Cara Membuat Infografis Untuk Blogger

Selain gambar, infografis juga termasuk penting untuk blogger. Oleh karena itu penting untuk tahu cara membuat infografis

Pernah dengar tentang infografis? Itu loh semacam poster digital yang berisi informasi singkat dan padat dari suatu topik. Nah katanya manfaat infografis untuk blogger ini dapat membantu meningkatkan pengunjung blog kamu loh. 

Langkah Membuat Infografis

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat infografis. Infografis bukan sekadar gambar untuk mempermanis tampilan blog. Peran infografis agar memudahkan pembaca memperoleh informasi atau data.

1. Tentukan Topik

Dalam membuat infografis langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah menentukan tema/ topik bahasan. Topik ini menjadi sangat penting untuk mengerucutkan data pokok yang akan ditampilkan dalam infografis.

3 pertanyaaan mendasar dibawah ini bisa membantu kalian untuk menemukan topik yang pas,  seperti:

  • Apa yang sedang dibutuhkan oleh pembaca?
  • Masalah apa yang mereka hadapi?
  • Solusi apa yang bisa kamu bagikan kepada mereka?

2. Tentukan Target Pembaca (Audiens)

Selanjutnya kamu harus menentukan target pembaca, agar kamu dapat menentukan pilihan bentuk, corak, dan warna infografis yang akan ditampilkan. Dengan menentukan target pembaca dengan tepat akan berpengaruh pada pemilihan teknis seputar pembuatan infografis termasukan dalam media penyebarannya.

Kamu bisa menggunakan beberapa elemen untuk menentukan audiens secara spesifik. Misalnya kamu menargetkan audiens untuk anak muda. Maka, desain yang di rancang mungkin lebih terlihat ringan, namun tetap menarik.

3. Kumpulkan Data/ Referensi

Langkah selanjutnya adalah mencari berbagai data untuk menunjang topik yang dibahas. Carilah data selengkap-lengkapnya untuk menyajikan infografis yang berkualitas. Pastikan data yang diperoleh berasal dari sumber yang bisa dipercaya. Dan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya di infografis yang kita buat.

Pastikan untuk menyertakan logo, URL, atau identitas lainnya pada infografis sebagai “hak cipta,” sehingga kita bisa mengklaim karya tersebut jika suatu saat terjadi plagiasi

4. Tentukan Ukuran

Rata-rata ukuran default infografis adalah 800 x 2000px. Hal ini dikarenakan agar infografis dapat di baca oleh semua orang terutama pengguna ponsel. Namun jika kalian ingin infografis bisa dibagikan sebagai feed instagram maka gunakan ukuran seperti 1:1 yaitu 1080 x 1080px; 4:5 yaitu 1080 x 1350px; 1,91:1 yaitu 1080 x 608px . Jadi untuk platform lainnya tinggal kalian sesuaikan saja dengan ukuran default masing masing platform.

5. Merancang Grid Layout

Rancangan grid layout sangat dibutuhkan untuk menentukan keterbacaan konten. Pada tahap ini kamu harus bisa menempatkan informasi dan unsur penunjang lainnya dengan baik agar bisa sling mendukung. Infografis yang baik bukan hanya infografis yang baik dipandang mata, tetapi mampu memberikan informasi secara tepat. Perhatikan juga margin, agar infografis terlihat porposional dan seimbang.


Layout & Flow Style                  

6. Gunakan Tools untuk membuat infografis

Untuk yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi desain di pc/laptop seperti saya, biasanya akan menggunakan adobe photoshop, adobe ilustrator, dan coreldraw. Ada juga yang menggunakan Inkscape namun saya belum pernah menggunakannya hehehe. 

Nah bagi temen-temen yang tidak ingin atau belum terbiasa menggunakan aplikasi yang saya sebutkan di atas tidak masalah, tenang saja masih ada kok tools yang lebih mudah untuk digunakan. 

Kalian bisa membuat infografis hanya menggunakan browser di pc/laptop seperti canva.com,snappa.com,venngage.com,visme.co, piktochart.com,easel.ly beberapa website yang telah disebutkan tadi dapat kalian gunakan untuk membuat infografis secara gratis, namun untuk mendapatkan fitur lebihnya kalian bisa upgrade akun ke pro/premium.

Di antara 6 website tersebut diatas canva merupakan tools yang paling saya rekomendasikan bagi temen-temen, alasannya karena situs ini sudah di kenal oleh hampir semua orang, selain itu situs ini ramah pengguna dan template yang tersedia pun beragam. 

Untuk pengguna handphone Canva juga tersedia dalam bentuk aplikasi, namun bagi saya desain menggunakan hp kurang presisi karena layarnya yang kecil. Jadi kadang saya agak kesulitan jika harus desain menggunakan aplikasi hp. 

Bukan berarti temen-temen tidak boleh membuat desain  menggunakan hp ya, silahkan saja pilih tools dan gadget yang sekiranya nyaman untuk kalian gunakan.

Selain tools di atas, powerpoint juga dapat kalian manfaatkan fiturnya, dimana tersedia template-template infografis di powerpoint tersebut. Semua tergantung selera dan kemudahan untuk mengoperasikannya.

7. Gunakan Skema Warna

Salah satu hal yang penting dalam infografis adalah perpaduan warna yang pas. Saya menyarankan agar gunakan maksimal 3 warna utama sebagai dasar templatenya. Namun bukan berarti kalian tidak boleh menggunakan banyak warna.

Banyak cara untuk menentukan skema warna,namun cara kalian bisa gunakan situs atau aplikasi pendukung. Agar membantu kalian menemukan proporsi warna yang tepat untuk warna infografis kalian.  Kalian dapat menggunakan situs Color Hunt, Coolors.Co atau situs color generator lainnya.


Atau bisa juga menggunakan tools color wheel dari canva https://www.canva.com/colors/color-wheel/



hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

إرسال تعليق

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko