Perencanaan Keuangan untuk Generasi Milenial

Salah satu bentuk perencanaan keuangan dan cara mengatur keuangan yang matang di masa mendatang ialah dengan investasi. Pentingnya perencanaan keuangan seperti investasi ini seharusnya disadari oleh para generasi milenial yang merupakan generasi muda yang masih produktif. Investasi merupakan one step closer dalam mempersiapkan kestabilan keuangan mereka di masa mendatang.

Pentingnya Investasi untuk Kehidupan Generasi Milenial (Ekonomi)

perencanaan keuangan

Beberapa hal berikut ini merupakan landasan pentingnya berinvestasi, yang menjadi bagian dari perencanaan keuangan yang lebih baik di masa depan:

1. Untuk Membangun Kehidupan di Masa Depan

Dengan investasi kamu bisa merencanakan keuangan di masa depan dengan mengikuti investasi, agar masa depan kita menjadi lebih terjamin. Contoh dengan mempersiapkan biaya pendidikan kita secara tidak langsung akan menjamin kondisi finansial keluarga di masa depan.  Manfaat dari jaminan finansial di masa mendatang itu bisa kita nikmati dan peroleh dari investasi jangka panjang.

2. Mempunyai Penghasilan Tetap

Dengan berinvestasi kalian akan merasa hidup lebih terjamin, sebab kamu akan memperoleh keuntungan dari aset investasi yang kamu miliki saat ini. Sehingga penghasilan dari gaji maupun usaha tidak terganggu karena dengan adanya investasi.

3. Meminimalisir Risiko Terjerat Hutang

Apabila kamu punya pendapatan lebih, sangat disarankan untuk berinvestasi ketimbang dengan berhutang dengan cara kredit barang. Sehingga suatu saat kamu bisa meminimalisir risiko terjerat oleh hutang yang menggunung. Dengan menyisihkan pendapatan yang kamu miliki untuk berinvestasi pada setiap setiap bulannya secara tidak langsung kamu menjalankan hidup hemat karena telah menyisihkan pendapatan setiap bulan.

4. Membangun Kebahagiaan Hidup Keluarga

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa investasi akan menjamin kehidupan ekonomi kita sehinga bisa membuat hidup lebih bahagia bersama keluarga yang menjadi bagian dari perencanaan keuangan yang matang.  Semua kebutuhan untuk kehidupan keluarga sudah mulai terpenuhi dari sekarang sebab semuanya telah dipersiapkan dengan baik. Untuk biaya hidup masa depan pun kita tidak perlu pusing memikirkannya. Seperti biaya pendidikan, atau biaya pengeluaran tak terduga seperti sakit/kecelakaan. Semua dengan investasi sudah tercover sehingga kita tidak perlu pusing lagi.


Jenis Investasi untuk Generasi Milenial

Hal ini pernah aku jelaskan di postingan tentang investasi sebelumnya namun akan aku sampaikan lagi sedikit disini. Nah filosofi dari investasi ialah menunda kesenangan sesaat untuk kesenangan yang lebih besar di masa mendatang.  Sebagai generasi milenial kita bisa menyisihkan sebagian penghasilan atau pemasukan baik dari gaji maupun dari usaha maupun bisnis yang anda jalankan agar bisa diinvestasikan dalam berbagai instrumen investasi yang ada. Berikut ini merupakan beberapa jenis investasi yang bisa dipilih oleh generasi milenial:

1. Tabungan

Tabungan merupakan jenis investasi paling umum yang bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Risikonya pun tergolong minim, jika ingin mendapat keuntungan melalui tabungan adalah dengan menabung di bank, karena semakin besar jumlah simpanan tabungan maka bunga bank pun semakin besar. Dari sini lah keuntungannya 

2. Deposito

Cara kerjanya sama seperti tabungan di bank, namun harus mengeluarkan jumlah yang lumayan dengan jangka waktu tertentu dan tidak boleh di ambil saat belum mencapai masanya

3. Emas

Investasi emas dalam hal ini bukan emas perhiasan ya, karena emas perhiasan untuk waktu tertentu nilainya bisa berkurang meski harga emas sedang naik. Yang di maksud disini adalah emas batangan seperti dari ANTAM maupun emas batangan resmi lainnya yang nilainya tidak mungkin berkurang dari waktu kewaktu.

4. Saham

Saat ini saham merupakan jenis investasi yang sedang digandrungi oleh para generasi milenial sebab terbukanya pasar modal untuk umum dan berkembangnya platform investasi saham membuat orang-orang banyak yang bermain saham, baik pemula maupun yang ekspert.

5. Reksa Dana

Sama seperti saham reksa dana juga sedang digandrungi oleh generasi milenial, seiring banyak platform yang memudahkan untuk berinvestasi reksadana hanya melalui handphone mereka.

Itulah sedikit informasi mengenai pentingnya investasi bagi generasi milenial. Semoga dengan adanya informasi ini dapat berguna untuk kalian khususnya generasi milenial, bahwa sangat penting untuk melakukan perencanaan keuangan yang matang. Dan kita bisa mengetahui bahwa ada banyak sekali manfaat hingga alasan pentingnya melakukan perencanaan keuangan khususnya investasi agar nantinya bisa membangun kehidupan yang stabil di masa depan, mendapatkan penghasilan yang tetap, meminimalisir terjerat hutang, dan hidup tenang.



Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Perencanaan Keuangan untuk Generasi Milenial"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel