Alasan Menulis Blog versi bangekoo.my.id

Halo gaes, kali ini aku akan membahas alasan menulis di blog. Semoga kalian berkenan membacanya ya hehe. Sebagai blogger pemula mendapatkan tugas dengan syarat menulis minimal 1000 kata itu bukanlah hal yang mudah dan ini merupakan sebuah tantangan. Kurangnya ilmu maupun pengalaman tentu saja menjadi salah satu kendalanya. Sama seperti halnya ketika menulis artikel blog untuk di ikut sertakan dalam sebuah lomba ataupun artikel backlink. Yang salah satu syarat nya juga mengharuskan artikel dengan jumlah kata yang lumayan banyak biasanya 600 dan 1000 kata. Kadang dibutuhkan waktu berhari-hari untuk menulis sebuah artikel dengan jumlah kata yang banyak tersebut. Oleh karena itu butuh perjuangan dan pengorbahan ketika menulisnya. 

Bersyukur beberapa hari yang lalu aku di terima masuk kelas growth blogger. Kelas ini bertujuan agar meningkatkan pengetahuan dan skill peserta kelasnya di bidang blogging. Salah satu tujuanku daftar di kelas ini adalah agar bisa menaikkan DA blog yang mana di kelas-kelas sebelumnya banyak yang berhasil menaikkan DA blog mereka ketika lulus dari kelas ini. Selain itu akan ada materi mengenai ilmu tentang blog dan juga SEO. Untungnya lagi kelas ini gratis gaes, ilmu tentang blog dan SEO itu mahal lho jadi jangan di sia-siakan kesempatan seperti ini. Sebelumnya aku ingin berterima kasih kepada para coach yang bersedia menerima blogger pemula sebagai murid di kelas growth blogger ini.


alasan menulis blog versi bangekoo.my.id



Oh ya, kelas growth blogger ini hasil gagasan mas irwin dan tim, bagi yang penasaran dan ingin tahu lebih lanjut mengenai kelas ini dapat mengunjungi situs web resminya yaituu www.growthing.id atau pun bisa kepoin di halaman facebooknya mas irwin hehe. Selain itu kelas growth juga di tangani oleh coach-coach yang keren, dengan berbagai keahlian mereka sesuai bidangnya. Semoga aku bisa bertahan sampai kelas berakhir dan mencapai tujuanku. Doakan ya gaes hehe. Baiklah lanjut ketopik pembahasan berikut alasan menulis di blog versi bangekoo.my.id.



Mendapatkan Uang

alasan menulis blog untuk mendapatkan uang


Tujuan yang pertama kali aku inginkan ketika membuat blog adalah untuk mendapatkan uang. Sepertinya banyak juga blogger-blogger senior yang tujuan awalnya untuk menghasilkan uang ya hehe. Waktu itu aku menuliskan di kata pencarian google cara mendapatkan uang dari internet dan keluarlah artikel-artikel menarik dari blogger tersukses. Nah dari situ aku tertarik membuat blog karena ternyata banyak penulis blog yang berhasil mendapatkan uang. 

Salah satu blogger ternama di indonesia yaitu mas sugeng, dengan alamat blognya sugeng.id banyak bacaan ilmu tentang blog yang aku dapatkan disana meski tak semua yang bisa aku terapkan alias masih belum paham. Menurut cerita mas sugeng pendapatan blog melalui adsense sangatlah menjanjikan. Hal itulah yang membuat aku menulis di blog. 

Namun setelah sekian lama berkiprah di blog, untuk mendapat persetujuan dari adsense masih sangat sulit disebabkan blog ini belum memenuhi persyaratan mereka. Hal ini juga pernah aku tulis di halaman about blog ini. Bagi sebagian blogger senior adsense bukan satu-satunya jalan untuk mendapatkan uang. Cara mendapatkan uang selain adsense blog yaitu dengan cara menyediakan sebuah jasa, seperti content placement, banner iklan, jasa menaikkan DA dan bisa juga dengan cara menjual template blog. Biasanya blogger yang mahir di bidang programming akan membuat sebuah template untuk di jual. 



Ingin berbagi

alasan menulis blog versi bangekoo.my.id


Pada awalnya blog ini ku beri nama Serbaserbikost karena tujuanku waktu itu ingin berbagi pengalaman seputar dunia perkos-an. Postingan pertama blog ini pun mengenai mie tiaw goreng murah Namun sayangnya di tengah jalan kurasa kurang cocok untuk menulis tema seperti itu. Dan akhirnya aku putuskan untuk mengubah nama blog. Kebetulan waktu itu aku mendapat sebuah domain gratis selama setahun dan blog ini berganti nama menjadi bangeko.net . 

Domain tersebut aku dapatkan di salah satu penyedia domain dan hosting terbesar di indonesia dengan harga 0 Rupiah alias benar benar gratis. Setahun kemudian saat perpanjangan domain yaitu ketika telah melewati tenggat waktu aku di mendapatkan sebuah email berupa invoice untuk biaya perpanjangan domain tersebut. Kagetnya aku melihat besarnya biaya yang harus aku keluarkan yaitu sebesar 400 ribuan rupiah. Karena saat itu aku belum mampu jadi aku abaikan saja notifikasinya. 

Selang beberapa hari aku di "teror" oleh admin penyedia domain tersebut setidaknya dua atau tiga kali via telpon seluler. Oleh sebab itu aku vakum dari dunia blog untuk waktu yang cukup lama sehingga trafik blog anjlok menurun drastis dikarenakan domain telah expired yang akhirnya aku mengganti nama blog menjadi bangeko.blogspot.com


Aku mulai aktif menulis lagi sejak bertemu dengan salah satu blogger senior di Pontianak yaitu kang Asep Haryono (biasanya aku memanggilnya dengan sebutan bang Asep hehe) yang kebetulan juga merupakan rekan kerja di kantor waktu itu. Beliau merupakan pemilik blog simplyasep.com, yang mana ia selalu memotivasi aku untuk aktif menulis lagi dan juga selalu memberikan informasi mengenai mendapatkan uang melalui blog. Dan berkat beliau aku bisa bergabung di komunitas blogger pontianak, banyak hal positif yang aku dapatkan sejak menulis blog. 

Yang lebih memacu aku untuk aktif menulis adalah ketika aku mendapat juara 3 di salah satu kompetisi blog. Senang sekali rasanya baru pertama ikut lomba bisa mendapatkan juara tersebut. Meski hadiahnya kecil namun aku bersyukur menerimanya. Rasanya menulis artikel lomba dengan niat terbayarkan ketika mendapat juaranya. Hal itu lah yang menjadi alasanku mulai menulis lagi. Link artikel yang aku maksud bisa kalian klik link ini


Mengisi waktu

alasan menulis blog mengisi waktu


Terkadang rasa bosan selalu menghampiri ketika kita menjalani rutinitas. Saat ada waktu senggang pun rasanya tersia-siakan ketika hanya digunakan untuk rebahan. Oleh karena itu mengisi waktu dengan menuliskan ide-ide maupun cerita bisa menjadi cara yang positif. Jika ide tidak di tulis maka ide hanya akan lewat begitu saja. Kadang juga ide bisa datang secara tiba-tiba biasanya orang menyebutnya ini mendapat ilham hehe. Karena aku orangnya tipe yang pemikir jadi hal-hal kecil yang tampak aneh di mataku bisa menjadi bahan pikiran ku. 

Contoh saja ketika aku sedang bersepeda motor lalu saat itu langit cerah sehingga awan pun tampak bergerak, biasanya di dalam pikiranku aku bertanya-tanya setinggi apa sih awan yang bergerak itu, jika aku memainkan layangan apakah layanganku bisa mencapai awan dan memecah awan tersebut, sekuat apa sih angin di atas sana hingga bisa menggerakkan awan tersebut, dan masih banyak pikiran aneh dari hal-hal yang aku lihat. Ada yang sama kayak aku ga ya (komentar dong hehe) ,jadi penasarankan :D ... Mungkin sebagian orang bilang kelainan itu katanya overthingking.


Hobi yang dulu di benci

alasan menulis di blog versi bangekoo.my.id


Faktanya dulu saat dibangku sekolah, salah satu materi di Bahasa Indonesia yang paling gak aku sukai adalah menulis alias mengarang. Karena waktu itu sulit rasanya bercerita/mengarang melalui tulisan apalagi tulisan tanganku jelek. Ga tau ini mitos atau fakta ya, kan kata orang-orang jangan terlalu membenci nanti jadi cinta (Benci jadi cinta). Hal ini terjadi juga pada diriku :D


Memberi manfaat



Bermanfaat bagi orang lain juga merupakan salah satu tujuan hidup yang baik. Oleh karenanya selah mengganti nama blog menjadi bangekoo.my.id aku fokus untuk memberikan informasi, baik dari pengalaman maupun dari artikel yang pernah aku baca. Selain itu aku juga ingin berbagi mengenai tugas-tugas kuliah agar adik-adik mahasiswa khususnya prodi matematika FKIP Untan bisa mendapatkan referensi tambahan. Salah satu tugas yang ingin aku bagikan adalah Laporan praktikum baik Kimia, Biologi maupun Fisika, namun saat aku mencari kumpulan laporan tersebut tak satupun yang aku temukan, aku lupa apakah laporan-laporan itu di pinjam oleh adik kelasku ya hmmmm. Oleh karena itu aku urungkan niat untuk berbagi materi laporan praktikum tersebut. Tadinya sih biar blog ini masuk di Daftar Pustakanya adik-adik kelas, gitu hehehe.

baca juga beberapa artikel mengenai tugas kuliah :


Ingin di anggap ada


Salah satu cara agar kita di anggap pernah ada di dunia ini adalah melalui tulisan. Hal ini juga di sampaikan oleh coach Monica Anggen di Materi Mahir Menulis dan Editing Blogspot, di kelas Growth Blogger. Meski penyampaiannya hanya melalui teks di WAG. Tetapi kami sebagai peserta rasanya cukup puas, dan aku pun bisa memetik poin penting dari materi yang di sampaikan mbak monic seperti: 


Banyak-banyak baca

Tujuannya agar ilmu bertambah luas, banyak inspirasi, perbendaharaan kata juga otomatis akan bertambah 


Tulisanmu adalah Dirimu

Menurut mbak monic diri seseorang bisa tergambarkan melalui tulisannya. Menulis juga harus dilakukan secara sadar dan tahu risiko yang mungkin timbul dari apapun yang kita tulis. Saat kita berusaha memanipulasi tulisan dengan cara apapun, ciri khas diri kita pasti akan terlihat, terutama penulis ataupun editor yang berpengalaman bisa merasakan hal ini


Dari blog jadi buku

Selain nge-blog di monicaanggen.com mbak monic ternyata juga merupakan seorang penulis buku, buku-bukunya yang terbit juga di ada yang di ambil dari artikel-artikel di blognya. Berikut beberapa karya mbak monic yang best seller

alasan menulis blog monica anggen


Pesan mbak monic, untuk menjadikan blog menjadi sebuah buku buatlah outline / rancangan kasarnya dan jadikan artikel demi artikel di blog, artikel-artikel inilah yang akan menjadi BAB saat dijadikan buku.


Saring before Sharing

pesan mbak mon sebelum kita berbagi informasi pastikan topik yang akan kita bagikan itu dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya artinya kita bisa membandingkan suatu topik yang kita ulas dengan banyak situs untuk menguji kebenaran informasinya. Blogger yang menuliskan hal-hal hoax sangatlah di hindari brand. 


Hindari plagiarisme

biasanya blogger mendapatkan press rilis langsung menyalin nya menjadi sebuah artikel diblog, hal ini harusnya di hindari karena bisa jadi di anggap plagiarisme, sebaiknya tetap di rewrite dan di olah lagi agar menjadi orisinil dari blog kita, serta jangan lupa tambahkan opini ataupun pengalaman pribadi biar tulisan semakin kuat

Rasanya tak ada yang perlu di kritik dari kelasnya mbak mon ini, karena penyampaian materinya sangat luar biasa sesi tanya jawab pun tak ada yang terlewat. Mungkin waktunya saja yang mungkin kurang karena di batasi hehehe.

Sepertinya hanya itulah alasan menulis yang bisa aku sampaikan di artikel kali ini,  yang membaca sampai habis aku ucapkan banyak terimakasih ya. Yuk tulis komentar kalian aku pengen tahu apakah alasannya juga ada yang sama denganku. hehehe




Wahyu Eko Cahyanto seseorang yang mengaku desainer grafis iseng, penyuka matematika, suka lari dan menonton drakor. Kadang mengisi waktu luang dengan menulis.

34 Komentar untuk "Alasan Menulis Blog versi bangekoo.my.id"

  1. Eh itu ga gratis namanya yak tapi bayar belakangan. Eisss jan.

    BalasHapus
  2. Sama bang saya juga ngak suka pelajaran bahasa Indonesia yang bagian mengarang. Capek mikir dan menulis. He...here Sekarang terjun kedunia literasi. Benci(benar-benar cinta)

    BalasHapus
  3. Saring before sharing itu poin penting menurutku di jaman sekarang yang arus informasinya deras untuk menghindari juga dari informasi-informasi hoax.

    Btw aku malah suka banget dulu pelajaran bahasa indonesia. Tapi emang sih kalo awal-awal mau nulis ya mesti mikirnya lama dulu baru lancar nulis hihihi

    BalasHapus
  4. Kok bisa siiiihhhh, dari gasuka nulis jaman sekolah, sampe bisa jadi blogger dan nulis sepanjang iniii. Kereeeeen. Semangat terus nulisnya mas eko!

    BalasHapus
  5. mantap. nulis blog ternyata banyak manfaatnya ya.. sukses terus untuk blognya bang ekoo

    BalasHapus
  6. Ngeblog itu asyik, kadang konsisten aja yg sulit. Pas ada ide dinanti2, jadinya keburu males duluan😂

    BalasHapus
  7. Lanjutkeun, kembangkeun, pertahankeun ngeblognya. Biar tetap memiliki sesuatu yg bermanfaat bagi orang².

    BalasHapus
  8. Sayang banget mas domain bangeko.net tidak diperpanjang, tapi memang mahal sekali 400ribu untuk domain saja. Semoga domain yang sekarang langgeng selamanya ya mas agar bisa berbagi informasi terus

    BalasHapus
  9. Saring sebelum sharing itu penting banget
    Saya sendiri harus ketat dalam masalah ini supaya ga dianggap penyebar hoax

    BalasHapus
  10. Semoga kta tetap bertahan sampe akhir kelas bg.. semangat terus ngeblognya😊

    BalasHapus
  11. alasan memberi manfaat itu sama denganku mas, siapa tau di luar sana banyak yang perlu info dari pengalaman kita kan ya. bisa dapat pahala dari sana :)

    BalasHapus
  12. dari benci jadi cinta nih ceritanya

    BalasHapus
  13. Panjang juga perjalanan nama domainnya. Wah, aku juga nggak suka pas pelajaran mengarang. Sulit memulainya. Apalagi dikasih ketentuan bla, bla, bla. Tapi sekarang jadi cinta :))

    BalasHapus
  14. Ciee banget eko yang tadinya benci jadi cinta dengan menulis.. Lanjutkan terus Bang dengan SemangatCiee, biarkan cinta itu mengalir dengan semestinya haha

    BalasHapus
  15. wah sayang banget sempet vakum lama sampe trafficnya anjlok ya.. ngeblog emang banyak godaan dan cobaannya ya mas. tetap semangat!

    BalasHapus
  16. Ini benar-benar, definisi benci jadi cinta ini yaa. Semoga selalu konsisten menulis di blognya ya bang Eko, ceritanya inspiratif banget nih. Kalo daku baru mulai ngeblog belum lama nih

    BalasHapus
  17. Oh wow,, benci jadi cinta emejing,, hehe
    Saya dulu klo pelajaran B. Indo rada kebelenger di suruh mengarang,, hehe
    Pokoke semangats,,,,

    BalasHapus
  18. Wkwkwk... Benci jadi cintanya menyenangkan ga bang? Jadi ketagihan ya sekarang.

    BalasHapus
  19. Makanya kalau benci jangan terlalu, jadi suka kan. Ekwkkkw

    Ada yg pernah bilang. Aku menulis maka aku ada. Dengan menulis namanya akan dikenang meski orangnya telah tiada

    BalasHapus
  20. Wah alasan menulisnya bagus2 nih bang eko.. Menurutku alasan untuk berbagi ini bagus banget karena dengan menulis kita bisa berbuat kebaikan yang everlasting

    BalasHapus
  21. Seribu kata memang banyak. Tapi kalau pas nulis di topik yang kita suka, 2000 kata juga nggak terasa. Hihi...sukses ya untuk prosesnya. Semoga semua peserta growth bisa lulus semua .aamiin...

    BalasHapus
  22. karena dimulai dengan hai gaesss... berasa liat youtube jadinyaaa hahaaa. Tapi serbaserbikos itu seru loh yang blog pertama yaa, bisa jadi buku kayanya, menarik ide ceritanyaa

    BalasHapus
  23. Wowww... mendapatkan uang ada di nomer 1 ya mas :) semangat mas.. jadi cinta ga sama benci? hehe

    BalasHapus
  24. Aku baca profil mas eko rada shock. Emang bener suka nonton drakor, mas? Yuk ah kapan2 kita rumpiin drakor bareng2. Semangat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, emang aneh ya mbak kalo cowo suka drakor :D kuy lah, paling seneng dapat temen 1 frekuensi :D

      Hapus
  25. berarti benar kata orang ya jangan terlalu pada sesuatu, kejadian kan. Terlalu benci jadi sukaa deh. Happy blogging mas.

    BalasHapus
  26. Wah saya terkecoh pas baca Saring before sharing. Hehhe dasar mata udah lelah ini. Panjang juga ya mas perjalanan ngeblognya. Tapi unik, suka nulis dari benci jadi cinta. Hmmm mungkin guru2 kita dulu lupa bahwa menulis itu mudah. Tulis saja dulu editing kemudian. Alih-alih begitu, kita dikasih teori duluan.

    BalasHapus
  27. Kalo 1000 kata memang pas awal-awal terasa berat banget kalo belom mulai. Saya pernah baca buku sih, lupa dimana, katanya 100 pertama aja kita susah untuk menulis, selebihnya tinggal mengalir begitu uja. Tau-tau eh udah 1000 kata hihi

    BalasHapus
  28. Wah. Hebat sih menulis untuk mengisi waktu. Kalau aku seringnya malah tidak punya waktu untuk menulis.

    BalasHapus
  29. Menulis 1000 kata itu sesuatu banget ya Mas.

    Sekedar saran, itu paragrafnya kayanya panjang-panjang banget. Agak sulit membacanya untuk paragraf sepanjang itu dengan tulisan yang nggak terlalu besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sarannya mbak :) akan saya perbaiki

      Hapus
  30. Setuju banget kalau kita harus Saring before Sharing.
    karena ada tanggung jawab yang kita pikul sebagai blogger

    BalasHapus
  31. Wah, perjalanan menulisnya lumayan juga ya mas. Lumayan juga ganti2 nama webnya mas. Apa nggak ilang datanya?

    BalasHapus
  32. Wah banyak sekali yang komentar nih hihihii. Mantaf. Teruslah berbagi dan teruslah di OPTIMASI biar josssssssssssss hieieie Maju terus. Semanhgat terus. Merdekaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
Hindari berkomentar hanya dengan 1 kata saja.
Sebaiknya usahakan komentar sesuai tema artikel yang dibahas :)
Komentar dengan link aktif akan saya delete.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel