Cara Memilih Mesin Cuci untuk Usaha Laundry

Beberapa waktu yang lalu aku pernah menulis tentang cara memulai bisnis laundry.  Nah tulisan kali ini akan berhubungan dengan tema tersebut karena aku ingin membahas tentang tips membeli mesin cuci baru untuk kamu yang pemilik usaha laundry. Karena mesin cuci adalah salah satu senjata utama dalam bisnis ini.

Meskipun tujuan utama tulisan ini adalah untuk para pebisnis laundry, namun masyarakat umum juga bisa memakai tips ini, karena setiap rumah pasti butuh mesin cuci terutama untuk ibu rumah tangga guna meringankan pekerjaannya. Bayangkan saja jika pakaian kotor di tumpuk setiap minggu pasti sudah menggunung dan belum apa-apa sudah lemah duluan.

tips membeli mesin cuci baru


Seiring perkembangan jaman, teknologi pun ikut berubah, mulai dari kebutuhan pribadi hingga kebutuhan keluarga seperti gadget, alat elektronik termasuk mesin cuci. Kini semakin banyak pilihan mesin cuci yang punya kelebihan fitur-fitur inovatif, banyaknya fitur inovatif inilah yang kadang membuat kita sebagai calon pembeli merasa kebingungan. Namun untuk para pengusaha laundry, harusnya sudah mantap untuk menentukan pilihan. 

Agar kamu semakin mantap dalam memilih mesin cuci, berikut aku informasikan tips membeli mesin cuci yang bagus

Tentukan Model dan Kapasitas Mesin

Kapasitas Mesin Cuci

Hal pertama yang harus jadi pertimbangan adalah model dan kapasitas mesin cuci. Karena masing-masing model menyesuai kebutuhan dan bujet yang kamu miliki. Dari kapasitasnya terbagi menjadi tiga ukuran yaitu ringan (5,5-9 kg), sedang (10-19 kg), berat (20-100 kg). Semakin besar usaha laundry atau semakin besar kebutuhan untuk mencuci pakaian tentu pilihan paling bagus ialah memilih kapasitas berat karena cocok untuk usaha skala besar yang biasa digunakan oleh Hotel-hotel.. Namun jika untuk pemakaian yang standar ukuran sedang sepertinya sudah mencukupi baik untuk usaha menengah maupun pemakaian rumah tangga.

Model Mesin Cuci

Diatas baru pemilihan ukuran kapasitas mesin cuci, nah sekarang lanjut dari segi model mesin cuci. Secara umum ada 4 model namun yang familiar di kalangan masyarakat indonesia hanya ada 2 selebihnya jarang di temukan.

1. Mesin Cuci Front Loading (Bukaan Depan)

Biasanya mesin cuci model bukaan depan tersedia untuk kapasitas mencuci ukuran kecil hingga sedang yakni mulai dari 6 kg sampai 20 kg. Mesin ini pun sangat sering dipakai oleh para pengusaha laundry karena dianggap lebih eco-friendly karena memakai teknologi terbaru yang hemat air dan listrik. Lebih mudah dioperasikan alias user-friendly. Jika kamu punya staf laundry berkebutuhan khusus mesin jenis ini sangat mudah digunakan.

2. Mesin Cuci Top Loading (Bukaan Atas)

Mesin cuci bukaan atas sering digunakan oleh kebanyak ibu rumah tangga di indonesia, dengan kapasitas 6-15 kg tidak terlalu memakan tempat. Dari segi harga pun lebih terjangkau dan murah. Mesin jenis ini sangat cocok untuk pengusaha yang mengedepankan harga laundry yang murah dengan jumlah cucian yang banyak. Tentunya trik marketing seperti ini sangat menarik para pelanggan. Namun kekurangan dari mesin jenis ini memakan waktu yang lama karena harus dua kali kerja, karena mencuci, membilas dan mengeringkan dengan bantuan manual dan tradisional.

Ada dua pilihan yaitu mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung. Untuk mesin cuci 2 tabung, ini banyak penggunanya karena ada tabung khusus cuci-bilas, dan ada tabung pengering. Lalu untuk mesin cuci 1 tabung, merupakan inovasi baru dengan fitur lebih modern, karena semua pekerjaan seperti merendam, cuci, bilas hingga mengeringkan dapat dilakukan dalam 1 tabung yang sama. Hanya saja tetap harus dilakukan manual hehe.

3. Mesin Laundry Koin Laundromat (Self-service)

Mesin ini sangat jarang di temukan di Indonesia dan di kota-kota besar pun tergolong masih jarang. Biasanya banyak ditemukan di negara maju seperti, korea, amerika serikat, malaysia dll. Pernah lihat adegan mister bean mencuci pakaiannya di tempat laundry? 

laundry koin


Yups, seperti itulah mesin laundry koin. Kapasitas mesin ini berukuran mulai dari 6-23 kg. Jenis laundry koin ini sangat cocok di terapkan di kawasan apartemen, penginapan maupun asrama. Karena para pelanggan yang ingin privacy pasti memilih jenis laundry ini, karena tidak semua laundry mau menerima pakaian dalam. hehehe

4. Stack Washer/Dryer

Sudah pernah dengar jenis mesin cuci ini? Kalau belum kita sama, karena ini juga pertama kalinya aku mengetahuinya. Kabarnya mesin cuci ini lebih modern karena punya sistem yang canggih dan efisien sehingga mampu mencuci dan mengeringkan sekaligus. Jenis mesin ini sangat cocok jika tempat usaha laundry kamu tergolong sempit. Namun harganya sangat mahal lho jadi hanya pebisnis sultan yang berani menggunakan jenis mesin ini.

 

Dari pembahasan soal kapasitas dan model mesin cuci diatas dapat di ambil poin pentingnya yang aku persingkat seperti dibawah ini yaitu

Tips Memilih Mesin Cuci untuk Bisnis Laundry

  1. Pertimbangkan Frekuensi Pencuci yang Diinginkan
  2. Sesuaikan Jenis Mesin Cuci dengan Jenis Jasa Laundry Anda
  3. Pilih Merk yang Reliabel yang Terjamin Mutunya
  4. Pilih Mesin Cuci yang Mudah Dioperasikan
  5. Bergaransi dan Mudah Menemukan Tempat Perbaikan Jika Rusak
  6. Sesuaikan dengan Ukuran Ruanga
  7. Pertimbangkan Mesin yang Ramah Lingkungan dan Hemat Energi


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Mesin Cuci untuk Usaha Laundry"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel