المشاركات

The Sales Machine : Sales Dashboard untuk Peningkatan Penjualan Bisnis

Pentingnya Sales Dashboard dalam memantau dan meningkatkan performa penjualan bisnis dengan efektif. Manfaatkan The Sales Machine untuk sukses!

Berbicara soal bisnis pastinya tidak lepas dari angka yang mana ini merupakan filosofi dasar menjalankan bisnis. Dimana indikator sukses atau tidaknya sebuah bisnis pastinya dilihat dari pertumbuhan angka penjualan. Apalagi saat ini kita berada di era digital yang tak lepas dari data maupun angka serta software teknologi.

Peran penting sebuah data dalam perihal mengelola bisnis yang efektif khususnya dibidang penjualan, memahami performa penjualan menjadi kunci berhasil tidaknya dalam meningkatkan omset dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Untuk memudahkan pebisnis dalam mengelola data penjualan disinilah butuh sebuat business tools seperti sales dashboard atau dasbor penjualan.

sales dashboard


Sayangnya menurut beberapa ahli bisnis tidak sedikit perusahaan distributor maupun perusahan sales yang masih belum memiliki Sales Dashboard. Padahal manfaat business tools seperti sales dashboard cukup memudahkan bagi karyawan serta pemilik bisnisnya memantau angka penjualan dan lainnya. Untungnya perusahaan tempat adik dan kakak saya bekerja sudah menggunakan sales dashboard sehingga kerjanya sebagai karyawan lebih teratur dan tertata, kebetulan sang adik bekerja sebagai admin sedang kakak sebagai sales di salah satu perusahaan distributor.

Supaya lebih mudah dipahami, berikut ini rangkuman tentang pengertian dan fungsi dari Sales Dashboard

Pengertian Sales Dashboard

Sales Dashboard adalah suatu tools, alat atau platform, baik dalam bentuk papan fisik maupun digital, yang berfungsi sebagai laporan terstandarisasi untuk memonitor perkembangan penjualan di Perusahaan Anda. Pengertian sales dashboard dikutip dari monday blog, merupakan visualisasi dari kinerja tim penjualan yang akan menjadi dasar untuk proses pelaporan penjualan.

Dasbor inilah yang akan membantu dalam mencerna berbagai angka dan data dengan visualisasi yang mudah dimengerti. Apalagi perusahaan yang bergerak dibidang penjualan/sales maupun distributor sangat berkaitan erat dengan target dan goal yang mesti dicapai. Menggunakan business tools seperti sales dashboard ini akan memudahkan seorang leader beserta anggota tim untuk memonitor kinerja tim dan sekaligus menilai apakan mencapai target atau tidak. 

Fungsi Sales Dashboard

Beberapa fungsi dari sales dashboard sempat disebutkan diatas, nah berikutnya dibawah ini dibahas lebih lengkapnya antara lain:

1. Visualisasi keseluruhan aktivitas sales

Dalam suatu tim sales pastinya anggotanya diberikan tugas yang beragam, kita sebut saja seperti mencari prospek, menindaklanjuti prospek, hingga riset strategi penjualan serta peluang kedepannya. Fungsi dashboard disini membuat semua orang di dalam tim dapat melihat ringkasan maupun keseluruhan aktivitas tim melalui 1 aplikasi saja, sehingga antar anggota tim dapat selaras dan tidak terjadi miskomunikasi. 

Sedangkan manfaatnya untuk perusahaan adalah saat ada perubahan mendadak yang harus dibuat dapat memudahkan perusahaan mengambil keputusan dengan cepat.

2. Mengidentifikasi peluang

Selaras dengan poin pertama, dengan data yang tersedia tim dapat melihat strategi mana yang paling efektif. Jadi sangat membantu tim untuk mencari potensi peluang di masa depan dan memaksimalkan sumber daya untuk dialokasikan pada strategi yang efektif dan menghasilkan. Karena berdasarkan daya nyata maka peluangnya juga cenderung lebih reliable.

3. Meningkatkan akuntabilitas

Saat terjadi kesalahan, akan terlihat di dashboard. Karena selain data metrik angka penjualan, terdapat juga informasi deadline dan goal yang harus tercapai baik secara individu maupun secara tim. Sehingga memudahkan Leader dan anggota untuk menegur karyawan yang lalai berdasarkan bukti yang terdapat pada dashboard.

4. Meningkatkan Kolaborasi tim

Sales Dashboard tidak hanya membantu dalam mengidentifikasi kesalahan, kekurangan dan peluang, tetapi juga memperkuat kerja sama di antara tim internal sales dan dengan tim lainnya.

Dengan insight yang diberikan, merumuskan rencana tindakan untuk masa depan menjadi lebih mudah.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kepada siapa kamu dapat meminta bantuan atau menawarkan bantuan kepada tim lainnya

5. Memantau Progres Tim

Sales dashboard berperan sebagai alat pelacak untuk hampir semua proyek yang menjadi prioritas tim. Tim sales dapat memantau kapan progres mereka bergerak cepat dan kapan mulai melambat.

Dengan demikian, tim dapat membuat hipotesis tentang penyebabnya dan merencanakan solusi untuk memastikan progres terus meningkat.

Tanpa adanya dasbor, tanda-tanda masalah seperti ini mungkin akan sulit terdeteksi dan teridentifikasi dengan cepat.

6. Mendorong Motivasi Karyawan

Sales dashboard merupakan alat yang ideal untuk memantau kinerja tim maupun individu. Dengan demikian, kamu dapat membandingkan prestasimu dengan anggota tim lainnya. Ketika progres kamu mulai melambat, data tersebut dapat menjadi pemicu motivasi.

Sebaliknya, jika pencapaian kamu ternyata lebih tinggi daripada rekan kerja lainnya, gunakan kesempatan ini untuk mempertahankan kinerja dan memperkuat motivasi untuk terus memberikan yang terbaik.

The Sales Machine Rekomendasi Sales Dashboard

Salah satu software teknologi sales dashboard yang aku rekomendasikan adalah The Sales Machine. Business tools ini merupakan salah satu produk Astakona yang merupakan perusahaan teknologi yang fokus membantu mempercepat pertumbuhan bisnis melalui teknologi. Beberapa kelebihan the sales machine dibawah ini membuatnya berbeda dengan yang ditawarkan sales dashboard lain pada umumnya seperti fitur Leader Dashboard dan manajemen tiket.

Leader Dashboard

Efektif mengurangi pergantian karyawan, memotivasi, dan memberi reward/penghargaan kepada staf untuk mendapatkan hasil terbaik dari tim Anda. Sehingga memudahkan leader untuk memberikan bonus kepada anggota tim yang punya performa bagus dan efektif meningkatkan penjualan. Berikut sedikit penampakan dari fitur ini.

leader dashboard


Kinerja / Perform

The sales machine memberikan tampilan dari manajemen kerja lebih seamless dan sederhana, sehingga memudahkan leader dan tim memonitor progres kinerja tim apakah mencapai target ataupun tidak.

marketing leads


Manajemen Tiket / TIcketing

Tak hanya berfokus pada sektor internal, kamu juga dapat mengelola pertanyaan pelanggan melalui sistem manajemen tiket, hal ini sering aku temukan juga di beberapa platform digital yang menyediakan manajemen tiket untuk menampung segala keluhan, pertanyaan maupun kendala yang sedang dialami oleh pelanggan. Jika manajemen tiket ini  dikelola dengan beberapa admin yang bertugas pastinya semua daftar pertanyaan pelanggan dapat terselesaikan dengan baik. Sehingga branding perusahaan juga semakin bagus.

ticketing


Bagaimana menarik bukan? Jika kamu tertarik untuk mencoba produk Astakona ini silahkan kunjungi astakona.id dan pilih demo The Sales Machine. Semoga bisnis yang kita kelola dapat terus bertumbuh dengan baik dengan memanfaatkan software teknologi yang tepat seperti The Sales Machine.

Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

24 تعليقًا

  1. Saat ini cukup banyak aplikasi atau platform yang memerlukan pengelolaan data bisnis secara kolaborasi, di mana datanya dapat dipantau bersama. Saya pikir dasboard sales ini sangat dibutuhkan di dunia bisnis.
  2. Baru tahu ini saya mba mengenai sales dasbord, selama ini tahu cuma dasboard blog aja.
  3. Ini kita hanya beli software lepas atau akan diajari cara pakai software-nya Mas?
  4. Semakin keren nih astakona, ternyata banyak produk yang dihasilkan astakona, salah satunya sales dashboard ini, memudahkan pembeli dan penjual juga ya
  5. Salah satu kesuksesan sebuah usaha atau bisnis itu memang ditunjukkan dengan angka penjualan. Dan di era digital, sebenarnya pebisnis sudah terbantukan dengan adanya sales dashboard.
  6. Yang punya perusahaan atau sedang belajar mengembangkan bisnis emang harus mempelajari dan menggunakan Sales Dashboard ini. Ini tools bagus banget fungsinya sebagai laporan terstandarisasi untuk memonitor perkembangan penjualan di perusahaan. Semuanya jadi terkontrol nanti dari tools ini
  7. Dulu saya pernah menggunakan tools semacam ini. Gunanya memang untuk membantu visualisasi banyak hal. Mulai dari pencapaian, hal-hal yang perlu ditingkatkan, hingga berikutnya bentuk apresiasi sesuai proporsi hasil pencapaian pun bisa dilihat dari sini.
  8. Wah biasanya manual atau exel mungkin ya, kini semakin berkembangnya zaman ada platform tersendiri. Tentu akan memudahkan bidang penjualan/sales/distributor, apalagi memudahkan leader dan timnya buat monitor kinerja dan memantau capaian target :)
  9. ini aplikasinya kayaknya cocok buat usaha yng sudah lumayan besar dan punya banyak karyawan ya jadi lebih gampang memantau penjualan atau analisa usaha. senang deh sekarang ada banyak aplikasi yang memudahkan kayak gini
  10. Ini kabar gembira bagi pelaku bisnis, dengan satu platform bisa melakukan banyak aktivitas bisnis dengan mudah.
  11. Sales Dashboard adalah alat yang penting untuk meningkatkan penjualan bisnis. Kesimpulannya, menggunakan Sales Dashboard, tim sales dapat memantau aktivitas mereka, mengidentifikasi peluang, meningkatkan akuntabilitas, meningkatkan kolaborasi tim, memantau progres tim, dan mendorong motivasi karyawan.
  12. Tak hanya di dunia kerja saja ya progress kinerja ini Kak.. Tapi di dunia bisnis juga ada, tentunya progress ini penting sekali seperti halnya memantau pertumbuhan bisnis kita agar semakin sukses buat kedepannya..
  13. Buat yang berprofesi sebagai sales hal tools ini pasti sangat membantu jadi rapi pekerjaan. Apalagi semisal mau cek laporan ya
  14. cocok banget ini tools yang bisa digunakan untuk para pelaku bisnis apalagi di sektor UMKM juga bisa sepertinya untuk menggunakan ini
  15. Aplikasi ini untuk para head office buat mantau para kinerja penjualan salesnya gitu ka?
  16. Harus dimanfaatkan dengan baik nih sama pelaku bisnis. Platformnya bisa membantu perusahaan juga untuk semakin berkembang.
  17. Dengan adanya sistem Sales Dashboard memang sangat memudahkan perusahaan untuk melakukan pemantauan. Sekaligus bisa jadi analisis strategi ke depan, karena data tersedia dengan baik.
  18. tools yang bermanfaat buat mengembangkan bisnis memang diperlukan, karena jatuhnya lebih praktis dan efisien.
  19. Baru tahu nih ada tools yang bagus buat memantau kinerja bisnis. Nanti coba-coba saya tengok Dan pelajari toolsnya di website Astakona.id
  20. Sales dashboard ini beneran bisa membantu memudahkan dalam memantau progress atau pun hasil ya Kak? Wajib pakai ini ya karena beneran akan sangat membantu..
  21. akai the sales machine dari Astakona bikin kerjaan makin mudah, kualitas meningkat, hasil pun demikian ya
  22. Memantau perkembangan bisnis makin mudah melalui dashboard. Berkat adanya teknologi dan hadirnya sales dashboard.
  23. Makin maju aja nih dunia pemasaran bisnis. Kalo pake sales dashboard ini jadi mudah memantau penjualan ya?
  24. banyak banget ya fungsi sales dashboard ini pastinya membantu banget dalam kelancaran usaha
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko