Fakta Final Champions League 2020

Fakta-fakta menarik Final Champions League 2020, ternyata perebutan gelar ini dimenangkan oleh Bayern Munchen
Estadio Da Luz Lisbon, Portugal, telah menjadi saksi perebutan gelar Raja Eropa selanjutnya di musim yang panjang antara sang debutan, Paris Saint-Germain dan sang veteran Bayern Munchen. Dan ternyata perebutan gelar di final champions league ini dimenangkan oleh Bayern Munchen dengan pencetak gol tunggalnya yaitu Kingsley Coman dimenit ke 58. Buat yang belum tau Kingsley Coman merupakan mantan pemain PSG. Sehingga banyak netizen +62 yang membuat meme "kumenangis di sakiti sang mantan"wkwkwk.

Sesuai judul artikel, kali ini aku akan mengulas sedikit mengenai 

Fakta-fakta menarik Final Champions League 2020 

champions league


Final Pertama PSG


Fakta Final Champions League 2020 yang pertama ialah sejak didirikan tahun 1970, PSG mencapai final Champions League untuk pertama kalinya. PSG menjadi klub kelima asal Prancis yang dapat mencapai final. Terakhir kali klub Prancis berada di final terjadi pada tahun 2004, ketika ASMOnaco harus kalah dari FC Porto. Marseille masih menjadi klub Prancis satu-satunya yang berhasil menjadi juara setelah mengalahkan AC Milan pada 1993.

Final kesebelas Bayern Munchen


Fakta Final Liga Champion berikutnya, Bayern Munchen mencapai final untuk kesebelas kalinya menyamai rekor AC Milan, dan hanya kalah dari Real Madrid yang mencapai final sebanyak 16 kali. Terakhir kali Bayern Munchen ke final Champions League terjadi pada tahun 2013, ketika berhasil mengalahkan klub sesama Jerman, Borussia Dortmund dan meraih gelar kelima mereka.

Final keempat Jerman vs Prancis


final champions league antara jerman dan perancis



Final Champions League 2020 akan menjadi final keempat pertemuan wakil Jerman melawan wakil Prancis di turnamen antar klub Eropa. European Cup Winners Cup 1992, Werder Bremen 2-0 Monaco. UEFA Cup 1996, Bayern Munchen 5-1 Bordeaux. Klub Prancis belum pernah menang melawan klub Jerman di final.


Final Kedua Hans-Dieter Flick


Pelatih Bayern Munchen di final Champions League



Fakta menarik di final Champions League adalah Bagi pelatih Bayern Munchen, Hans-Dieter Flick, final Champions League 2020 merupakan final keduanya. Pertama kali Flick sampai ke final adalah saat menjadi pemain bersama Bayern Munchen pada tahun 1987, sayang harus kalah dari FC Porto 1-2, Flick menjadi orang ke-15 yang dapat masuk ke final Champions League (dulunya European Cup) sebagai pemain maupun pelatih. Mengikuti jejak para legenda seperti Fabio Capello, Carlo Ancelotti, Zinedine Zidane, Johan Cruyff, Pep Guardiola, Jupp Heynckes, Ferenc Puskas, Vincente del Bosque, Giovanni Trapattoni, dan Frank Rijkaard.

Perebutan Treble


Bayern Munchen berhasil mendapat gelar treble winners kali kedua setelah memperoleh trofi champions league



Kedua tim akan berebut siapakah yang meraih treble. Bayern Munchen telah memenangkan Bundesliga dan DFB-Pokal, sedangkan PSG telah memenangkan Ligue 1 dan Coupe de France (bahkan juga menjadi Juara Coupe de la Ligue). Final ketiga antara calon peraih treble. Pertama kali terjadi pada 2010 ketika Inter Milan mengalahkan Bayern Munchen, dan 2015 ketika Barcelona mengalahkan Juventus. Alhamdulillah tahun ini Bayern Munchen berhasil memperoleh treble winners ke dua dalam 10 tahun terakhirnya menyamai rekor Barcelona. Gelar treble Bayern Munchen sebelumnya adalah saat ditukangi oleh Jupp Heynckes.


Gelar ke 6 bagi Bayern Munchen


perolehan trofi liga champions yang ke 6 bayern



Bayern Munchen berhasil menyamai rekor perolehan piala "Kuping Besar" dari Liverpool yaitu sebanyak 6 kali hanya tertinggal 1 dari AC Milan yang saat ini masih dengan rekor perolehan piala Liga Chanpionsnya sebanyak 7 kali dan tertinggal 7 dari Real Madrid yang sampai saat ini telah memperoleh rekor tertinggi sebanyak 13 kali. 

100 persen kemenangan


Bayern Munchen tak terkalahkan. Melakoni 11 laga di musim ini Bayern Munchen belum merasakan kekalahan bahkan seri pun tidak. Meski banyak yang bilang Bayern Munchen juara karena pandemi covid-19 ini. Sebab sejak pandemi fase knock-out Liga Champions hanya 1 laga (biasanya 2 Leg hingga semifinal). Dengan rekor 100 persen kemenangan tersebut juga menjadikan Bayern tim yang pertama meraihnya di ajang Liga Champions.


Kalian tahu fakta lainnya? Ayo tambahkan di kolom komentar
Siapa nih klub yang kamu jagokan untuk meraih gelar Liga Champions 2020?
Kalo aku tentu saja Bayern Munchen, btw aku udah menjadi penggemar Bayern Munchen sejak di Bangku Sekolah Dasar hehe. Sekian artikel mengenai fakta final champions league 2020.


hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko