Khasiat dan Manfaat Alami Daun Sirih untuk Sakit Gigi

Khasiat dan Manfaat alami daun sirih untuk sakit gigi pasti sudah banyak yang tahu. Tanaman yang banyak tumbuh di bumi Indonesia memang dikenal memiliki manfaat kesehatan yang beragam. Sebut saja daun sirih.

manfaat daun sirih

Zat antibakteri yang terkandung di dalamnya membuat daun sirih sering digunakan oleh mauntuk mengobati sakit gigi yang disebabkan karena gigi berlubang. Selain khasiat untuk sakit gigi, melansir dari boldsky.com dan merdeka.com ternyata khasiat dan manfaat dari daun sirih cukup bergaram, berikut rangkumannya untuk kalian.

Menyembuhkan luka

Sumber antioksidan yang diperoleh dari daun sirih mampu menyembuhkan stress oksidatif yang sangat membantu dalan menyembuhkan luka lebih cepat. Caranya mudah, daun sirih yang telah ditumbuk atau di haluskan, kalian oleskan saja di atas luka dan bungkus dengan perban. Insya Allah luka akan cepat sembuh dalam satu dua hari ke depan.

Mengobati nyeri

Kandungan polifenol yang tinggi pada daun sirih, terutama chavicol sangat berguna sebagai zat anti inflamasi yang kuat. Untuk mengobati nyeri dalam tubuh, kalian dapat meminum air rebusan daun sirih .

Mengobati gangguan pencernaan

Air rebusan daun sirih ternyata tak hanya bisa meredakan nyeri, tapi bisa juga kamu minum saat mengalami masalah pencernaan. Sebab minuman ini dapat memicu penyerapan mineral dan nutrisi dalam tubuh secara lebih baik. Sementara pada bagian luar, kalian dapat memanfaatkan minyak daun sirih yang dioleskan di perut bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Menurunkan berat badan

Pernah konsumsi daun sirih? Sama aku juga belum, ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme lho. Selain itu dapat meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. 

Kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga bisa menghindarkan dari sembelit serta mengurangi lemak tubuh. Upaya penurunan berat badan pun pasti maksimal jika metabolisme lancar.

Mengobati sakit tenggorokan

Daun sirih yang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi menjadikannya obat alami untuk mengatasi masalah demam maupun sakit tenggorokan.

Mengobati disfungsi ereksi pada pria

Info ini untuk orang dewasa yang sudah menikah lho ya terutama pria, daun sirih bermanfaat untuk mengobati disfungsi ereksi pada pria. Sebab daun sirih bisa melebarkan pembuluh darah di alat vital serta bermanfaat sebagai anti depresan.

Manfaat sirih untuk kesehatan gigi :

daun sirih untuk sakit gigi

Mencegah Bau Mulut

Mengutip dari American Journal of Ethnomedicine menyebutkan bahwa kandungan minyak atsiri yang di dalamnya tersimpan zat allylpyrocatechol (APC) dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut (halitosis). 

Cara memperoleh khasiatnya kamu bisa lakukan ini, cuci bersih daun sirih segar 2 hingga 4 lembar. Masukkan ke dalam wadah atau gelas, dan seduh dengan air panas, lalu tutup rapat dan gunakan untuk berkumur selagi hangat.

Mengurangi Risiko Karies Gigi

Hasil penelitian dari Departemen Oral Biologi FKG Universitas Padjadjaran telah menemukan bahwa terjadi perubahan keasaman air ludah sebelum dan sesudah menyikat gigi yang menggunakan pasta gigi dengan kandungan ekstrak daun sirih.

Sedikit penjelasan ilmiahnya, derajat keasaman air ludah naik dari yang tadinya asam menjadi basa. Nah pada kondisi air ludah yang basa (alkalin), bakteri Streptococcus mutans tidak dapat bertahan hidup. Jadi, menyikat gigi dengan pasta gigi ekstrak daun sirih sangat bagus dan bermanfaat dalam mencegah gigi berlubang. 

Menghambat Pembentukan Plak Gigi

Pembentukan plak pada gigi akan berkurang jika terbiasa menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak daun sirih. Sebab menggunakan pasta gigi ekstrak daun sirih membuat suasana rongga mulut menjadi basa yang membuat bakteri penyebab plak gigi juga berkurang. 

Mengurangi Bau Mulut pada Perokok

Masalah batu mulut biasanya terjadi pada hampir semua perokok aktif. Mereka cenderung masih memiliki aroma tembakau yang dominan dari dalam mulutnya walaupun sudah menyikat gigi. Menyikat gigi dengan pasta gigi ekstrak daun sirih, maka dapat membantu mengurangi masalah bau mulut tersebut.

Menyembuhkan Luka di Dalam Mulut

Seperti yang sudah di sebutkan di awal bahwa kandungan daun sirih mampu mempercepat penyembuhan luka termasuk luka di mulut. Bermanfaat juga untuk menyembuhkan bisul atau abses di mulut, maupun sariawan atau pun kegigit.

Meningkatkan Produksi Air Ludah

Kalian pernah mengalami mulut kering? Jika pernah, hal itu mungkin kalian memiliki gangguan fungsi kelenjar ludah sehingga bisa mengalami xerostomia atau mulut kering. Dengan mengunyah daun sirih dapat menstimulasi produksi air ludah, serta mengaktifkan otot pengunyahan. Maka tak heran jika kakek nenek kita jaman dulu kesehatan giginya awet sebab kebiasaan “nyirih” mereka.

Mengobati Sakit Gigi

Berdasarkan Indian Journal of Traditional Knowledge, bahwa khusus tanaman sirih jenis Pedalium murex L bisa membantu mengurangi sakit gigi yang bersifat sementara. 

Jadi sudahkah kalian memelihara daun sirih di rumah kalian? Memang alam yang Tuhan ciptakan ini punya beragam manfaat untuk kehidupan kita. Jika belum segeralah menanam tanaman herbal di sekitar rumah sehingga bermanfaat saat di butuhkan.

Sekian artikel tentang manfaat dan khasiat daun siri terutama untuk sakit gigi.


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Alami Daun Sirih untuk Sakit Gigi"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel