Melamar kerja merupakan tahap penting dalam mencari pekerjaan. Di era sebelum digitalisasi, melamar kerja dilakukan secara manual dan mengharuskan pencari kerja untuk mengirimkan surat lamaran melalui pos atau mengirimkan langsung ke perusahaan yang dituju. Namun, dengan kemajuan teknologi, saat ini melamar kerja telah berubah drastis. Seiring dengan kemunculan platform online, pencari kerja dapat mencari, mengajukan, dan melacak peluang kerja secara online.
Perbandingan Melamar Kerja Dulu dan Era Digital
Proses pencarian pekerjaan
Di era sebelum digitalisasi, pencari kerja harus aktif mencari peluang kerja melalui koran, bursa kerja, atau melalui jaringan pribadi. Lahir di tahun 90an membuatku juga merasakan masa sulitnya mencari kerja, harus membeli koran terbaru agar bisa update info lowongan kerja yang sesuai. Dimasa itu aku baru lulus sekolah sehingga skill yang dimiliki pun masih kurang, namun berkat informasi dari saudara tempat ia bekerja sedang mencari lowongan baru, dan syukurnya aku keterima di posisi yang ditawarkan tersebut. Hal ini pernah aku ceritakan di artikel yang membahas pentingnya internet sebagai jembatan ekonomi digital
Dengan hadirnya teknologi, terutama adanya Internet peluang kerja dapat dicari dengan lebih mudah melalui platform online, berikut ini adalah rangkuman yang aku dapat di situs review gadget.
- Mesin Pencari Pekerjaan: Situs seperti Kalibrr, Loker.id, Karir.com, JobStreet dapat kamu gunakan sebagai untuk mencari lowongan kerja sebab semuanya menyediakan fitur mesin pencari pekerjaan atau job search engine. Dimana kamu sebagai user dapat dengan mudah memilah berdasarkan lokasi, jenis pekerjaan, dan kriteria lainnya sesuai dengan porto folio yang dimiliki, serta melihat posisi yang tersedia di perusahaan-perusahaan atau dalam industri tertentu.
- Website Perusahaan: Terkadang beberapa perusahaan besar memberikan informasi lowongan kerja dengan membuat halaman khusus "karir" pada website resmi mereka. Pada laman tersebut biasanya tersedia informasi posisi yang tersedia, kriteria yang dibutuhkan, serta cara untuk mengajukan lamaran.
- Media Sosial: Situs media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Instagram, Facebook, bahkan TikTok kini selain untuk memperluas jaringan, juga dapat dimanfaatkan untuk mencari lowongan pekerjaan. Biasanya dengan mengikuti akun khusus yang memberikan informasi lowongan kerja
- Aplikasi Pencari Kerja: Selain mesin pencari pekerjaan, ada juga yang berbentuk aplikasi pencari kerja yang bisa kita manfaatkan. Bermodal smartphone dan juga paket internet kamu sudah bisa memantau pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yg dimiliki.
- Job Fair Online: Berkat adanya Internet sekarang job fair pun bisa dilaksanan secara online, hal ini selain menghemat sewa gedung, juga lebih hemat waktu baik penyelenggara maupun para peserta job fair. Hal ini bisa jadi alternatif kalian yang ingin mencari kerja secara online
Pengiriman lamaran kerja
Sebelum era digitalisasi, pencari kerja harus mengirimkan surat lamaran secara manual melalui pos atau mengirimkan langsung ke perusahaan yang dituju. Namun, saat ini pengiriman lamaran kerja dapat dilakukan dengan mudah melalui email atau platform online seperti LinkedIn atau Jobstreet.
Pengumuman lowongan kerja
Di era sebelum digitalisasi, pengumuman lowongan kerja dilakukan melalui papan pengumuman, iklan di koran, atau media lainnya. Namun, di era digital, perusahaan dapat dengan mudah memposting lowongan kerja mereka di platform online atau situs web resmi mereka, sehingga pelamar dapat dengan mudah mengakses informasi tentang peluang kerja yang tersedia.
Seleksi awal
Di era sebelum digitalisasi, perusahaan harus melakukan seleksi awal secara manual dengan meninjau surat lamaran yang diterima.
Namun, di era digital, perusahaan dapat dengan mudah melakukan seleksi awal melalui sistem manajemen pelamar atau menggunakan software khusus untuk menyeleksi pelamar.
Wawancara kerja
Di era sebelum digitalisasi, wawancara kerja dilakukan secara tatap muka atau melalui telepon. Jujur untuk wawancara kerja lewat telepon aku sendiri belum pernah merasakannya, apakah diantara teman-teman pembaca
Namun, dengan kemajuan teknologi dan internet yang cepat, perusahaan dapat melakukan wawancara kerja online melalui platform panggilan video seperti Skype, Zoom, atau Google Meet. Dimasa pandemi platfrom panggilan video menjadi solusi agar bisa tatap muka meski dari rumah, untuk keperluan rapat, diskusi bahkan untuk wawancara kerja.
Penerimaan pekerjaan
Di era sebelum digitalisasi, penerimaan pekerjaan biasanya dilakukan secara lisan atau dengan surat konfirmasi yang dikirim melalui pos. Namun, saat ini, perusahaan dapat mengirimkan surat konfirmasi atau kontrak kerja melalui email atau platform online.
Dalam era digital, melamar kerja telah mengalami banyak perubahan. Proses pencarian pekerjaan, pengiriman lamaran kerja, pengumuman lowongan kerja, seleksi awal, wawancara kerja, dan penerimaan pekerjaan semuanya telah berubah secara signifikan. Meskipun demikian, prinsip-prinsip dasar seperti menulis surat lamaran yang baik dan persiapan wawancara kerja tetap menjadi faktor kunci dalam mencari pekerjaan.
Hal yang Mesti diperhatikan dalam Membuat Lamaran Kerja
Oleh karena itu, meskipun ada banyak perubahan dalam melamar kerja, namun pada dasarnya, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pencari kerja dalam mengejar pekerjaan impian mereka, terutama di zaman digital ini.
Profil Online yang Menarik
Di era digital, profil online sangat penting. Profil online dapat membantu perusahaan untuk menilai calon karyawan yang potensial. Dalam hal ini, profil LinkedIn adalah yang paling populer dan dianggap sebagai standar dalam industri. Pastikan profil LinkedIn kamu lengkap, dengan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang terbaru dan terbaik.
Penggunaan Kata Kunci yang Relevan
Untuk mencari lowongan kerja secara online, pencari kerja perlu memastikan bahwa mereka menggunakan kata kunci yang relevan dalam pencarian mereka. Dalam hal ini, pencari kerja harus mempertimbangkan kata kunci seperti posisi pekerjaan, nama perusahaan, atau lokasi di mana mereka ingin bekerja. Ini akan membantu pencari kerja untuk menemukan peluang kerja yang sesuai dengan kriteria mereka.
Surat Lamaran yang Menarik
Surat lamaran tetap menjadi bagian penting dalam mencari pekerjaan. Pencari kerja perlu memastikan bahwa surat lamaran mereka ditulis dengan baik, menjelaskan secara singkat dan jelas mengapa mereka cocok untuk posisi yang dilamar. Pastikan juga untuk menambahkan pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.
Membuat resume atau CV yang Relevan
Setiap posisi yang kamu lamar pasti membutuhkan skill, pengalaman dan persyaratan yang berbeda-beda. Maka dari itu hindari membuat CV yang universal, lebih baik membuat CV yang relevan dengan posisi dan perusahaan yang dituju. Kamu dapat memanfaat situs seperti Canva untuk membuat desain CV yang menarik, disana banyak template menarik yang mungkin cocok dengan selera kamu dalam mendesai resume yang menarik.
Menjaga Jejak Lamaran
Setelah mengajukan lamaran, pastikan untuk melacak kemajuan lamaran kalian. Dalam hal ini, platform online seperti Jobstreet atau Glassdoor dapat membantu pencari kerja untuk melacak status lamaran mereka. Pastikan untuk memberikan tindak lanjut pada lamaran kamu, jika kamu belum menerima tanggapan dalam waktu yang lama.
Gunakan Internet cepat dan stabil
Untuk urusan membuat surat lamaran kerja, resume, maupun mengirimkan dokumen lamaran kerja, pastikan untuk selalu gunakan koneksi internet yang terbukti cepat, stabil dan handal.
Dengan menggunakan layanan IndiHome dari Telkom Indonesia kamu dapat merasakan semua pengalaman tersebut. Sebagai penyedia layanan internet terbesar di indonesia hingga ke pelosok desa, ini punya layanan internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps yang tentunya sangat nyaman untuk di manfaatkan.
Dengan demikian, berkas lamaran kalian juga terhindar dari risiko gagal terkirim akibat koneksi internet yang buruk karena gangguan cuaca maupun gangguan sinyal lainnya.
Kesimpulan
Di era digital ini, melamar kerja telah berubah dengan sangat signifikan. Namun, prinsip-prinsip dasar seperti profil online yang menarik, penggunaan kata kunci yang relevan, surat lamaran yang menarik, dan menjaga jejak lamaran tetap menjadi faktor penting dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, para pencari kerja perlu memperhatikan hal-hal ini dan terus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di era digital.
Referensi:
https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/13012/mencari-pekerjaan-dulu-vs-kini-perubahan-drastis-di-era-digital