Bingung Pilih Asuransi Mobil, Lakukan Langkah Berikut!

Peningkatan jumlah kendaraan pribadi di indonesia tentunya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berkendara dengan lebih bertanggung jawab. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa resiko musibah yang dapat menimpa kendaraan juga semakin tinggi, mulai dari kerusakan seperti lecet, kerusakan berat akibat kecelakaan, bencana alam, atau pembobolan, hingga hilangnya kendaraan akibat pencurian. 

Dengan resiko yang semakin tinggi tersebut, maka penting bagi pemilik kendaraan untuk memiliki Asuransi Mobil. Asuransi mobil merupakan produk asuransi yang dapat melindungi mobil pribadi atas resiko-resiko yang dapat merugikan secara finansial.

Jenis asuransi mobil di indonesia secara umum ada dua, yakni asuransi mobil TLO yang memberikan perlindungan/ganti rugi akibat kerusakan yang mencapai 75% dan juga Asuransi Mobil All Risk yang memberikan perlindungan/ganti rugi atas segala kerusakan/resiko yang menimpa kendaraan pribadi. 

tips memilih asuransi mobil


Selain itu, terdapat jenis asuransi mobil lainnya yang perlu kamu ketahui, seperti asuransi gabungan yang memberikan pertanggungan all risk selama setahun pertama setelah membeli mobil yang kemudian menjadi TLO, asuransi rider yang menambah manfaat tertentu lebih spesifik (seperti banjir, kerusuhan, kecelakaan diri, kerusuhan, atau gempa bumi), asuransi collision yang menanggung biaya ganti rugi  akibat tabrakan yang disebabkan pengemudi, asuransi liability yang serupa dengan collision namun juga memberikan manfaat tambahan berupa penggantian biaya medis apabila pemegang polis cedera akibat tabrakan, dan asuransi kecelakaan diri yang tidak hanya mengcover kerusakan mobil akibat kecelakaan tetapi juga resiko kesehatan pemegang polis. 

Dengan banyak macamnya asuransi mobil yang dapat dipilih, tentunya menjadi pertanyaan manakah Asuransi Kendaraan Terbaik yang harus dipilih? Berikut ini tips yang bisa kamu gunakan:

1. Menentukan jenis asuransi mobil

Langkah pertama dalam memilih asuransi kendaraan yang terbaik adalah menentukan jenis asuransi mobil yang ingin kamu pilih. Kamu perlu untuk memahami kebutuhan kamu seperti apa dan kesanggupan kamu bagaimana untuk membayar preminya. Kamu bisa mencari tahu seberapa tua usia mobil kamu, seberapa padat volume kendaraan di jalanan-jalanan kota kamu, berapa parah tingkat kriminalitas di kota kamu, seberapa sering terjadi bencana alam di kota kamu. 

Dengan mengecek hal tersebut kamu dapat memahami kebutuhan kamu dalam memilih jenis asuransi mobil. Selain itu, kamu juga harus tahu seberapa besar uang yang kamu sanggup sisihkan untuk membayar premi.

2. Membandingkan produk asuransi dari banyak perusahaan

Langkah berikutnya setelah kamu memilih produk asuransi yang ingin kamu pilih, kamu harus membandingkan produk asuransi tersebut antar perusahaan yang menyediakan produk tersebut. Ada banyak perusahaan penyedia asuransi mobil yang bisa kamu bandingkan, mulai dari manfaat yang diberikan produknya, besar premi yang ditawarkan, riwayat perusahaan asuransi, review peserta asuransi, serta proses klaim pada perusahaan tersebut. 

Jangan sampai kamu memilih produk asuransi dari perusahaan asuransi yang abal-abal sehingga dapat merugikan kamu ke depannya. 

3. Perhatikan rekanan bengkel

Berikutnya setelah membandingkan produk yang ditawarkan antar perusahaan asuransi serta background perusahaan asuransinya, kamu perlu mengecek lebih lanjut rekanan bengkel dari perusahaan asuransi yang akan kamu pilih. 

Pastikan rekanan bengkel yang disediakan banyak jumlahnya dan mudah dijangkau, pastikan apakah bengkel rekanannya merupakan bengkel resmi dari brand mobil yang kamu miliki, dan pastikan bagaimana kredibilitas bengkelnya.

---

Nah, itu dia beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan ketika bingung ingin membeli produk asuransi mobil. Jangan sampai kamu salah pilih produk asuransi yang menyebabkan kamu tidak untung malah harus menanggung kerugian lainnya. Perlu diperhatikan bahwa asuransi yang terbaik adalah yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita dan juga kemampuan finansial kita. 

Selain itu, jangan lelah untuk melakukan riset terkait produk asuransi dan perusahaan asuransi yang ingin kamu pilih untuk membeli produknya, karena terkadang kerugian terjadi akibat kurangnya literasi kita. Selamat mencari produk Asuransi Mobil terbaikmu!


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Bingung Pilih Asuransi Mobil, Lakukan Langkah Berikut!"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel