Review Verbatim 8in1 USB Type C Hub untuk Gadget

Semakin tipis dan canggihnya sebuah laptop pasti portnya semakin terbatas, oleh sebab itu butuh yang namanya hub USB Type C untuk menghubungkannya

Seiring semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, membuatnya saling membutuhkan antar perangkat yang satu dengan yang lainnya. Untuk menghubungkan antar perangkat teknologi terkadang tidak lepas dari yang namanya koneksi port. 

Saat ini sebanyak apapun port di laptop, terkadang masih terasa kurang karena semuanya terpakai. Apalagi semakin canggih dan tipis sebuah laptop maka konektivitas port pun semakin dikurangi. Sehingga bagi kita yang terbiasa menghubungkan banyak perangkat seperti printer, monitor tambahan, kabel LAN internet mungkin akan kesulitan karena terbatasnya port tersebut.

Oleh sebab itu banyak produsen teknologi yang menawarkan solusi lewat penjualan aksesoris gadget, salah satunya Produsen teknologi Verbatim yang menawarkan produk Hub USB Type C terbaik mereka yaitu Verbatim 8in1 Type C Hub 66148

Verbatim merupakan perusahaan teknologi terkenal asal singapura yang berdiri sejak 1969. Awal kemunculannya ia memproduksi Floppy Disk, penyimpanan Magneto-Optical hingga format CD dan DVD terbaru, Drive USB serta kartu memori.Di Indonesia sendiri produk yang paling terkenal dari perusahaan ini adalah piringan cakram kosong (Compact Disk /CD). Jadi soal produk teknologi mereka selalu memberikan kualitas terbaiknya. Hingga saat ini Verbatim masih konsisten menghasilkan produk teknologi terkini yang berkualitas.  

Penasaran apa saja yang bisa dilakukan oleh produk USB Type C Hub dari Verbatim ini, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

USB Hub yang bagus


Kelengkapan

Saat pertama kali membuka kotak kemasannya, yang dapatkan adalah satu unit Verbatim USB hub laptop 8in1 dengan kabel USB Type C permanen. Tidak terdapat buku petunjuk manual karena memang informasi produk sudah lengkap tertulis pada kemasan produknya. Dari segi kemasan bahan yang digunakan cukup premium ya, dan ukurannya pun tidak terlalu besar, karena unit USB hubnya sendiri punya ukuran yang cukup portable.


Desain

Bisa dibilang ukurannya hampir mirip dengan ukuran powerbank pada umumnya dengan dimensi 117x 61 x 66 (mm). Sehingga ukurannya pas untuk di genggaman tangan. Build qualitynya sendiri sangat bagus, dengan menggunakan bahan metal di seluruh bodynya membuatnya terasa sangat kokoh dan tahan lama. Soal warna hanya tersedia warna abu-abu sehingga terkesan stylish dan maskulin. 

USB Type C

Meskipun terbuat dari bahan metal, produk ini tidaklah seberat yang kita pikirkan dan hanya berbobot 114g saja.


Spesifikasi

Dari namanya kita sudah tahu bahwa USB Hub yang bagus ini punya 8 buah port untuk menghubungkan banyak perangkat lain dalam satu waktu. Mulai dari USB-A, HDMI, SD card, hingga colokan untuk audio Berikut ini daftar lengkap port di Verbatim 8in1 Type C Hub 66148:

  • 2x USB 3.0 ports - kecepatan transfer data up to 5Gbps  (kompatibel dengan USB 2.0)
  • HDMI interface - output up to 4K/30Hz
  • VGA port - output up to 2K/60Hz
  • RJ45 Ethernet connection- up to 1000 Mbps
  • SD card reader - up to 48 Mbps
  • 3.5 mm headphone jack - up to 16 bit, 48 kHz sound output
  • Type-C Power Delivery charging hingga 60W


Penggunaan

Selanjutnya, mari kita cek langsung letak masing-masing port pada bodi USB Hub Verbatim ini. Pada sisi ini terdapat dua port USB 3.0, SD Card reader, HDMI, dan USB Type C.

USB Hub yang bagus

Lalu di sisi lain, ada port Ethernet dan VGA.  Hadirnya port VGA akan sangat membantu pengguna yang memiliki perangkat teknologi jenis lama seperti monitor PC dengan kabel VGA.


Di sisi selanjutnya, terdapat lubang AUX atau 3.5 mm jack audio.dan kabel konektor type c utama.

USB Type C terbaik

USB Hub laptop ini sangat mudah digunakan, karena sudah mendukung plug and play, jadi tidak perlu driver tambahan untuk menghubungkan banyak perangkat..

Menurutku Hub USB Type C Terbaik ini lebih cocok digunakan untuk Laptop seri menengah keatas yang memang tersedia port Type C Thunderbolt sehingga untuk keperluan charging sambil menghubungkan beberapa perangkat sekaligus pun tidak menjadi soal. Apalagi buat kalian yang punya Macbook pasti produk ini akan membantu memaksimalkan produktivitas kalian.

Pada keterangan informasi pada kemasan produknya hanya tertulis diperuntukkan untuk laptop, yang artinya semua sistem operasi seperti Mac OS dam Windows harusnya bisa berjalan tanpa masalah. 


Pengalaman Menggunakan Verbatim USB C Hub 8in1

Apakah Verbatim USB C Hub 8in1 kompatibel dengan smartphone dengan port Type C?

Dalam penggunaan USB Hub yang bagus ini, aku mencobanya sendiri menggunakan smartphone Sony Xperia XZ. Fitur yang paling aku suka saat menggunakan USB Hub ini di smartphone adalah ketika transfer data dari internal ke flash drive hanya membutuhkan waktu beberapa saat jadi.

USB hub laptop

Jujur hal inilah membuat aku sangat menyukainya, karena proses backup file dari smartphone pun jadi lebih singkat dan hemat waktu. Tes lain aku mencoba menggunakan untuk charging melalui usb hub ini dan kecepatan isi baterainya terbilang sama tidak berubah, hanya saja saat aku coba charging sambil transfer data ternyata tidak bisa.

Mungkin disebabkan karena usia smartphone milikku yang sudah terlalu tua, sehingga kurang kompatibel dengan produk ini yang memang hanya di khususkan untuk gadget masa kini seperti MacBook dan Laptop dengan port USB Type C lainnya. 


Manfaat USB Hub Verbatim untuk Menghubungkan Banyak Perangkat

Dengan perangkat USB Hub ini, kita bisa membuat laptop menjadi workstation dengan mudah. Karena dapat menghubungkan banyak perangkat dalam satu koneksi. Mulai dari Keyboard, mouse, printer, USB flash drive, Memori SD Card, kabel LAN, HDMI, Proyektor,  hingga kabel untuk audio semuanya dapat dengan mudah terkoneksi ke hub.


Koneksi internet lebih cepat up to 1000 Mbps dengan port ethernet RJ45, lalu bisa melihat tayangan resolusi tinggi hingga kualitas 4K di layar yang lebih besar, menikmati audio dengan kualitas yang baik, tak lupa bisa sambil mengisi ulang baterai laptop lewat port Power Delivery up to 60W


Tak perlu instal driver lagi, karena sudah menggunakan fitur plug and play. Jadi sangat mudah dan simple sehingga bisa digunakan dimana saja, baik di rumah, kantor, maupun untuk bepergian karena ukurannya ringkas dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.


Harga

Dengan semua fitur yang sudah dibahas di atas, Verbatim USB Type C Hub 8 in1 dibanderol di kisaran Rp 950 ribuan (Harga sebelum promo yaitu Rp1.229.000), tersedia di ecommerce official store Verbatim Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee. Pembelian produk tentunya didukung garansi resmi dari Verbatim.


Dengan 8 port di dalam satu perangkat, tentunya Verbatim USB C Hub 8 in1 sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan koneksi port yang bisa dipakai secara bersamaan sekaligus.

Dengan ukurannya yang ringkas dan bobotnya yang ringan, Hub USB Type C ini mudah dibawa jika harus bepergian. Sangat Rekomended!


hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

18 komentar

  1. Pantas ya Mas kalau pas ga bawa charger bawaan hp pas kita mau ngecas itu rasanya kok lama banget ke penuh. Mungkin ini Maslah dari kabelnya itu ya
    Jadi pengen punya produk Verbatim juga. Semoga berjodoh
    Aamiin...
  2. Bener suka lihat produknya karena unyu-unyu nan travel friendly. Jadi buat dibawa berpindah tempat tetap asik, dan bisa berbagi colokan juga hehe
  3. harganya lumayan juga ya, tapi kalau lihat fungsinya yang 8in1 ini sangat mendukung kepraktisan dan produktivitas dalam bekerja serta kecepatan dalam transfer data
  4. Mupeng dengan speknya ya, Kak. Cocoklah dengan harga segitu. Kayaknya kudu menyisihkan budget buat punya Verbatim USB ini, biar makin maksimal kerjanya.
  5. Ini jg kemarin aku sempet beli usb type C nya bermanfaat banget buat laptopku yang harus butuh type C gini hihi. apalagi kalo dari verbatim mah dah pasti awett ya mas aku sendiri udah ketagihan kalo produk kek gini harus verbatim
  6. Kayaknya aq juga butuh USB model gini kak, speknya lengkap jadi pas buat nitip file2 besar dan aq rasa harga segitu tuh sepadan sama speknya 👍
  7. wah samaaa! aku pun pake verbatim usb type c ini mas buat koneksiin ke macbook, karena ya emang mesti punya port ini sendiri ya, kalau mau koneksi ke hdmi, usb dan jenis2 perkabelan lainnya
  8. Wah kalau produknya Verbatim kayanya jaminan mutu, nih. Masukin wishlist dulu ah, bisa buat kado ultah suami beberapa bulan lagi. Pas laptop dia ada port USB type C-nya. Pasti bermanfaat nih.
  9. Verbatim lama ga terdengar, ternyata bikin produk yang sangat fungsional ya. Bisa untuk perangkat apa saja sehingga sangat praktis.
  10. Hub USB Type C nih cocok buat laptopku, apalagi udah plug n play wah memudahkan banget. Ga perlu driver tambahan yah.
  11. aku belum pernah pakai USB dari Verbatim sih, tapi sering baca reviewnya bagus dan awet. boleh lah ya jadi rekomendasi kalau nanti butuh USB.
  12. wah aku butuh produk seperti ini, apalagi gadgetku cukup banyak dan butuh produk yang dapat menghubungkan semuanya.
  13. Sepertinya aku butuh beli produk ini
    Secara gawai aku lumayan banyak, biar bisa terhubung gitu
  14. Lengkap banget ya usb hub verbatim ini, ada 8 port dalam 1 perangkat... Ukurannya juga mungil, jadi enak dibawa-bawa...
  15. Aku lagi ngincer produk Verbatim 8in1 USB Type C Hub ini.
    Karena biasanya pinjem punya suami, jadi pengen punya sendiri.
    Mantap ya...transfer data dari laptop ke HP atau gadget lainnya, lancar.
  16. Praktis banget ya, bisa dibawa ke mana-mana dan membantu banget dalam segala urusan. Cocok sih buat yang sering traveling dan presentasi di depan orang.
  17. Kyaa ngiler punya verbatim juga nih diriku, mantap dibawa kemanapun ini sih Bang Eko, semoga ada rejeki bisa beli nih aamiin
  18. Yang pake usb Type C biasanya gadget yang keluaran yerbaru ya kak. Tapi lumayan nih pake verbatim enteng kalo dibawa kemana-mana
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko