Ingin Kulit Glowing? Cek Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Kulit

Olahraga ternyata punya segudang manfaat, terutama untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tapi pernahkah kalian mendengar bahwa berolahraga juga bermanfaat untuk kesehatan kulit?

manfaat olahraga bagi kesehatan kulit

Nah, manfaat olahraga yang satu ini sepertinya tak banyak orang yang tahu dan mungkin sering dilupakan. Karena keluarnya keringat dari tubuh saat berolahraga bisa menjaga kesehatan kulit.

Tulisan kali ini aku akan membagikan informasi tentang beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan kulit

Manfaat Olahraga untuk Kulit

Berikut manfaat berolahraga bagi kesehatan kulit :

1. Meremajakan Kulit

Berolahraga ternyata bisa membuang racun dari dalam tubuh melalui keringat yang dikeluarkan. Keringat yang keluar dari tubuh tersebut juga bisa membantu meremajakan kulit loh.

Dr. Shyamalar Gunatheesan yang merupakan seorang dokter kulit di Sinclair Dermatology, Australia telah mengungkapkan bahwa kulit merupakan agen detoksifikasi terbesar dan dengan keluarnya keringat dari tubuh juga mendorong peningkatan aliran darah yang bisa bermanfaat untuk meremajakan kulit. Hal ini disebabkan meningkatnya jumlah oksigen, hormon, dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit sehingga hasilnya bisa menjadikan kulit yang lebih sehat. 

2. Menjadikan Kulit Lebih Bersinar

Jeongmal?? Auto glowing dong hehehe. Baru tahu juga ya dengan berolahraga bisa menjadikan kulit lebih bersinar? 

olahraga bikin auto glowing

Jason Wimberly yang merupakan seorang pelatih dan pakar kebugaran mengungkapkan bahwa saat kita berolahraga maka detak jantung meningkat dan aliran darah meningkat sehingga mendorong vitamin, mineral, dan oksigen di terima di seluruh tubuh. Selain untuk kesehatan jantung manfaatnya juga untuk kulit terlihat lebih bercahaya dan bebas dari kusam. Kalau kulit kamu putih bisa terlihat jelas dari pipi yang memerah setelah habis berolahraga.

3. Membantu Mengurangi Jerawat

Masalah kulit yang satu ini memang sangat menyebalkan, terutama bagi mereka yang punya kulit sensitif, misal alergi terhadap debu dan kotoran. Hal ini pulalah yang menjadi mitos bahwa olahraga bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat karena berkeringat. Padahal keriyataan mengungkapkan sebaliknya. 

Keringat yang keluar karena berolahraga tidak menyumbat pori-pori asalkan langsung dibersihkan dan tidak dibiarkan terlalu lama. Justru dengan olahraga mampu mengurangi peradangan dan melepas hormon kortisol yang sering merupakan biang kerok tumbuhnya jerawat.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Melansir dari U.S. National Library of Medicine, Jika ingin bisa tidur dengan lebih cepat dan lebih lama maka cobalah lakukan olahraga secara teratur, sebab manfaat dari olahraga rutin yaitu mampu meningkatkan kualitas tidur kita. 

Tidur yang berkualitas alias cukup tidur dapat membuat proses regenerasi kulit menjadi lebih maksimal, mencegah lingkar hitam di bawah mata, mencegah penuaan dini, dan menjadikan kulit lebih bersinar.

5. Membantu Mengurangi Selulit

Ini pengalaman nyata, aku termasuk orang yang punya metabolisme tubuh yang lambat. Jika tidak berolahraga kadang bisa BAB maksimal 1 hari 1 kali, dan pernah sampai 2 hari 1 kali. Itu rasanya menyakitkan sekali sebab membuat perut terus membuncit akibat dimasukin makanan tanpa adanya pembuangan. Sehingga aku takut munculnya selulit (Stretch mark adalah jenis bekas luka yang berkembang ketika kulit kita meregang atau menyusut dengan cepat)

selulit alias strechmark

Nah saat olahraga ternyata proses metabolisme menjadi lebih cepat, bahkan tak lama setelah olahraga lari selang beberapa jam sudah pasti BAB. Kalau rutinkan otomatis badan terasa lebih ringan.

Diketahui beberapa jenis olahraga berguna untuk menaikkan massa otot yang berpengaruh pada kesehatan kulit yaitu membuat tubuh terlihat lebih kencang dan bugar. Selain itu, mengganti membakar lemat dan menambah massa otot bisa menjadikan kulit lebih halus dan bisa mengurangi tampilan selulit.

6. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Kepala

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Olahraga mampu meningkatkan sirkulasi dan aliran darah sehingga bermanfaat untuk merangsang folikel rambut dan juga mendorong pertumbuhan rambut dengan jauh lebih baik.

.

Nah, itulah beberapa manfaat olahraga yang dilakukan secara rutin bagi kesehatan kulit. Namun ada beberapa hal juga yang perlu kalian pahami untuk menjaga kesehatan kulit saat berolahraga yaitu saat berolahraga di luar ruangan disarankan untuk memakai sunblock dan saat selesai langsung membersihkan kulit. Dan disarankan untuk rutin olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Jika terasa berat cukup pilih jenis olahraga ringan saja seperti dengan jalan kaki atau bersepeda, juga hindari naik lift dan pilihlah tangga.


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Ingin Kulit Glowing? Cek Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Kulit"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel