Cara Mengatasai Rambut Kering dan Mengembang bagi Pria

Sejak pandemi, orang lebih banyak beraktivitas dirumah. Dan sebagian dari mereka masih tetap bekerja meski dari rumah. Fenomena pria berambut panjang pun menjadi tren di masa pandemi. Banyak dari mereka melakukan hal tersebut dikarenakan terbentur dengan peraturan di tempat kerja maupun sekolah. Karena kita tahu rata-rata orang yang bekerja dikantor pasti punya potongan rambut yang rapi. Jarang banget ada yang gondrong.

Karena itulah sejak kerja dari rumah peraturan yang mengharuskan rambut rapi pun sedikit longgar sebab kerja tak perlu datang ke kantor. Fenomena pria berambut gondrong ini pun terjadi pada diriku hehehe. Jadi selama pandemi aku berusaha untuk manjangin rambut untuk cita-cita masa sekolah yang belum tersampaikan. Selama pandemi rambutku sudah melewati telinga kira-kira sudah mencapai dagu. Ini rekor rambut panjang pertama bagiku, namun sepanjang perjalanan memelihara rambut gondrong ternyata banyak halangannya, mulai dari mudah terasa gerah, gatal-gatal, rambut kering dan bahkan rambut mengembang.

Cara mengatasai rambut mengembang dan kering

Untungnya jenis rambut yang aku punya ini bukanlah jenis keriting, maupun ikal parah. Jenis rambutku lurus bergelombang dan sedikit ikal. Problem utama rambut mengembang itu terjadi kalau aku tidak pakai pomade. Mungkin sebagian dari kalian juga punya masalah yang sama yuk simak cara mengatasi rambut mengembang. Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam mengatasi masalah rambut kering dan mengembang, diantaranya:

cara mengatasi rambut mengembang

Hindari mencuci rambut terlalu sering

Pemilik rambut kering dan mengembang sebaiknya menghindari mencuci rambut setiap hari. Kenapa? karena kebiasaan yang kita anggap baik ini justru dapat membuat rambut bertambah kering dan rusak. Sebaiknya disarankan untuk mencuci rambut hanya 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

Gunakan sampo yang tepat

Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut saat akan keramas yaitu shampo yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Hal ini dimaksudkan agar mempertahankan kelembaban dan kadar air di kulit kepala, sampo yang bisa kamu pilih yaitu yang mengandung dimethicone.

Perlu diketahui juga bahwa salah satu pemicu terjadinya rambut kering adalah kondisi kulit kepala yang kering, yap munculnya ketombe. Untuk mengatasinya, kalian bisa gunakan sampo yang mengandung cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylchloroisothiazolinone.

Pilihan sampo dengan kandungan zinc pyrithione dan mentol juga cocok, karena selain bisa mencegah dan mengatasi ketombe, kedua kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal, mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe basah, dan memberikan sensasi menyegarkan di kulit kepala.

Gunakan kondisioner setelah keramas

Nah, biasa pria jarang banget nih gunakan kondisioner, dan ini juga lah alasan kenapa orang berambut panjang lebih banyak pengeluaran untuk perawatan rambutnya hehe. Karena dengan menggunakan kondisioner dapat membuat kutikula rambut tetap sehat serta menjaga kadar minyak alami di rambut kita. Selain itu, dapat membuat rambut menjadi lembab dan lebih sehat.

Oleskan minyak alami

Selain menggunakan sampo dan kondisioner, kamu juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami ke rambut yang kering dan mengembang. Salah satu produk yang aku gunakan adalah minyak zaitun. Karena kandungan minyak alaminya yang bisa mempertahankan kelembaban rambut, serta melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya.

Jika tidak menemukan minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang serta diyakini dapat melembabkan rambut sekaligus melindungi rambut dari kerusakan.

Berikan perlindungan yang cukup untuk rambut

Usahakan untuk meliindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Jika memang cuaca sedang panas saat siang hari misalnya, kenakanlah topi ketika kamu harus beraktivitas di luar ruangan. Jika sedang berenang di kolam renang atau laut kamu juga bisa menggunakan penutup kepala (sepertinya agak alay sih) tapi gunanya memang untuk melindungi rambut kamu dari klorin dan air garam.

Batasi penggunaan alat styling rambut

Nah ini nih, sejak punya rambut panjang aku tergoda untuk styling semacam pria korea hehe. Ternyata sering menggunakan catokan rambut dapat membuat rambut makin mengembang dan kering lho, jadi cukup sesekali saja dan usahakan agar membatasi penggunaan alat styling rambut, seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting. Semua alat styling rambut tabi memberikan panas langsung ke rambut. 

Nah itu tadi sedikit tips cara mengatasi rambut kering dan mengembang bagi pria, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Stay safe stay gondrong.


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasai Rambut Kering dan Mengembang bagi Pria"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel