Persiapan Generasi Muda Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global

sebelum memasuki era bonus demografi, sebagai generasi muda kita juga berperan untuk melakukan perubahan dengan memiliki kompetensi global

Sekitar 10 hingga 20 tahun kedepan, Indonesia bakal mendapatkan bonus demografi. Dimana bonus demografi yang dimaksud adalah meningkatnya usia produktif dimana jumlahnya melebihi usia non produktif.

Nah dimasa itulah seharusnya Indonesia harus bisa memanfaatkan untuk melakukan perubahan, seperti yang telah dilakukan oleh negara Jepang dan Korea. Kedua negara tersebut dikenal sukses memanfaatkan era bonus demografi untuk melakukan perubahan di berbagai sektor.

Jika era bonus demografi ini tidak dikelola dengan baik, maka dampak negatif darinya pun tak akan terelakkan seperti meningkatnya angka pengangguran, kesenjangan sosial, dan pertumbuhan ekonomi yang menurun. Oleh karena itu, penting bagi negara untuk mempersiapkan diri dengan strategi yang tepat dalam menghadapi era bonus demografi.

Meskipun demikian itu tidak hanya semata tugas pemerintah, namun tugas kita juga sebagai generasi muda juga mempersiapkan diri dengan membekali skill atau kompetensi kerja untuk menghadapi persaingan dunia kerja baik secara nasional maupun global.

Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global

Persiapan menghadapi dunia kerja dengan kurikulum internasional dan kompetensi global


Dengan meningkatnya angkatan kerja tentu persaingan didunia kerja pun semakin berat, jika tidak dibarengi dengan skill yang mumpuni maka kita akan mudah tergeser. Berikut ini kompetensi bekerja global yang harus kita persiapkan untuk menghadapi persaingan dunia kerja.

Kemampuan Bahasa Asing

Menguasai bahasa lebih dari satu tentu merupakan skill yang bagus, apalagi bahasa yang dikuasai adalah bahasa internasional yakni bahasa inggris. Dengan demikian dapat memperluas kesempatan di pasar kerja Internasional. 

Selain bahasa Inggris, kamu juga sangat disarankan untuk menguasai bahasa Mandarin, Spanyol dan Prancis. Yang mana beberapa bahasa yang telah disebut merupakan beberapa bahasa yang paling umum digunakan di dunia kerja internasional.

Dijaman sekarang sangat banyak platform untuk kamu belajar bahasa asing, bahkan beberapa lembaga pendidikan internasional swasta yang mengadopsi kurikulum internasional mewajibkan peserta didiknya untuk menggunakan bahasa inggris dalam aktivitas belajar mengajar dikelas sehari-harinya. Sehingga tercipta lingkungan yang mendukung kamu untuk lebih mudah menguasai bahasa asing.

Kemampuan Adaptasi yang baik

1. Kemampuan beradaptasi dengan budaya yang berbeda

Sebagai generasi muda kita harus mampu untuk beradaptasi dengan budaya yang berbeda. Hal ini meliputi pemahaman tentang adat istiadat, nilai-nilai, norma sosial, dan cara berkomunikasi yang berbeda-beda di setiap negara.

2. Kemampuan bekerja dalam tim yang multikultural

Dalam dunia kerja internasional, kerja dalam tim yang multikultural menjadi hal yang umum. Oleh karena itu, kita harus dapat bekerja dalam tim yang terdiri dari orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang yang berbeda.

Menguasai teknologi

Perkembangan teknologi yang begitu cepatnya, membuat semua orang mesti mempelajari setiap teknologi baru. Apalagi teknologi tersebut sangat berkaitan dengan bidang pekerjaan yang teman-teman jalani. Yang pasti kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi modern dan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.

Kemampuan berkomunikasi dengan baik

Tidak dipungkiri, Kemampuan berkomunikasi dengan baik dan efektif menjadi penting dalam menghadapi pasar kerja baik secara nasional maupun internasional. Pemuda harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan tepat untuk memperoleh kepercayaan dan kerjasama dengan orang-orang dari berbagai kultur yang ada.

Menguasai Soft Skill lainnya

1. Kemampuan berpikir kreatif dan inovatif

Generasi muda harus dapat berpikir kreatif dan inovatif untuk dapat bersaing di era globalisasi. Hal ini meliputi kemampuan untuk menghasilkan ide baru dan memecahkan masalah yang kompleks.

2. Kemampuan manajemen waktu

Generasi muda harus mampu mengelola waktu dengan efektif dan efisien dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka.

3. Kemampuan analisis data

Kemampuan analisis data menjadi semakin penting dalam dunia kerja internasional. Generasi muda harus mampu mengumpulkan, menganalisis, dan mempresentasikan data dengan baik.

 

Kompetensi bekerja yang mesti dipersiapkan


Miliki Kompetensi Global Bersama Sampoerna University

Semua kompetensi bekerja global yang telah disebutkan diatas dapat kamu raih dengan memilih platform atau lembaga pendidikan yang tepat. Dalam hal ini Sampoerna University hadir sebagai solusi untuk mempersiapkan generasi muda dan angkatan kerja agar lebih siap di dunia kerja global.

Sampoerna University hadir dengan membawa kurikulum internasional yang berasal dari Amerika. Bahkah tak hanya itu Sampoerna University menyediakan sistem pendidikan internasional yang telah bekerja sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat.

Sehingga memungkinkan mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi di kampus Sampoerna University dapat memperoleh dual degree. Untuk fasilitas sarana dan prasarananya pun telah memenuhi standar internasional, ditambah pengajar yang sangat kompeten sehingga sangat mendukung dalam sistem pendidikan internasional nya.

kelebihan Pendidikan Internasional di Sampoerna University untuk persiapan dunia kerja

Beberapa kelebihan singkat dari kampus Sampoerna University dapat di urutkan sebagai berikut :

  • Sistem pendidikan yang punya standar internasional seperti di Amerika yang merupakan salah satu pendidikan tinggi terbaik di dunia.
  • Menggunakan kurikulum Internasional dari Amerika tetapi dengan biaya kuliah lokal.
  • Program tersebut terkurasi dengan baik dan memungkinkan para lulusannya memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam waktu yang singkat, dengan angka lulusan yang berhasil memperoleh pekerjaan mencapai 94% dalam waktu 3 bulan.

Kesimpulan

Banyak yang bilang dunia kerja itu kejam. Dan memang benar, bagi siapa yang tak punya kompetensi bekerja yang dibutuh maka pasti akan tersisih. Oleh karena itu, selalu upgrade kemampuan diri beberapa diantaranya adalah kompetensi global yang telah dibahas diatas.

Sampoerna University hadir dengan pendidikan ala Amerika yang menawarkan kompetensi global kepada para peserta didiknya. Dengan demikian, para peserta didik Sampoerna University mampu tampil dengan percaya diri di tingkat internasional baik dalam bidang pendidikan maupun di dunia kerja. Dapat dibuktikan bahwa 94% lulusan Sampoerna University berhasil memperoleh pekerjaan hanya dalam waktu 3 bulan.

Karena itu, tak perlu menunggu lama, mari persiapkan diri dengan persiapan kompetensi global bersama Sampoerna University untuk menghadapi persaingan di dunia kerja yang sangat kompetitif.


Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

56 komentar

  1. Selain hardskill, soft skillnya jg perlu diasah ya kak untuk berimbang juga. Saat ini memang penting memiliki keahlian tertentu dan skala pencapaiannya memang kalau perlu global, jadi kesempatan lebih luas juga. Glad to hear, Sampoerna University punya program dlm pendidikan yang menyediakan ini jd bermanfaat untuk pasca kampus nanti bagi mahasiswanya.
  2. Persaingan dunia kerja ke depan begitu keras ya kak. Apalagi kalo kita tidak punya kompetensi khusus. Kita bakal tertinggal dan siap2 jadi pengangguran.

    Untung aja Sampoerna University ngajarin mahasiswanya agar bagus seara akademik dan non-akademik. Jadi akan lebih siap menatap masa depan lbh cerah.
  3. Teknologi semakin berkembang butuh persiapan kompetensi yg global untuk menguasai dunia kerja
  4. makin berat ya ternyata tantangannya, apalagi dunia terus berkembang dan maju, jadi persiapannya juga kudu makin matang nih :)
  5. Kehadiran Sampoerna University benar-benar membantu para mahasiswa untuk mempersiapkan diri masuk di dunia kerja dengan kompetensi global. Apalagi bisa sekalian menikmati kuliah rasa luar negeri
  6. Bonus demografi berarti jumlah penduduk bertambah dan malah jadi positif ya karena generasi muda (dan usia produktif)nya bertambah.

    Biar semua langsung dapat kerja, kudu ningkatin soft skill dan lain-lain.

    Moga anakku kelak bisa kuliah juga di Sampoerna University.
  7. Untuk memiliki kompetensi global kini bisa makin mudah, karena bisa didapatkan di bangku kuliah ya, Kak. Seperti yang diselenggarakan di Sampoerna University dengan berbagai keunggulannya untuk menciptakan lulusan yang berdaya saing global.
  8. Harus dipersiapkan memang buat menghadapi kompetensi dunia ini, sehingga dapat bersaing di kancah global. Dengan begitu peluang bekerja di tempat impian bisa diraih
  9. 94% lulusan sudah bekerja dalam 3 bulan? Wah memang kualitas Sampoerna University bukan kaleng-kaleng. Tidak usah ragu untuk kuliah disini
  10. prediksi bonus demografi itu sekitar tahun 2045.. semoga aja kita bisa mengambil peran dan kontribusi juga yaa dengan menjejaki pekerjaan ideal yang kita idam2kan
  11. makin ke sini persaingan dunia kerja makin ketat ya, harus bisa bahasa asing dan berkomunikasi dengan baik, melek teknologi juga, dan tentunya juga punya attitude yang baik ya :)
  12. Ngga kebayang sih gimana Indonesia di tahun bonus demografi mendatang kalo gapunya kompetensi global, akan jadi percuma gitu ngga sih bonus demografinya, tapi hadirnya Sampoerna University ini semoga ngga jadi percuma yaahhh tahun 2035 nantii, aamiinn
  13. i've been there kerja selama kurang lebih 12 tahun sebagai "budak coorperate" dengan berbagai posisi di beberapa sektor. dunia kerja emang kejam. kalau gak punya skill ya pasti tersisihkan. tapi diantara semua skill di atas, satu skill yang harus banget dimiliki oleh tenaga kerja softskill nya sih terutama ketekunan, konsistensi dan mampu beradaptasi. karena ini yang menentuka keberhasilan dan kesuksesan di dunia kerja selain punya skill lainnya ya.
  14. wah iya juga ya..kalo Indonesia ga siap2 bisa jadi buah si malakama, harus bisa niru sistemnya jepang dan korea dalam membentuk generasi muda
  15. kudu banget nih kita yang dari zaman kapan pun bisa menguasai kompetensi-kompetensi masa kini. karena kalau nggak bakal keteteran dan ketinggalan
  16. Kemampuan bahasa asing memang menjadi kompetensi global yang mutlak dimiliki seseorang saat ini ya, Kak. Bagaimanapun era yang makin mengglobal tanpa batas ini menjadikan bahasa asing terutama bahasa inggris sebagai alat komunikasinya
  17. Sekarang aja persaingannya udah mulai kerasa, cari kerja makin susah karena ijazah dan nilai tinggi saja tidak cukup. Jadi anak2 zaman sekarang emang kudu banget disiapkan buat menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global ya
  18. Pas baca bagian dunia kerja itu kejam aku langsung mikir adik2 ku yang bari freshgraduate hehehe. Tapi gak bisa dipungkiri memang dunia kerja itu kompetitif banget . Jadi kita perlu perbekalan yang memadai
  19. Kurikulum internasional yang dimiliki oleh sampoerna University ini membantu kaum muda siap hadapi era global seperti ini ya mbak
  20. Penguasaan bahasa asing memang diperlukan banget sih. apalagi dunia kerja sekarang banyak yang pake bahasa Inggris untuk komunikasinya. Sampoerna University bisa jadi acuan bagi yang pengen nyicip kurikulum internasional.
  21. Bener kak sekarang ada ungkapan lebih baik capek kerja daripada capek nyari kerja karena lapangan kerja ada tapi saingannya banyakk. Oleh karena itu emang wajib punya soft skill dan milih tempat kuliah yg tepat. Seperti di Sampoerna university.
  22. setuju sekali semua kemampuan diatas perlu dimiliki agar generasi sekarang bisa bersaing secara global
  23. Seiring persaingan di dunia kerja yang semakin ketat, maka memang perlu sekali para lulusan mempersiapkan secara matang, dengan meningkatkan skill, agar nantinya tidak hanya bisa bersaing di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.
  24. Kerennn amat Sampoerna University dengan Kurikulum Internasional-nya mempersiapkan lulusannya agar dapat menguasai kompetensi global. Bukan cuma hardsklill aja, tapi juga softskill. Mantap.
  25. Ada jaminan seperti itu bisa makin percaya diri buat sambut masa depan gemilang ya kak.
    Pacu semangat dan keterampilan lebih dalam
  26. Kemampuan berbahasa asing terutama bahasa inggris memang salah satu modal yang paling penting menghadapi kompetensi global ini. Makanya pilihan kampus dengan kurikulum internasional patut adalah pilihan yang tepat.
  27. Mendapatkan pendidikan yang bagus adalah sebuah priviledge. Sehingga perlu dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa yang mampu masuk di Sampoerna University
  28. Jaman ku kuliah dulu belum ada nih Kurikulum Internasional kayak gini, jadi ngiri deh anak jaman sekarang yang kurikulumnya makin berkembang
  29. Aku juga nyari2 sekolah kalau bisa yang ada kurikulum internasionalnya gini, biar nanti ke Sampoerna University ngga kesulitan adaptasi hehe..Ngga heran kalau 94% lulusannya mudah mendapatkan kerja yaa dimana2.
  30. Keren sekali kurikulum dari Sampoerna University ini
    memiliki kurikulum internasional yang membantu mempersiapkan kompetensi global
  31. Bonus demografi ini memang memiliki 2 sisi ya..
    Negatif dan positifnya tergantung dari kualitas generasinya tersebut. Dengan memahami betul dunia kerja saat ini dan menyesuaikan dengan jenis pendidikan yang harus dikuasai, maka bersekolah di kurikulum internasional bisa menjadi pilihan.
  32. Persiapan dunia kerja penting karena perusahaan mencari karyawan yang memang menguasai bahasa asing, teknologi dan punya skill yang mendalam. Tuntutan kerja.
  33. setuju ya mba, mengingat generasi muda ibarat bahan bakar kebangkita suatu negara apalagi ditengah persaingan global. jadi mempersiapkan generasi muda untuk punya skill berdaya saing global udah jadi satu hal yang wajib banget
  34. kurikulum internasional ini bagus nih ya persiapan untuk menyambut persaingan global jd generasi muda kita bs survive dan berdaya saing
  35. Persaingan di dunia kerja saat ini memang ketat, dibutuhkan SSM handal terutama kemampuan berbahasa english so.pastikan buah hati kita memiliki bekal yang cukup (gusti yeni)
  36. Langsung "mak deg" baca apa aja kompetensi yang mesti dipersiapkan. Teringat anak-anakku. Duh, rasanya masih kurang banget bekal yang kusiapkan untuk mereka :'(
  37. Aku setuju kak, selain bahasa Inggris, bahasa mandarin juga penting buat dikuasai karena ternyata paling banyak kedua digunakan di dunia lho. Ini keren ya Sampoerna University kerja sama dengan The University of Arizona untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jadinya kuliah di lokal tapi rasa internasional
  38. Sepakat
    Jadi PR besar buat kami orang tua dengan anak yang masih kecil kecil
    Perjalanan mereka sangatlah panjang dan berliku...
  39. menguasai teknologi dan bahasa asing nih udah jadi bekal dan value kita di dunia kerja era sekarang ya. dengan berkembangnya zaman kita juga harus bisa beradaptasi dengan kompetensi global
  40. Dengan Sampoerna University menerapkan Kurikulum Internasional, jadi lebih memudahkan juga ya, Mas. Tidak perlu kuliah ke luar negeri, karena sudah menerapkan sistem internasional yang nantinya siap bersaing di dunia kerja secara global.
  41. Penasaran banget Ama Sampoerna Academy kak. Moga kelak anakku bisa kuliah di sana soalnya terjamin bagus ya dan pakai kurikulum internasional.
    Trus mahasiswa juga diajak berpikir kritis. Penting banget ituu
  42. Kompetensi bekerja untuk manghadapi lingkup internasinal harus dibutuhkan oleh setiap orang. Apalagi untuk 10 tahun ke depan diprediksi teknologi akan semakin canggih. Oleh karena itu penerapan kurikulum internasional sangat direkomendasikan
  43. Setuju kak,
    Memang harusnya punya skill dan kompetensi diri. Biar hadapi persaingan global ini lebih mudah buat calon pelamar kerja
  44. Menguasai bahasa lebih dari satu tentu merupakan skill yang bagus ya. Tujuannya agar lebih mudah beradaptasi denga budaya yang berbeda
  45. Menguasai bahasa lebih dari satu tentu merupakan skill yang bagus ya. Tujuannya agar lebih mudah beradaptasi denga budaya yang berbeda
  46. keren ya sebagian besar lulusan sampoerna university sudah mendapatkan pekerjaan hanya dalam beberapa bulan saja.. menarik sekali pastinya untuk anak muda zaman sekarang
    1. Padahal buat lulusan baru, biasanya lama ya Mbak dapat kerjanya.
  47. Udah kerasa banget persaingan di dunia kerja itu memanas dan kian sempit. Kalaj kita gak punya keahlian yg wow, bakalan dinomor duakan terus.
  48. Persaingan dunia kerja makin ketat aja. Apalagi ditambah jumlah pengangguran semakin banyak. Kayaknya perlu banget sih upgrade skill biar mampu bersaing secara global
  49. Persaingan dunia kerja makin ketat, apalagi teknologi semakin maju, harus melek teknologi, selain itu juga dituntut kreatif yakk.. Sampoerna University emang pilihan pas buat kuliah.
  50. Kemampuan yang menjadi nilai lebih di mata perusahaan terkemuka untuk menghadapi dunia kerja yang kian menantang ini memerlukan jawaban yang sempurna dari sebuah iklim dunia perkuliahan yang memiliki kurikulum internasional.
  51. Setuju banget dengan harus seimbangnya antara softskill dan hard skill jika ingin siap terjun di dunia kerja global, dan Sampoerna University hadir sebagai alternatif solusi terbaik untuk mendapatkan skill mumpuni dengan kurikulum internasionalnya
  52. iyess, jangankan generasi alpha atau sebelumnya, aku yang masuk generasi baby boomers juga harus banget punya skill berdaya saing global karena masih masuk usia produktif. cuman jadi noted banget nih mempersiapkan anak masuk kampus berkurikulum internasional nanti, Sampoerna university sih tujuannya. amiin ya
  53. Dunia kerja sekarang butuh teknologi agar makin maju dan berkembang. Makanya kandidat yang masuk pun harus bisa menguasai teknologi dan bahasa asing. Itu sudah jadi dasar yang gak bisa ditawar lagi
  54. Yap persaingan kerja sekarang emang semakin ketat ya, bersaingnya bukan cuma warga lokal saja tapi juga WNA jadi emang kudu banget persiapkan diri sebaik mungkin, paling tidak punyalah kompetensi global
  55. punya soft skill, apalagi analisis data emang jadi nilai plus banget tuh ya di dunia kerja jaman sekarang, secara semuanya udah jadi data dan informasi. klo mau survive dan maju yaa harus adaptasi dan scale up skill juga nih sesuai perkembangan jaman
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko