda kamu gagal jika sudah melebihi umur 25 namun belum mapan finansial. Jadi jangan dipatok harus sukses di umur segitu namun jadikan motivasi agar semangat meraih mimpi dan masa depan #YangPentingLakuin.

Impian dan Tujuan Finansial

Karena setiap orang juga punya mimpinya sendiri, ada yang ingin sukses agar bisa bahagiakan kedua orang tuanya, ada yang ingin beli rumah impian, punya bisnis sendiri, melunasi utang, melanjutkan pendidikan, gelar resepsi pernikahan, dan pastinya masih banyak mimpi yang ingin kita raih bersama meski tujuannya berbeda #YangPentingLakuin.

Semua impian tersebut pun tersirat dalam lirik lagu #MulaiLangkahmu yang di bawakan oleh Yura Yunita bersama dengan 10 millennial pada pertunjukan bluMusical, 

Penggalan Lirik Mulai Langkahmu

Mimpi-mimpi kita, mimpi kita yang muda

Angan-angan kita, ada di kepala

Rencana-rencana, jangan jadi wacana

Habis waktuku, takut ini itu

Mimpi-mimpi kita, beli rumah impian, punya bisnis sendiri

Melunasi cicilan,

Rencana-rencana nabung buat nikahan, lanjut sekolah lagi, beli laptop sendiri

Mimpi-mimpi kita Dana pensiun papa 

Angan-Angan kita pengen bisa buat nraktir mama

Mimpi-mimpi kita, Update gadget yang terbaru

Melangkah tanpa ragu, Kapankah aku bisa menggapai cita?

Tak mudah tapi kuharap akan terbuka jalan

Namun keraguan menghantui. Bisa ngga sih?

Pantaskah ku dapati

Mulai darimana? Dan bagaimana?

Mulai darimana? Aku butuh pertanda

Jangan habis waktumu hanya takut ini itu

Percayalah ada jalan jika kamu mau

Mulai langkahmu

Persiapkan dirimu tuk mulai langkahmu, jangan ragu-ragu

Selamat datang di zona blu!

Tempat memulai langkah menuju mimpimu.

Masalah Pengaturan Finansial

Ada satu part menarik dari bluMusical, yaitu scene ketika Coach Yura bertanya ke beberapa pemuda milenial yang dalam ceritanya sedang mengikuti bimbingan finansial di zona blu. Jadi di bagian ini menyentil banget, terutama permasalah finansial yang di alami kebanyakan anak muda.

dapat inspirasi dari bluMusical

Permasalahannya terutama dalam hal mengatur keuangan, seperti awal bulan konglomerat akhir bulan melarat, pas nemu diskon toko online langsung checkout, chill (tenang) semua bisa dicicil katanya, hidup harus YOLO walaupun dompet LOYO.

Niat nabung gede tapi gak kesampaian karena uangnya kepake, seperti duit buat S2 habis buat kencan berdua, budget-budget kecampur, rekening amburadul. Disini mengingatkan kita betapa pentingnya punya pos-pos pengeluaran.

Pernah gak kamu mendadak miskin hingga saldo di ATM pun gak bisa di tarikin lagi? Saldo tinggal 20 ribu mana bisa di tarik hiks… Malah bangga karena gak punya duit haha

Adalagi nih, nabung patungan buat beli sesuatu, eh yang nabung cuma kamu, kan nyesek tuh gak adil. Seperti nabung buat dana pensiun orang tua tapi yang nabung cuman kamu, saudara kamu gak nabung padahal sama-sama udah janji. Apalagi janjian nabung bareng pasangan buat resepsi nikah, tapi yang nabung cuman kamu doang, susahnya juga bareng dong jangan ambil senengnya aja. Yaelah.

Nah saat Nonton bluMusical, semua permasalahan dalam mengatur keuangan tadi sengaja di ekspos agar menyentil penontonnya agar sadar akan pentingnya untuk mengatur keuangan baik pribadi dan bersama. 

Aku sarankan agar Nonton bluMusical sendiri deh secara lengkap dari awal hingga akhir, bagi yang mau langsung tonton di youtube nya di bawah ini ya. Biar gak gagal paham hehe

>

Hadirnya Guest Star sebagai inspirator

Raymond Chin

CEO & Co-Founder dari Ternak Uang serta Youtuber & Podcast 20 Under 20 ini bercerita tentang awal mula langkahnya dari freelancer programer karena memang passionnya di bidang inovasi teknologi, dari situlah ia membangun startupnya. #MulaiLangkahmu

Jehian Panangian Sijabat

Jujur diantara tiga orang guest star di bluMusical talk show, hanya jehian yang paling familiar. Sebab ia sering tampil di konten youtube adiknya yaitu Jerome P Sijabat. Nah disini ia bercerita saat ini sedang membangun bisnis di bidang Food and Beverages yang bernama Menantea. Selain itu beliau juga menjadi Talent manager beberapa influencer international untuk market indonesia.

Eva Alicia

Awalnya aku mengira ia merupakan pemilik bisnis Scarlett Whitening, eh itu felicya deng, bukan eva hehe. Ia merupakan seniman pelukis yang viral di TikTok, melukis sudah menjadi hobbynya sejak kecil dan dari passionnya itu kini ia menjadi content creator terkenal. Selain itu karena ia juga menyukai perhiasan (jewelry) ia juga membangun bisnisnya dari kesukaannya tersebut dengan menjual customized jewelry namanya She Wears Gold.

Pada talk show ini, menjawab pertanyaan di paragraf ketiga tulisan ini. Bahwa usia 25 tahun itu gak wajib punya penghasilan 100 juta. Karena setiap orang itu unik gak bisa di bandingkan, masing-masing punya skill, talenta, kesempatan dan tujuan yang berbeda. Yang paling penting bukan jumlah nominal di rekening kita, tapi seberapa jauh kita telah berkembang apalagi kita bisa membantu orang lain bisa berkembang juga.

Jadi jangan berkecil hati dengan pencapaian kita jika memang belum tercapai uang 100 juta. Setiap orang itu punya timeline nya masing-masing. Yang penting kita fokus untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin terutama skill lho ya bukan badan aja yang digedein hihihi. Lakukan semua hal positif selama itu bermanfaat buat kamu, agar tidak menyesal di kemudian hari. Nikmati semua prosesnya.

Perlahan tapi yakin #YangPentingDilakuin beda dengan yang lain dan #MulaiLangkahmu. Jadi tetap berproses, berprogress, lama-lama sukses.

Semangat Wujudkan Impian

Nonton bluMusical ini mentrigger aku untuk kembali fokus mengejar impian dan bekerja sesuai passion. Mengenai impian aku sudah pernah ungkap di postingan blog satunya yaitu ingin menjadi komikus, karena memang passion aku di bidang ini, dari kecil aku hobi banget bikin gambar. Terinspirasi dari kak Eva Alicia, aku kembali bersemangat untuk berkarya dan bisa temen-temen lihat di instagram pribadi aku @wahyuekocahyanto karena akhir-akhir ini aku semangat untuk latihan gambar digital.

ilustrasi-blogger

Semoga nantinya apa yang aku kerjakan ini dapat membuahkan hasil, karena setiap orang pasti berproses, berprogress, dan lama-lama sukses. Itu juga harapan aku saat ini dan ikuti timeline menuju impian terwujud. Doain ya gaes hehe.


Aplikasi blu by BCA Digital

Saat Nonton bluMusical, aku sebelumnya sudah Download Aplikasi blu. Tapi kelar nonton jadi sadar bahwa ternyata aku gak sia-sia ikutan Download Aplikasi blu karena punya manfaat untuk membantu penggunanya untuk menggapai impian dan tujuan finansialnya masing-masing.

Sebagai pengguna Aplikasi blu by BCA Digital, aku ingin menceritakan pengalaman membuka rekening Tabungan Online blu langsung dari aplikasinya. Semuanya dilakukan serba digital dan prosesnya pun cukup singkat. Yang penting kita siapkan e-KTP, internet yang stabil serta tempat yang nyaman.

Loh kenapa harus tempat yang nyaman sih? Karena setelah kita mengisi semua data yang dibutuhkan seperti pada umumnya, seperti nama, alamat, NIK, pekerjaan. Kita akan diminta verifikasi melalui videocall dari Aplikasi blu by BCA Digital nya langsung. Awalnya aku sudah pesimis karena HP ku punya masalah dengan fungsi videocall terutama di aplikasi WA, tapi ternyata aku beruntung dan berhasil melakukan videocall untuk verifikasi wajah + eKTP (perekaman foto).

Tabungan Online blu


Proses videocall nya singkat tidak sampai 5 menit deh, yang lama hanya proses antri untuk videocall bersama Customer Servicenya saja. Kenapa prosesnya bisa singkat, karena pertanyaan yang diajukan oleh CS saat verifikasi cuma sedikit to-the-point seperti Nama Asli sesuai KTP, TTL. dan Nama Ibu Kandung. Kalau sudah selesai deh

Fitur Unggulan Tabungan Online blu

Aplikasi blu by BCA Digital

Seperti yang telah aku sebutkan sebelumnya, Aplikasi blu by BCA Digital ini punya fitur unik yang berbeda dari tabungan digital lain. Beberapa fitur pada Tabungan Online blu yaitu bluSaving, bluGether, dan bluDeposit. Untuk penjelasan singkatnya ada dibawah ini

bluSaving

Fitur ini menawarkan pengguna dapat membuat hingga 10 tabungan dalam 1 akun rekening, jadi buat kamu yang punya banyak pengeluaran rutin dapat membuat tabungan khusus untuk memisahkan pos-pos pengeluaran. Sangat bermanfaat banget bukan?

bluGether

Fitur ini sepertinya hanya ada di Aplikasi blu deh, karena menawarkan agar dapat menabung bersama maksimal 25 orang untuk tujuan finansial tertentu. Misal kamu dan saudara-saudaramu punya keinginan ingin membelikan kado buat orang tua . Jadi bisa banget tuh, ketahuan siapa yang rajin nyetor, kalau ngak nyetor ya bisa di ingatkan karena ada buktinya yang bisa di akses bersama #YangPentingLakuin

bluDeposit

Fitur yang terakhir ini menawarkan tabungan untuk jangka panjang . Misalnya rencana naik haji atau umroh, dana pensiun. Kalian dapat deposit minimal 10 juta rupiah dengan suku bunga 4 persen yang dapat di simpan mulai dari investasi 1 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.  Tentunya semakin lama kamu menyimpan deposit pasti uang yang kamu terima nanti lebih banyak.

Selain tiga fitur yang unik tadi, tak lupa Aplikasi blu by BCA Digital juga mengedepankan sistem keamanan. Jadi jika kamu lupa password login akun rekening blu, kamu bisa menghubungi CS untuk bantuan agar dapat masuk ke akunmu kembali. Selain itu jika HP kalian sudah mendukung fingerprint maka Aplikasi blu juga telah terintegrasi dengan smart login, jadi kamu dapat login dengan sistem biometrik hanya dengan sidik jari kamu sendiri

Alasan Download Aplikasi blu

Seperti yang telah aku paparkan diatas, blu adalah platform perbankan next-generation, dimana semua fiturnya sangat bermanfaat bagi kaum generasi millenial, termasuk diriku pribadi. Mulai dari fitur bisa buat banyak jenis tabungan tanpa bikin rekening baru. Ada fitur tabungan tapi patungan. Dan ada fitur tabungan khusus investasi jangka panjang. Yang semuanya serba digital karena terintegrasi dengan BCA Digital, aku pun bisa tarik uang melalui mesin ATM BCA dimana saja tanpa kartu ATM fisik, yang penting bawa HPnya dan punya koneksi internet.


Download Aplikasi blu


Terakhir setelah menceritakan pengalaman Nonton bluMusical aku ingin mengajak teman-teman pembaca untuk segera Download Aplikasi blu dan manfaatkan fitur Aplikasi blu by BCA Digital. Agar semua tujuan finansial kita dapat segera tercapai, karena setiap orang pasti berproses, berprogress, lama-lama sukses. Supaya gak bolak-balik ini aku sediakan link untuk pengguna Android dan Iphone. Klik saja kata android dan iphone yang tersebut.


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

39 Komentar untuk "Jadi Melek Finansial Setelah Nonton bluMusical"

  1. Ah saya juga nonton bluMusical. Memang menyentil sekali sih. Setelah menonton acara tersebut mimpi yang sempat terbengkalai kembali muncul di permukaan nggak sih. Apalagi mimpi yang berkaitan dengan finansial.

    Jadi berasa, oke saya udah nemu cara gimana mengatur keuangan buat meraih mimpi. Thanks banget buat blu yang udah menggandeng teh Yura Yunita, 3 coach hebat dan Jakarta Movin buat tontonan yang berkualitas begini.

    BalasHapus
  2. aku juga nonton tuh bluMusical kemarin kak, seru banget apalagi lagu Mulai Langkahmu dari Yura emang udah jadi playlistku sejak pertama rilis, Dari bluMusical itu aku juga jadi tau ada tabungan online blu yang keren banget, aku suka sama fitur bluGether nya sih, jadi kalau jalan sama temen-temen gak usah bingung lagi nanya siapa yang bayarin, bisa patungan dengan adil disini, hehe

    BalasHapus
  3. Ya ampun umur 25 punya 100 juta? Jadi ikutan mesem ngguyu hihi. Dulu mah tujuan umur 25 harus udah nikah hehe. Iya apalagi ke sini sini kalau udah emak-emak duit sering ke pake ini itu. Ya untung ada pos-pos lewat bluSavings.

    BalasHapus
  4. Btwe, saya suka sama lagunya memang benar-benar mengispirasi kita (generasi muda) untuk produktif, melakukan hal-hal yang baru. Oh iyaa, aku juga pake aplikasi blu Alhamdulillah kemarin dapat promo 200k lumayan buat beli baterai kamera baru. hehehe

    BalasHapus
  5. aku juga suka sama theme songnya lho, kak. karena sangat easy listening. aplikasinya sendiri juga aku pakai banget nih.. apalagi sebelumnya pun aku juga sudah pakai BCA dan sudah tau gimana bagusnya nih

    BalasHapus
  6. Inspiratif banget drama musikalnya. Selama 20 menitan ngga merasa terbebani nontonnya. Padahal ini lagi membahas keuangan loh. Bahasan yang biasanya selalu berat kalo dibuat acara. Tp bluMusical bikin acara bertema berat serasa menyenangkan. Apalagi ada pembicara yg inspiratif sekali.

    Oh ya, pake kode referralku ya kalo donlot blu: DIDIKF6J0

    BalasHapus
  7. Kalau kata bapak siapa itu ya, saya lupa. Tapi masih ingat kata2nya bahwa usia 40 thn itu harus sudah mapan. Lewat dari itu hidup akan begitu2 saja. πŸ™πŸ™‚

    BalasHapus
  8. Aku udah pake aplikasi blu selama dua bulan terakhir ini dan emang suka banget sama fitur-fiturnya yang inovatif.

    Btw, lagunya Yura Yunita ini liriknya sangat memotivasi ya. Bisa dijadiin lagu penyemangat untuk rajin menabung huahah

    BalasHapus
  9. Emang seru banget pas nonton bluMusical, sepanjang acara drama musikalnya kerasa kesentil banget. Apalagi permasalahan keuangan itu yang dipaparkan di acara itu emang bener semua deh.

    Tontonan kek gini harus banget nih ditonton anak muda b.iar lebih melek finansial

    BalasHapus
  10. Jadi penasaran buat nonton Blumusical. Drama musical penuh makna dan ilmu serta insight baru. Sarat pesan banget ya kak

    Nonton akh... Biar melek finansial nih

    BalasHapus
  11. Aku sampai nonton siaran ulangnya by youtube berkali-kali lho. Anak-anak juga ikutan nonton. Karena drama musicalnya menarik dan edukatif banget.

    BalasHapus
  12. Aku pun juga menikmati Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-76 RI dengan nonton bluMusical malam harinya, mas. Ehh lirik lagu drama musikalnya banyak benarnya deh soal keuangan aku
    Tapi di balik itu, ada pesan2 inspiratif yang aku dapatkan tentunya

    BalasHapus
  13. Setelah baca artikel ini, saya langsung meluncur ke siaran nya kak, wlw ga langsung. Tapi tampak seru & penuh info yg bermanfaat.

    BalasHapus
  14. Tosss kita Mas Wahyu, sama² nonton bluMusical jg...banyak dapat insight dan jd melek literasi finansial ya, yuk fokus dan bersinergi

    BalasHapus
  15. Bener banget, rencana rencana jangan jadi wacana dan cuma mandek dikepala. Harus berani eksekusi.

    bluMusical ini bikin aku tertampar banget untuk lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

    BalasHapus
  16. blumusical ini sangat inspiratif ya kak, nggak hanya menghibur tapi juga memberi wawasan soal mengatur keuangan

    BalasHapus
  17. aku juga udah download blu, cepet banget prosesnya. Gak sampe 15 menit udah buka tabungan dengan gratis. Dan alhamdulillah, blusavingnya bermanfaat banget buat aku...

    BalasHapus
  18. Tabungan kecampur2 emang rwalita banget.. Kalo ada 1 rekening buat nabung sampe 10 pos..enak nih...Tabungan bisa ketahuan untuk apa dan sudah sampe berapa ya..

    BalasHapus
  19. Sebagai freelancer saya sangat senang banget adanya blumusical karena mampu membuat saya terpukau, apalagi terinspirasi untuk menabung dan bikin tabungan digital.

    BalasHapus
  20. soal literasi finansial tuh sekarang emang mulai menjamur yaa, jadinya makin membuka pentingnya manajemen keuangan. bersyukur banget pelan2 aku jg udh mulai nerapin prinsip kaya blu, bikin catatan keuangan, dan mulai nge set target finansialnya mau apa dan atur2 deh keuangannya buat realisasiin target tsb

    BalasHapus
  21. Durasinya sebentar ya cuma 20 menit... Nonton ah, seru banget kayanya, biar melek finansial... Eh, masih ada enggak ya rekamannya di youtube?

    BalasHapus
  22. Lagunya tuh enak banget dan berbobot. Ngajarin banyak hal tentang keuangan. Terutama gimana membedakan keinginan sama kebutuhan

    BalasHapus
  23. Semangat ya, kak! Dengan beberapa fitur yang terdapat di aplikasi blu by BCA Digital ini akan memudahkan kita untuk menajemen keuangan. Aku termasuk salah satu yang beruntung bisa mengenal aplikasi ini.

    BalasHapus
  24. Sebagai perempuan ibu2 berusia 35 nampol banget. Pas dulu masih usia 25 aku kan kerja, rekening ditentuin kantor buat transfer gaji. Karena udah nikah, rekening nyaris ga pernah kupakai via atm karena semua kebutuhan udah dinafkahin suami. Alhamdulillah bisa nerusin s2 dg tabungan dari kerjaku dulu. Nah skrg begitu pny 3 anak wah amburadul deh kebutuhan berasa lbh banyak dibanding masih suami istri blm ada anak. Jadi merasa butuh blu nih

    BalasHapus
  25. Wah seru juga ya nonton bluMusical bisa paham soal finansial
    Coba ah segera saya install dan cari tahu sebagai user experience juga

    BalasHapus
  26. Blu ini cocok banget buat orang-orang yang susah banget buat nyimpen duit. Apalagi pakai auto debet pas banget deh

    BalasHapus
  27. Blu ini dipakainya mudah, daftarya nggak ribet, trus fiturnya juga kepake banget untuk membantu cashflow financial kita para milenial. Semoga kedepannya makin banyak promo yang diberikan oleh blu ya.. hehe

    BalasHapus
  28. benar benar menginspirasi
    kita bisa memasukkan pos pos keuangan dengan mudah dengan blu BCA
    apalagi buatnya mudah engga perlu ke bank
    jadi tujuan kita bisa tercapai selama bisa fokus dan rajin bekerja

    BalasHapus
  29. Menarik nih aplikasinya. Terutama fitur blusaving yang bisa buat misah-misahin keuangan sesuai kebutuhan. Jadi meminimalkan risiko kejadian dana terpakai untuk kebutuhan lain ya.

    BalasHapus
  30. Yah walau nggak nonton acaranya tapi saya pakai aplikasinya untuk transaksi sehari-hari. Ngebantu banget jadi lebih cashless dan juga fitur blusavingnya membantu saya membagi dana ke beberapa pos sesuai tujuan saya ^^

    BalasHapus
  31. Wajib download nih aplikasi blu by BCA Digital. Jangan lupa masukkan kode referral: DIDIKF6J0. Nitip lapak ya kak. Hehehe..

    BalasHapus
  32. Saya setuju sihh lagunya memang bikin semangatt. Jadii punya motivasi untuk terus majuu ngga ada kata nanti2. Eh benerann lhoo.. BluMusical ini keren yaa kak

    BalasHapus
  33. pastinyaa jadi lebih melek finansial soalnya lagunya penuh semangat. apalagi aplikasinya pun user friendly dan tampilannya juga clean, nggak banyak tombol ini itu ya kak

    BalasHapus
  34. Aku jadi pengin nonton blumusical ini. sepertinya insightnya bagus banget. Aku saja baca tulisannya jadi pengin nonton dan mulai merencanakan keuangan dengan baik.

    BalasHapus
  35. Keren banget ya acara bluMusical by BCA Digital waktu itu. Jadi melek finansial banget deh

    BalasHapus
  36. setuju banget nih Bang, Nonton bluMusical ini bisa buat kita jadi melek finansial, jadi semacam pertanda buat bisa lebih baik, YangPentingLakuin ya.
    kalau udah ada niat dan action pasti bakalan ada jalan juga nantinya :)

    BalasHapus
  37. Samaan dong, aku juga nonton bluMusical ini. Seru banget ya. Lagunya bagus dan pembicaranya asik-asik. Andai waktu bisa kembali, pengen muda lagi.

    BalasHapus
  38. Keren ya bluMusical ini, inspiratif sekali. Literasi finansial ini emang seharusnya kita dapatkan sejak kecil ya sehingga kalau udah besar= bisa mengatur keungan dengan baik. Jika perlu pakai aplikasi Blu

    BalasHapus
  39. Menarik dan inspiratif banget ya musikal ini. Banyak kesentil juga soal pengaturan keuangan yg masih amburadul & kecampur2. Kayaknya kudu pake BLU nih biar lebih rapi & tertata & lebih siap nabung utk raih mimpi2 finansial yg blm terwujud

    BalasHapus
Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel