Cara Menghapus Sablon di Baju yang Terbukti Ampuh

Kali ini aku akan sharing beberapa tutorial yang ampuh yaitu cara menghapus sablon di baju untuk segala jenis sablon

Kali ini aku akan sharing beberapa tutorial yang ampuh yaitu cara menghapus sablon di baju untuk segala jenis sablon. Beberapa cara menghilangkan sablon di baju ini bisa kalian gunakan pada semua jenis bahan pakaian sebut saja kaos, jaket, baju, jersey,  bahkan tas kanvas, kemeja, jilbab, sweater dan topi pun juga bisa, sekalipun untuk bahan rayon

cara menghilangkan sablon di baju

Nah untuk sablon terdapat pada gelas kaca maupun plastik, cukup kalian gunakan bensin dan kerok menggunakan pisau. Tapi ada catatan penting nih yang harus kalian perhatikan, yaitu sebelum mengeksekusi kamu harus melakukan pengetesan terlebih dahulu agar mengetahui reaksi bahan kaos terhadap bahan yang digunakan.

Baiklah langsung saja dengan inti pembahasannya berikut ini :


Menghapus Sablon Menggunakan Setrika

Pas nyetrika baju yang ada sablonnya pasti bagian sablon akan kalian hindari bukan? Nah memang kebanyakan orang melakukan hal tersebut sebab menyetrika bagian sablon dikhawatirkan akan merusak sablonan ketika terkena panas tinggi. 

Nah,cara inilah yang bisa kalian gunakan jika memang bertujuan untuk menghilangkan sablon 

Cara menghilangkan sablon di baju menggunakan setrika ini paling banyak disarankan sebab tidak terlalu beresiko. Alat yang dibutuhkan juga mudah ditemukan, sebab setiap rumah tangga pasti memiliki setrikaan. Kalau gak punya setrikaan kalian bisa juga gunakan hairdryer atau catokan rambut. 

Untuk eksekusinya, pastikan kalian menyiapkan selembar kain kering yang berfungsi sebagai media antara sablon dan setrika. Hal ini dilakukan agar sablon karet tidak akan menempel di setrika. Kamu bisa pakai alkohol untuk mengurangi daya lengket dari sablon (alternatifnya minyak kayu putih). Lalu gunakan pisau atau gunting untuk membantu mengelupas sablon dari kaos.

Alat dan bahan yang bisa kamu gunakan menghilangkan sablon pada kaos yaitu setrika, 2 buah kain kering, alkohol/ minyak kayu putih dan pisau atau gunting. Siap langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Panaskan setrika selama kurang lebih 5 menit, pengaturan panas dapat disesuaikan dengan bahan dari baju dan posisi sablon menempel
  2. Cari permukaan datar dan taruh kaos di situ dengan sablonan menghadap atas, lebih baik jika kalian bisa menggunakan papan khusus setrika.
  3. Latak dan masukan kain kering yang agak tebal ke sisi dalam kaos, dengan tujuan agar nanti tidak berdampak pada sisi kaos lain.
  4. Kain kering kedua taruh di atas sablon, dan tempelkan setrika yang sudah panas selama beberapa detik
  5. Angkat kain kering, dan oleskan alkohol secara merata pada sablon yang masih panas tersebut
  6. Terlihat sablon akan mengkerut dan pecah pecah, untuk itu cobalah kalian tarik sablon agar terkelupas. Dimulai dari bagian pinggir sablon dan bisa gunakan pisau atau gunting sebagai alat bantu
  7. Kalian bisa ulangi proses langkah 4 – 6 beberapa kali hingga bagian sablon tadi terkelupas semua
  8. Untuk menghilangkan sablon yang tersisa sedikit, bisa oleskan alkohol di bagian bekas sablon dan gosok dengan kain kering
  9. Terakhir cuci pakaian seperti biasa agar menghilangkan sisa alkohol maupun sablon.


Menghapus Sablon Menggunakan Bensin

Cara menghilangkan sablon dengan bensin ini juga sudah banyak orang yang sudah membuktikan keampuhannya. Bahan bakar kendaraan lain seperti pertalite, pertamax, minyak tanah bahkan minyak kayu putih pun kamu gunakan untuk cara ini. 

Namun cara ini mungkin tidak kuat penggunaan setrika tadi, apalagi jika sablon menempel sangat kuat. Alat dan bahan yang digunakan kurang lebih sama seperti sebelumnya yang pasti baju yang sablonnya akan dihapus, bensin, kain kering dan pisu. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Kita bekerja dari bagian sisi dalam kaos, untuk itu balik kaos dan harus diingat dimana  letak posisi sablonnya
  2. Supaya bensin tidak rembes kemana mana, usahakan kalian taruh kain kering di dalam kaos 
  3. Oleskan bensin sedikit demi sedikit tepat pada bagian belakang sablon, ingat pas di area belakang sablon ya
  4. Diamkan beberapa menit hingga bensin mengering
  5. Setelah kering coba kalian kelupas bagian sablon
  6. Jika sablon belum bisa terkelupas sepenuhnya, ulangi proses 3 – 5 dan harus sabar.
  7. Setelah dirasa hilang tolal, cucilah kaos seperti biasa hingga bersih
  8. Agar bau bensin hilang bisa tambahkan banyak pewangi 


hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko