Pesona Wisata Keraton Yogyakarta

Ingin mengunjungi tempat wisata seperti keraton yogyakarta? berikut ragam pesona wisata keratan jogja

Jika berlibur ke Yogyakarta, salah satu tempat ternama ini tidak boleh kamu lewatkan. Tempat wisata bersejarah dan lekat dengan budaya jawa yaitu Keraton Yogyakarta. Di sana kamu bisa menemukan berbagai tempat menarik yang bisa kamu abadikan bersama teman atau keluarga.

pesona keraton jogja

Keraton ini dibangun beberapa bulan setelah perjanjian Giyanti dilakukan. Dirancang secara langsung oleh Hamengku Buwono I diatas tanah seluas 14.000 hektar. Tempat tersebut pernah mengalami pemugaran pada tahun 1867 akibat guncangan gempa yang besar.

area keraton yogyakarta
Sumber:https://garasijogja.com/harga-tiket-masuk-kraton-yogyakarta/

Area Keraton Yogyakarta

Ketika memasuki kawasan Keraton Yogyakarta, kamu akan mendapati tiga area. Mulai dari kompleks depan, komplek inti, dan kompleks belakang.  Terdapat juga museum Sri Sultan Hamengku Buwono dan Museum Batik.Berikut ini ulasan mengenai spot Keraton Yogyakarta yang harus kamu ketahui.

1. Komplek depan

Area ini merupakan bagian depan keraton yang terdiri dari Alun-alun Utara, Gladagh dan Pangurkan di bagian pintu gerbang Keraton. Sedangkan di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara terdapat Masjid Gedhe Keraton.

2. Kompleks Inti

Kompleks ini menjadi bagian utama dari Keraton Yogyakarta. Di sana kamu akan menemukkan beberapa banguan Komples Pagelaran, Kamandungan Lor, dan Siti Hinggil Ler. Selain itu terdapat juga Sri Manganti, Kamagangan, Kedhaton, Siti Hinggil Kidul, dan Kamandhungan Kidul.

3. Kompleks Belakang

Di area ini terdapat dua tempat yang bisa kamu kamu lewati. Diantaranya Alun-alun Kidul, dan Pelengkung Nirbaya.

4. Museum Sri Sultan Hamengku Buwono

Dibangun pada tahun 1992 untuk mengenang Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia. Selain itu bangunan ini tidak terlepas dari sejarah Republik Indonesia. Dimana pada bulan Januari 1946 Ibu kota Indonesia pernah dipindahkan ke Yogyakarta.

Di dalam Museum ini terdapat beberapa peninggalan bersejarah seperti meja dan kursi yang digunakan ketika berunding untuk serangan umum satu maret di Yogyakarta. Selain itu, terdapat juga barang pribadi milik Sultan Hamengku Buwono.

5. Museum Batik

Museum Batik terletak di sebelah utara Museum Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Diresmikan pada tahun 2005 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Di dalamnya pengunjung dapat melihat berbagai jenis kain batik dengan corak yang beragam serta alat-alat untuk membuat batik.

Informasi Tiket dan Lokasi Keraton Yogyakarta

Masih banyak area di Keraton Yogyakarta ini yang bisa kamu jajali. Selain itu, kamu bisa melakukan berbagai hal menarik mulai dari melihat tempat bersejarah dan pertunjukan seni di Keraton. Jika tertarik untuk berkunjung ke sana berikut informasi yang harus kamu ketahui.

Harga Tiket

Setiap pengunjung akan dikenai tarif tiket masuk sekitar Rp.7.000 untuk wisatawan dalam negeri. Sedangkan pengunjung asing harga tiket untuk satu orang adalah Rp.12.000. Adapun bagi pemandu tarif yang berlaku adalah Rp.30.000

Lokasi

Keraton Yogyakarta berlokasi di JL.Rotowijayan, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Jika berangkat dari Bandung, kamu bisa menggunakan moda transportasi kereta api untuk menghindari kemacetan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Jadwal kereta api Ekonomi. Kamu bisa memesan tiket kereta api Bandung Jogja secara online melalui aplikasi travel seperti Pegipegi. Tentunya lebih mudah dan praktis plus banyak promonya!

Keraton Yogyakarta menjadi salah satu wisata bersejarah yang ada di DIY. Kamu bisa mengunjungi tempat ini ketika sedang berlibur di Jogja.

 

Sumber :
- https://www.tempatwisata.pro/wisata/Kraton-Yogyakarta
- https://sikidang.com/keraton-yogyakarta/

Credit Image :
- Google Maps by Irwan Sulistiyana, Dwiana Cute, & Hadmadi Agung Suryono
- garasijogja.com


Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko