Giveaway meningkatkan followers?

Anyeong... Jumpa lagi nih sama aku. Alhamdulillah kali ini aku masih di berikan kesempatan untuk belajar nih bersama coach-coach keren di Kelas Growthing. Kali ini materinya tentang sosial media nih yang disampaikan oleh mas ilham sadli. Jadi tugasnya berupa masing-masing peserta wajib membuat giveaway dengan target audiens (peserta give away minimal 50 orang). Jadi bentuk tugas kali ini pun sekaligus sebagai rasa syukur kami para peserta yang masih berjuang hingga lulus kelas nanti.

giveaway meningkatkan followers


Buat temen-temen pembaca yang ingin ikutan giveaway  lainnya juga bisa kok, bisa kunjungi halaman twitterku ya gaes nama akunnya @wahyueko_c. Betewe untuk periode giveaway 2020 pertama batas akhirnya cuma sampai 25 september 2020 ini ya, tepatnya jam 12 siang. Bagi yang kelewatan belum kebagian ikutan giveaway jangan sedih. Nanti setiap bulan aku ingin rutin mengadakan giveaway kecil-kecilan.

giveaway 2020


Salah satu dampak positif yang aku rasakan setelah bergabung dengan komunitas dengan status seorang blogger adalah secara tidak langsung aku berusaha untuk meningkatkan jumlah follower di beberapa akun sosial media contohnya instagram dan twitter. Dari kedua platform sosial media tersebut aku merasakan perbedaan yang sangat besar sekali dalam menambah jumlah followers. Sehingga aku bisa menyatakan bahwa instagram itu lebih sulit ketimbang twitter. Loh kok bisa?


Sepertinya karakter warga twitter dan instagram memang beda ya. Kalau di instagram agak sulit untuk meminta akun yang kita follow untuk balik mengikuti kita istilahnya follback. Kalau pun mereka mau pun, pasti selang beberapa hari mereka akan unfollow berhenti mengikuti akun instagram kita. Yah besarnya gengsi oleh para pengguna instagram yang lebih mementingkan jumlah follower lebih banyak ketimbang jumlah following. Semakin sedikit jumlah following maka akan semakin keren, begitu agaknya biar seperti selegram-selegram.


Nah hal itu lah yang aku rasakan dari segi perbedaan karakter antara pengguna twitter dan instagram. Dimana pengguna twitter lebih asyik dibanding pengguna instagram. Lebih banyak interaksi dan ketertarikannya saat update di media twitter. Selain cara follow for follow ada cara lainnya yang juga bisa meningkatkan jumlah followers lho. Yups tebakan kamu benar, jawabannya giveaway.


Kenapa Giveaway bisa meningkatkan followers?

Siapa sih orang yang ga mau hadiah yakan, semakin besar hadiahnya maka akan semakin banyak pula orang yang mau ikutan. Jadi dibawah ini aku ingin membahas  analisaku dari hasil giveaway yang aku adakan di twitter.

Baca juga : Alasan menulis blog

Buat yang belum tahu blogger juga termasuk influencer lho. Karna influencer di bagi menjadi 3 tingkatan berdasarkan jumlah follower sosial medianya seperti :

  • nano inlluencer : jumlah follower <1ribu
  • micro influencer : jumlah followers 1ribu-100ribu
  • macro influencer : jumlah followers 100ribu-1juta
  • mega influencer : julah followers >1juta


Tapi ada juga lho pengelompokan influencer berdasarkan kontennya seperti : Bloggers, Youtubers, Sosial Posts Only, Podcasters

Lalu ada pula pengelompokan influecer berdasarkan tingkat pengaruhnya, sepertti : Selebritas, Chromo Influencer/Reputation, serta KOL (Key Opinion Leader) seperti jurnalis, akademisi dan ecpertise.

Nah keliatan kan kalau aku masuk kategori influencer yang mana, hehe. Ya meski masih berstatus micro influencer tapi masih banyak dibutuhkan juga kan. Seperti beberapa bulan yang lalu di pontianak kami di undang untuk ikut membantu memperkenalkan salah satu brand yaitu Alami syariah. Memang sudah lama tapi insyaallah nanti akan aku bahas tulisan yang baru nantinya.

Nominal Hadiah

Sebagai perbandingan aku membuat giveaway dengan jumlah hadiah yang berbeda 50K untuk 1 orang pemenang dan 50K untuk 2 orang pemenang, yang artinya masing-masing bakal dapat 25K. Nah menurut pengamatanku meskipun jumlah total hadiah terlihat sama 50K akan tetapi jumlah peminat yang ikut giveaway ternyata lebih banyak yang 50K 1 pemenang. Betewe terima kasih mba hanat dan mba ammah serta teman kelas growthing yang turut berperan serta dalam suksesnya acara giveaway ini.

pengaruh nominal giveaway


Penyelenggara Giveaway

Nah jumlah followers pun meningkat drastis sumbernya ada yang dari tweet giveaway mba hanat yang mention aku dan juga dari tweetku yang juga mention mba ammah. Buat kalian yang ingin meningkatkan jumlah followers. Sesekali boleh banget nih diadakan giveaway di akun sosial medianya kamu. Karna percayalah sering berbagi pasti bakal mendatangkan rejeki lebih lainnya. Berbagi juga salah satu ibadah yang besar pahalanya bagi umat islam. Semakin banyak kalian memberi maka insyaallah semakin luas pula rejeki kalian. Kuncinya yakin dan percaya perbuatan kita pasti dibalas oleh Allah SWT.

followers meningkat karena giveaway


Pemenang Giveaway twitter @wahyueko_c dan @amma_chemist

Selamat bagi pemilik akun @VindiiLuckynut15 dan @derfaasst_17 masing-masing berhak memenangkan saldo OVO berjumlah 25K. Semoga hadiahnya bermanfaat bagi kalian ya.

pemenang giveaway twitter @wahyueko_c

Sekian artikel mengenai giveaway bisa meningkatkan followers kali ini. Jadi pengen nih ngadain giveaway instagram, hehehe



Wahyu Eko Cahyanto seseorang yang mengaku desainer grafis iseng, penyuka matematika, suka lari dan menonton drakor. Kadang mengisi waktu luang dengan menulis.

Belum ada Komentar untuk " Giveaway meningkatkan followers?"

Posting Komentar

Hindari berkomentar hanya dengan 1 kata saja.
Sebaiknya usahakan komentar sesuai tema artikel yang dibahas :)
Komentar dengan link aktif akan saya delete.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel