Postingan

Asas Manfaat, Adil dan Merata

materi di mata kuliah pengantar pendidikan yaitu materi Asas Manfaat, Adil dan Merata Serta Asas Efipsiensi dan Efektifitas
asas manfaat adil dan merata, efisiensi dan efektifitas


Kali ini, aku akan membagikan salah satu materi di mata kuliah pengantar pendidikan yaitu materi Asas Manfaat, Adil dan Merata Serta Asas Efesiensi dan Efektifitas.

Disclaimer : dari beberapa materi yang aku bagikan khususnya mengenai Asas. Ternyata terdapat kekeliruan dari teman-teman dalam menuliskan kata Asas. Sebab diantaranya banyak yang penulisannya masih menggunakan kata Azas maupun  Azaz padahal bila kita mencari kata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kita pasti tidak akan ditemukan maknanya. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini aku akan memperbaiki beberapa materi yang penulisannya masih mengunakan kata azas maupun azaz.

Pengertian Asas Pendidikan

Asas disini berarti alas, dasar, dan pedoman yang menyatakan bahwa kebenaran suatu pernyataan tersebut. Asas atau prinsip pendidikan adalah ketentuan-ketentuan yang dijadikan pedoman atau pegangan dalam melaksanakan pendidikan agar tujuanya tercapai dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Asas Manfaat

Azas manfaat menjelaskan bahwa pendidikan baik dalam keluarga, sekolah maupun luar sekolah harus dilaksanakan dengan mengingat asas kemanfaatan bagi masa depan.

Asas ini juga berarti pendidikan harus mengingat kemanfaatanya bagi masa depan peserta didik, bagi masyarakat, bangsa, negara, dan agama.

Pendidikan politik bagi generasi muda diselenggarakan sedemikian rupa, baik dalam bahan mau pun caranya sehingga hasil yang dicapai dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Ia harus dapat meningkatkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, mau pun bangsa dan pengembangan pribadi.

Adil dan Merata

Kata adil disini mempunyai arti setiap orang berhak memperoleh pendidikan secara adil, tidak mengedepankan kalangan yang dianggap menonjol, tetapi semuanya mempunyai hak yang sama.

Merata disini sama dengan menyeluruh, artinya pendidikan diberikan kepada semua kalangan, baik dikalangan masyarakat rendah maupun tinggi.

Jadi, azas manfaat adil dan merata disini maksudnya adalah landasan atau pedoman yang berguna bagi semua orang ataupun ksususnya kita sendiri untuk mendapatkan tempat yang layak, seperti orang lain yang diberi hak dan kewajiban dalam kehidupan mereka.

Azas adil dan merata menjelaskan azas yg diterapkan dalam menghadapi situasi yang beraneka ragam.

Azas ini menjelaskan bahwa semua kepentingan berbagai pihak harus mendapat perhatian dan perlakuan yang seimbang.

Azas Efisiensi dan Efektivitas

Efisiensi adalah perbandingan terbaik antara hasil yang diperoleh dari kegiatan yang dilakukan serta sumber dan waktu yang digunakan.

Menurut Hidayat (1986), efekitifitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas, kualitas, dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar target yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya

Secara umum pengertian efektifitas menunjukkan sampai seberapa jauh tercapainya suatu tujuan yang terlebih dahulu ditentukan. 

Asas efisiensi dan efektifitas, diartikan bahwa dalam pendidikan harus ditumbuhkan keaktifan, kreativitas, inisiatif, ketrampilan, kelincahan, dan sebagainya. Hal ini menghendaki pendidikan memiliki kehematan dalam keberhasilan serta hasil guna yang tinggi.

Masalah efesiensi dan efektivitas pendidikan diusahakan agar memperoleh hasil yang baik dengan biaya dan waktu yang sedikit. Ini berarti harus dicari sitem mendidik dan mengajar yang efisien dan efekif.


Sumber : Tugas Kuliah Kelompok 8 Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Prodi Matematika FKIP UNTAN

hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko