Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Rambut yang hitam, panjang, dan tebal merupakan dambaan setiap orang, khususnya para wanita. Berbagai cara pun dilakukan banyak orang yang ingin mendapatkan rambut indah. Apalagi rambut bagaikan mahkota bagi setiap manusia. 

Jika seseorang punya masalah rambut, pasti akan berusaha untuk mencari cara untuk mengatasinya. Misalnya saja masalah rambut tipis yang bisa menyebabkan kerontokan. Tak jarang demi mendapatkan rambut indah, tebal, dan tidak rontok, sebagian orang rela mengeluarkan biaya.

mencegah rambut rontok

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok, salah satunya dengan menggunakan perawatan bahan-bahan alami. Oleh karena itu ayo kita bahas cara mencegah rambut rontok secara alami berikut ini.

Ginseng

mencegah rambut rontok

Cara pertama untuk mencegah rambut rontok secara alami adalah ginseng. Hasil studi membuktikan bahwa ginseng berguna secara efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. Untuk pengaplikasiannya sangat mudah yaitu kamu hanya perlu mengonsumsi ginseng secara rutin dan teratur.

Lidah Buaya

Sejak dulu lidah buaya dikenal punya manfaat yang baik untuk rambut. Sebab didalamnya terkandung zat-zat yang penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut, seperti kalsium, fosfor, vitamin A, B1, karbohidrat, lemak, dan protein.

mencegah rambut rontok

Lidah buaya mampu mencegah rambut rontok, dan juga bisa menghitamkan, menghaluskan, serta menyehatkan rambut. Pengaplikasiannya pun mudah kalian cuma perlu mengambil satu tangkai lidah buaya, lalu kalian belah menjadi dua bagian dan usapkan gel/ getah lidah buaya ke seluruh bagian rambut.

Memijat Rambut

Cara mencegah rambut rontok secara alami berikutnya ialah dengan rutin memijat kulit kepala atau memijat rambut. Memijat rambut dipercaya dapat berfungsi mengembalikan pertumbuhan rambut dengan cepat karena selama proses memijat kepala terjadi perenggangan yang membantu pertumbuhan dan ketebalan rambut.

mencegah rambut rontok

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, beberapa ahli merekomendasikan untuk memijat kepala secara rutin. Manfaatnya berguna untuk membantu merawat rambut yang rusak, selain itu memijat kepala dapat memanjangkan rambut dan berfungsi meredakan stres akibat ketegangan.

Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa dapat menjadi alternatif cara mengatasi rambut rontok secara alami. Hal ini disebabkan kandungan zat pada minyak kelapa berfungsi efektif dalam menjaga dan melindungi kesehatan rambut.

mencegah rambut rontok

Mengutip dari laman situs Healthline, minyak kelapa mengandung lemak tak jenuh yang berperan penting dalam melindungi kesehatan kulit kepala agar rambut terhindar dari kekurangan protein. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala secukupnya, kemudian pijat pelan-pelan dan lakukan secara teratur.

Buah Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, selain itu ternyata berguna juga untuk mengatasi rambut rontok. Caranya cukup mudah, pertama belah jeruk menjadi dua bagian, lalu oleskan irisan tersebut ke seluruh kulit kepala.

mencegah rambut rontok

Setelah itu diamkan beberapa saat, sekitar beberapa menit lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Perawatan ini dilakukan minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Jika perawatan menggunakan buah jeruk dilakukan secara rutin, maka impian punya rambut indah dan tebal bukan lagi sekadar mimpi.

Teh Hijau

Teh hijau juga dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cukup efektif. Seperti yang diketahui teh hijau memang punya segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk perawatan rambut.

mencegah rambut rontok

Melansir dari halaman Healthline, teh hijau mengandung zat vitamin C, polifenol, antioksidan, mangan, L-teanin yang berfungsi efektif dalam menyuburkan rambut. Caranya kalian hanya tinggal mendiamkan seduhan teh hijau, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Putih Telur

Tak disangka putih telur juga merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah pada rambut, yakni untuk mengatasi rambut tipis dan mudah rontok.

mencegah rambut rontok

Kandungan zat di dalam telur yang sangat baik untuk menyehatkan dan menebalkan rambut. Jika kamu berminat mencoba perawatan ini siapkan putih telur lalu oleskan pada kulit kepala dan diamkan beberapa menit, setelah itu bilaslah dengan air bersih secukupnya.

Minyak Zaitun

Mencampur minyak zaitun dengan vitamin E dapat mencegah rambut rontok lho. Cara ini akan merawat kulit kepala secara maksimal. Minyak zaitun berfungsi untuk menutrisi rambut sehingga lebih sehat dan kuat, sementara vitamin E dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

mencegah rambut rontok

Caranya cukup mudah kalian dapat mencampurkan setengah cangkir minyak zaitun dengan vitamin E, Vit E bisa kalian didapatkan dari kapsul vitamin E yang di jual dipasaran, kapsul vitamin E ditusuk dengan jarum dan diperas hingga keluar minyak vitamin E.

Madu

Madu selain dikenal memiliki rasa manis alamin ternyata juga menyimpan segudang manfaat, apalagi untuk kesehatan rambut. Produk shampo dipasaran banyak yang menggunakan madu sebagai bahan pembuatannya. Hal ini disebabkan madu punya kandungan zat yang baik untuk melindungi rambut dari kerusakan.

mencegah rambut rontok

Caranya kurang lebih sama dengan beberapa bahan alami sebelumnya kalian tinggal oleskan madu ke seluruh bagian rambut dan diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih secukupnya.

Buah Alpukat

Buah alpukat dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok. Buah ini mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan rambut, serta sangat memberi manfaat memanjangkan dan menyuburkan rambut.

mencegah rambut rontok

Caranya kamu hanya perlu menghancurkan buah alpukat sampai lembut dan campur dengan minyak zaitun. Lalu kalian oleskan campuran alpukat dan minyak zaitun tadi ke kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit, lalu bilaslah hingga bersih.


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok Secara Alami"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel