Alasan Memilih Kursi Kerja Ergonomis Untuk Kantor

untuk meningkatkan produktivitas pekerja / karyawan kantor adalah soal kenyamanan dengan menggunakan ergonomic furniture, simak alasannya disini

A : “Kok badan gue sering banget pegel-pegel ya, rasanya nyeri gitu di punggung, leher sama bahu gue”

B : “Emang kerjaan lo ngapain aja seharian ini?”

A : “Ya biasalah karyawan kantor, kerjanya duduk di depan komputer seharian”

B : “Mungkin posisi duduk lo salah kali makanya jadinya sering nyeri gitu”

A : “Iya bisa jadi tuh , soalnya kursi kantor gue kurang nyaman sih”

B : “Nah kan itu tuh masalahnya, makanya gunakan kursi kerja ergonomis dong”

A : “Hah , gitu ya, tapi gue gak tahu tuh apa itu kursi ergonomis?”

alasan menggunakan kursi ergonomis

Aktivitas pekerja kantoran memang tidak lepas dari duduk di kursi selama berjam-jam yang merupakan rutinitas yang tak dapat dihindari seperti ilustrasi percakapan di atas. Kebanyakan dari pekerja kantoran pasti mengalami kondisi bagian tubuh nyeri akibat tak menyadari posisi duduk yang salah.

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kondisi posisi duduk yang salah adalah kursi kerja yang kurang pas . Oleh karena itu penting sekali untuk memperhatikan dan memilih kursi yang nyaman untuk kerja di kantor .

Apakah kamu pernah lihat youtuber gamer yang betah duduk berjam jam di depan PC untuk bermain game? Tentunya sangat jarang kita melihat mereka mengeluh akibat badan pegal karena posisi duduk yang salah. Nah itu disebabkan kebanyakan dari mereka menggunakan kursi yang tepat yaitu kursi gaming yang telah memiliki fitur ergonomi sehingga memperbaiki posisi duduk penggunanya selama pemakaian .  

Begitu pula yang akan kita bahas kali ini yaitu tentang ergonomic furniture / kursi kerja ergonomis.

Apa Itu Kursi Ergonomis?

kursi ergonomis

Kursi ergonomis berbeda dengan kursi kerja biasa sebab ia telah dirancang secara khusus agar memenuhi kebutuhan duduk penggunanya. Sehingga kursi ergonomis biasanya telah dilengkapi dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh kursi-kursi biasa.

Kelebihan kursi ergonomis ini dipercaya mampu meningkatkan produktivitas kerja, sebab penggunanya bakal merasa nyaman dan lebih sehat. Apalagi fitur utamanya ialah menjaga postur tubuh penggunanya agar tidak lagi duduk dalam posisi yang salah.

Jika membandingkan kursi ergonomis dengan kursi biasa , tentu kursi biasa tidak punya fitur yang telah disinggung di atas . Jika pada kursi biasa dimana pengguna yang harus beradaptasi dengan bentuk kursi yang disediakan . Sebaliknya Jika menggunakan kursi ergonomis maka justru kursilah yang menyesuaikan dengan postur tubuh pengguna. 

Hal itulah yang mungkin saja menjadi penyebab tubuh pengguna tidak sesuai dengan model kursi sehingga berdampak pada kenyamanan dan kesehatan.

bentuk kursi ergonomis


Seperti Apa Kursi yang Termasuk dalam Kursi Ergonomis?

  1. Tinggi kursi dapat diatur
  2. Kemiringan kursi bisa disesuaikan
  3. Sandaran tangan bisa disesuaikan
  4. Sandaran kepala & leher bisa disesuaikan
  5. Memiliki roda putar yang aman


Alasan menggunakan Kursi Ergonomis untuk Kantor

kursi kerja ergonomis by pexio


1. Kesehatan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya , salah satu kelebihan kursi ergonomis adalah menjaga postur tubuh penggunanya . Dengan postur tubuh yang benar tentu akan meminimalisir tubuh tegang. Sehingga nyeri pada tubuh akibat duduk berjam-jam pun dapat terhindarkan. 

Terutama pada bagian tubuh yang rentan terkena nyeri yakni pada bahu punggung dan leher. Selain itu dengan postur tubuh yang benar, maka sirkulasi darah menjadi lancar.

2. Meningkatkan Produktivitas

Dengan posisi duduk yang benar tentu akan meningkatkan produktivitas penggunanya sebab pengguna lebih nyaman duduk berjam jam menyelesaikan pekerjaan di depan layar tanpa khawatir tubuh terkena nyeri.

Sehingga dapat dibilang pengguna kursi ergonomis dapat bekerja dengan nyaman tanpa terasa waktu yang lama begitu saja berlalu . Dengan meningkatkan produktivitas pengguna dalam hal ini pekerja kantoran tentu hasil kerja bagi perusahaan semakin baik.

3. Penyesuaian

Memilih furnitur kantor haruslah yang memiliki fleksibilitas yang dibutuhkan agar dapat memenuhi kebutuhan setiap individu di kantor. Kita tahu bahwa setiap individu (karyawan kantor) memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang beragam sehingga dengan memililiki furnitur kantor yang dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan penggunanya tentu diharapkan dapat membantu semua orang di kantor agar tetap nyaman dan fokus pada pekerjaan mereka.

4. Meminimalisir Klaim Kompensasi Pekerja

Alasan ini lebih ditujukan pada perusahaan yang ingin menghemat biaya untuk klaim asuransi kesehatan pekerja. Dengan berinvestasi menggunakan ergonomic furnitur cenderung lebih menekan angka klaim asuransi kesehatan, sebab hadirnya kursi kerja ergonomis membuat kesehatan pekerja semakin baik dan produktivitas kerja meningkat.

Karena itulah setidaknya menjadi win win solution baik bagi perusahaan maupun bagi pekerja / karyawan perusahaan.

Dapatkan Kursi Kerja Ergonomis di PEXIO

Salah satu brand yang menawarkan kursi kerja ergonomis adalah PEXIO Furniture & Interior. PEXIO Furniture menawarkan berbagai kebutuhan ergonomic furniture mulai dari kursi kerja, meja kerja dan living furniture. Kamu dapat melihat produk yang ditawarkan PEXIO secara lengkap melalui website https://pexio.co.id/.

Buat yang kerja dari rumah dan sering duduk berjam-jam di depan layar seperti saya, tentu sangat butuh kursi kerja ergonomis agar lebih produktif. Untuk mendapatkan produk dari PEXIO untuk keperluan rumah juga bisa dan lebih mudah sebab sudah tersedia di e-commerce kesayangan kamu seperti tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli.


hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

إرسال تعليق

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko