Harga dan Spesifikasi Toyota Raize, Mobil SUV Bermesin Turbo

Beberapa waktu yang lalu Toyota kembali menyita perhatian publik khususnya di bidang otomotif. Meski saat ini penjualan mobil mengalami kesulitan akibat pandemi covid-19. Toyota menghadirkan mobil SUV sebagai inovasi terbarunya bernama Raize hasil kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu. Dalam waktu yang sama Daihatsu juga menghadirkan kembaran Raize yaitu Rocky.

Sebenarnya Toyota Raize sudah lama hadir di jepang yaitu di akhir tahun 2019. Namun di Indonesia sendiri mobil SUV terjangkau ini baru launching di akhir april 2021 kemarin. Kabarnya Raize termasuk jajaran mobil terlaris di jepang dan sepertinya tren positif juga bakal terjadi saat penjualan di Indonesia.

harga spesifikasi toyota raize

Menurutku wajar banget kalau mobil ini menjadi yang terlaris, sebab dari harga Toyota Raize yang lumayan afordable sebanding dengan spesifikasinya yang lumayan modern dan up-to-date.

Spesifikasi

Berdasarkan beberapa sumber yang aku peroleh, berikut ini rangkuman spesifikasi Toyota Raize agar memudahkan kalian yang ingin beli mobil jika memang penasaran dengan speknya,hehehe.

Toyota Raize merupakan mobil dengan model internasional yang dibangun menggunakan platform (Daihatsu New Global Architecture), meski dari luar terlihat kompak namun ia punya kabin yang luas.

Mesin

Dibekali dengan mesin turbo 1.000 cc menggunakan transmisi otomatis D-CVT (transmisi CVT mode ganda). Dengan spesifikasi mesin seperti itu ternyata mobil ini punya tenaga yang lumayan mengeutkan yaitu dengan mesin sebesar 72kW (98 PS) atau 6.000 rpm dan torsi 140 Nm (14,3 kgf.m)/2.400-4.000rpm.

Fitur

Tak hanya itu saja, mobil ini juga telah kaya fitur keselamatan canggih seperti 

  • Adaptive Cruise Control with All Speed Tracking
  • Collision warning function
  • smart panorama parking assist
  • lane keep control
  • Lane departure warning
  • blind spot monitor

Jadi dari segi fitur, teknologi, dan kenyamanan yang ditawarkan, Toyota Raize memang tidak diragukan lagi sebagai mobil terlaris yang memiliki desain yang bagus. Dari fitur keselamatan meliputi enam airbag, bantuan hill-start, kontrol traksi dan kontrol stabilitas elektrik, ABS dengan EBD, sistem pemantauan titik buta, bantuan jalur tetap, lampu depan otomatis adaptif dengan fungsi pembengkokan statis, sensor parkir depan dan belakang, pengereman otonom, kamera 360 derajat, dan peringatan lalu lintas lintas belakang.

Dimensi

Secara dimensi Toyota Raize memang terlihat lebih kompak karena panjangnya di bawah empat meter, meski bukanlah SUV pertama dengan dimensi tersebut. Tapi setidaknya mobil ini cukup menarik dan unik. Secara spesifikasi dimensinya yaitu dengan panjang 3,995 mm, lebar 1,695 mm dan tinggi 1,620 mm, membuat mobil Toyota Raize seukuran dengan Hyundai Venue, Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan Tata Nexon.

Beralih kebagian bawah, yaitu jarak sumbu roda yaitu 2.525 mm dan dengan ground clearance 185 mm. Pun dengan velg dual-tone 17 inci yang ditawarkan Raize dengan varian spesifikasi teratas (trim bawah mendapatkan velg atau alloy 16 inci baja).

Sistem Infotainment

Varian terendahnya masih dapat sistem infotainment layar sentuh 7,0 inci yang berdiri bebas pada dasbor hitam dan perak. Sedangkan varian dengan spesifikasi lebih tinggi akan mendapatkan unit sistem infotainment layar sentuh 9,0 inci yang lebih besar. Keduanya pun mendapatkan kompatibilitas Apple CarPlay dan rangkaian konektivitas Toyota Smart Device Link (yang mencakup Bluetooth dan bentuk integrasi ponsel cerdas lainnya). Kedua sistem pun akan disematkan Aplikasi navigasi Toyota -T-Connect-.

Vairan Warna

Dari segi warna Raize tersedia opsi dual tone dengan menggabungkan warna hitam dengan kombinasi warna white, red, yellow se, silver metallic, dan turquise MM. So, banyak pilihan warnanya nih gaes, jadi sesuaikan dengan warna kesukaan kalian dan selera masing-masing ya.

Harga

Tak lengkap rasanya bila tidak mencantumkan informasi harga Toyota Raize disini setelah sedikit menjelaskan spesifikasinya. Dari beberapa sumber aku mendapatkan harga yang berbeda-beda, ada yang mengatakan bahwa harga raize berada direntang  Rp 153,3 juta sampai Rp 207,9 juta. Sepertinya harga segitu bukanlah informasi yang tepat. Jadi aku akan menampilkan harga toyota raize dari web resmi toyota yaitu harga yang ditawarkan mulai dari Rp 219,9 juta sampai Rp 265,9 juta, selama periode relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen sampai akhir Mei 2021.


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

1 Komentar untuk "Harga dan Spesifikasi Toyota Raize, Mobil SUV Bermesin Turbo"

  1. Toyota memang mobil andalan keluarga. Selalu jadi impian dan berkelas memilikinya, karena bisa muat banyak. Wajar dengan harga segitu, yang penting belinya di dealer resmi ya

    BalasHapus
Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel