Himpunan Mahasiswa Matematika Himmat FKIP Untan

Himmat FKIP Untan adalah organisasi kemahasiswaan yang beranggotakan mahasiswa pendidikan matematika berkedudukan di FKIP UNTAN
Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP UNTAN) merupakan Fakultas yang memiliki paling banyak prodi dibandingkan Fakultas lainnya di Untan. Hal ini juga yang membuat Fakultas ini memiliki banyak sekali Himpunan Mahasiswa sesuai Prodi dan juga beberapa UKM. Salah Satunya adalah Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika atau biasa disebut Himmat FKIP UNTAN. Nah di karenakan sebentar lagi masuk ajaran baru. Informasi ini aku rangkum untuk memudahkan mahasiswa baru mengetahui tentang Himmat. Khususnya mahasiswa baru Pendidikan Matematika FKIP Untan. Saat kalian membaca ini aku ucapkan selamat datang di Prodi Pendidikan Matematika. Oh iya artikel ini juga bisa jadi sedikit bocoran nih bagi yang pengen tau khususnya untuk kalian memilih prodi pendidikan matematika di FKIP Untan. Untuk itu jika kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan ke teman-teman kalian yang membutuhkannya hehehe. Baiklah yuk langsung saja kita bahas satu-satu.

himpunan mahasiswa matematika fkip untan


Apa itu HIMMAT?


Himmat merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Matematika. Himmat FKIP Untan adalah organisasi kemahasiswaan yang beranggotakan mahasiswa pendidikan matematika berkedudukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak. Himmat merupakan wadah yang menampung segala pemikiran dan karya nyata dari mahasiswa pendidikan matematika FKIP Untan.

Himmat merupakan himpunan mahasiswa tertua di FKIP Untan. Himmat didirikan pada bulan maret 1983. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti tanggal didirikannya Himmat. Beberapa ketua terdahulu menjadikan tanggal kelahiran mereka sebagai tanggal kelahiran Himmat. Himmat FKIP Untan dapat dikatakan sebagai ibu dari beberapa Hima di FKIP. Karena HMPF, Himdika, dan Himbio awalnya berada dalam Himmat yang kemudian memisahkan diri dan mendirikan Hima masing-masing pada tahun 2005.

Himmat juga tergabung di dalam Ikatan Himpunan Matematika Indonesia (IKAHIMATIKA). Himmat lumayan sering mengirim utusan untuk mengikuti Musyawarah Tahunan, MusWil, dan Kongres IKAHIMATIKA. Pernah di UGM Jogja, IPB dll.


Lambang Himmat

lambang dan logo himmat fkip untan



Arti Lambang Himmat FKIP Untan

Keterangan lambang Himmat adalah sebagai berikut :


  • Warna dasar putih melambangkan dalam melaksanakan kegiatannya Himmat FKIP Untan dilandasi niat yang suci.
  • Lingkaran hitam melambangkan kebulatan tekad Himmat FKIP Untan dalam mencapai tujuan organisasi.
  • Segitiga sama sisi berwarna hitam melambangkan keajegan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Enam buah  busur lingkaran berwarna oranye yang saling berhubungan melambangkan urutan Fakultas di lingkungan Universitas Tanjungpura.
  • Tulisan HIMPUNAN MAHASISWA MATEMATIKA FKIP UNTAN berwarna hitam melambangkan nama organisasi.
  • Sigma berwarna kuning emas melambangkan Himmat FKIP Untan melakukan yang terbaik dan terus meningkat dalam berkarya.
  • Integral berwarna biru melambangkan kesatuan almamater.

VISI & MISI

VISI

Memajukan Himmat FKIP Untan melalui Kolaborasi KITA 

MISI


  1. Kreator ide dalam membangun gerakan sosial dan pendidikan. 
  2. Inisiator Utama dalam mengharmoniskan relasi yang ada di Himmat FKIP Untan. 
  3. Teladan terdepan dalam menciptakan suasana akademis maupun non akademis di ruang lingkup program studi pendidikan matematika. 
  4. Aktor kontributif dalam mewujudkan Himmat FKIP Untan yang Unggul, Mandiri dan Inovatif.


Tagline / Jargon


"AKU DIRIKU HIMMAT MAJU"

Uniknya pada saat pengucapan jargon/tagline tersebut ada gerakan khusus yang nantinya kalian pasti akan tau sendiri, tunggu saja hehehe :D

Slayer

himmat fkip untan

Bagi yang telah berhasil menjadi anggota Himmat akan mendapatkan sebuah slayer seperti gambar di atas. Untuk detail nya sedikit akan aku jelaskan. Slayer ini berbentuk segitiga samakaki dengan sudut 90 derajat dan dengan panjang sisinya 100 cm. Dengan hipotenusanya 100 akar kuadrat dari 2 cm, yang kalau didalam bilangan riil menjadi 141,42. Lalu lebar kain warna oren sebesar 3 cm. Yang di ilustrasikan dengan gambar dibawah ini

himmat fkip untan


Seragam Anggota Himmat

himmat fkip untan



Agenda & Kepanitiaan


PeCAH / Pecahan

pecahan himmat fkip untan


Pengkaderan Calon Anggota Himmat Fkip Untan (PeCAH) adalah kegiatan pengkaderan tahap pertama Himmat untuk mencetak kader-kader Himmat yang handal dalam berorganisasi. Kegiatan ini merupakan program kerja dari bidang kaderisasi yang dijalankan oleh panitia "PeCAH" yang ketuanya dipilih saat MusKer (Musyawarah Kerja) Himmat. Sejak tahun 2015 "PeCAH" berganti nama menjadi "Pecahan" (Pembinaan Calon Anggota Himmat Fkip Untan). Kegiatannya masih sama yaitu kegiatan yang melibatkan mahasiswa-mahasiswa baru. Di kegiatan ini mahasiswa baru diberikan pembinaan dan pengalaman agar memudahkan mereka saat terjun ke masyarakat nanti. Jadi, untuk mahasiswa baru kegiatan ini harus/kudu/mesti/wajib diikuti agar menjadi anggota Himmat. :D

LIMAS

lomba intelegensi matematika antar siswa himmat fkip untan


LIMAS (Lomba Intelegensi Matematika Antar Siswa) adalah salah satu agenda terbesar Himmat yang merupakan ajang kompetisi bagi para siswa tingkat sekolah dalam bidang matematika.
Ada dua jenis perlombaan yang akan diselenggarakan di LIMAS yaitu 

Mathematics Competition (MC)

MC (Mathematic Competition) nah jadi di MC ini sistemnya hampir sama kayak kalian Olimpiade gitu.

Baca juga : Alumni Himmat raih IPK 4.0 di Institut Teknologi Bandung

Lintas Graph Mathematics (LGM)

Dan lomba yang menarik lainnya yang pasti gak bakal nyesel buat ikutan adalah LGM (Lintas Graph Mathematics). Kenapa mimin bilang LGM itu seru, karena di sini kamu akan berpetualang dan banyak games didalamnya, tentu saja ada matematika nya. Untuk info lengkap bisa cek ke artikel ini 

LIMAS akan diadakan dibeberapa daerah yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, untuk itu akan ada seleksi daerah diantaranya :

Kota Pontianak, Kota Singkawang, kab. Kubu Raya ,Kab. Mempawah, Kab. Sambas, Kab. Landak, Kab. Sanggau, Kab. Sintang, Kab. Bengkayang, Kab. Kayong Utara, Kab. Ketapang, Kab. Melawi, Kab. Sekadau, Kab. Kapuas Hulu

Website LIMAS Himmat : https://limashfu.wordpress.com


PPM

pengabdian pada masyarakat himmat fkip untan
Potret salah satu kegiatan PPM di Kec. Sejangkung Kab. Sambas tahun 2012

PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) merupakan salah satu  kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu. Kegiatan ini selalu dilaksanakan diluar kota Pontianak. Ohya sebelum dinamakan PPM dahulu bernama TD (Tri D Apa saja sih yang kita laksanakan disana? dari nama kegiatan saja pengabdian pada masyarakat, tentunya kegiatan ini yang berhubungan dengan masyarakat desa, salah satunya karena kita adalah calon guru jadi kita akan mengajar adik-adik siswa siswi disana, dan banyak kegiatan seru lainnya. 


  • Tahun 2012 di Desa Parit Raja Kec. Sejangkung, Kab. Sambas
  • Tahun 2013 di Kab. Ngabang
  • Tahun 2014 di Kec.Nanga Pinoh Kab. Melawi
  • Tahun 2015 di Kab. Bengkayang 
  • Tahun 2016 di Desa Kedukul Kec. Mukok Kab. Sanggau
  • Tahun 2017 di Kab. Kayong Utara
  • Tahun 2018 di Desa Rawak Hilir Kec. Sekadau Hulu Kab. Sekadau
  • Tahun 2019 di Kab. sambas
  • Tahun 2020 di Desa Nanga Jetak Kec. Dedai Kab. Sintang

TIMSUS


Sebelum dinamakan Timsus, ia di namakan  Tim Perintis yang merupakan sebuah tim yang dibentuk oleh Himmat. Peran tim perintis ini amatlah penting, sebab mereka bertugas harus mensukseskan acara PPM yang merupakan agenda terbesar Himmat saat ini. Untuk menjadi anggota Timsus tentu saja harus terlebih dahulu menjadi anggota Himmat. Dan untuk menjadi anggota Timsus juga tidak mudah, ibarat level proses pembinaannya di atas lagi dari Pecahan. 

DIES NATALIS


Dies Natalis merupakanan agenda tahunan untuk merayakan hari jadi Himmat dengan serangkaian kegiatan sosial dan banyak sekali perlombaan yang menarik. Adapun peserta lomba yang bisa ikut adalah seluruh warga Kampus FKIP UNTAN tanpa terkecuali. Salah satu kegiatan Sosial yang rutin dilaksanakan yaitu Donor Darah, kegiatan donor darah dilaksanakan atas kerja sama Himmat dengan PMI Kota Pontianak. Sedangkan untuk agenda perlombaan di adakan di berbagai bidang seperti dibidang Olahraga : Futsal, Voli. Dibidang Karya Tulis itu ada Cerpen. Bidang lainnya yaitu Ranking 1, PES, dan lain-lain. Dan perlombaan menarik lainnya seperti Akustik, Himmat Giveaway dan Fotografi. Salah satu lomba yang senang aku ikuti saat itu adalah lomba PES, meski tidak menang keseruan mengikuti lomba ini sangat aku rasakan, bertemu dengan orang-orang yang hobi dan hebat dalam bermain PES itu sangat menyenangkan. Ohya dulu jaman kuliah, saat dosen lagi ga hadir dan ga ada tugas aku bersama teman biasanya mengisi waktu dengan bermain PES di rental (jangan di tiru ya hehehe), bahkan pernah saking  niatnya aku instal game PES di laptop dan kadang bawa stick ke kampus di jam-jam kuliah yang dosen nya sering berhalangan hadir (sekali lagi jangan di tiru kecuali kalian expert hahahha). Kalo sekarang mungkin kalian lebih senang ngisi waktu disaat jam kosong dengan main game hp, seperti mobile legend, PUBG dll. Wajar sih jaman dulu kami belum banyak yg megang hp android, paling game android  saat itu ya Clash of Clans (COC). BTW masih ada yang main ga ya? hehe punya ku sekarang masih TH 11 :D.

Dan masih banyak agenda seru lainnya yang tidak bisa aku sebutkan satu persatu, hehehe

himmat fkip untan

Daftar Ketua Himmat dari Tahun 2009 sampai 2019



  • Deni Junianto 2009/2010
  • - 2010/2011
  • Fajri Rizqi Ardhian 2011/2012
  • Riza Ruzniar 2012/2013
  • Raden Fajar Wicaksono 2013/2014
  • Muhammad Syahwaludin 2014/2015
  • Erhandi Nauvan Adriesa 2015/2016
  • Mizi 2016/2017
  • Dwi Suci Mulyani 2017/2018
  • Muhammad Rafif Wafi 2018/2019
  • Kurniadi Pajarudin 2019/2020

Testimoni tentang Himmat


Salah satu Testimoni dari Anggota Himmat

"Zaman SMA dulu saya tidak pernah mengenal yang namanya "ORGANISASI". Saat perkuliahan di FKIP, saya mengenal budaya di sini yaitu Kuliah Oke, Organisasi Yes. DImana selama kita perkuliahan kita didampingi oleh pengalaman-pengalaman organisani yang luar biasa. Kuliah itu tidak hanya belajar saja, tetapi kita dapat mengasah kemampuan kita selama perkuliahan kita sampai kita lulus nanti. Himmatlah yang membangun jiwa dan rasa keorganisasian saya selama perkuliahan." - Muhammad Rafif Wafi (Ketua Himmat Periode 2018/2019)

Alamat, Kontak dan Akun Resmi

Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi 
Kompleks Sekretariat Bersama 
PO BOX 1049 PONTIANAK 78124
Pontianak, Indonesia

e-mail: himmatfkip@untan.ac.id
Telepon : 081250237015

instagram : himmatfkipuntan
youtube : Himmat FKIP Untan
twitter : HimmatFKIPUntan
website : himmatfkip.untan.ac.id
Referensi : 
http://himmatfkip.untan.ac.id
http://himmatfkipuntan.blogspot.com/
https://himmatfkipuntan1983.wordpress.com/
hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko