Lulus dengan IPK 4,00, Kisah Inspirasi Irwan Septiadi Putera Daerah Kabupaten Mempawah Kalbar

Halo gaes, kali ini saya ingin berbagi inspirasi kisah sukses dari teman saya yang bernama Irwan Septiadi. Beliau saat ini telah menyelesaikan kuliah S-2 nya di salah satu kampus terbaik di indonesia yaitu ITB (Institut Teknologi Bandung). Beliau mengambil Program Studi Magister Pengajaran Matematika. Irwan berhasil lulus dengan nilai yang sempurna yaitu IPK 4,00. Sebuah prestasi yang luar biasa dan sangat membanggakan. Beliau merupakan putra daerah Kalimantan Barat yang berasal dari Kabupaten Mempawah. 

source : facebook.com/irwan.patot


Kami merupakan teman satu angkatan di program studi pendidikan matematika FKIP UNTAN namun kami berbeda kelas. Beliau menyelesaikan program S-1 nya pada tanggal 2 Agustus 2017. Bagi saya irwan merupakan salah satu mahasiswa terbaik yang dimiliki Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN. Banyak prestasi yang telah diraihnya terutama pada bidang matematika bahkan semenjak di jaman ia sekolah. Beberapa kali kami sempat berada di kelas mata kuliah yang sama di karenakan Dosen yang mengajar sama. Saya selalu kagum ketika ia bisa menjawab soal yang diberikan dosen hanya dengan melihat tanpa menulis atau mencoret-coret. Sungguh anugerah yang luar biasa yang telah Allah titipkan kepada beliau.
Disaat mendapat tugas kuliah yang rumit, ya beliau lah salah satu tempat bertanya bagi kami teman-temannya yang kesulitan hehe. Selain itu beliau juga yang menjadi tutor singkat untuk menghadapi olimpiade. Saat itu setiap tahunnya selalu ada diadakan Olimpiade tingkat Perguruan Tinggi, Seperti OSN Pertamina dan ON-MIPA. Nah beberapa kali saya sempat mencoba ikut di OSN Pertamina tersebut dan ternyata soalnya bagi saya sangat-sangat sulit, alhasil saya menjadi dukun dengan main asal tebak jawaban hehehe karena banyak soal mata kuliah tingkat atas pada olimpiade tersebut. Dan kekaguman saya berlanjut karena ternyata Irwan juga telah menguasai mata kuliah tingkat atas, seperti Graph, dan lainnya. Cinta nya pada matematika sangat dalam. 

Mengutip dari website fmipa.itb.ac.id
Irwan berpendapat bahwa belajar di Program Studi Magister Pengajaran Matematika sangat menyenangkan, selain diarahkan mempelajari konten matematika secara mendalam dan terstruktur, mahasiswa juga diajak mengimplementasikan pembelajaran  diperoleh dengan cara yang menarik.

Bukan hal mudah buatnya mendapatkan IPK terbaik, Irwan memaparkan kiat suksesnya di ITB,

“Sangat jarang saya mencatat ketika kuliah dan hanya mencatat apa yang dijelaskan oleh dosen. Bagi saya  apa yang ditulis di papan tulis tentu ada di buku teks,  akan tetapi apa yang diucapkan oleh dosen jauh lebih penting dan  saya tidak ingin melewatkannya. Kunci sukses lainnya, selalu  belajar terlebih dahulu sebelum kuliah,  hal ini sangat membantu sehingga saya  paham sebelum perkuliahan. Terus berlatih dalam mengasah kemampuan  yang telah dimiliki, tidak pernah puas dan bosan”. - Papar Irwan

Ia bersyukur memilih ITB menjadi tempat belajar magister. Atmosfer akademik yang dirasakannya sangat menunjang dalam pembelajaran. Mulai dari dari dosen yang selalu bersedia melayani pertanyaan mahasiswa, juga fasilitas pendukung lainnya yang sangat lengkap  seperti perpustakaan, akses internet, akses ke jurnal-jurnal internasional, dan lainnya.

Bahkan saat pembatasan akses kampus karena Covid-19 yang saat ini  sedang  dihadapi, Irwan tidak  merasakan hambatan yang berarti dalam menajalani perkuliahannya.  Dalam penilaiannya,  dosen, tenaga kependidikan sangat responsif  dalam membantu mahasiswa menghadapi hal ini.

Sebagai penerima Beasiswa LPDP, Irwan terbiasa mengikuti kegiatan yang diadakan Kelurahan LPDP ITB dan Kecamatan LPDP Baraya. Seminar nasional maupun internasional dijalaninya diantara kesibukan kuliah. Menjadi  panitia seminar pendidikan untuk guru sekolah dasar,  dan juga  kegiatan seminar internasional di Polandia.

Dari Irwan kita belajar bahwa “Persiapan terbaik untuk hari esok adalah melakukan yang terbaik untuk hari ini”. Jangan pernah menunda  melakukan yang terbaik. Mendapatkan hasil  yang terbaik tentunya diperlukan persiapan terbaik pula. Lakukan yang terbaik maka hal-hal baik akan datang. Jangan sia-siakan hari yang dilewati.

Mari mulai dengan  persiapan-persiapan terbaik dari sekarang.



Dari kisah inspirasi di atas semoga kita semua dapat menjalani hidup dengan baik. Kepada Irwan saya ingin mengucapkan selamat atas prestasi luar biasanya. Semoga ilmu yang diraih berkah dan bermanfaat bagi pribadi dan orang lain. 
Share:

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung, tinggalkan saran dan komentarnya

For More Info (Just Click)

Popular Posts

Hi I'm Eko

Hi I'm Eko
My name is Wahyu Eko Cahyanto, I'm a running enthusiast, Whatsapp : 0896 0186 2879, email : weko333@gmail.com

Recent Posts