Postingan

Review Storytel : Aplikasi Audiobook, Membaca Buku Lewat Audio

Dewasa ini mendengarkan audio buku menjadi tren baru, saat melakukan hal lain bisa menambah wawasan dari buku, Review Storytel Aplikasi Audiobook

Belum lama ini aku mencoba sebuah aplikasi menarik untuk menambah wawasan dan pengetahuan melalui membaca dan mendengarkan buku. Berkat informasi dari seorang teman yang baik aku bisa mengenal aplikasi yang keren ini.

Aplikasi yang dimaksud adalah Storytel, sebuah aplikasi baca buku online dan aplikasi audiobook yang menyediakan ribuan buku populer serta buku best seller asal indonesia maupun inggris. 

Storytel


Alasan Menggunakan Aplikasi Storytel

Sejujurnya sebelum aktif di dunia blog, kegiatan  membaca merupakan aktivitas yang paling aku hindari, karena setiap kali membaca buku rasa kantuk ku selalu hadir, terkadang aku kerap tertidur saat baca buku terutama dimalam hari. Bahkan buku bisa menjadi pengganti obat tidur dikala insomnia hehehe, canda.

Jadi hadirnya aplikasi Storytel ini sangat membantu untuk kaum-kaum seperti aku yang tidak terlalu suka membaca tapi butuh wawasan baru dan senang belajar. Karena tak dapat dipungkiri semua pasti setuju bahwa membaca buku ibarat membuka jendela dunia.

Aplikasi Storytel ini juga sangat membantu buat orang yang hobi membaca namun tidak punya waktu lebih untuk membaca. Jadi tersedianya fitur audiobook indonesia, book lovers bisa tetap menikmati buku favorit untuk sekadar hiburan atau menambah wawasan sambil melakukan aktivitas lain atau istilah kerennya multitasking. Jadi lebih efisien dan praktis bisa mengerjakan hal lainnya sambil menambah wawasan lewat aplikasi audiobook. Hal ini menjadi salah satu penyebab mendengarkan audiobook menjadi tren yang semakin cepat sekali populer. 

Namun patut di garis bawahi bahwa mendengarkan buku sensasinya tentu tidak dapat menggantikan sensasi saat membaca buku tradisional, dimana terdapat aroma buku yang khas yang menurut sebagian orang dapat menenangkan bahkan bisa meredakan stress.

Audiobook yang sedang aku dengarkan : "Selamat Tinggal karya Tere Liye"

baca buku online


Buku Novel Fiksi berjudul Selamat Tinggal karya penulis kondang Tere Liye. Buku ini menjadi novel pertama karangan beliau yang sedang aku ikuti. Dan jujur aku semakin takjub setelah mendengar lebih dari separuh isi buku lewat audiobook indonesia di aplikasi storytel. Yang membuat aku kagum adalah pilihan diksi-diksinya yang nyaman di telinga, penggunaan diksi yang sangat kaya di dalam tulisan ini menambah wawasan baru tentang dunia kepenulisan.

Oke balik ke pembahasan singkat dari isi novel fiksi Selamat Tinggal, dari judul nya mungkin calon pembaca bakal berpikir dan membayangkan ceritanya seputar perpisahan yang semata-mata hanya cerita sedih yang bikin pembaca ambyar. Tapi ternyata aku keliru, novel ini berkisah tentang sintong sang penjaga toko buku bajakan yang juga seorang mahasiswa abadi fakultas sastra menemukan kembali semangat juang untuk menyelesaikan skripsinya. 

Ia meneliti tentang misteri menghilangnya penulis besar "sutan pane" yang hilang keberadaannya sepekan sebelum peristiwa pemberontakan PKI.  Dengan bermodalkan salah satu buku peninggalan sutan pane yang ia temukan di gudang toko buku milik pamannya Pak Le Maman. Dari sanalah petualangnya dimulai untuk mencari buku peninggalan penulis negarawan “sutan pane” demi menyelesaikan kuliahnya. 

Dengan bumbu-bumbu romansa khas anak muda jaman sekarang menambah kesan seru ceritanya. Sehingga menurutku sangat pantas jika menjadi Buku Best Seller. Eh kelupaan, ada pesan menarik dari buku ini yang berhasil aku tangkap yakni sebuah karya sarkastik untuk menyadarkan masyarakat kita yang masih menjadi penikmat barang bajakan. 

Btw, gak akan aku ceritakan semuanya karena gak seru juga kan kalau dapat spoiller penuh dari sini hehehe. Buat teman - teman yang sudah rampung baca novel Selamat Tinggal boleh koreksi ya. 

Kata bijak paling berkesan dari Novel Selamat Tinggal

Kita tidak pernah sempurna. Kita mungkin punya keburukan, melakukan kesalahan, bahkan berbuat jahat kepada orang lain. Tapi beruntunglah yang mau berubah. Berjanji tidak melakukannya lagi, memperbaikinya, dan menebus kesalahan tersebut. Berani mengucapkan "Selamat Tinggal"

Buat kalian yang butuh rekomendasi buku yang bergenre novel fiksi lokal bisa membaca  Selamat Tinggal, Mariposa, Divortiare, Negeri Lima Menara, dan Dilan Atau baca buku online berbahasa inggris seperti Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, atau Hunger Games.

Pengalaman setelah menggunakan Aplikasi Storytel

Berikut ini adalah beberapa hal yang aku rasakan setelah menggunakan aplikasi storytel 

Artikulasi Narator Jelas

Karena berbentuk audio pelafalan suatu kata mesti terdengar jelas, oleh karena itu artikulasi dari sang narator juga harus jelas. Beruntung aku mendapat pengalaman tersebut di Storytel. Intonasinya pun terdengar nyaman , sensasinya seperti terasa di dongengin gitu deh hehe

Narator berasal dari Kalangan Artis dan Publik Figur

Sejauh ini yang aku ketahui ada Dian Sastrowardoyo yang menjadi narator buku Dunia Sophie dan ada Chicco Jerikho sebagai narator Filosofi Kopi. Untuk narator audiobook Dilan, Mariposa , Negeri Lima Menara, dan Divortiare atau lainnya bisa kalian cek sendiri di aplikasinya, cus buruan download deh!

Perlu diingat tidak semua narator merupakan publik figur ya, hanya beberapa judul buku saja. Pada beranda aplikasi strorytel bakal diberi tag khusus "Familiar Voices"

Tampilan Aplikasi Nyaman dan Mudah digunakan

Sebagai aplikasi yang baru resmi rilis di indonesia, aplikasi audiobook indonesia dan inggris ini bisa terbilang matang. Tampak dari tampilannya yang user friendly. 

Tersedia fitur menarik

Sejalan dengan kemudahan penggunaan aplikasinya terdapat fitur menarik yang bikin nyaman menggunakan aplikasi ini.

1) Sleep timer

Aplikasi Audiobook
ilustrasi mendengarkan audiobook

Fitur ini bakal muncul saat kita sedang mendengarkan audiobook. Sesuai nama dan iconnya fitur ini berguna untuk pengguna mengatur seberapa lama waktu yang diinginkan untuk mendengarkan audiobook sebelum berhenti. Fitur ini sangat cocok untukku atau kamu yang suka tertidur saat membaca buku hehehe

2) Pengaturan kecepatan Audio

Storytel tahu betul soal kenyamanan pengguna, dengan fitur ini pengguna dapat mempercepat atau memperlambat kecepatan audio rekaman sang narator. Karena pasti kebutuhan pengguna berbeda-beda. Kecepatan normal adalah di angka 1,0x, jika ingin mempercepat kita bisa memilih angka yang lebih besar misalnya 1.25x. Sebaliknya jika ingin memperlambat tinggal pilih angka lebih kecil seperti 0.75x. 

Secara default pilihan kecepatan playback berkisar dari 0.75x, 1.0x, 1.25x, 1.5x, 1.75x dan 2.0x. Yang paling aku suka adalah tersedia pilihan kecepatan playback custom mulai dari 0.5x hingga 3.0x. Untuk audiobook Selamat Tinggal yang aku dengar ini aku memilih playback custom 1.4x. Bisa lihat sendiri perbedaan estimasi waktu dari playback normal dan playback custom 1.4x. Jadi aku bisa menghemat beberapa jam hanya dengan mengubah pilihan kecepatan playback audio.

Aku penasaran kalian siapa sih yang bisa nangkap informasi jelas meski dengan kecepatan playback 3,0x. Mungkin dia titisan Rap Monster hahaha

3) Bookmark manual

Setiap membaca pasti ada bagian buku yang menarik yang mesti kita tandai agar bisa dibuka kembali saat kita ingin. Fitur ini pun tersedia di audiobook loh. 

4) Bisa lompat per Bab

Fitur daftar bab ini juga tersedia di audiobook, bisa dibilang seperti halaman daftar isi pada buku tradisional. 

5) Fitur Download buku/audiobook

Dengan adanya fitur download, kamu tetap bisa menikmati buku maupun mendengarkan audiobook tanpa jaringan internet dengan syarat kamu telah mendownloadnya terlebih dahulu. 

Audiobook Indonesia


Cara Mendapatkan Aplikasi Storytel

Aplikasi Storytel bisa digunakan smartphone Android maupun IOS. Teman-teman bisa langsung mencoba sendiri dengan mendownload aplikasi Storytel di link berikut:

Aplikasi Storytel untuk Android
Aplikasi Storytel untuk iOS

Untuk mengakses semua fitur di storytel, pengguna kenakan biaya langganan perbulan, saat ini ada promo cukup membayar Rp 39.000,- untuk akses penus selama satu bulan. Namun sebelum dikenakan biaya, pengguna baru dapat mencoba gratis dan mengakses fitur penuh selama 7 hari. Jadi buat pertimbangan bisa coba dulu tuh selama 7 hari ya kan, bebas menikmati rekomendasi buku baik lokal maupun buku berbahasa inggris seperti Sapiens, Game of Thrones, Harry Potter Audiobook dan Hunger Games.

Demikian informasi yang dapat aku sampaikan, semoga membawa manfaat bagi teman-teman pembaca. Terima Kasih telah bersedia membaca hingga akhir. :)



hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

67 komentar

  1. Baca buku jadi menyenangkan ya dengan adanya storitell. Bisa dibacain lagi wah tambah seru tu
  2. Gara-gara pacar kita ini saya langsung instal dan mendengarkan novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. Naratornya ternyata kak Sissy. Adem dan seru
  3. Storytel ini memang aplikasi yang ciamik banget yaa, kita bisa tetap baca buku tanpa natap layar. Canggih banget teknologi
  4. Aku baru pertama banget inii kenal audiobook. Bisaan banget yaa idenya storytel ini. Mau instal jg ahh buat anakku hehehe. Dia suka banget dengerin dongeng soalnya sampe Cape yg bacain wkwkwkwk
  5. Beberapa org emang ga gemar membaca tapi ada yang suka dgn audio. Storytel ini jadi aplikasi tepat utk membaca buku tanpa perlu memegangnya. Jadi kita hny mendengarkan audio mirip podcast. Bisa didengerin kapan aja dan di mana aja. Plus bs didengerin sambil beraktivitas ringan.
  6. wah aku tim corat coret buku kalo membaca wah asyik nih kalo bisa menandai gini heheh storytel asyik ya
  7. Seru banget, ya. Berasa kembali ke masa kecil, dibacakan buku cerita kesukaan. Wah, terima kasih insight-nya, Mas. Jadi penasaran untuk segera download storytel.
  8. Fiturnya ini gak sulit buat diceki-ceki. Boleh dikatakan memang aplikasinya ramah buat yang pertama kali menggunakan
  9. Baca buku pakai audiobook emang pengalaman yang menyenangkan yah kak, pertama kali cobain juga saya langsong sukaa deh
  10. aplikasi storytel ini menawarkan sensasi berbeda ya untuk menikmati buku, jadi kita cukup pakai earphone dan menikmati buku pilihan kita sambil rebahan or sambil beraktivitas lain
  11. Jadi pengin download aplikasi ini. Baru tahu ih kalaua da aplikasi storytell. Enak ya, baca bukunya dibacain
  12. iyaaa bisa unduh audiobooknya juga ya kak, jadi praktis banget, klo mau didengerin pas jalan dan mau hemat quota hihihi
  13. Iya, asik banget lho dengerin audiobook di Storytel ini
    Banyak buku-buku menarik di sana
  14. wah padahal aku senang dispoilerin cerita mas haha

    banyak juga pilihan author di dalam aplikasi ini, bisa ketemu nih buku favorit. apalagi harga langganannya murah cuma 39ribu ya.
  15. aku juga udah install storytell. asyik euy tiap malem bisa didongengin chicco jerikho 🤣
  16. aplikasi ini bagus menurutku kak.. karena kayak aku yg udah jadi ibu2, jadi jarang banget membaca. padahal dulu sering dan suka melahap novel2 baru.. kalau bisa didengerin gini kan enaakk
  17. Santuy banget yaah...mendengarkan audiobook bisa sambil rebahan.
    Aku dulu bisa baca buku sambil rebahan, tapi semakin usia meningkat, kok ya baca kudu duduk. Sejak ada Storytel, bisa kembali menikmati baca buku dengan cara berbeda.
  18. Aku menggunakan aplikasi ini kalau dalam perjalanan di motor, lumayan buat nambah2 cerita di perjalanan, ga terasa udh sampe :)
  19. asik banget ya konsepnya, baca buku dibacain hihi.. jadi gak ada alasan lagi buat malas baca buku nih
  20. Kbnykn dr kita emg ga pny wkt luang utk membaca ya kak. Jadinya kita suka lalai dlm membaca.

    Untung banget ada Storytel ini. Kita jadi terbantu banget buat membaca buku tanpa capek membaca. Soalnya ada narator yang membacakannya. Asyik banget nih fiturnya.
  21. Makin banyak baca pengalaman teman teman soal Storytel ini aku makin penasaran mau donlod...
  22. wow makin keren ya jaman sekarang, buku sudah ada dalam bentuk digital, jadi tidak makan tempat dan harga langganan pun bersaing.
  23. Asli bakal penasaran sama narator yang kebanyakan dari kalangan artis atau selebriti. Senang ya sekarang bisa denger cerita buku melalui aplikasi. Sambil bekerja bisa terus membaca eh mendengarkan maksudnya
  24. Saya begitu tahu info seputar Storytel langsung unduh dan langganan Mas. Beragm buku bisa kita nikmati ya. Dan memang para naratornya keren-keren. Seperti mendengar pembacaan sebuah cerita dulu di radio. Seru juga pas di perjalanan.
  25. Seru banget nih aplikasi Storytel, bisa didengarkan online dan offline. Bisa mengusir kebosanan saat terkena macet di jalan.
    1. wahwajib downlaod nih. Sudah lama saya nggak baca buku, nggak sempat ya, ampun. Kayaknya dengan storytel terbantu banget
  26. menarik sih, sering liat audiobook di web luar. Sekarang udah hadir di Indonesia. Keren
  27. bener-bener relax dengerin narator bacain novel pas lagi istirahat, penat pulang kerja jadi bener-bener relax.. bagus banget storytel
  28. useful banget buat traveler seperti saya dan suka baca karena aplikasi ini membuat saya tidak perlu bawa buku kemana-mana
  29. Layaknya dengar atau streaming musik lewat aplikasi, kini membaca buku atai novel favorit bisa juga di aplikasi. keren dah
  30. Keren aplikasi Storytel ini, naratornya dari artis atau orang terkenal kayak Dian Sastro. Awalnya saya kira naratornya google voice, hehe
  31. aplikasi audiobook storytel mantul banget, bisa lompat bab juga.
    Kirain membacanya harus beurutan gitu. Wajib unduh dan berlangganan juga nih.
  32. Koleksi audio buku di Storytel banyak ya, buku novel fantasi yang sedari dulu ingin saya dengar dan baca juga ada di situ, senang banget bakalan langganan deh :)
  33. Setuju banget, naratornya asik banget. Ramah di kuping dan artikulasinya jelas, jadi betah dengerin buku di Storytel
  34. Keren ya sekarang eranya Story di dengarkan lewat audio. Btw, apakah ada buku terjemahan juga? Misal harry potter tapi pake bahasa indonesia gitu? Enak nih baca buku tanpa bikin mata lelah
  35. Waduh kita saingan nih mbak, wkwkwk.
    Soalnya empuk ya suaranya membawakan Filosofi Kopi, jadinya asik banget dengernya
  36. Memang sih ngga menggantikan aroma buku yang berlembar2 tapi kalau nunggu waktu untuk duduk diam.baca buku yang susah kalo saya. Kalo dengerin Storytel gini bisa disambi masak kalo saya
  37. Saya banget, baru ada waktu baca buku malem setelah anak-anak tidur, tapi baru baca beberapa menit langsung tidur, hihihi... Storytel ini membantu banget, bisa denger buku sambil ngerjain aktivitas di siang hari...
  38. Wah ini udah keberapa kalinya aku baca review tentang audiobook selamat tinggal jadi makin penasaran. Sepertinya memang bagus apalagi dari segi tema dan alur cerita menarik. Terus aku juga penasaran sama audiobook lainnya juga karena beragam pilihan yg bisa dipilih. Memang enak banget pake aplikasi Storytel ini.
  39. kebantu banget nih aku yang hobi baca buku tapi less of time buat baca. bisa banget baca denger di aplikasi audiobook storytel, auto download nih
  40. Ini aplikasi mirip seperti imajinasi saya waktu kecil, hehehe. dari buku kita bisa colokin headset llangsung baca otomatis, ternyata imajinasi saya teraplikasikan lewat Audiobook Storytel.
  41. Storytel enggak cuma pilihan bukunya yang banyak, tapi fitur-fiturnya juga lengkap ya. Jadi makin penasaran pengn download deh.
  42. Keren nih aplikasi Audiobook Storytel, auto tertarik aku. Jadi mupeng nih lgsg download akutu...hmm bnyk banget koleksi bukunya.
  43. Menyenangkan sekali ya mendengarkan buku via Storytel ini. Cara baru membaca buku. Jadi buat yang males membaca, bisa mendengarkan buku via Storytel ini nih.
  44. Setuju sin kalo mendengarkan buku sensasinya tentu tidak dapat menggantikan sensasi saat membaca buku tradisional, dimana terdapat aroma buku yang khas yang menurut sebagian orang dapat menenangkan bahkan bisa meredakan stress. Akupun merasakan itu. Tapi karena kesibukan membuat waktu baca jadi gak seleluasa dulu, maka storytel jadi solusi nih.
  45. Asik nih bisa diunduh juga audiobooknya. Jadi tetep bisa dengerin walau offline. Maklum, kaum cari wifi gratis😁
  46. haha bisa lompat bab juga yaa.. ini kayaknya khusus untuk pembaca yang gak sabaran hehehe.. tapi seru juga lho ini storytel, layak dicoba! terutama buat yang susah punya waktu untuk membaca buku fisik
  47. aku juga pake aplikasi audiobook nih, dengerinnya enak banget yaa, naratornya emang profesional dan sebagus itu deh
  48. aku juga penasaran sama aplikasi ini . Itu langganan segitu bisa nyobain semua fiturnya? mantap betul
  49. Tapi kalau mendengarkanny sambil rebahan, bisa jadi obat tidur juga dong?haha Sy justru kepikiran kalau dengerin audiobook ini seperti didongengi
  50. Wiw, aku suka banyak alesan tiap mau baca buku. Eh ketemu storytel, aplikasi audiobook yang menyingkirkan alasan alasan dan kemalasanku membaca buku nih.. hihi
  51. Aku juga suka sama buku-buku novel Bang Tere.
    Dan bener, belum baca yang "Selamat Tinggal". Harapannya semoga semakin banyak lagi koleksi buku-buku populer di Storytel.
  52. Setuju Kak Natih.
    Berkembangnya teknologi jadi sangat baik dan bermanfaat salah satunya dengan kehadiran Storytel
  53. Eh baru tahu kalau ada fitur bookmark manual juga pada aplikasi ini, Btw dengan adanya Storytel ini secara tidak langsung menumbuhkan semangat baca dan menambah wawasan kita ya
  54. Banyak banget fitur yg membantu pembaca mendengarkan isi buku yg dia mau ya. Saya juga terpukau dengan si penutur karena benar-benar menghayati isi buku
  55. enak ya mba bisa membantu bu ibu dengerin novel favorit yg ga sempet kebaca juga, bahkan bisa jadi media dongeng juga nih
  56. Fitur download audio book bisa dinikmati untuk menemani perjalanan kita ya? Luar biasa ini
  57. keren banget sih ini aplikasi audiobook storytel, aku bisa baca dengar buku yang aku suka atau buku yang pengen aku baca tapi belum sempet baca. lebih praktis sih
  58. aku juga dengerin buku Selamat Tinggal ini di storytel. selesai dalam 3 hari. hihi. tere liye memang khas banget ceritanya penuh dengan sindiran. he
  59. nah bener. jadi masih bisa tetep multitasking ya kak :D
  60. Asiknya dunia kita sekarang yang termudahkan dengan kemajuan teknologi ini ya, termasuk dalam hal membaca. Jadi makin tahu semuanya hanya dengan suara! mantap tenaaan..
  61. Makin penasaran pengen dengerin suara Dian Sastro bacain Dunia Sophie. Seru banget emang Storytel ini ya...
  62. Serunya membaca buku kesukaan sambil mendengarkan audionya. Jadi pengalaman membaca yg menyenangkan buat kita ya mas
  63. Storytel ini pas buat yang ga suka baca tapi penasaran sama buku tertentu ya. Buat aku yang lagi sok sibuk dan malas baca pun terbantu banget dengan adanya storytel ini
  64. Samaan Bang, aku juga dengerin audiobooknya Selamat tinggal di storytel. meskipun udah baca buku fisiknya, ternyata seru juga dengerin naratornya bercerita. rasa didongengin
  65. Seru banget ya, aku juga subscriber storytel ini.. semoga kedepanya makin lengkap ya koleksi bukunya.. amin..
  66. Aq belum nemu app yang serupa, to banget deh. Aq tetap bisa melahap buku dengan mendengarkan sambil beraktivitas
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko