Manfaat Buah Kurma yang Jarang di Ketahui Orang

Tidak terasa saat tulisan ini dibuat sudah memasuki malam ke 20 bulan ramadan 1442 Hijriyah. Semoga semua amal baik kita di berkahi dan di terima di sisi-Nya aamiin. Seperti diketahui bersama salah satu makanan yang termasuk sunah Nabi adalah buah kurma. Berbagai manfaat buah kurma pun memang sudah terbukti sangat banyak. 

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang identik dengan bulan puasa atau Ramadan. Padahal di hari biasapun orang ada yang menjualnya namun tidak banyak dan tidak semudah saat di bulan puasa.  

Nabi menganjurkan umat muslim untuk mengkonsumsi buah kurma baik saat sahur maupun berbuka. Hal ini karena manfaat buah kurma yang sangat baik jika kita konsumsi selama bulan puasa. 

Sejak mendengar kajian dari salah satu ustad yang juga merupakan seorang dokter yaitu Ustad Zaidul Akbar. Mengikuti kajian beliau sangat banyak manfaat yang aku rasakan terutama untuk kesehatan diri. Sebab beliau selalu menganjurkan untuk kembali ke alam dan menjahui obatan kimia. Jadi banyak manfaat alam yang telah Allah sediakan sebagai solusi permasalahan kesehatan tubuh kita.

manfaat buah kurma

Maka dari itu, ingin rasanya aku berbagi informasi mengenai salah satu produksi alam yang ternyata sangat banyak manfaatnya untuk kita. Di bawah ini kami telah merangkum berbagai manfaat buah kurma yang bisa didapatkan jika kalian konsumsi selama bulan puasa.

1. Mengurangi rasa haus

Buah kurma dianjurkan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Kandungan mineral yang terdapat pada kurma ternyata cukup tinggi sehinga dapat membantu kamu agar tidak cepat merasa haus saat seharian berpuasa. Seperti yang aku bilang sebelumnya saat sahur juga di anjurkan untuk memakan buah kurma sebanyak 3 butir buah kurma, seperti yang telah  dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

2. Mengurangi rasa lapar

Buah kurma mengandung serat dan gula yang cukup tinggi, hal inilah yang dapat membuat kamu akan lebih cepat merasa kenyang. Saat berbuka puasa, kurma bisa di jadikan takjil sehingga dapat membantuk kamu dalam mengurangi asupan kalori berlebih disaat berbuka puasa.

Kandungan glukosa lambat lepas pada buah kurma bisa menjadi cadangan energi saat akan menjalankan berpuasa, sehingga membuatnya sangat cocok dikonsumsi saat sahur. Asal tidak berlebihan cukup 3 saja sehingga tubuh tidak kelebihan gula.

3. Cepat mengembalikan energi

Kurma merupakan makanan yang mudah dicerna, makanya iya kadang menjadi makanan pertama yang disantap saat berbuka puasa. Selain itu buah kurma termasuk makanan yang baik untuk pencernaan. Banyaknya kandungan nutrisi pada kurma sangat cocok dijadikan makanan pembuka saat buka puasa. Sebab setelah seharian beraktifitas saat puasa tubuh kita biasanya akan kehabisan energi sehingga membutuhkan asupan kalori sebagai bahan bakar energi yang cepat diserap tubuh.

4. Menjaga pencernaan

Seperti yang telah di singgung pada poin sebelumnya bahwa buah kurma memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Sehingga akan sangat baik bagi saluran pencernaan, terutama jika kamu termasuk sering mengalami sembelit/susah BAB.

5. Mempersiapkan pencernaan saat berbuka

Salah satu alasan kenapa kurma selalu menjadi rekomendasi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa adalah karena kurma dapat membantu lambung kita agar tidak kaget. Jika kamu termasuk orang yang punya riwayat penyakit lambung, maka aku sarankan agar menghindari pada saat berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang berat langsung, sebab hal ini akan sangat berbahaya, karena dapat menaikkan asam lambung dan membuat perih di lambung. 

6. Sumber energi cadangan

Seperti yang diketahui pada poin-poin sebelumnya bahwa kurma mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Sedangkan saat berpuasa tubuh kita akan cenderung kekurangan asupan nutrisi. Yang disebabkan oleh ada perubahan pola makan, yang mana pada hari biasa mungkin ada bisa mengonsumsi makanan 3-4 kali dalam sehari. Sedangkan pada saat puasa kalian hanya dapat makan pada saat sahur dan berbuka. 

Tentu dengan banyaknya aktivitas membuat tubuh kamu mengambil berbagai macam nutrisi yang ada di dalam tubuh kalian. Semua nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktifitas sudah tercover dengan hanya mengkonsumsi buah kurma maksimal 3 buah saat sahur.

Kandungan glukosa pada buah kurma menjadi bahan bakar energi yaitu kalori yang cukup bagi tubuh. 

Itulah tadi sedikit bahasan mengenai manfaat buah kurma untuk orang berpuasa

Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Buah Kurma yang Jarang di Ketahui Orang"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel