Berkah Pandemi Menjadi Bagian dari Keluarga Jempolan di Acara BloggerDay 2021

Keluarga Jempolan

Sejak tanggal 2 Maret 2020 lalu, Pemerintah telah mengumumkan secara resmi bahwa pandemi covid-19 sedang melanda indonesia. Tak terasa kini sudah satu tahun berlalu namun pandemi belum berakhir jua, pasti banyak kesulitan maupun tantangan yang harus kita hadapi selama pandemi. 

Berbagai perubahan yang mau tak mau mesti kita hadapi. Berbagai lini kehidupan pun terkena dampaknya, mulai dari kesehatan, sosial, pendidikan, ekonomi bahkan pariwisata.

Di Terjang Berbagai Kesulitan dan Tantangan saat Pandemi

Sektor yang kini menjadi perhatian utama kita adalah kesehatan. Sebab sejak pandemi masyarakat diharuskan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, khususnya ketika beraktifitas di luar rumah. Protokol kesehatan yang saat ini di anjurkan adalah 5M yang merupakan pelengkap dari protokol kesehatan sebelumnya 3M.

Anjuran 5M ini dimulai dari memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun/ menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

Ada pula versi 3T yang merupakan tindakan untuk lebih menekan penyebaran virus covid-19 antara lain yaitu testing (melakukan tes COVID-19), tracing (penelusuran kontak erat) dan treatment (perawatan pada pasien).

Sebelum adanya pandemi aku termasuk orang yang aktif berolahraga terutama lari, aktivitas ini sudah menjadi rutinitas yang biasa aku lakukan setiap hari, paling tidak 2 - 3 kali seminggu. Namun sejak pandemi aktivitas tersebut berkurang, malah sekarang udah gak pernah lagi. Salah satu penyebabnya berat badan yang melonjak naik hehehe.

Ya begitulah aku, pemilik tubuh endomorph yang sangat mudah menambah proporsi tubuh, disebabkan kurang olahraga dan pola makan yang buruk. Mungkin masalah kenaikan berat badan ini tidak hanya dirasakan daku sendiri, orang lain pun juga mengalaminya, disebabkan banyak aktivitas dirumah saja. Kini aku bertekad harus mengembalikan berat badan di angka yang normal. 

Jadi aku mulai workout dirumah dengan membuat dumbel sendiri dengan bahan seadanya seperti pipa pralon, kaleng cat, pasir dan semen. Selain itu aku juga beli peralatan lainnya di online shop.

workout di rumah

Kenapa pilih workout di rumah dan bukan di gym bang? Jawabannya, tentu saja untuk menghindari kerumunan, aku juga termasuk orang yang gak tahan jika olahraga dengan menggunakan masker secara terus menerus bisa semamput. Alasan lainnya dengan workout di rumah lebih nyaman walaupun dengan alat yang seadanya,lumayan bisa bikin tubuh bugar.

Sejak memutuskan resign dari pekerjaan di Pontianak, yang bertepatan pula dengan di umumkannya pandemi oleh pemerintah, aku pun kembali ke kampung halaman di Sambas. 

Awalnya aku berniat akan membuka usaha, terutama usaha percetakan kecil berbekal pengalaman kerja. Namun datangnya pandemi membuat aku mengurungkan niatku dahulu, sebab salah satu target pasar adalah anak sekolah dan anak kuliahan. Seperti yang kalian tahu baik sekolah maupun kuliah harus melakukan pembelajaran jarak jauh melalui daring.

Berusaha Bangkit

Oleh sebab itu aku belajar banyak hal, mulai belajar masak ayam geprek, berjualan kebab mini dan membuat roti, belajar menanam sawi dan cabe, dan belajar hal baru lainnya seperti ikut kelas online maupun webinar gratis.

Pandemi pun telah membatasi gerak kita untuk bersosialisasi. Adanya teknologi seperti sosial media telah membantu kita untuk saling berkomunikasi, sehingga memudahkan kita untuk saling bertukar informasi, maupun bertukar pikiran. 

Dengan bergabung dibanyak forum maupun komunitas menjadi salah satu kegiatan yang aku lakukan semenjak pandemi, selain ingin memperluas jaringan pertemanan, hal ini bisa menjadi ladang rejeki. Dan benar saja, banyak hal positif yang terjadi. Aku bersyukur ini menjadi berkah pandemi, salah satunya akhirnya aku bisa menikmati hasil dari ngeblog.

Aku baru bisa merasakan hasil dari ngeblog setelah mengikuti salah satu kelas online belajar blog, beruntung aku bisa menjadi salah satu yang bisa lulus dan mendapat ilmu tentang blog dan bonusnya bisa Domain Authority melejit.

Salah satu rejeki yang aku syukuri juga adalah bisa bergabung di Komunitas Bloggercrony Indonesia dan tak menyangka terpilih menjadi 100 peserta BloggerDay 2021. Padahal aku termasuk anggota BCC Squad yang baru kemarin sore mendaftar di gform.

Sekedarinformasi, Bloggercrony adalah komunitas blogger Indonesia, multiplatform, yang di dirikan oleh Wardah Fajri (Founder), Anesa Nisa (Co-Founder), dan Satto Raji  (Co-Founder) pada 24 Februari 2015 yang berbasis di Jakarta. Komunitas ini punta tagline menarik yaitu Blogging, Networking, Empowering.

BloggerDay 2021 yang diselenggarakan oleh Bloggercrony ini merupakan salah satu bentuk nyata dari misi Networking dan sebagai bentuk perayaan hari jadi Blogggercrony  ke enam. Meski di masa pandemi, kegiatan ini harus dilakukan secara virtual namun tidak menyurutkan semangat teman-teman peserta, maupun panitia penyelenggara.

Tahun ini BloggerDay 2021 mengusung konsep Keluarga Jempolan, oleh karena itu serangkaian acaranya pun mengajak keluarga para peserta untuk turut ikut serta, terutama anak-anak. Konsep Keluarga Jempolan pun di ambil dari angka 6 Tahun berdirinya Bloggercrony dan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2021. Konsep ini pun aku coba visualisasikan kedalam bentuk animasi sederhana dibawah ini.


Rangkaian Acara BloggerDay 2021

alur kegiatan BloggerDay 2021

Acaranya berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Di pembukaan acara kami disambut oleh Host yaitu mba Gita Siwi dan memperkenalkan tentang Bloggercrony, pengurus hingga panitia BloggerDay 2021. Setelah itu pengumuman pemenang FB Post Competition sebanyak 15 orang.

kepengurusan BCN

Dilanjutkan dengan pengumuman Most Wanted Blog Award 2021 yang dimenangkan oleh Kak Herva Yulyanti pemilik blog www.bundanameera.com, yang mana di bloggerday tahun sebelumnya ia juga pernah mendapat gelar Most Wanted Blog Award 2018 Favorite Winner.

Herva Yulyanti : Most Wanted Blog Award 2021

Acara dilanjutkan dengan mengajak liburan virtual bersama Keluarga Jempolan, bersama keluarga para peserta terutama anak-anak. Bikin seneng keluarga nih sebab liburannya tuh jalan-jalan virtual ke USA yang di pandu oleh kak Idfi Pancani. 

Walaupun secara virtual ternyata anak-anak pada senang ikut kegiatan ini, selain menambah pengetahuan akan wisata terkenal disana mulai dari White House, Niagara Falls, Statue of Liberty, Georgia Aquarium, Universal Studio dan Disneyland, di sela-sela waktu kak idfi memberikan quiz seputar USA dan tentunya berhadiah gift menarik untuk anak-anak. 

virtual family trip
Kak Idfi sedang bercerita tentang Karnaval di Disneyland

Sebagai orang dewasa aku pun merasakan kegembiraan ini bersama mereka, pembawaan kak idfi yang juga menyenangkan sehingga aku pun ikut larut hingga terbayang seakan-akan benar-benar sedang berada disana. Salah satu tempat yang ingin aku kunjungi di sana yaitu wisata alamnya salah satunya Niagara Falls. Semoga kita semuanya berkesempatan mengunjungi USA secara langsung ya gaes. Semoga Allah mengijinkan, aamiin

Acara dilanjutkan mulai pukul 13.00 WIB, setelah para peserta istirahat sejenak selama 1 jam. Namun di awali dahulu dengan game kahoot, dan terpilihlah 3 pemenang utama.

Selanjutnya rangkaian BloggerHangout pada kelas workshop yang dipandu oleh moderator Mba Helen Simarmata, yang membahas tema Senjakala “Conten Creator” bersama dua Narasumber Ekspertis di bidangnya masing-masing yaitu Kang Maman Suherman & Mas Shafiq Pontoh. 

mas shafiq dan kang maman

Insight yang paling di ingat dari mereka berdua adalah 6 literasi dasar yang harus di miliki oleh content creator, kolaborasi antara kaum kolonial dan milenial, pembuat kontet harus mengenal SWOT Analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), setiap tulisan baiknya menggunakan pola 5W+1H meskipun tak harus mencakup semuanya.

Kemudian di sela-sela waktu istirahat, para founder berbincang santai dengan peserta yang baru sekali ikut BloggerDay serta dengan anggota yang tak pernah absen sejak BloggerDay pertama di gelar. Dilanjutkan dengan luckydraw 50 hadiah dari blogger preneur, (peserta lain yang sudah dapat hadiah, berbesar hati memberikan kesempatan untuk teman peserta lain yang belum sama sekali mendapatkan hadiah)  Sebelum mulai workshop selanjutnya, Bloggercrony menggalang dana dalam program BloggerCare yang akan di salurkan kepada rekan sesama blogger yang sedang membutuhkan.

Workshop selanjutnya mengenai Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh, dengan Narasumbernya yaitu Mba Ifa H. Misbach dan Kak Kania Safitri. Di sesi pertama kak kania safitri berbagi tips dan cerita bagaimana cara ia menghadapi anak menemani proses pembelajaran jarak jauh, sebagai calon orang tua ini menambah pengetahuan cara mendidik dan memperlakukan anak dengan baik, meskipun aku belum menikah hehehe.

kania safitri

Lalu insight dari Mba Ifa yang membuat kita sebagai orang tua harus memahami apa yang dirasakan anak selama pembelajaran jarak jauh, yang seakan menyentil kita para orang tua yang selama ini hanya bisa menyalahkan anak maupun guru.

ifa h misbach

Setelah paham apa saja keresahan anak tentu sebagai orang tua kita dapat bertindak yang seharusnya sehingga tidak membuat anak merasa frustasi. 

keresahan anak saat PJJ
ilustrasi keresahan anak saat PJJ

Materi yang di sampaikan Mba Ifa ini terbatas oleh waktu, sehingga banyak peserta yang merasa butuh tambahan materi di lain kesempatan, di tunggu Kak min hehehe. Semoga di BloggerHangout selanjutnya ada lanjutan materi dari Mba Ifa. Ohya, Mba ifa juga memberikan softcopy file materi tersebut agar bisa dibaca kembali untuk lebih paham materinya. 

Bertabur Hadiah

Dari awal acara hingga acara selesai hadiah seakan bertaburan, hampir seluruh peserta mendapatkan manfaatnya termasuk aku, alhamdulillah nyangkut juga jadi pemenang Ig Post. Puncaknya adalah hadiah lomba blog yang lumayan menggiurkan, semoga tulisanku di lirik oleh juri, dan di dapuk sebagai pemenang yee!!! hehehe

banjir hadiah

Ucapan Terima Kasih

Tentunya acara ini tak akan berjalan tanpa dukungan dari pada BloggerPreneur, terima kasih banyak kami ucapkan kepada para Bloggerpreneur yang telah bersedia mendukung acara ini dan juga telah memberikan banyak hadiah menarik kepada peserta BCC Squad.

bloggerpreneur

Terima Kasi Kepada :

@resepdapurayah @hennahijab_collection @ebigsoo_fashion_ @geraiaksesoris2 @sreehandmate @photo_coffee_ @duorajistore @katalensaku.photoworks @anesacooking @aykoprojects @makarame @dapursesukahati @asiboostertea @kitatama.id dan kepada para panitia penyelenggara yang telah bekerja keras untuk mensukseskan acara ini, tak lupa terima kasih & salam hormat kepada para Narasumber.

Sebagai anggota BCC Squad yang baru, acara BloggerDay 2021 ini seru dan menyenangkan, meski dilakukan secara virtual. Aku pun menilik ke masa-masa lalu yakni melihat tulisan pengalaman teman-teman yang pernah mengikuti rangkaian acara BloggerDay secara langsung, yang pernah dilaksanakan di kota Jakarta, Bogor, Bandung. 

Seandainya tahun depan bisa diselenggarakan secara langsung mungkin bisa dilaksanakan di luar jawa ya, jadi setiap tahun perayaan BloggerDay nanti seakan mengelilingi semua kota di Indonesia pasti semakin seru deh hehehe.

Kesimpulan akhir, dimanapun kita berada agar selalu menjaga kesehatan tubuh kita dan juga selalu meng-upgrade diri agar bisa bersaing di zaman serba kreatif ini. 

Keep Safe, Stay Healhty and Stay Strong Guys


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Berkah Pandemi Menjadi Bagian dari Keluarga Jempolan di Acara BloggerDay 2021"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel