Transformasi Logo HUT RI Beberapa Tahun Terakhir

Berikut ini adalah beberapa transformasi Logo HUT RI selama 24 tahun terakhir. Ada Logo HUT RI ke 76

"Tujuh belas agustus tahun empat lima itulah hari kemerdekaan kita". Baca teks tersebut pasti kalian auto nyanyikan hehehe. Ya itulah sepenggal lirik dari lagu 17 agustus ciptaan H. Muntahar. Nah istimewanya tanggal 17 Agustus ini bagi rakyat indonesia adalah karena di hari tersebut merupakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap tahunnya pasti Logo HUT RI berganti sesuai tema yang di usung oleh presiden yang menjabat.

Hari kemerdekaan RI di sebut juga hari proklamasi, yang saat itu jatuh pada hari jum'at pukul 10.00 WIB. Naskah proklamasi tersebut dibacakan oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Beliau juga di sebut "Bapak Proklamator". 

Lokasi pembacaan naskah proklamasi di jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta Pusat. Biasanya untuk memperingati hari kemerdekaan akan di adakan berbagai macam lomba, seperti panjat pinang, balap karung, lomba makan kerupuk, dan lomba-lomba lainnya yang sudah kalian ketahui. 

Baca juga : Logo Himmat FKIP UNTAN

Sejak HUT RI yang ke 50 tahun tepatnya di tahun 1995 (disebut juga tahun emas) di luncurkan logo khusus. Nah sejak itulah di setiap peringatan HUT RI selalu berganti logo. Seperti gambar berikut ini


logo hut ri
Logo HUT RI ke 50 - 59
nb : minus logo HUT RI ke-52 (gambar yang tersebar internet kualitasnya sangat buruk)

Daftar presiden yang menjabat sejak adanya Logo HUT RI 50 - sekarang


  • Soeharto (1995-1997)
  • Bacharuddin Jusuf Habibie (1998-1999)
  • Abdurrahman Wahid (2000)
  • Megawati Soekarnoputri (2001-2004)
  • Susilo Bambang Yudhoyono (2005-2014)
  • Joko Widodo (2015-sekarang)



Berikut ini adalah transformasi Logo HUT RI selama 24 tahun terakhir



Logo HUT RI
Logo HUT RI ke 60 - 69


Logo HUT RI dari tahun 2005 (HUT ke 60) sampai 2014 (HUT ke 69) sebenarnya memiliki tema yang hampir mirip tiap tahunnya, namun tidak disertakan dalam logo.



Logo HUT RI ke 60 

(Angka 60 + 1 bendera)
Tema : Dengan semangat Proklamasi 1945, Kita Perkokoh Persatuan Dan Kebersamaan, Menuju Indonesia yang Aman, Adil, Demokratis dan Sejahtera


Logo HUT RI ke 61

(Angka 61 + 2 bendera)
Tema : Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Rasa Kebangsaan dan Kebersamaan untuk Membangun Indonesia yang Berssatu, Aman, Adil, Demokratis dan Sejahtera


Logo HUT RI ke 62

(Angka 62 + 3 bendera)
Tema : Sama persis dengan tema HUT RI tahun sebelumnya.

Kabarnya, jumlah bendera di dalam logo menandakan masa jabatan presiden yang menjabat kala itu (2004-2014)

Namun sejak tahun 2015 ada perubahan yang signifikan pada logo HUT Negara kita.


Logo HUT RI
Logo HUT RI ke 70 - 75


Memiliki tema besar yang jelas, sesuai dengan nama kabinet.
Lebih eyecatching, terlihat lebih keren dan simple namun bermakna
Lebih milinial, yaa karena emang targetnya untuk anak muda.
Dikerjakan oleh ahlinya


Logo HUT RI ke 70

Karya : Shafiq Muljanto dan Haryaman Wibowo dari Dentsu Start
Tema : Ayo Kerja


Logo HUT RI ke 71

Karya : Adityayoga, Sekjen Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI)
Tema : Indonesia Kerja Nyata
Konsep Logo : Sebagai bentuk kerja nyata yang berkesinambungan


Logo HUT RI ke 72

Karya : Agra Satria, Studio Mata
Tema : Indonesia Kerja Bersama
Konsep Logo : Merupakan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik


Logo HUT RI ke 73

Karya : Kevin Raozan, Blackhand Studio Bandung
Tema : Kerja Kita Prestasi Banagsa
Konsep Logo : terinspirasi dari kata "Kerja" yang berarti adanya pergerakan/ aktif,dan kata "Energi" yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja.


Logo HUT RI ke 74

Karya : Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI)
Tema : SDM Unggul Indonesia Maju
Konsep Logo : melambangkan sinergi, kolaborasi, inspirasi, dan semangat bekerja tiada henti untuk membangun negeri.


Logo HUT RI ke 75

Karya : Mas Seto, Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI)
Tema : Indonesia Maju
Konsep Logo : Terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila

Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai Negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia

Logo Kemerdekaan RI 75 ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomiuntuk rakyat Indonesia dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia


Baca juga : Logo UNTAN

Update!
Juni 2021


HUT RI 76 Logo

Logo HUT RI ke 76

Karya : SUNVisual
Tema : Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh
Konsep Logo : Mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai Negara yang tangguh dan tetap selalu berusaha bertumbuh meski dihadapkan dengan beragam

Logo Kemerdekaan RI 76 ini secara umum ada 4 makna logo, yaitu: Stabilitas dan pembangunan Gerak dan pertumbuhan Ruang kebersamaan Persatuan dan harapan


Makna Logo Hut RI 76 Secara Spesifik

Bentuk angka '7' yang mewakili 'kepala Garuda' => bermakna sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk seperti 'kepala Garuda' melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

Bentuk angka '6' yang mewakili bentuk 'orang dan roda yang sedang bergerak' +> bermakna bahwa Indonesia akan terus maju ke depan dalam pertumbuhan dan percepatan ekonomi. 

Bentuk 'jajar genjang' pada bagian angka '7' dan 'jajar genjang/trapesium' sama kaki di angka '6'. => bermakna sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Dan punya makna lainnya sebagai bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

Bentuk 'lingkaran' pada angka '6' => melambangkan kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai, bentuk ini juga mempunyai makna 'Persatuan Indonesia'.


Jika membutuhkan file asli kalian bisa download logo HUT RI 76 <- disini

Update!
Agustus 2022

Logo HUT RI ke 77

Logo HUT RI 77


Karya : Studio Woork
Tema : Pulih Lebih Cepat,  Bangkit Lebih Kuat
Konsep Logo : Tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di ulang tahun yang ke 77, Sebagai salah satu anggota dalam forum G20, Indonesia bukan hanya memperjuangkan kepentingan nasional-nya pada tingkat global. Indonesia juga menjadi suara dari negara berkembang yang berkontribusi bagi penyelesaian berbagai permasalahan ekonomi atau tantangan yang dihadapi dunia.

Tema Besar : Dua tahun lebih ini Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru tanah air.

Namun di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan. Kita melihat bagaimana kinerja dari pemerintah dan gerakan dari masyarakat bersinergi bersama untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global. 

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Logo Kemerdekaan RI ke-77 ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. 

Logo ini juga sebagai sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

Logo HUT RI ke 77 punya karakter visual yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global. Merupakan perwujudan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju.

Download Logo HUT RI ke 77 

Update!
Juli 2023

Logo HUT RI ke 77

Logo HUT RI 78


Karya : Katarina Monika

Tema : Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Konsep Logo :

Konsep visual logo HUT RI Ke-78 pada 17 Agustus 2023 terdiri dari enam elemen yaitu Estafet, Pancasila, Keberlanjutan, Terus Melaju, Tanggung Jawab Bersama, dan Globalisasi. 

  1. Tongkat estafet digambarkan dalam garis padat horizontal yang bermakna teruskan. Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa. 
  2. Kemudian, pada poin Terus Melaju, angka 7 berbentuk arah panah ke atas bermakna gerak maju. Arah panah keatas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.
  3. Selanjutnya, Pancasila digambarkan dalam 5 garis melengkung. Ini melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju. 
  4. Sementara itu Tanggung Jawab Bersama diimplementasikan dalam perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis. Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika). 
  5. Lalu, Keberlanjutan digambarkan pada perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang terputus. Ini bermakna bahwa keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju. 
  6. Terakhir Globalisasi yang ditampilkan oleh angka 8, representasi pola pikir global. Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Download Logo HUT RI ke 78

Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

2 komentar

  1. Paling suka desain yang 74, simpel dan Elegan
    1. yup, aku juga suka yg 74 mas, keren
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko