Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut saat berpuasa memanglah wajar, meskipun demikian tetap ada cara mengatasi bau mulut secara alami

Sebentar lagi puasa nih, salah satu masalah yang paling sering terjadi dan dikeluhkan banyak orang berpuasa adalah masalah bau mulut. Tahukah kamu kenapa bau mulut bisa terjadi? Hal ini ternyata disebabkan oleh karena kondisi mulut kering dan tidak mendapat asupan minum atau air putih dalam waktu yang lama.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Selama berpuasa produksi air liur di mulut jadi berkurang disebabkan tidak ada asupan cairan sehingga menyebabkan mulut kering dan timbul bau mulut. Padahal keberadaan air liur sebagai cairan pembersih alami, karena kandungan enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Air liur juga memiliki fungsi sebagai sistem imun guna menghadang bakteri serta virus yang bisa masuk lewat mulut.

cara menghilangkan bau mulut secara alami


Manakalana saat berpuasa, kita dilarang untuk tidak makan minum selama setidaknya lebih dari 12 jam. Kondisi seperti ini membuat  rongga mulut kering dan menjadi tempat yang baik alhasil berkembanglah koloni bakteri di dalam lidah, gigi dan mulut. Nah hal itulah salah satu pemicu munculnya masalah bau mulut ketika puasa. 

Tapi perlu diingat, penyebab bau mulut tidak serta merta hanya dari kekurangan cairan saja, tapi bisa juga disebabkan oleh masalah kesehatan gigi dan mulut serta gangguan asam lambung.

Dengan rutin menyikat gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut. Sebab jika tidak dibersihkan dengan menyikat gigi tentu sisa-sisa makanan akan menumpuk di permukaan lidah, gusi, dan di antara gigi yang mana bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri untuk berkembang biak. Kalau dibiarkan pasti akan menjadi penyebab terjadinya bau mulut, termasuk bau mulut ketika puasa.

Oleh sebab itu saat puasa sangat dianjurkan untuk menyikat gigi baik setelah sahur maupun setelah berbuka. Ini penting untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal yang memacu pertumbuhan bakteri penyebab keasaman dan bau mulut.

Gangguan pada kesehatan pencernaan ternyata bisa juga menjadi sebab munculnya bau mulut. Penjelasannya mudahnya seperti ini, pencernaan punya cairan yang akan tetap keluar meski tidak ada asupan makanan selama puasa. Akibatnya lapisan perut terpengaruh sehingga mengakibatkan timbul bau busuk seperti bau makanan basi. Sebab lain karena proses metabolisme kita menggunakan cadangan lemak dalam tubuh yang melepaskan bahan kimia berupa keton yang keluar bersamaan dengan keluarnya napas.

Bahan-bahan Alami Untuk Mengatasi Bau Mulut

Kita tahu bahwa selama ini untuk mencegah bau mulut dapat menggunakan berbagai cara, yaitu dengan selain sikat gigi, obat kumur, bersihkan lidah, konsumsi air yang cukup saat sahur. 

Nah, berikut adalah cara menghilangkan bau mulut secara alami yang dapat kalian praktekkan mulai hari ini juga meski belum puasa. Yuk simak selengkapnya dibawah ini :

1. Apel dan buah-buahan yang mengandung vitamin C

Kandungan zat asam pada apel ternyata efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Dengan mengunyah apel juga bisa merangsang produksi air liur di mulut. Sehingga mulut tidak akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Selain apel buah-buahan lain yang mengandung vitamin C tinggi juga punya manfaat yang sama seperti apel. Buah-buahan yang dimaksud yaitu jeruk, beri-berian, melon, brokoli, dan lain sebagainya.

2. Yogurt

Siapa nih yang suka yogurt? Manfaat yogurt ternyata tidak hanya baik untuk organ pencernaan. Kandungan probiotiknya juga  mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Yogurt juga dipercaya dapat mengurangi kadar hidrogen sulfida yang ada di mulut. Hidrogen sulfida adalah senyawa yang dapat memicu munculnya bau mulut.

3. Teh hijau

Sebagai herbal manfaat teh hijau juga bisa mengatasi bau mulut secara alami. Hal ini disebabkan kandungan antibakteri yang terdapat didalamnya, sehingga ampuh membasmi bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Sayangnya teh hijau justru tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, anjurannya cukup 1-2 gelas kecil saja per hari.

4. Daun sirih

Kalau di daerahku, daun sirih memang sering digunakan untuk masalah mulut dan gigi. Oleh karena itu banyak orang tua jaman dulu yang suka “nyireh”. Nyireh adalah sebutan untuk kegiatan mengunyah daun sirih yang di racik dengan pinang dan gambir.

Ternyata hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam daun sirih dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut.

5. Jahe

Jahe dikenal sebagai tanaman herbal untuk menghangatkan badan. Menariknya jahe juga punya manfaat alami untuk mengatasi bau tak sedap di mulut. Caranya cukup parut satu ruas jahe kemudian campurkan dengan air untuk mendapatkan jusnya. Jus ini bukan untuk dikonsumsi melainkan digunakan untuk berkumur, jangan lupa campurkan dengan air hangat agar mudah saat berkumur.

Pemilihan makan dan minuman tersebut dapat dikonsumsi sehari-hari untuk mengatasi bau mulut secara alami. Meskipun demikian tetapi jangan lupa untuk selalu membersihkan gigi setelah makan, khususnya saat setelah berbuka dan sahur jangan lupa menggosok gigi. 

hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

إرسال تعليق

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko