Aktivitas Fisik, Cara Tepat Turunkan Berat Badan

beberapa tips menurunkan berat badan ini aku menemukan sendiri dengan racikan yang pas untuk tubuhku,

Cara menurunkan berat badan kali ini merupakan salah satu hasil pengalamanku sendiri, berbekal mengikuti beberapa tips menurunkan berat badan yang berseliweran di internet maupun youtube, aku menemukan racikan yang pas untuk tubuhku salah satunya tentu dengan aktivitas fisik.

cara turun berat badan

Sebab sukses tidaknya kita untuk menurunkan berat badan dipengaruhi oleh banyak faktor. Apalagi sejak pandemi covid-19 sempat membuat aktivitas fisik di luar rumah berkurang. Alhasil berat badan pun naik, termasuk aku gaes ini rekor terbesar kenaikan berat badanku, dari sebelum pandemi kurang lebih 70kg, sekarang berusaha mentok di 84kg.

Yah alhasil banyak pakaian yg kemarin masih longgar kini udah ga muat, harus beli size gede. Artikel ini aku buat untuk memotivasi diri kembali, sebab sejak pandemi aktivitas lariku terhenti. Terakhir aku lari di bulan november 2020, saat mulai kembali tuh rasanya berat banget.

Apalagi sudah enggak ngekos lagi, kalau dulu bisa kontrol makanan (diet untuk menghemat pengeluaran), sekarang bisa makan masakan emak yang enak (susah diet deh pokoknya). Males olahraga plus males diet, TEK DUNG!!! langsung deh timbangan naik.drastis, pipi semakin bulat dan perut makin membuncit hahaha

Ya wajarlah, pembakaran energi sedikit tak di imbangi dengan makanan yang terus menerus masuk ke dalam tubuh. Jadi supaya kita sama sama bisa mengurangi masalah tersebut, di bawah ini aku tulis cara ku menurunkan berat badan.

1. Harus Tahu Tipe Tubuh

Loh apa hubungannya? Bentar... Biasakan di baca dulu, so nikmati dulu gaes.

Manusia punya tiga tipe tubuh secara umum, seperti Ectomorph, Mesomorph, dan Endomorph. Di bawah ini akan aku paparkan secara singkat 3 tipe tubuh tersebut.

cara turun berat badan


Ectomorph

Suka iri gak sama orang yang makannya banyak tapi gak gemuk-gemuk alias kurus? Sama, aku iri tuh. Jika kamu punya ciri seperti itu berarti tipe tubuhmu adalah ectomorph. Pemilik tipe tubuh seperti ini punya ciri fisik seperti badan yg kurus,ukurang pinggang kecil, massa otot yg kecil serta lebar bahu yang kecil juga. 

Kok bisa gitu ya? itu semua disebabkan mereka punya sistem metabolisme yang tinggi, sehingga mudah membakar kalori makanan apupun yang telah dikonsumsi.

Full body workout adalah jenis aktivitas fisik yang tepat untuk orang yang bertubuh ectomorph . Sebaiknya hindari olahraga kardio dan usahakan jaga asupan makanan yang tepat dan seimbang.

Mesomorph

Nah kalau tipe tubuh ini merupakan tubuh dambaan setiap orang. Sebab dikenal mereka memiliki postur yang ideal. Biasanya mereka punya ukuran tulang bahu yang lebar, ukuran pinggang yang kecil dan memiliki ukuran sendi tangan yang sedang. Jadi, bisa dikatakan pemilik tipe tubuh seperti ini enggak gemuk dan juga gak kurus, yang sedang-sedang saja.

Jenis aktivitas fisik yang cocok untu tipe tubuh mesomorph bisa fokus melakukan fokus latihan di bagian tubuh tertentu, seperti paha ataupun perut. Dan menariknya hampir semua jenis olahraga cocok dengan tipe tubuh ini. Jadi olahraga kardio juga sangat bagus untuk menurunkan lemak di tubuh. Harus bersyukur banget nih orang yang punya tubuh seperti ini.

Endomorph

Nah kalau ini merupakan kebalikan dari tipe tubuh ectomorph, mereka punya daya metabolisme yang rendah, akibatnya bakalan mudah mengalami berat badan, meskipun ia hanya mengkonsumsi makanan yang sedikit . Ciri-cirinya biasanya punya bentuk tubuh yang bulat, trus gemuk serta ukutan pinggang dan paha yang cenderung lebar. 

Nah dari sinilah aku paham kenapa selama ini mudah banget naik berat badan, disebabkan aku mempunyai tipe tubuh endomorph.

Untuk pemilik tubuh tipe seperti ini sangat dibutuhkan perjuangan ekstra kalau ingin punya tubuh ideal dengan menurunkan berat badan. Jadi olahraga yang tepat adalah jenis aktivitas fisik High Intensity Interval Training (HIIT). 

Olahraga HIIT yang paling mudah untuk dilakukan salah satunya adalah lari. Itu sebabnya aku suka lari hehehe. Selain cocok bagi tubuh, lari menjadikan tubuh lebih bugar dan menariknya bisa membuat mood jadi baik serta membuat jantung sehat

Usai berolahraga jangan lupa untuk kurangi mengkonsumsi karbohidrat maupun lemak. Tipe tubuh seperti ini biasanya susah untuk diet, dan itu fakta gaes, terjadi padaku hehehe.

2. Menjaga Pola Makan dan Asupan Makanan

Setelah mengetahui tipe tubuh masing-masing dari kita. Selanjutnya harus menjaga pola dan asupun makanan. Hindari diet ketat dengan mengurangi porsi makan secara drastis, sebab pola makan seperti ini sangat tidak dianjurkan bukannya bagus malahan membuat berat badan kembali naik dengan cepat.

cara turun berat badan

Jadi lebih perhatikan kualitas makanan yang kita konsumsi bukan jumlah /porsi /kuantitas nya. Makanan yang kaya akan nutrisinya adalah pilihan terbaik. Asupan makanan yang baik tentunya harus menghindari amengkonsumsi gula berlebih, lemak tak sehat,dan karbohidrat berlebih. Baiknya kita  konsumsi makanan yang punya nutrisi kalori yang sehat dan seimbang misalnya vitamin, mineral, serat, protein dan lemak sehat, jadi termasuk asupan makanan yang baik untuk tubuh.

3. Selalu Aktif Bergerak

Biasanya kalau tidak sempat olahraga, ataupun lagi cedera aku selalu mengusahakan untuk tetap aktif bergerak. Why? tujuannya supaya tetap ada kalori yang terbakar walaupun kemungkinan sedikit.

cara turun berat badan

Tapi setidaknya tubuh tetap mendapatkan energi sehingga bisa tetap bugar. Tentu akan lebih baik jika bisa rutin berolahraga minimal 3-4 kali dalam seminggu. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan agar aktif bergerak ialah menaiki tangga, jalan-jalan di sekitar komplek, bahkan beres-beres rumah pun baik loh.

4. Control Your Mind

Aneh ya? kenapa harus mengontrol pikiran sih?

cara tepat turunkan berat badan

Begini alasannya, kita bisa membagi pengendalian pusat pikiran kita kedalam beberapa hal. Jadi, meskipun belum sempat berolahraga cara ini bisa berhasil jika dilakukan dengan benar. cara yang dimaksud diantaranya :

  • Saat makan gunakan piring kecil
  • Mengunyah makanan secara pelan-pelan
  • Konsumsi banyak protein
  • Taruh makanan yang tidak sehat di tempat yang tak terlihat
  • Perbanyak makanan yang mengandung serat
  • Lebih sering minum air putih
  • Kurangi porsi makan dari biasanya
  • Saat makan jangan lakukan hal lain
  • Menjaga pola tidur dan hindari stres

5. Jangan Lupa Olahraga

Cara paling pamungkas agar turun berat badan ialah dengan berolahraga. Ingar sebelumnya kamu harus tahu tipe tubuh kamu seperti apa dan sesuai kan olahraga yang tepat. Jangan abaikan step ini gaes. Olahraga dapat membuat tubuhmu sehat dan bugar. Selain itu bisa mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori di tubuh. 

aktivitas fisik

Salah satu olahraga yang sering aku lakukan adalah lari . Olahraga yang mudah dan murah ini bisa di lakukan di mana saja. Bahkan di halaman rumah sekalipun. 

Untuk yang kelebihan berat badan (obesitas), mungkin di awal akan merasa kesulitan memulai lari. Sebaiknya lakukan olaraga ringan saja, dengan fokus latihan pada tubuh bagian tertentu. Selain itu kalian dapat melakukan workout ringan seperti: jumping jack, squat, skipping (lompat tali), dynamic squat. Atau bisa juga lakukan olahraga jalan kaki dengan durasi waktu minimal 30 menit sampai 60 menit. 

Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah bersepeda, walaupun olahraga ini tidak fokus membentuk otot tubuh, namun kebanyakan terbukti sangat efektif mampu membantu merampingkan tubuh, pokoknya semua lemak yang menibun di area bokong, paha dan pinggang pasti akan luntur dengan bersepeda.

Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko