Tips Lulus Kelas Growthing DA Auto Naik 30++

Anyeong... Aku mau bagi bagi tips yang mungkin bermanfaat bagi kamu yang ingin lulus kelas growthing. Disclaimer dulu nih, betewe tulisan ini merupakan pendapat dari pengalaman pribadi aku selama berada di kelas tersebut. Jadi jika nantinya apa yang aku sampaikan tidak sesuai dengan kenyataannya nanti mohon dimengerti dan di maafkan ya gaes hehehe. Karena pasti ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

tips lulus kelas growth blogger


Syukur alhamdulillah, bangga rasanya bisa mendapat predikat lulus bersama teman lainnya. Dari 42 orang peserta yang terpilih, di akhir kelas hanya tersisa 6 orang peserta yang berhasil lulus. Enam orang itu di antaranya ada mba rahmah, mba ria, mba yustrini, mba luluk, mba marita dan aku sendiri.


Di artikel sebelumnya aku pernah menceritakan tentang perkembangan DA blog bangekoo.my.id ini, terakhir masih di angka 13 lho. Nah sejak tanggal 8 Oktober 2020 ada kejutan nih. Ternyata blogku ini sudah mencapai di angka 33 lho. Daebak... Kalian masih ga percaya, nih aku kasih bukti berupa gambar di bawah ini.

DA blog bangekoo.my.id 8 oktober 2020

daftar peserta kelas growthing yang lulus




Nah gimana, sekarang udah pada percaya kan? Jadi emang terbukti nih kelas growthing merupakan kelas yang paling spektakuler untuk tetap produktif di tengah tengah kita yang sedang berjuang melawan pandemi covid-19 ini. "Jadi siapa yang bilang domain my.id DA nya ga bisa naik?" - Coach Pewe


Cerita Awal Masuk Kelas Growth Blogger


Sebenarnya, aku udah kepo tentang kelas ini sejak berlangsungnya Kelas Menaikkan DA batch 1. Tau dari mana? ya tau dari postingannya mas irwin di facebook tuh. Beliau sering ngomporin temen temen blogger biar tergiur buat ikutan kelasnya. Kalau saja aku tahu perbedaan antara umur blog dan umur domain, kemungkinan besar aku bisa di terima di kelas menaikkan DA batch 2 waktu itu.


Karna persyaratan itulah yang membuat aku mengurungkan niat untuk daftar di kelas ke-2 tersebut. Sebab aku pikir waktu itu umur domain ku belum sampai 6 bulan, padahalkan persyaratannya umur blog minimal 6 bulan, bukan umur domain, aku nya salah pengertian wkwkwk.


Aku ngebet banget pengen daftar kelasnya mas irwin ini karna ingin menaikkan DA blogku. Sebab DA kini menjadi salah satu tolak ukur penilaian sebuah agensi untuk memberikan job kepada para blogger. Rata rara agensi mencari blog dengan kriteria minimal skor DA 15. Jadi setiap ada informasi job yang masuk aku selalu terhalang dengan persyaratan yang ini sebab skor DA blog ku yang masih rendah sekali.


Dan akhirnya awal agustus kemarin di sebarlah form pendaftaran kelas growthing ini. Dan aku dengan pede,yakin dan semangat mendaftar kelas ini, meskipun pertanyaan di form yang agak nyeleneh. Bagi yang udah pernah isi form pendaftaran kelas ini pasti tau lah hahaha. Partai ganda campuran, partai tunggal putra dll.


Tiing.. aku menerima pesan Whatsapp dari mas irwin yang isinya aku diterima menjadi salah satu peserta yang beruntung masuk di kelas growthing yang super keren ini. Alhamdulillah awal perjuangan menimba ilmu dengan tujuan agar bisa menaikkan DA pun di mulai.


Tips agar di terima Kelas Growthing


Sebagai peserta yang pernah terpilih di kelas ini, tidak ada salahnya kan aku berbagi tips ini. setidaknya hal ini bakal menjadi salah satu bahan referensi kalianlah hehehe. Jadi untuk tipsnya pastikan blog kamu memenuhi semua persyaratan, seperti umur blog, skor DA (semakin kecil peluang di terima semakin besar), alasan ikut kelas, pastikan blog kalian sudah di pasang Google Search Console dan Google Analytic, setuju dengan semua persyaratan di form.


Disclaimer, sekali lagi ini cuma pendapat pribadi lho ya, sebab keputusan semuanya ada di tangan pihak penyelenggara kelas yang berkuasa penuh dalam segala hal penerimaan peserta. Jadi usahakan kalian punya orang dalam deh wkwkwk.


Ohya menurut informasi yang di sampaikan mas irwin dalam waktu dekat ini bakal dibuka kembali pendaftaran untuk Kelas Growth Blogger (KGB) yang kedua. Jadi yang udah menunggu ini harusnya kalian bersiap siap deh. Kabarnya penerimaan peserta KGB ini bakal melalui 3 jalur seperti :


  1. Isi formulir : skemanya adalah filter DA dari yang paling kecil. Nah misal blognya DA sudah 10, dan yang daftar dibawah DA 10 ada 50 an, jelas yang DA 10 gak ke angkut. Kuotanya 20 peserta.
  2. Ikut jalur prestasi, membuat sebuah artikel "tema rahasia" , yang page one akan masuk ke kelas. kuota 10 peserta, bila mana gak ada yang page one maka kuotanya digunakan mengisi formulir.
  3. Ikut kelas Coaching SEO, mengikuti kelas ini akan dapat 1 kursi di kelas, dengan ketentuan yang berlaku. Sekedar informasi, kelas coaching seo ini merupakan kelas growth blogger versi premium alias berbayar. Di beberapa artikelku juga pernah aku bahas kok. Buat yang mau mendaftar bisa klik gambar di bawah ini.

kelas growthing blogger versi premium
klik gambar ini untuk mendaftar


Materi yang akan didapat:

  1. Mahir Menulis dan Editing.
  2. Pemahaman Google Analtytic untuk Blogger.
  3. Pemahaman Google Search Console untuk Blogger.
  4. Teknik Keyword Research.
  5. Parameter SEO Onpage.
  6. Parameter SEO Offpage.
  7. Teknik Fotografi untuk Blogger
  8. Audit SEO internal Basic
  9. Bootcamp Naikkin DA 30++


Syarat mendaftar :

  • Berakal Sehat dan Sehat Jantung
  • Mengaku seorang Blogger.
  • Mempunyai Blog TLD/gTLD/ccTLD/sTLD.
  • Nama domain mudah terbaca manusia.
  • Blog pribadi bukan hasil expried domain.
  • Bukan pula PBN !!! Apa lagi domain jualan (bisnis).
  • Usia Blog minimal 6 bulan (usia kurang pasti ditolak!!) ini usia blog yah bukan usia domain.
  • Memahami teknik menyisipkan url pada achor text.
  • Bersedia mengikuti norma-norma yang berlaku, tidak sambat, tidak baper dan tidak pundung.
  • Bersedia mengerjakan tugas tepat waktu.
  • Mahir menggunakan Google Translate.


Hal yang harus sudah siap:

  • Mempunyai Blog baik berbayar maupun gratisan Namun harus TLD.
  • Blog yang selalu di Update, sering update artikel akan jadi bahan pertimbangan.
  • Sudah terkoneksi dengan Google Search Console.
  • Sudah terkoneksi dengan Google Analytics.
  • Memiliki email cadangan, jangan gunakan email utama atau yang biasa digunakan.
  • Foto untuk membuat profile, jangan foto anime atau animal planet.
  • Link Sosial Media seperti Facebook, twitter, dan Instagram (usahakan sudah di tulis di notepad)
  • Mental
  • Panadol/Oskadon/Antangin/Antimo/Tolak Angin/Tolak Miskin/ Bintang 7/ Salep 88 atau obat pusing sejenis



"Dengan mengikuti kelas ini Anda akan merasakan laptop yang akan menyala lebih lama dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap layer lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering pegal dari biasanya, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja ibajuri, dan jantung yang akan berdetak lebih cepat dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa supaya tidak di keluarkan.." - Irwin Andriyanto 2020


Eh bentar bentar, kayaknya kalimat mas irwin aku pernah denger deh. Kalau ga salah salah satu adegan di film 5cm bukan sih. Cuman di ganti aja beberapa kata-katanya. Maafin aku jika salah hehehe.

Udah lihatkan syarat lengkap yang di paparkan oleh mas irwin di atas, meski beberapa ada yang nyeleneh kelas ini sangat serius. Kalau di ibaratkan kelas ini tuh bagaikan sedang mengikuti ajang pencarian bakat di televisi, yang mana ada yang tereliminasi dan ada kartu imun.


Tim Pemateri / Coach di Kelas Growthing 1

tim coach kelas growthing blogger


Materi pertama yaitu Mahir Menulis dan Editing disampaikan oleh mba Monica Anggen, lalu empat materi selanjutnya yaitu Pemahaman Google Analtytic untuk Blogger, Pemahaman Google Search Console untuk Blogger, Teknik Keyword Research dan Parameter SEO Onpage disampaikan bang Bahrul Ilmi,Lalu materi Parameter SEO Offpage disampaikan oleh mas Punto Wicaksono, Materi Teknik Fotografi untuk Blogger di sampaikan oleh mba Gilang Maulani, Materi Manajemen Sosmed auto 10K followers oleh mas Ilham Sadli, Dan materi terakhir Audit SEO internal Basic oleh mas Irwin Andriyanto, bagi yang lulus dapet materi spesial yaitu Bootcamp Naikkin DA 30++ deh..


Tips bertahan sampai Lulus di Kelas Growthing


Jadi beberapa hal ini aladah hal yang harus kalian lakukan agar bisa bertahan sampai lulus seperti aku hehehe.

1. Sebelum masuk ke materi pertama, blog kalian bakal di cek, apakah sudah terintegrasi dengan GSC dan GA. Pastikan sudah terkoneksi dengan GSC dan GA minimal 1 bulan. Jadi sebelum di mulai pendaftaran kelas yang baru, pastikan kedua tools tersebut sudah berjalan dengan semestinya. Jangan sampai kalian gugur sebelum memperoleh materi, sayang banget kan. Seperti anda menyia-nyiakan kursi yang telah di berikan.


2. Selalu mengerjakan tugas, ini wajib dan utama, kalau coach bilang tidak wajib jangan percaya, kalau enggak kalian bakal merasakan perihnya tendangan si madun. Kalau mau bebas dari tendangan si madun ikut kelas yang berbayar aja wkwk.


3. Teliti, ini juga point sangat penting, banyak peserta yang gugur karena tidak teliti dengan hal-hal yang kecil.


4. Jangan pelit, beberapa peserta kemarin yang tersingkir penyebabnya ini, karna setiap tugas yang di berikan pasti harus memuat minimal 1 backlink ke blog milik pemateri. Kalau kalian ga mau alias pelit mending ga usah daftar deh, seperti kata salah satu coach, hidup itu tentang take and give, kalau mau take doang, mending kelaut aja.


5. Tepat waktu, setiap tugas yang diberikan pasti memiliki batas waktu pengumpulan alias deadline. Agar kalian aman dari tendangan madun segeralah kerjakan tugas dengan baik dan teliti, dan jangan lupa untuk submit gform. Kalau ga submit gform meski sudah mengerjakan tugas kalian bakal terkena tendangan si madun. Kan perih...


6. Jangan sambat, kelas ini di khususkan untuk kalian yang siap untuk bar bar, bukan untuk kaum rebahan yang senang manja manjaan. Jangan banyak mengeluh deh, kalau berani sambat auto di tendang madun deh.


7. Saling mengingatkan, nah ini salah satu poin solidaritas antar peserta nih, nantinya kalian bakal di hadapkan dengan materi yang mengandalkan kerjasama antar peserta. Kalau kalian ga mau bekerja sama ya bye bye deh.


8. Hindari Plagiarisme, sebisa mungkin tulisan yang kalian buat harus unique, manfaatnya untuk kalian sendiri kok percaya deh.

hindari plagiarisme dalam tulisan

9. Koneksi Internet yang stabil. Karna pernah kejadian salah satu peserta terpaksa harus di eliminasi gara-gara koneksi internet yang bermasalah, padahal ia sudah mengerjakan tugas dengan baik dan benar. Sehingga di sebabkan internet yang bermasalah tersebut ia tidak sempat mengisi gform yang di sediakan. 

Beberapa manfaat yang aku dapatkan sejak mengikuti kelas ini diantaranya.

  • Meningkatnya Domain Authority
  • Meningkatnya trafik pengunjung, terutama dari hasil pencarian organik.
  • Bertambahnya wawasan tentang dunia blog.
  • Bertambahnya semangat untuk terus menulis di blog


Nah mungkin itulah beberapa tips agar lulus di kelas growthing yang bisa aku bagikan. Bonusnya DA kalian bakal naik hingga 30++ seperti aku lho hehehe.



Wahyu Eko Cahyanto seseorang yang mengaku desainer grafis iseng, penyuka matematika, suka lari dan menonton drakor. Kadang mengisi waktu luang dengan menulis.

3 Komentar untuk "Tips Lulus Kelas Growthing DA Auto Naik 30++"

  1. Kelasnya bikin panas dingin tapi juga ngangenin yaa mas.. wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, panas dingin trus jantung deg degan, iya kangen sama temen2, belum sempat kenalan dg semuanya

      Hapus
  2. kayaknya seru ya... blog saya sudah lama, tapi masih segini2 aja. Mantap untuk rekan2 yg memang niat di dunia blogging

    BalasHapus
Hindari berkomentar hanya dengan 1 kata saja.
Sebaiknya usahakan komentar sesuai tema artikel yang dibahas :)
Komentar dengan link aktif akan saya delete.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel