Ragam Wisata Kota Pontianak

Kamu sudah pernah berkunjung ke kota pontianak? Tau gak wisata apa aja yang ada di Kota Pontianak? Nah kalau belum, kamu sekarang berada di artikel yang tepat nih, hehehe. Sebab di artikel ini aku akan membahas beberapa wisata di kota pontianak. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya.

Nah Kota Pontianak merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Kalimantan Barat sekaligus ibukotanya. Kota ini disebut juga dengan kota Khatulistiwa, hal ini di sebabkan Kota Pontianak ini berada di jalur yang di lalui garis khatulistiwa. Dibawah ini aku akan membahas beberapa wisata kota pontianak dan sekitarnya dengan membagi beberapa kategori. Baiklah langsung saja yuk ke inti pembahasannya.

tempat wisata di pontianak


Wisata Sejarah, Budaya dan Edukasi

Melakukan wisata sejarah sangatlah perlu sebab dengan berwisata pengunjung akan memperoleh informasi sehingga bisa mempelajari sejarah bangsa secara lebih langsung. Jadi dengan berwisata sejarah kamu bakal sekaligus mendapatkan manfaat wisata budaya serta edukasi.

Tugu Khatulistiwa/ Khatulistiwa Park

Tugu Khatulistiwa ini merupakan ikon Kota Pontianak yang berlokasi sekitar 3 kilometer dari Pusat Kota yaitu tepatnya di Kelurahan Siantan, Kecamatan Pontianak Utara. Selain sebagai ikon, Tugu Khatulistiwa juga merupakan objek wisata yang berada di urutan paling pertama pada daftar rekomendasiku. Sebab kamu dapat menikmati serunya berwisata disini, baik dari segi arsitektur dari tugu ini sendiri, serta kamu bisa sekaligus dapat mengenal sejarah awal berdirinya Tugu Ikonik ini.

Bila kamu berkunjung di waktu-waktu tertentu khususnya di bulan maret dan september, kamu bakal berkesempatan menyaksikan fenomena alam yang bisa di sebut dengan peristiwa kulminasi. Kulminasi adalah fenomena alam dimana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa sehingga segala benda apapun yang berada di atas garis ini tidak akan memiliki bayangan.

Peristiwa kulminasi atau orang biasa menyebutnya hari tanpa bayangan ini bisa di saksikan di area tugu khatulistiwa atau khatulistiwa park. Pemerintah kota Pontianak pun rutin menggelar acara khusus kulminasi ini di setiap tahunnya. Ohya event kulminasi ini biasanya di selenggarakan pada setiap tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September.

Nah ternyata peristiwa kulminasi ini juga terjadi di beberapa kota lainnya loh tentunya dengan waktu yang berbeda-beda. Untuk daftar lengkapnya tidak aku tulis dikarna panjang banget, jadi buat teman-teman yang pengen tau kota apa saja yang mengalami peristiwa kulminasi copy link ini. https://cdn.bmkg.go.id/web/hari_tanpa_bayangan_II_2020.pdf#viewer.action=download

Banyak acara menarik jika kamu berkunjung tepat di acara kulminasi. Salah satunya kamu dapat meletakan telur pada lantai maka telur berdiri tegak. Di tahun 2019 kemarin pontianak berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebab sebanyak 1.120 telur tegak berdiri yang mengalahkan rekor MURI sebelumnya dari Kota Medan.

Selain beberapa rangkaian acara kulminasi tadi, kamu bisa menikmati keindahan sekitar tugu khatulistiwa atau yang dinamakan khatulistiwa park. Banyak spot foto yang instagramable di tempat tersebut. Yang pastinya bikin waktu liburan kamu semakin menyenangkan.


Museum Kalimantan Barat

Letaknya berada di pusat Kota Pontianak, tepatnya di jalan Ahmad Yani Pontianak yang berdekatan dengan Megamall, Hotel Mercure, Politeknik Negeri Pontianak, dan Universitas Tanjungpura. Museum Kalimantan Barat ini cocok bagi kamu yang ingin mengenal kebudayaan dan sejarah yang ada di Kalimantan Barat. Sebab dengan berkunjung disini bisa mengetahui beberapa budaya peninggalan jaman dulu. 

Selain itu kamu bakal menjumpai banyak miniatur,maket atau diorama yang pasti akan menarik perhatian. Salah satu contohnya foto miniatur Istana Alwatzikhoebillah (Keraton Kesultanan Sambas) yang aku lampirkan berikut ini.

 

wisata edukasi di kota pontianak
wisata di pontianak : salah satu miniatur maket di museum kalimantan barat

Kamu juga dapat melihat beberapa koleksi Geografika/Geologika yang berupa peta serta jenis bebatuan, koleksi arkeologika, biologika, numismatika, historika, dan keramologika yang berupa koleksi tempayan, piring, mangkuk, sendok, dan lain-lainnya. Koleksi lainnya ada yang berasal dari China, Vietnam, Jepang, Eropa, dan taklupa keramik lokal singkawang.


Jejak Kesultanan Pontianak

Kesultanan Kadriah Pontianak merupakan salah satu kerajaan melayu islam yang ada di kalimantan barat. Didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Ibni Alhabib Husein bin Ahmad Alkadrie. Nah berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi untuk melihat jejak peninggalan Kesultanan Pontianak .

1. Keraton Kadriah

Sultan pertama pontianak yaitu Sultan Syarif Abdurahman membangun Keraton Kadriah pada tahun 1772. Kamu akan takjub melihat kemegahan bangunan dengan kearifan lokalnya. Dengan warna-warna khas kerajaan yaitu kuning. Keraton ini di bangun menggunakan bahan yang terkenal akan kekokohannya yaitu kayu belian. Itulah sebabnya kita masih bisa melihat bangunan yang sudah berusia lebih dari 2 abad.

Bila ingin mengetahui lebih dalam mengenai sejarah keraton kadriah sebaiknya di sarankan untuk bertanya pada tourguide atau pengelola keraton. Sehingga mendapatkan informasi yang lebih jelas dan akurat.

Disekitar pelatanran keraton, terdapat sebuah meriam kuno yang merupakan peninggalan Portugis dan Jepang. Lalu didalam keraton kamu akan melihat sebuah singgasana sultan serta permaisuri. Ada juga foto-foto lengkap dengan pakaian dan koleksi dari sultan. 

Selain itu terdapat beberapa benda peninggalan yang unik seperti, sebuah Al Quran yang ditulis sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Serta ada cermin seribu pemberian orang Perancis pada tahun 1823. Disebut cermin seribu disebabkan pantulan dari kaca tersebut bisa memantulkan bayangan suatu benda hingga ribuan kali. 

Kurang afdal rasanya jika berkunjung ke Kota Pontianak namun tidak singgah untuk berkunjung ke Keraton Kadriah ini. Jadi jangan lupa berkunjung kesini ya gaes.

2. Masjid Jami' Pontianak

Masjid Jami' Pontianak merupakan salah satu peninggalan dari kesultanan Kadriah Pontianak yang kini punya nama lain yaitu Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Lokasinya pun tak jauh dari istana keraton kadriah, kurang lebih berjarak 200 meter dari lokasi keraton. Bentuk arsitektur bangunannya pun tidak kalah eksotis dibandinkan dengan keraton.

Didalam masjid kamu akan menemukan enam buah pilar utama yang terbuat dari kayu belian. Setiap tiangnya masing-masing berdiameter 50 cm. Masjid bersejarah ini mampu menampung hingga 1500 jemaah. Bila kamu merupakan seorang muslim jangan lupa untuk singgah sholat sunah maupun wajib disini ya gaes.

Hal menarik dari masjid ini yaitu bangunannya dibuat dengan model rumah panggung. Menurut informasi warga sekitar dahulu jarak lantai masjid dengan tanah bisa mencapai 2 meter. Hal tersebut dimaksud guna menghindari banjir saat Sungai Kapuas sedang meluap. Ditambah lagi letak masjid ini yang berada persis  di dekat tepian sungai kapuas. Namun sekarang setelah tanah halaman masjid di cor semen jaraknya berkurang hingga tersisa 50 cm.

Jadi untuk kamu yang berniat  mengunjungi Keraton Kadriah bakal puas deh sebab bisa menikmati dua tempat wisata sekaligus di lokasi yang berdekatan hehehe

3. Makam Kesultanan Pontianak

Makam kesultanan pontianak juga dikenal dengan nama Makam Raja Batu Layang, mungkin disebabkan lokasinya yang memang berada di Batu Layang. Biasanya makan sultan pontianak ini dikunjungi oleh para wisatawan maupun penziarah untuk lebih mengetahui secara lengkap tentang riwayat para sultan pontianak serta dengan segala bukti keberadaannya. 

Disinilah letak para keluarga kesultanan dikebumikan. Untuk perbedaan makam lelaki dan perempuan terletak pada batu nisannya. Jika batu nisan nya berbentuk gada (seperti bentuk kayu pemukul yang membulat) menandakan makam seorang laki. Sedangkan batu nisan yang berbentuk pipih menandakan makam seorang perempuan


Festival Cap Go Meh

Di awal tahun biasanya perayaan tahun baru imlek di pontianak bakal cukup meriah. Tak kalah dengan perayaan imlek di kota singkawang. Seperti yang aku rasakan ketika berkunjung ke pasar hongkong pontianak di awal tahun 2020 yang lalu. FYI pasar hongkong di Festival Cap Go Meh ini berlokasi di jalan diponegoro. Jadi selama ada pasar hongkong para pengendara motor maupun mobil biasanya tidak diperbolehkan melewati jalan diponegoro terlebih disaat pengunjung sedang membludak.

wisata kota pontianak dan singkawang
wisata kota pontianak : Festival Cap Go Meh

Salah satu pengalamanku berkunjung disini yaitu saat adanya karnaval arak naga bersinar. Disebut naga bersinar sebab atraksinya dimulai pada malam hari yaitu sekitar jam 8 malam hingga selesai. Waktu itu aku ingat banget menyaksikan atraksi naga bersinar ini bersama ke empat temanku yaitu, akbar, doni, siska dan tasya. 

Dan terdapat kejadian lucu disana, aku terpisah dari mereka ber-empat disebabkan berdesak-desakan antar pengunjung. Awalnya aku kalem sebab sempat berfikir nanti bakal menghubungi mereka via hp. Apesnya pas disana ternyata sinyal hp sangat lemah hingga aku kesulitan menghubungi mereka, akhirnya aku terpaksa sendirian menikmati atraksi naga bersinarnya hingga selesai. Kasiankan hahaha. Berikut cuplikan video singkatnya.

Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng yang berlokasi di Jalan Sutan Syahrir, Kota Pontianak ini merupakan replika dari rumah adat suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat. Tempat wisata ini pertama kali diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat yang menjabat waktu itu Drs. Cornelis pada tahun 2013.

Rumah Radakng juga menjadi salah satu ikon kota pontianak setelah tugu khatulistiwanya. Bangunan ini memiliki panjang sekitar 138 meter dengan lebar sebesar 5 meter dan tinggi 7 meter dan mampu menampung 600 orang di ruang utamanya.

Bagi wisatawan yang berkunjung kesini akan disiapkan beragam souvenir yang berupa miniatur rumah adat dayat tersebut. Keindahan eksotisme arsitekturnya taknya bisa dinikmati kemegahannya dari luar saja. Di dalamnya juga terdapat keindahan dari arsitektur dan interior khas dayak.

Rumah Adat Melayu

Lokasinya sangat berdekatan dengan Rumah Radakng alias berada persis di sebelah lokasi rumah adat dayat tersebut. Tempat wisata ini telah diresmikan sejak tahun 2005 oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Tempat ini aktif digunakan untuk berbagai kegiatan bermasyarakat dan sosial seperti resepsi pernikahan, tempat musyawarah dan kegiatan sosial lainnya.

Selain aktif digunakan untuk berbagai kegiatan, kamu juga dapat menikmati eksotisme arsitektur dan ornamen Rumah Adat Melayu Pontianak. Pengunjung pun bisa menikmati beragam menu kuliner khas Melayu sebab di bawah bangunan tersedia Resotran Khas Melayu Pontianak.

Resto yang didekorasi sedemikian rupa sehingga tampak corak melayu yang begitu kental. Diresto ini terdapat sekurang-kurangnya 50 jenis masakan. Selain masakan melayu terdapat juga masakan khas nusantara jadi jangan khawatir.

Masjid Raya Mujahidin Pontianak

Lokasinya berada di jalan Ahmad Yani Pontianak, Masjid Raya Mujahidin Pontianak merupakan masjid modern dengan arsitektur bangunan termegah dan juga terbesar di Pontianak. Beragam kegiatan sosial dan keagamaan sering di adakan di masjid ini. Salah satunya kajian subuh akbar Ustadz Abdul Somad beberapa waktu yang lalu yang alhamdulillah sempat kami hadiri bersama para sohib.

wisata religi pontianak
wisata kota pontianak : Masjid Raya Mujahidin

Apabila kamu berkunjung kesini jangan lupa untuk singgah sholat ya gaes khususnya bagi yang muslim. Baru deh hunting foto-foto buat instagram kamu hehe.


Wisata Air dan Taman Hiburan

Bila tujuan kamu berwisata hanya untuk melepas penat maupun stress. Sebaiknya kamu pergi ketempat wisata air dan taman hiburan. Dengan begitu kamu tidak lagi memikirkan hal-hal yang membuat kamu stress

Taman Alun Kapuas

Taman Alun Kapuas juga dikenal dengan nama Korem, sebab lokasinya yang berhadapan langsung dengan Gedung Korem (Komando Resort Militer) milik Polisi Militer. Menurut aku waktu terbaik ketika mengunjungi Taman Alun Kapuas adalah pada saat sore hari hingga malam hari, disana kamu bisa melihat aktivitas di sekitar perairan sungai kapuas.

wisata air di kota pontianak
wisata di kota pontianak : taman alun kapuas (saat event lari Pontianak City Run Half Marathon 2020)

Apabila kamu berniat ingin menyusuri kota pontianak melalui sungai, maka kamu bisa menaiki sebuah kapal wisata. Untuk menaiki kapal wisata ini kamu hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp10.000,- saja perorang. Dan kamu bisa menikmati perjalanan dengan kapal wisata tersebut kurang lebih selama 30 menit.


Wisata Area Untan

1. Taman Digulis Untan

Untuk menikmati pemandangan tugu digulis yang cantik aku sarankan untuk berkunjung dimalam hari gaes. Bukan berarti aku melarang kamu tidak boleh berkunjung disiang hari lo ya hehe. 

Pesona keindahan di tugu diguli saat malam hari itu sangat luar biasa. Dengan latar tugu bambu runcing yang telah dihiasi lampu warna-warni serta air mancur. Kamu bisa duduk di sekitar taman digulis sambil menikmati keindahannya serta melihat orang yang melintas melewati bundaran. Eits jangan lupa untuk mengabadikan momen lalu upload di instagram kamu jangan lupa follow aku ya hahaha. 

2. Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani dikenal juga dengan nama Taman Untan. Lokasinya pun masih berdekatan dengan area tugu digulis. Disini kamu juga dapat menikmati taman bermain dan spot-spot foto yang instagramable. Kalau disini cocok sekali untuk membawa anak kecil, sebab terdapat beberapa fasilitas bermain anak.

Disini juga terdapat area Skatepark. Bila kamu ingin melihat anak-anak bermain skatepark biasanya mereka mulai main dari sore hingga malam hari. Buat kamu yang hpnya tiba-tiba kehabisan daya tenang di area taman untan juga terdapat colokan gratis dari PLN. Syaratnya kamu membawa charger hpmu sendiri lo ya hehehe.

3. Taman Arboretum Sylva

Taman Arboretum Sylva merupakan Hutan Kota Untan, jadi disana terdapat beragam koleksi tanaman dan pepohonan yang tumbuh di wilayah Kalimantan Barat. Bila kamu kesini, kamu akan merasakan hawa sejuk nan asri yang berasal dari pepohonan rindang.

Siapapun yang berkunjung kesana pasti betah berlama-lama di hutan kota tersebut. Selain sebagai tempat wisata, tempat ini tuga sering dijadikan lokasi para fotografer untuk mengabadikan momen-momen kliennya, biasanya untuk hunting foto prewedding mereka.

4. Joging Track Untan

Masih di area dekat tugu digulis untan terdapat sebuah sarana olahraga yaitu Joging Track Untan. Selain untuk tempat berolahraga khususnya joging maupun lari. Tempat ini juga bisa menjadi tujuan wisata. Sebab disini juga terdapat banyak spot-spot yang instagramable. Bila kamu berkunjung kesini bisa dipastikan memori hpmu bakal penuh hehehe.

5. Taman Rektorat Untan

Lokasi Taman Rektorat Untan tak begitu jauh dari bundaran tugu digulis mungkin sekitar 1-2km. Disini kamu bakal disuguhkan dengan seni arsitektur modern dari gedung-gedung milik Universitas Tanjungpura. Apalagi kalau kamu membawa drone, keindahan area kampus UNTAN ini sangat mengagumkan jika di ambil gambarnya dari atas ketinggian.

wisata taman rektorat untan
wisata taman di pontianak : taman rektorat untan (tampak desain arsitektur yang megah dan modern)


Wisata Kuliner Pontianak

Bicara soal kuliner mungkin tak ada habisnya, setiap daerah pasti punya keunikan kunilernya sendiri. Begitupun pontianak, berikut ini mungkin hanya sebagian dari beragamnya kuliner di kalimantan barat khususnya pontianak.

Kwetiau / Mietiau

Kwetiau atau Mie Tiaw merupakan masakan kuliner khas tionghoa. Bentuk mie  berwarna putih dan terbuat dari beras. Beberapa gerai makanan yang populer di pontianak yaitu Mie Tiaw Apollo, Mie Tiaw Pollo, dan Mie Tiaw Melayu PSP Pattimura. Mie Tiaw Melayu PSP Pattimura menawarkan harga cukup terjangkau dimulai dari Rp12.000,- jadi masih terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Ohya tak jauh dari area tiga gerai makanan yang aku sebutkan tadi yaitu masih di jalan Pattimura terdapat deretan souvenir khas Kalbar yaitu Toko Oleh-oleh PSP. Jadi setelah penat mencari oleh-oleh apabila kamu kelaparan ada baiknya kamu coba kuliner yang satu ini.

wisata kuliner di pontianak
wisata kuliner pontianak : Kwe tiau / Mie Tiaw goreng

Bubur Pedas

Meski namanya bubur pedas namun ia tidaklah sepedas namanya. Karena kenyataan yang sebenarnya bubur pedas memang tidaklah pedas, kecuali kalau kamu menambahkan sambal yang tersedia ehehe. Ohya bagi kamu yang belum tahu, bubur pedas ini terbuat dari aneka rempah, beras, kaldu daging, kelapa parut, dan bermacam sayuran seperti (pakis,daun kesum, kangkung, wortel, toge).

Untuk yang pertama kali mencoba kuliner ini mungkin bakal merasa aneh. Namun jangan salah apabila sudah sering menyantapkan dijamin ketagihan. Salah satu bukti nyata yaitu Bapakku. Bapakku merupakan orang jawa asli yang kini menetap di sambas bersama keluarga kecilnya. Beliau pernah bercerita dahulu saat pertama kali mencici bubur pedas ia bahkan sampai “muntah”.

Namun setelah sekian lama, akibat seringnya mendapat hidangan kuliner bubur pedas di sambas. Kini telah menjadi salah satu makanan favoritnya hehehe.

Chai Kue/ Choipan

Jika dilihat secara sepintas bentuk chai kue atau choipan mirip sengan pastel atau kroket (sebutan masyarakat melayu). Hidangan ini merupakan kuliner asal tionghoa Kalimantan Barat. Letak perbedaannya dengan pastel yaitu chai kue pengolahannya dikukus terlebih dahulu. 

Biasanya chaikue berisi sayuran seperti bengkuang, talas, maupun kucai. Adapun beberapa restoran maupun gerai makanan dipontianak yang menjual kuliner ini diantaranya Gleam Cafe 88, D'bamboo, Chaikwe Panas Siam, dan masih banyak lagi.


Sebenarnya masih banyak tempat wisata di pontianak yang bisa kalian explore maupun tempat wisata pontianak dan sekitarnya. So bila tetap ingin berwisata dimasa pandemi usahakan kalian untuk tetap patuhi protokol kesehatan agar kesehatan tubuh kita bisa tetap sehat. Ohya buat kamu yang ingin mengunjungi wisata ke pantai, kamu bisa mengunjungi daerah singkawang. Di singkawang terkenal akan wisata pantainya dan wisata alam lainnya. 

Insya Allah selanjutnya nanti aku akan menulis artikel yang membahas wisata pantai di singkawang maupun wisata singkawang lainnya.

Ohya kalau kamu butuh mobil untuk berkeliling kota pontianak, kalian bisa menggunakan jasa Rental Mobil Pontianak ya gaes.

Tulisan ini diikut sertakan dalam rangka Lomba Blog Blogger Pontianak 2020 dan bekerja sama dengan rental mobil Pontianak.

lomba wisata kota pontianak




Wahyu Eko Cahyanto seseorang yang mengaku desainer grafis iseng, penyuka matematika, suka lari dan menonton drakor. Kadang mengisi waktu luang dengan menulis.

2 Komentar untuk "Ragam Wisata Kota Pontianak"

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel