Cerita Pengalaman Belajar di Hacktiv8

Banyak perusahaan yg membutuhkan developer diantaranya Front End, Back End maupun FullStack, simak pengalaman aku saat bootcamp hacktiv8

Saat menonton sekuel film marvel khususnya ironman, aku sangat terkagum akan tony stark yang mampu menciptakan teknologi baru. Terutama teknologi AI nya yang mampu berkomunikasi layaknya asisten pribadi. Semua itu berkat kemampuannya bisa membuat program yang sangat membantu ragam aktivitasnya. 

Ya aku tahu iron man adalah cerita fiksi yang sepertinya mustahil untuk menciptakan alat teknologi canggih sepertinya. Tapi yang bisa kita ambil adalah motivasi seorang tony stark yang tidak pernah menyerah dan yakin terhadap alat yang akan ia ciptakan maka ini menjadi suatu inspirasi bagi aku khususnya.

Di dunia nyata kita bisa menjadi seperti iron man dalam hal lain meski bukan menciptakan armor superhero, tapi lebih kepada membantu masyarakat dengan teknologi yang kita ciptakan. Salah satu profesi yang bisa membuatmu terlihat seperti tony stark adalah menjadi programmer. Yap, saat ini programmer sangat dibutuhkan di industri digital, dimana banyak perusahaan startup yang membuat aplikasi maupun website yang mampu menjadi solusi berbagai permasalahan di masyarakat.

Anyway, bicara soal programmer pasti terbagi lagi sesuai spesifikasi keahliannya. Secara garis besar programmer yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini diantaranya adalah Programmer Web, Programmer Aplikasi, Programmer Library, dan Programmer System. Nah kebetulan beberapa waktu yang lalu aku mendapat kesempatan merasakan jadi student di Bootcamp Hacktiv8 yakti Kursus Full Stack Developer. 

Bootcamp Hacktiv8

Bagi seorang programmer mungkin kata tersebut bukanlah hal asing, tapi untuk pembaca yang mungkin masih awam pasti bertanya-tanya apa itu kursus full stack developer? Untuk menjawab pertanyaan kamu silahkan baca dan simak sampai akhir ya gaes.

Tentang Hacktiv8

Hacktiv8 adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada pendidikan dan pelatihan khususnya di bidang teknologi yang menciptakan lulusan programmer web developer yang berkualitas serta dibutuhkan oleh industri terkini. 

Hacktiv8 adalah Sekolah coding pertama di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR).

CIRR adalah standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada siswa adalah hal yang sangat penting.

Kurikulum dari kursus yang didapat dari coding bootcamp terbaik ini adalah Kurikulum Terupdate sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan di industri terkini.

Sebagai lembaga pelatihan, hacktiv8 menyediakan beberapa program, diantaranya Bootcamp Hacktiv8 (Kursus Full Stack Developer & Data Science) khusus buat kamu yang berniat belajar programming untuk pemula dari dasar hingga mahir hanya dalam waktu 16 minggu sekitar 4 bulan, Profesional Development khusus buat kamu yang sedang bekerja yang ingin meningkatkan dan mengembangkan skill programming, lalu ada Coding for kids yang ditujukan khusus untuk anak-anak untuk menjadi programmer muda berbakat dengan menyediakan materi khusus games, art dan animation.

Kursus Full Stack Developer


Hadirnya Hacktiv8 sebagai Coding Bootcamp terbaik menjadi jalan lain untuk kamu yang ingin belajar intensif dalam waktu yang singkat, jadi menurutku ini solusi terbaik untuk kalian yang mungkin tidak melanjutkan studi atau kuliah di perguruan tinggi.

Pengalaman saat belajar di Trial Class Fullstack JS Hacktive bersama blogger

Seperti yang aku katakan sebelumnya, bahwa mendapat kesempatan belajar programming untuk pemula di hacktiv8 adalah suatu berkah tersendiri. Karena aku jadi tahu bagaimana selama ini seseorang membuat web dari awal hingga bisa di gunakan oleh banyak orang.

Terutama dari sisi seorang blogger ya, apalagi kebanyakan blogger banyak memulai menggunakan CMS blogspot yang mana untuk mempercantik tampilan blog kita harus bisa mengotak atik htmlnya.

Di trial class fullstack js bisa dibilang Review Hacktiv8, kami mendapat beberapa materi dasar seperti basic github, html, CSS dan framework bootstrap, dan Dom Javascript. Kami belajar selama 4 hari dan setiap harinya mendapat tugas yang harus dikumpulkan sebelum deadline kelas selanjutnya.

Untuk mengikuti kelas coding bootcamp ini harus punya daya juang yang tinggi, jadi jika punya niat yang gigih pasti bisa cepat menguasai materi yang telah diberikan oleh instruktur terbaik dan profesional dari hacktive. Selama di kelas juga kami ditekankan untuk terus menyalakan kamera karena kelas yang kami ikuti bersifat remote. 

belajar programming untuk pemula


Apalagi aturannya tergolong santai namun tegas, sebagai contoh apabila saat sesi tanya jawab dan instruktur menunjuk salah satu student namun student tersebut tidak menanggapi atau tidak berada di tempat, maka student akan mendapatkan sangsi yaitu kehilangan 1 absen. Dan apabila student secata 5 hari/kali berturut-turut absen kelas, maka dengan sangat terpaksa student harus di Drop Out. 

Aturan ini berlaku untuk kelas sesungguhnya ya games, jadi jika kalian hanya berniat mencoba-coba dan berhenti di tengah jalan tentunya rugi materi dan waktu.

Tentunya setelah ikut trial class ini, aku bisa membuat web sederhana dari awal hingga akhir, meskipun untuk coding javascript aku masih terbata-bata. Setidaknya aku punya koneksi baru, yaitu instruktur hacktiv8 yang baik yang mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah yang nantinya aku hadapi.

Apalagi di hari terakhir kelas kami mendapat tugas final project membuat web sederhana di mana kami di bagi menjadi 4 grup dengan masing-masing anggota 5 orang. Kami berbagi tugas kebetulan aku sendiri mendapat tugas coding html dan css, sementara yang lain ada beberapa yang berhalangan namun untungnya kami punya anggota yang paham dengan javascript jadi beliau lah yang memberikan sentuhan akhir tugas web kami. 



Coding Bootcamp terbaik


Review Hacktiv8

bisa cek langsung ke alamat ini -> https://mzaini30.js.org/hacktiv-grup-3/

Jujur ada rasa bangga tersendiri ketika bisa menyelesaikan coding dari awal dan memberikan style CSS. Jadi walaupun dapat materi singkat dan padat hanya beberapa hari di trial class, namun dengan adanya tim di final project kami jadi bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Meskipun masih banyak kekurangan di sana sini.

Sekian review hacktiv8 yang bisa aku ceritakan, apabila tertarik kalian bisa kepoin di website hacktiv8 yang link aku sertakan pada artikel ini. Semoga bermanfaat.


hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

1 komentar

  1. Pengen belajar coding dan bahasa pemrograman baru euy buat ningkatin skill, udah nyari beberapa tempat, kayaknya hacktiv8 ini mantep banget buat diikuti kelasnya.
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko