10 Cara Mengatasi Sembelit dengan Mudah

Satu diantara tanda dari sembelit yakni feses yang keras, jarang buang air besar (BAB), atau bahkan tidak BAB sama sekali. Masalah pencernaan ini pastinya mengganggu keseharian kalian bukan? Nah, kalian dapat menangani sembelit dan melancarkan BAB yang keras dengan beberapa cara berikut. 

Cara Melancarkan BAB untuk Mengatasi Sembelit

mengatasi sembelit


Sembelit adalah gangguan pencernaan yang mengakibatkan kamu sulit bab. Keadaan ini berlangsung gara-gara pergerakan usus yang lambat atau peranan usus yang memiliki masalah. 

Tidak hanya sulit BAB, feses kalian mungkin bisa jadi keras dan perut terasa kaku sebab feses terlalu lama menimbun di usus. Beberapa hal yang dapat menjadi pemicu sembelit antara lain adalah minimnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat atau kurang minum air. 

Meski terlihat sepele, konstipasi pastinya bisa mengacaukan aktivitas kalian. Apabila tidak lekas diatasi, masalah pencernaan ini bisa mengakibatkan kompleksitas yang lebih serius. Berikut adalah cara melancarkan BAB untuk menangani sembelit. 

1. Konsumsi Makanan Berserat

Salah satu yang memicu sembelit adalah minimnya konsumsi serat dalam tubuh. Oleh sebab itu, solusi untuk melancarkan pencernaan dapat dilakukan dengan perbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki serat

makanan berserat


Serat di makanan bisa membantu menyerap air tambahan, sehingga feses bertambah lunak. Fungsi serat ini dapat dipercaya sebagai langkah melancarkan BAB dan menangani sembelit.  Tidak hanya itu, serat pula membantu kontraksi usus untuk menempatkan feses ke rektum. Tetapi, tidak semua jenis serat bagus untuk mekanisme pencernaan. 

Usahakan untuk memilih serat yang larut sebab bisa menyerap air dan membentuk gel dalam usus guna melunakkan feses. Kamu dapat menemukan serat yang larut air di makanan berikut ini: 

  • Gandum, 
  • Kacang-kacangan, 
  • Apel, 
  • Jeruk, 
  • Jelai (barley), 
  • Alpukat, dan 
  • Brokoli

Konsumsi serat yang tidak larut malahan bisa memperparah sembelit. Makanan seperti kembang kol, kacang buncis, dan kentang cuma efisien sebagai langkah menghambat sembelit, bukan menyembuhkannya. 

2. Mengatur Pola Makan

Minimnya konsumsi vitamin B12 dapat mengakibatkan sembelit. Jadi, langkah efektif melancarkan BAB yang keras dengan cara alami yakni memperhatikan konsumsi vitamin B12 dalam menu makanan. Kalian dapat menambah makanan seperti kiwi, jeruk, oatmeal, lidah buaya, sampai nasi untuk menu makan pagi, makan siang, dan malam, sampai makanan ringan. 

Tidak hanya kekurangan vitamin B12, sembelit juga dapat jadi pertanda dari irritable bowel syndrome (IBS) alias sindrom iritasi usus besar. Langkah menangani sembelit gara-gara IBS ini lumayan mudah, yaitu dengan melakukan diet rendah FODMAP (Fermentable Oligo, Disakarida, Monosakarida, dan Poliol). Nama diet yang datang dari kependekan karbohidrat yang sebaiknya dicegah ini sebagai jenis karbohidrat yang memicu konstipasi. Tidak hanya itu, ada beberapa model makanan yang bisa melancarkan bab, antara lain: 

  • Buah berry, 
  • Popcorn yang tidak memiliki kandungan garam tinggi, 
  • Kacang-kacangan, seperti almond, dan 
  • Yogurt atau kefir

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sembelit kerap kali muncul lantaran tubuh kekurangan cairan, dan dehidrasi. Nah, langkah alami melancarkan BAB yang dapat dikerjakan di dalam rumah adalah perbanyak minum air putih.  Cairan dibutuhkan oleh usus besar untuk mengubah sisa makanan jadi feses. Apabila tubuh kekurangan air, usus besar akan menyerap air dari sisa makanan yang dikonsumsi. Karena itu, feses jadi kering dan keras sampai akhirnya susah untuk dikeluarkan. 

Langkah menangani sembelit yang ini bisa dikerjakan dengan minum air putih sekitar 8 gelas setiap hari. Kamu juga dapat mengkonsumsi cairan dari jus buah atau makanan berkuah. Dapat juga minum soda tawar tanpa gula sebagai langkah menangani BAB keras. Air soda memiliki potensi menghidrasi tubuh dan menurunkan gejala sembelit. 

4. Teratur Berolahraga

Tidak hanya menyehatkan badan, teratur berolahraga nyatanya dapat menolong melancarkan bab. Olahraga bisa membantu badan menyerap makanan lebih baik dan membuat usus selalu aktif bergerak. Semakin aktif usus bergerak, gerakan makanan dalam usus besar akan semakin cepat. Kalau makanan bisa semakin cepat melalui usus besar, akan semakin sedikit air yang diserap tubuh dari feses.

Secara singkat, tekstur feses bakal lebih lunak dan gampang dikeluarkan. Hal ini ditunjukkan melalui kajian dari jurnal Diabetes, Metabolic Syndrome, and Obesity: Sasarans and Terapi.  Kajian itu mengatakan jika aktif olahraga bisa kurangi kasus konstipasi di wanita yang mengalami adipositas. Walau begitu, tentukan jenis olahraga yang tidak demikian berat, seperti berjalan kaki selama 20 hingga 30 menit berulang kali dalam satu minggu. 

5. Atur Depresi dengan Baik 

Banyak yang tidak sadar jika depresi menjadi yang pemicu sembelit. Masalahnya badan yang alami depresi bisa menimbulkan gerakan usus yang lambat dan mengakibatkan sembelit. Langkah terunggul melancarkan BAB sekalian menangani konstipasi ini yakni coba bermacam hal yang dapat kurangi depresi, seperti:

  • Membaca buku,
  • Menonton film,
  • Konsumsi makanan sehat, dan 
  • Mengerjakan kesukaan yang lain.

6. Jauhi Kebiasaan Menahan BAB

Kebiasaan menahan BAB bisa juga mengakibatkan sembelit. Masalahnya feses yang semestinya dikeluarkan malahan tertahan dalam usus. Semakin lama ketahan, usus bakal menyerap cairan di feses makin banyak dan membuatnya bertambah kering. 

cara melancarkan BAB
cara memperlancar BAB

Nah, langkah tepat melancarkan BAB untuk menangani sembelit pastinya perlu menghilangkan kebiasaan tersebut. Apabila telah muncul tekanan untuk bab, segeralah ke toilet.  Mengimplementasikan cara tadi bukan hanya membuat sistem pencernaan jadi lancar, namun juga menghambat berlangsungnya sembelit. 

7. Minum Obat Pencahar

Apabila langkah alami melancarkan BAB tidak sanggup menangani sembelit, kamu dapat konsumsi obat pencahar yang dipasarkan bebas di apotik. Minum obat pencahar yakni langkah tercepat buat menangani konstipasi. Walau begitu, tiap jenis obat mempunyai peranan yang berlainan, salah satunya: 

  • Suplemen serat buat melunakkan feses,
  • Pencahar lubrikan buat melumuri feses,
  • Pencahar osmotik buat melindungi kandungan air dalam usus, 
  • Obat pencahar insentif buat menimbulkan otot usus biar feses keluar, dan
  • Obat pelunak tinja yang umum dipakai sehabis operasi atau melahirkan.

8. Konsumsi Vitamin

Tidak hanya makanan dan obat pencahar, jenis vitamin tertentu dapat dipakai sebagai solusi menangani sembelit. Berikut beberapa vitamin yang bisa menolong lancarkan proses pencernaan. 

Vitamin C 

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang bisa berguna sebagai obat konstipasi. Di saat tubuh sudah memperoleh konsumsi vitamin C, sisa dari vitamin yang tidak terserap bakal memberi dampak osmotik di saluran pencernaan. 


Dengan kata lain, vitamin C membawa air ke dalam usus, sehingga dapat membantu menghaluskan feses. Oleh karena itu, suplemen atau konsumsi vitamin C tambahan dari makanan bisa membantu meringankan sembelit. 

Vitamin B9 (asam folat)

Vitamin B9 atau asam folat bekerja dengan cara merangsang pembangunan asam di saluran pencernaan, yang dapat membantu melancarkan BAB. Apabila tingkat asam di saluran cerna rendah dalam jangka periode spesifik, kamu perlu menambahkan konsumsi asam folat agar gejala sembelit berkurang. 

9. Konsumsi Makanan Prebiotik dan Probiotik

Langkah menangani sembelit karena BAB yang keras juga dapat dilakukan dengan konsumsi makanan yang mempunyai kandungan probiotik dan prebiotik.  Makanan probiotik yakni makanan yang ditambah bakteri yang serupa dengan bakteri baik di usus. sedangkan, prebiotik yakni zat bagus untuk bakteri dalam usus. 

Kebanyakan, bakteri probiotik bisa mempercepat waktu yang diperlukan makanan buat berjalan mulai sejak masuk ke dalam mulut, saluran pencernaan, sampai keluar jadi feses. Waktu proses pencernaan makanan lantas bertambah pendek karena probiotik, yaitu 12,4 jam bisa semakin cepat. Proses cepat ini membuat feses selalu lunak dan ringan dikeluarkan. 

Di sisi lainnya, prebiotik memiliki kandungan jenis serat galacto-oligsaccharides yang bisa tingkatkan frekuensi bab. Zat ini pun membuat feses bertambah halus. 

10. Menempuh Operasi

Operasi yakni jalan paling akhir di saat perawatan rumahan atau beberapa obat dari dokter tidak bisa lagi membantu sembelit yang dihadapi. Sampai, ada syarat khusus buat menempuh operasi selaku langkah menangani sembelit, yaitu menanggung derita kasus sistematis di usus besar, antara lain: 

  • Penyumbatan di usus besar, 
  • Penyempitan di bagian usus, 
  • Sobekan di anus (fisura ani), dan 
  • Rektum ‘jatuh' ke dalam vagina (prolaps rektal). 

Kalian pun kemungkinan butuh operasi di saat kanker ditemui di usus besar, rektum, atau anus. Agar langkah-langkah melancarkan BAB buat menangani sembelit lancar, silahkan tanyakan dengan dokter untuk mendapatkan perlakuan yang pas. 




Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Mengatasi Sembelit dengan Mudah"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel