Ruangguru, Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik

Dilema Sekolah Online

Aplikasi Belajar Online Terbaik - Sejak pandemi melanda yang mengharuskan anak belajar di rumah atau pembelajaran daring, ternyata dalam praktiknya tidak semudah bayangan kita. Banyak kesulitan yang dialami baik dari pihak pengajar maupun pelajar. Dari pihak pengajar tentunya sulit untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran online terutama untuk mengontrol siswanya agar fokus pada materi pembelajaran yang berlangsung melalui aplikasi video conference

Selain itu mereka harus ekstra membuat media pembelajaran yang menarik agar materi pembelajaran mudah dipahami oleh siswa. Dan kebanyakan guru memang kesulitan untuk melakukan hal itu terutama guru-guru senior yang kurang cakap digital. Disisi pelajar kesulitan yang mereka alami tentunya berhubungan dengan kondisi pengajar yang demikian sehingga mereka pun kurang memahami pembelajaran, akhirnya untuk siswa yang peduli dengan pendidikannya pasti akan mencari cara lain untuk belajar misalnya dengan menonton tutorial pembelajaran di youtube atau mencoba beberapa aplikasi belajar di handphone.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Online

Nah salah satu aplikasi belajar yang aku rekomendasikan untuk kalian para pelajar adalah ruangbelajar by ruangguru.Jika belum tahu, ruangbelajar itu merupakan sebuah aplikasi belajar online terlengkap yang berguna untuk siswa indonesia agar mudah belajar mandiri di rumah. Di ruangbelajar terdapat banyak fitur seru yang pasti membuat anak betah untuk belajar, sebab disana terdapat puluhan ribu video pembelajaran yang di sajikan oleh master teacher dan animasi yang menarik.

aplikasi belajar online terbaik


Pengalaman belajar semasa sekolah, sebelum inovasi teknologi dalam pendidikan

Dulu semasa sekolah aku suka pelajaran matematika, namun nilainya selalu turun naik tergantung siapa guru yang mengajar, kalau menurutku penyampaian guru itu asik dan bikin nyaman pasti mudah untuk fokus memahami materinya tapi bila penyampaiannya membosankan sehingga bikin suasana gak nyaman yang pasti susah untuk mengerti.

Contoh saja di awal kelas 7 SMP dan 10 SMA nilai matematika ku anjlok, karena memang pada saat itu ada beberapa materi pokok yang tidak bisa aku pahami, sedangkan dalam matematika semua materinya itu pasti saling berkaitan contohnya saja beberapa materi yang kurang aku pahami saat itu adalah, Aljabar (SMP Kelas 7), Trigonometri (SMA kelas 10), Logaritma (SMA Kelas 10), Sistem Persamaan/Pertidaksamaan  Linear Tiga Variabel “SPLTV” (SMA Kelas 10).

Alhamdulillah meskipun demikian nilai bisa membaik saat semester 2 hingga tingkat kelas selanjutnya. Dan akhirnya gak nyangka bisa lanjut ke tingkat atas pada program studi pendidikan matematika. 

Jujur kesalahan yang aku sadari waktu itu adalah tidak bisa mencari alternatif cara belajar lain, beda dengan jaman sekarang yang serba mudah untuk belajar asalkan terhubung dengan internet. Apalagi beragam inovasi pendidikan di bidang teknologi telah banyak hadir dan salah satu yang jadi pilihan no.1 saat ini adalah ruangguru. 

bimbingan belajar matematika


Andai saja waktu itu aku ketemu dengan ruangguru pasti dapat membantu aku memahami beberapa materi tersebut. Soalnya ribuan alumni dari ruangguru banyak yang berhasil menggapai impiannya masuk ke perguruan tinggi favorit. 

Dan seandainya aku diposisi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak terlebih saat sulitnya belajar online pastinya harus memilih solusi terbaik yaitu ruangbelajar. Agar anakku bisa mendapatkan nilai yang bagus dan lebih memahami pelajar serta enjoy saat pembelajaran.

Kenapa harus Ruangguru?

Seperti yang di informasikan sebelumnya bahwa ruangguru merupakan salah satu aplikasi belajar online terbaik no. 1 di indonesia, ternyata bukan tanpa alasan, berikut beberapa poin yang dapat aku sampaikan alasannya seperti :

  • Harga lebih terjangkau
  • Belajar bisa dimana dan kapan aja
  • Tersedia rangkuman materi berbentuk infografis
  • Banyak latihan soal dan pembahasannya
  • Bisa diakses tanpa internet (video dan materi belajar bisa di unduh)
  • Ada pendidikan karakternya juga di Ruanguji

alasan pilih ruangbelajar


Beberapa fitur menarik dari ruangbelajar

  • Ruangguru PET
  • Ruangguru adventure
  • Jadwal Belajar
  • Asah Otak 
  • Bank Soal
  • Laporan Belajar


Fitur terbaru ruangbelajar rilis juli 2021

Adapto

Merupakan fitur terbaru yang hadir resmi sejak awal juli 2021 lalu, bersama dengan dua fitur terbaru lainnya yaitu Playlist Belajar dan Pet Mission. Nah fitur adapto membuat belajar semakin interatif karena pengguna bisa mengambil manfaat dari nilai kuis yang ada di video. Sesuai dengan namanya fitur ini akan menyesuaikan dengan tingkat kemampuan belajar anak, jadi hasil belajar tergantung dengan kecepatan belajar si anak. Seperti yang kita tahu setiap anak itu pasti berbeda-beda setiap kemampuannya

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Gak hanya musik/film loh yang ada videonya, di ruangbelajar juga ada fitur playlist yang memungkinkan rekomendasi daftar rencana belajar sehingga bisa menumbuhkan karakter disiplin anak saat belajar.

Pet Mission

Nah ini adalah upgrade untuk fitur yang sudah ada sebelumnya yaitu ruangguru PET, dimana ada 3 pilihan hewan peliharaan yang dapat kamu pilih satu diantaranya yaitu 1) Candra The Bird of Paradise, 2) Harry The Diamond Tiger, dan 3) Modo The Giant Dragon. Dengan pet mission, pengguna akan mendapat daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Sebagai contoh jika pengguna berhasil menyelesaikan 4 misi dalam seminggu maka mereka akan diberikan hadiah 1 batu evolusi hewan peliharaan. Fitur ini menarik agar pelajar semakin giat belajar agar bisa mengupgrade PET-nya.

Untuk kalian yang peduli dengan pendidikan pastikan untuk berlangganan aplikasi ruangbelajar by ruangguru untuk menikmati beragam fitur menarik secara penuh. Menurutku harganya affordable banget apalagi jika kalian memasukkan kode "BANGEKOO" maka harga akan otomatis lebih murah karena mendapat potongan harga hingga 62% yang artinya kalian bisa berlangganan dengan modal Rp 570.000 (paket biasa) atau Rp 950.000 (paket biasa + SMA + UTBK + Ujian Mandiri).

harga bimbel konvensional vs ruangbelajar

Apalagi jika kalian setiap bulan pasti langganan kuota internet atau Wi-fi yang paling minim 100 ribu harusnya mampu dong nyisihin uang minimal 2000 perak perhari untuk pendidikan kalian, ya nggak hehehe :) 

Salam pendidikan



Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

1 Komentar untuk "Ruangguru, Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik"

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel