Cara Memulai Bisnis Kecil Daur Ulang Plastik

Untuk mengurangi sampah plastik, banyak pihak berusaha menguranginya dengan cara daur ulang plastik, yang ternyata bisa menjadi ladang bisnis
cara bisnis daur ulang plastik

bisnis daur ulang plastik


Saat ini, kesadaran orang-orang mengenai isu lingkungan semakin meningkat. Hal ini turut membuat peluang bisnis di sektor daur ulang, termasuk bisnis daur ulang plastik, juga semakin tinggi.

Menjalankan bisnis daur ulang plastik menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan sesuatu dalam rangka menjaga lingkungan, sembari juga membuka peluang penghasilan baru. Opsi bisnis yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari mengumpulkan plastik dan mengalihdayakan pemrosesan ke perusahaan lain,mengolahnya kembali menjadi biji plastik, atau membeli peralatan dan mesin pemrosesan plastik dan mengolah produk daur ulang plastik sendiri.

Nah, bagi Anda yang baru saja ingin mulai mencoba bisnis daur ulang plastik, apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan? Artikel ini akan mencoba memberikan informasi tersebut untuk Anda.

Langkah Umum Memulai Bisnis Daur Ulang Plastik

Ada beberapa langkah umum yang perlu Anda ikuti untuk memulai bisnis daur ulang plastik. Berikut penjelasan dari setiap langkahnya.

1. Melakukan riset pasar yang komprehensif

Para tahap perencanaan bisnis, ada baiknya Anda melakukan riset yang menyeluruh terlebih dahulu terkait kondisi pasar dan peluang bisnis daur ulang plastik di lokasi Anda. Bisnis daur ulang di Indonesia relatif baru dan belum mendapat perhatian yang signifikan; Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan kajian mendalam tentang peluang dan implementasi, termasuk produk seperti apa yang ingin Anda jual dari hasil daur ulang tersebut.

Anda dapat memecah riset Anda menjadi beberapa bagian dan memulainya dengan mengumpulkan data sekunder yang relevan yang tersedia secara online. Kemudian, untuk pemahaman lebih lanjut, Anda juga bisa mengunjungi bisnis daur ulang yang sudah ada untuk semakin memahami segala proses yang diperlukan dalam menjalankan bisnis daur ulang.

2. Mempersiapkan Perencaan Bisnis

Membuat strategi bisnis tentu adalah hal yang sangat penting dalam meluncurkan bisnis baru, tidak terkecuali bisnis daur ulang plastik. Berikut adalah daftar hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses perencanaan bisnis daur ulang plastik:

  1. Pertimbangkan prasyarat dan regulasi untuk membangun perusahaan daur ulang sampah plastik.
  2. Cari tahu keseluruhan investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan pabrik daur ulang.
  3. Tentukan apakah bisnis Anda memerlukan pabrik atau lahan untuk operasionalnya.
  4. Cari tahu darimana Anda bisa mendapatkan bahan baku sampah plastik untuk didaur ulang.
  5. Tentukan peralatan dan mesin yang dibutuhkan untuk daur ulang plastik Anda.
  6. Tentukan jenis sampah plastik yang ingin Anda olah.
  7. Evaluasi berapa margin keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari model bisnis Anda.

3. Identifikasi Lokasi yang Tepat untuk Proses Daur Ulang

Sekarang setelah Anda menetapkan tujuan dan strategi dari bisnis daur ulang plastik Anda, maka saatnya Anda lanjut ke langkah berikutnya yaitu memilih tempat yang sesuai untuk lokasi daur ulang Anda.

Idealnya Anda membutuhkan gudang, lahan, atau pabrik dengan ruang yang cukup untuk menampung peralatan dan mesin Anda, dan tidak berada pada lingkungan pemukiman.

4. Mempersiapkan Peralatan Daur Ulang

Setelah selesai urusan perizinan bisnis dan lokasi, Anda kemudian dapat mulai membeli peralatan daur ulang plastik yang umumnya mencakup mesin pemisah, penghancur plastik, granulator, breaker, sistem pre-washing, sistem pembilasan, dan pengering.

5. Mempromosikan Bisnis

Setelah Anda memiliki segalanya dan bisnis Anda telah mulai beroperasi, Anda juga perlu mempromosikannya kepada klien potensial Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat situs web, brosur, iklan online, atau strategi marketing lainnya.

 

Demikian informasi mengenai cara memulai bisnis daur ulang plastik. Semoga bermanfaat!


hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

1 komentar

  1. kalau bisnis daur ulang plastik ini produknya apa aja ya? apakah produk daur ulang atau menghasilkan produk baru. tentunya usaha seperti ini akan sangat membantu dalam upaya melestarikan bumi
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko