Lebih Baik Mana Lari atau Sepak Bola?

Ditengah maraknya wabah virus corona Covid-19 yang mengancam kehidupan di dunia ini mengharuskan sejumlah negara harus mengisolasi warganya. Akibat dari merebaknya virus ini mengharuskan tempat-tempat orang berkumpul harus ditiadakan seperti tempat wisata yang harus tutup, dikarenakan warga harus menjaga jarak atau yang disebut social distancing . Selain itu masyarakat juga diharuskan sering mencuci tangan disetiap sebelum maupun sesudah melakukan aktifitas. Menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh juga penting yaitu dengan cara berolahraga dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin intinya yang bergizi. Dengan cara inilah kita bisa menekan meluasnya wabah virus corona covid-19 ini. Adapun beberapa olahraga ringan yang bisa kita lakukan dirumah adalah sebagai berikut :

  1. Jummping Jack
  2. Lompat Tali
  3. Yoga
  4. Sit Up
  5. Squat
  6. Lunge
  7. Menari

Lari atau Sepak Bola 


Nah baiklah, sesuai judul saya ingin membahas mana yang lebih baik diantara lari ataupun sepak bola.

Lari


Seperti yang kita tau lari merupakan olahraga tertua didunia, bahkan lari sudah ada sejak jaman manusia berburu dan juga sudah kita rasakan sejak kita di usia balita, di usia balita kita sering sekali berlari secara alami. Saat ini lari juga merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di dunia walaupun tidak setenar sepakbola. Kenapa bisa saya katakan populer? Saya mengambil kesimpulan berdasarkan saat ini banyak negara yang mengadakan event lari, seperti event marathon terbesar di dunia WMM (World Marathon Majors) selalu mengadakan 6 event di negara yang berbeda dalam setiap tahunnya, bagi pelari maupun marathoners pasti tidak asing dengan event ini. Adapun 6 negara yang dimaksud adalah Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, New York. Bagi pecinta lari marathon pasti ingin mengikuti lomba tersebut. Walaupun saya masih pemula dalam dunia lari ini tentu saya juga berkeinginan untuk bisa mengikuti semua event lari tersebut.



Bicara tentang lari,olahraga ini bertujuan untuk memberikan ketahanan bagi pelakunya. Seperti yang kita tahu Marathon adalah olahraga lari dengan jarak 42,195 Km bisa dibayangkan betapa jauhnya jarak tersebut. Salah satu pencetak rekor di dunia lari marathon saat ini adalah Eliud Kipchoge yang berasal dari Kenya mampu mencatatkan waktu tercepatnya yaitu 1 jam 59 menit 40 detik. Waw, saya takjub saya saja saat ini baru mampu lari dengan jarak 10 Km dengan waktu 1jam 10 menit hehehe. Itupun sudah merasa capek luar bisa. Memang olahraga ini berprogres sesuai tingkat latihan yang kita lakukan harus ada peningkatan baik dari ketahanan, jarak, kecepatan, kekuatan.

Sepak Bola


Bicara tentang sepakbola, olahraga ini merupakan olahraga terpopuler nomor satu di dunia, begitu banyak orang yang menyukai olahraga ini, ada yang hobi melakukannya ada pula yang hanya hobi atau senang menyaksikan pertandingan sepakbola. Saya salah satu orang yang hanya menyukai sepakbola dengan hanya menyaksikan pertandingannya, apakah saya tidak suka bermain sepakbola? tentu saja tidak, saya sebenarnya bisa bermain sepakbola maupun futsal, namun karena saya merasa kurang pandai di olahraga ini makanya saya tidak terlalu suka bermain sepakbola maupun futsal. Pasti banyak teman-teman yang bilang rugi, bagaimana tidak saya tidak akan merasakan serunya di dukung atau di saksikan pasangan ketika bermain sepakbola maupun futsal. Yah terkadang sedikit iri sih dengan situasi tersebut tapi tak mengapalah karena masing-masing sudah ada takdirnya hehehe mendadak bijak.



Oh ya, sebelumnya saya sudah pernah cerita tentang club sepakbola favorit saya di artikel sebelumnya klik disini. Saya merupakan salah satu fans berat dari klub sepakbola eropa yang berasal dari Kota Berlin, Jerman yaitu Bayern Munchen. Sudah mulai suka sejak di bangku SD, dan benar-benar menyukainya saat beranjak di bangku SMA. Beda kok sama Doi, wkwk. Keinginan terbesar seorang fans sepakbola adalah mengoleksi jerseynya. Apalagi jika bisa punya jersey yang terbilang jadul. Duh suatu kebanggaan rasanya. Namun saat ini masih belum terealisasi, sekedar angan-angan belaka. Balik lagi ke topik, klub yang memiliki athem song yaitu Stern des Sudens ini bagi saya sangat superior. Saat ini Bayern Munchen sedang berjuang di fase knockout 16 besar liga champions berhadapan dengan Chelsea yang merupakan Klub asal London, Inggris. Namun sayangnya laga kedua harus ditunda dikarenakan adanya wabah covid-19 ini. Sehingga bagi para pecinta sepakbola merupakan kabar yang tidak menyenangkan.


Lalu apa hubungan antara Lari dan Sepakbola?


Tenang saja ini bukan hubungan spesial kok kayak kamu sama doi wkwk. Seperti yang kita tahu di Sepak bola salah satu basic atau dasar agar bisa ikut olahraga ini adalah lari. Tidak hanya sepak bola banyak cabang olahraga yang memerluka lari sebagai salah satu dasarnya. Di sepakbola dalam satu pertandingan, seorang pemain mampu berlari sejauh 10-15 km. Sepertinya bagi para marathoner kelihatannya mudah ya. Eits, belum tentu loh. Jadi bagi pelari marathon mungkin bisa ikut olahraga sepakbola namun di dalam sepakbola mungkin beberapa ada beberapa teknik sepakbola yang tidak bisa instan pelari lakukan, seperti, dribble, menendang bola kegawang dengan akurat, dan masih banyak lagi. Begitu pula sebaliknya meskipun di sepakbola pemain banyak berlari, banyak anggapan bahwa mungkin mudah bagi pemain sepakbola untuk mengikuti lomba lari marathon. Kenyataannya juga tidak semudah itu ferguso,haha. Meskipun dalam satu pertandingan pemain mampu berlari dengan jarak 10-15 km tersebut, pemain tidak berlari terus menerus tidak seperti di lari marathon, pelari marathon berlari terus menerus tanpa henti (mungkin berhenti sebentar untuk buang air ataupun minum)


Jadi Manakah yang terbaik?


Bicara yang terbaik masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu jenis olahraga apapun yang kamu sukai lakukanlah. Karena itulah jalan yang terbaik daripada tidak suka olahraga. Bagi yang saat ini dirumah saja saya ingatkan untuk tetap berolahraga agar tubuh kita kebal terhadap penyakit. Salam sehat salam olahraga. Sekian dan terimakasih.


Share:

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung, tinggalkan saran dan komentarnya

For More Info (Just Click)

Popular Posts

Hi I'm Eko

Hi I'm Eko
My name is Wahyu Eko Cahyanto, I'm a running enthusiast, Whatsapp : 0896 0186 2879, email : weko333@gmail.com

Recent Posts