Cara belajar SEO untuk Blogger Pemula

Anyeong... Kalau kamu klik artikel ini berarti udah kepo nih kan, hehehe. Tapi gapapa sih kepo, selama masih dalam hal positif itu bagus loh malahan sangat di anjurkan, ya kan. Nah sebelumnya aku udah pernah nulis tentang alasan menulis di blog. Yang pada awalnya aku kesulitan karena diharuskan menulis 1000 kata. Eh, ternyata setelah di tulis sedemikian rupa bisa terlewati juga tuh 1000 kata. :D Sebagai blogger pemula aku masih harus banyak belajar mengenai seluk beluk dunia blog. Dunia blog ternyata tak hanya sekedar tulisan, tapi masih banyak hal yang harus di pahami. Salah satunya adalah tentang SEO. Oleh karena itu aku ingin berbagi nih mengenai cara belajar SEO untuk blogger pemula.

Baca juga : cara menerjemahkan pdf

Oh ya, mau cerita dikit nih. Sudah tahu kan kalau rezeki itu bukan hanya soal uang ataupun  materi, rezeki bisa saja berupa tubuh yang sehat terhindar dari segala macam penyakit, dan lain-lain. Nah di akhir bulan agustus kemarin alhamdulillah aku dapat rezeki loh, berupa masuk kelas Growth Blogger. Di kelas Growth Blogger ini kami di bimbing oleh coach-coach keren seperti Mas Irwin, Mas Pewe, Bang Baim, Mbak Monica dan coach-coach keren lainnya. Yang mana di materi pertama kami mendapat materi tentang Mahir menulis dan editing blogspot bersama Mbak Monica Anggen. Lalu Materi tentang Google Analytic, Google Search Console, Research Keyword dan Parameter SEO On Page yang disampaikan oleh bang Bahrul Ilmi. Baiklah yang udah ga sabar baiknya kita langsung ke inti pembahasan

cara belajar seo pemula


Apa itu SEO?


Sebelum masuk ke pembahasan intinya, alangkah lebih baiknya kita mengenal apa itu SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya pengoptimalan mesin telusur/pencari. Nah bila kita bisa menguasai SEO maka konten artikel tulisan yang kita buat akan memungkinkan dibaca oleh banyak orang. Hal ini di karenakan penerapan ilmu SEO yang tepat bisa membuat artikel yang telah kita tulis bisa masuk daftar rekomendasi teratas di mesin pencarian google.

Baca juga : domain baru siakad untan

Seberapa pentingkah SEO?

pentingkah belajar seo


SEO sangat penting bagi seorang blogger, apalagi untuk pebisnis yang memiliki situs. Hal ini dikarenakan SEO dapat menjadi trik agar situs di kunjungi oleh banyak pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung maka akan memungkinkan banyak pelanggan juga. Biasanya para pebisnis yang tak mau ribet dengan urusan ini akan mengunakan jasa SEO. Namun bagi seorang blogger, ilmu tentang SEO ini sangat penting dan berpengaruh sekali terhadap kualitas seorang blogger itu sendiri. Oleh karena itu belajar SEO untuk pemula harus banget nih.

baca juga : liburan ke jogja

Dimana belajar SEO


Di luar sana ternyata masih banyak nih yang ingin belajar SEO. Mereka biasanya mencari kursus SEO untuk belajar SEO wordpress atau blogspot. Ada pula yang belajar SEO untuk youtube, belajar SEO intragram maupun belajar SEO marketplace dan masih banyak lagi. Nah kalau aku sendiri dulu belajarnya juga dengan baca-baca artikel di google. Lalu sebelum masuk  Bersyukur sekali rasanya bisa belajar bersama kelas Growth ini. Sejauh ini rasanya ada perkembangan performa dari blog yang aku kelola ini. Meskipun di laksanakan secara online tidak mengurangi antusias peserta. 

Baca juga : Makan mie ayam bengawan solo di Pontianak

Sebelum belajar di sini aku juga pernah mendapat materi tentang SEO di komunitas blogger pontianak yang di sampaikan oleh bang Qbenk (praktisi SEO) sayangnya dikarenakan keterbatasan waktu jadi belajarnya hanya beberapa jam saja kebetulan waktu itu dilaksanakan rangkaian acara Kopdar rutin bulanan buda' blogger (sebutan lain komunitas blogger pontianak). Sebenarnya di luar jam acara tersebut bang Qbenk dengan senang hati untuk membantu teman-teman yang mau belajar tentang seo. Namun karena aku masih pemula jadi bingung mau mulai dari mana.


Aku udah kepo tentang kelas blogger ini semenjak berteman dengan mbak monica anggen dan mas irwin di facebook. Waktu itu namanya masih kelas menaikkan DA, mau daftar sih tapi sayang nya umur blog belum 6 bulan (salah satu persyaratan daftar kelas ini) jadi aku urungkan niat dan berharap bulan selanjutnya akan di buka kelas ini lagi hehehe.

Kelas Growth Blogger

Insyaallah pelaksanaan Kelas Growth Blogger ini akan di adakan dari 1 September hingga 30 September nanti, alhamdulillah sejak artikel ini tayang berarti aku sudah memasuki hari ke 15 di kelas ini. Nah berikut aku paparkan apa saja yang telah di sampai oleh Master Bahrul Ilmi.


Goggle Analytic (GA)


Sebagai seorang blogger GA wajib dipasang nih, selain sebagai tolak ukur klien untuk memberi job juga sebagai tools yang bisa kita manfaatkan untuk membaca data pengunjung blog yang kita miliki. Adapun data yang bisa kita baca adalah 

  • untuk melihat dan memantau perkembangan trafik blog
  • mengevaluasi konten, bounce rate dan durasi
  • menentukan waktu posting artikel yang tepat
  • mengetahui seberapa banyak pengunjung di setiap postingan
  • mengetahui sumber trafik



Google Search Console (GSC)


Nah kalo yang ini kalian pasti sudah familiar kan, artikel yang telah kalian posting sebaiknya segera di inspeksi di GSC. Supaya artikel kalian bisa segera terindex google, jadi para pemirsa bisa menemukan artikel kamu di mesin pencari dengan syarat penerapan SEO yang tepat loh ya. Kalau tidak artikel mu ga akan muncul di halaman pencarian. Selain itu fungsi GSC adalah untuk memantau kinerja blog kita apakah ada kesalahan (error) yang bisa menghambat robot google untuk mencrawling artikel di blog kita. Jika ada error di tampilan GSC blog kalian sebaiknya segera di atasi ya. 

download logo untan disini

Research Keyword / Riset Keyword


Pernah riset keyword? nah kalau belum, setelah baca ini kalian harus riset keyword ya. Alasannya sebab konten yang dihasilkan dari ide ide hasil riset keyword bakalan berpotensi masuk di halaman teratas pencarian google loh. Meskipun Domain Authority blog kalian masih cupu, jangan minder loh ya sebab google tidak memakai parameter tersebut. Sebab Domain Authority (DA ) adalah parameter yang di gunakan oleh MOZ. Jadi tetaplah menulis dengan riset keyword terlebih daluhu. Apabila sudah mendapat ilmu dan penggunaan SEO secara tepat pasti bisa mengalahkan pesaing-pesaing di peringkat atas halaman pencarian mesin pencari.

baca juga : pengalaman servis di bengkel resmi yamaha

Ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk riset keyword ini, ada yang berbayar maupun versi gratis. Untuk yang versi gratis kalian bisa gunakan, goole seacrh. google keyword planner, ubersuggest, dan google trends.


Nah penggunaannya kita bisa menguji dengan memasukkan satu keyword utama (biasanya 2-3 kata) di antara tools tadi. Lalu kalian perhatikan juga keyword turunannya. Nah dari situlah kalian bisa membuat konten/artikel yang berkualitas dan bersaing di mesin pencari. Jangan lupa pula untuk memasukkan LSI-nya. LSI yaitu Latent Semantic Indexing artinya kata-kata atau kalimat yang dianggap relevan secara sistemantik oleh search engine (mesin pencari)

Baca juga : Bisa berangkat umroh hanya dengan bayar DP 10 persen

Parameter SEO On Page


SEO On page artinya optimasi yang dilakukan dari artikel blog maupun keseluruhan isi blog kita. Ada beberapa parameter yang harus di perhatikan jika ingin konten masuk dan mudah ditemukan di halaman tertatas oleh banyak orang di mesin pencari. Parameter yang dimaksud antara lain :


Penempatan Keyword

Keyword yang kita targetkan harusnya masuk di beberapa segmen ini seperti di judul,permalink, meta deskripsi paragraf pertama, dan  lain-lain. Jumlah karakter di beberapa segmen tadi pun harus kita patuhi


Struktur Heading (H1-H6)

Nah penempatan struktur heading, terutama di postingan blog ini harus lebih diperhatikan. Jangan sampai ada kesalahan seperti ini H1 yang ada 2/lebih, lalu penempatan H1 juga di usahakan jangan sampai di bawah H2-H6. Jika hal tersebut kalian biarkan akan berpengaruh terhadap performa SEO kalian.


Gambar harus di optimasi

Maksudnya setiap gambar yang kita upload di postingan haruslah di isi title dan alt text yang tentu saja mengandung keyword utama.


Internal dan Outbound link


LSI Keyword


Bagikan artikel ke semua media sosial


Jangan lupa submit url artikel di GSC


Sepertinya remeh ya, ternyata banyak juga nih yang harus kita perhatikan. Nah di kelas ini kami di kenalkan dengan yang namanya META SEO Inspector. Tools ini bisa kalian temukan di browser Chrome di bagian ekstensionnya. Dengan tools inilah kita bisa melihat bagaimana konsidi blog kita apakah SEO friendly atau tidak. Template blog yang kita gunakan juga ternyata berpengaruh loh terhadap performa SEO. Nih aku perlihatkan contoh saat aku menggunakan tools ini di blog.

belajar meta seo inspector
belajar seo dengan meta seo inspector


Masih ada beberapa warning (peringatan) yang belum bisa aku atasi nih. Seperti harus ganti template nih, hehehe


Nah itulah tadi beberapa materi yang di sampaikan oleh coach Baim, yang aku sampaikan dengan gaya bahasaku sendiri tentunya. Pembahasan selanjutnya aku ingin berbagi tentang master yang satu ini


Bahrul Ilmi


Sebelum masuk di kelas ini aku sebenarnya sudah tau juga tentang beliau nih. Meskipun doi mungkin belum mengenal aku sih. Pertemuan pertama kami saat event job dari Alami Syariah. Nah di situ aku banyak bertemu para influencer-influencer dari pontianak dan sekitarnya nih. Salah satunya bang baim juga hadir di sana, doi sadar ga ya hehe maklum aku masih anak baru di blogger pontianak. Waktu itu ia memakai kaos blogger pontianak yang bertuliskan domain softrickinfo.com di belakangnya.

Baca Juga : Rekomendasi drama korea

Selain blogger Bang baim juga merupakan seorang SEO Enthusiast, dan content Writer. Doi juga melayai jasa pembuatan Website yang tentunya SEO friendy. Nah saat ini ia bertugas sebagai pembimbing/pengajar di kelas Growth blogger ini. Ia juga sering membrandingkan dirinya sebagai tim hore-hore. Bagi yang ingin lebih mengenal beliau bisa kepoin di akun sosial medianya ya.

Facebook : https://facebook.com/gbygoober

Instagram : https://instagram.com/bahruladitya

Twitter : https://twitter.com/bahruladitya



Belajar SEO di Kelas Growth Premium


Kelas Growth Blogger yang saat ini aku ikuti adalah versi gratisnya. Salah satu risiko mengikuti kelas gratis ini adalah jika tak mengerjakan tugas bakalan kena tendangan madun dari Coach Irwin. Ngeri kan ya, tapi efek positifnya peserta jadi lebih serius untuk mengerjakan tugas nih. Ada juga yang pernah nyeletuk gini "boleh nih kalau di terapin di sistem pembelajaran di sekolah". Gimana tuh?

Kelas semi militer ini benar-benar ajib deh. Setiap deadline tugas bakal ada acara kick tanpa ampun (yang tidak mengerjakan tugas lho ya). Yang sudah mengerjakan pun jantungnya pasti bakalan dagdigdugser. Selain dapat asupan materi yang bergizi dan berdaging peserta juga di persilahkan untuk tanya jawab kepada coach yang bertugas. Kerenkan meskipun gratis mereka tetap profesional dan tulus menjalankan tugasnya. Terima Kasih Coaches semuanya.


Nah bagi yang berminat untuk masuk kelas seperti itu ada Masirwin dan Mas Pewe bakalan buka kelas lagi nih. Tapi ini versi premiumnya dari Kelas yang sedang aku ikuti ini. Namanya Kelas Growth Premium, keren gaes, ada bonus DA 30+ dan DR 50+ bikin halu gak tuh... So tunggu apa lagi, langsung aja klik banner di bawah ini untuk mendaftar ya gaes. 


belajar seo di kelas growth premium
Klik banner ini untuk mendaftar



Pesan untuk peserta Kelas Growth Blogger ini, semoga kita bertahan sampai naik kelas ya gaes hehehe. Sekian pembahasan tentan cara belajar SEO untuk blogger pemula. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat belajar









Wahyu Eko Cahyanto seseorang yang mengaku desainer grafis iseng, penyuka matematika, suka lari dan menonton drakor. Kadang mengisi waktu luang dengan menulis.

1 Komentar untuk "Cara belajar SEO untuk Blogger Pemula"

  1. Waah ternyata gitu ya. SEO cukup penting ya, Bang Eko. Aku sebagai blogger pemula belum terlalu faham mengenai hal2 macam itu. Aku hanya untuk nulis iseng2 aja nih di Blog :D

    BalasHapus
Hindari berkomentar hanya dengan 1 kata saja.
Sebaiknya usahakan komentar sesuai tema artikel yang dibahas :)
Komentar dengan link aktif akan saya delete.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel