Ingin Jadi Relawan Kemanusiaan? Ini Caranya!

isu kemanusiaan tak jarang sangat menyentuh kita, maka dari itu banyak yang menawarkan diri jadi relawan kemanusiaan, berikut ulasannya
cara jadi relawan kemanusiaan

Saat kita melihat ada bencana pasti ada banyak orang yang bekerja bahu membahu untuk membantu korban bencana ataupun untuk membersihkan sisa-sisa imbas dari bencana tersebut. Orang-orang itulah yang disebut sebagai relawan atau volunteer. 

Biasanya volunteer lebih terorganisir karena memiliki wadah yang mengatur tugas dan waktu kerja dibandingkan dengan masyarakat sekitar yang juga pastinya ikut bekerja sama. Dengan adanya volunteer yang terorganisir, pekerjaan di lokasi bencana akan lebih mudah dan cepat diselesaikan dengan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Melihat para volunteer sering kali membuat siapa saja merasa terketuk untuk juga ingin memberi sumbangsih bagi kemanusiaan. Apa itu relawan bisa menjadi sebuah contoh dan ajakan bagi kita semua untuk mau meluangkan waktu dan tenaganya meringankan beban orang lain. 

Karena itulah ada lembaga atau organisasi kemanusiaan yang menyediakan wadah untuk para volunteer agar bisa membantu dengan lebih tepat sasaran. Anda dan siapa saja bisa ikut serta di dalamnya dengan mendaftarkan diri.

Salah satu wadah para volunteer dengan bidang pelayanan luas adalah Wahana Visi Indonesia. Wahana Visi Indonesia memiliki cakupan layanan di seluruh wilayah Indonesia khususnya di lokasi terpencil. Meski begitu Anda tak perlu berada di lokasi secara langsung karena semua sumbangsih bisa diterima termasuk sumbangsih yang diberikan secara online atau jarak jauh. 

WVI memiliki program kemanusiaan untuk pemberdayaan wanita, pendidikan anak, hingga kesejahteraan keluarga. Dari semua program kerja tersebut Anda bisa terlibat secara aktif di dalamnya dengan contoh sumbangsih di antaranya:

  • Menjadi pengurus administrasi sebuah program kerja.
  • Menjadi guru pengajar di desa terpencil.
  • Membuat animasi untuk pembelajaran anak-anak.
  • Memberi sumbangsih tenaga dalam kegiatan tertentu.
  • Berdonasi untuk program sponsor anak.
  • Dll.

Agar lebih jelasnya, Anda bisa langsung mendapatkan informasi melalui laman website resmi Wahana Visi Indonesia. Disana sudah terpapar jelas Visi Misi serta program-program yang sudah berjalan. 

Segera daftarkan diri Anda menjadi salah satu volunteer atau sponsor untuk mulai berperan aktif dalam membantu sesama di berbagai wilayah tanah air bersama Wahana Visi Indonesia.


Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko