Makanan Yang Di Gemari Rasulullah SAW

Inilah makanan kegemaran atau kesukaan Rasulullah SAW

Dari judul di atas pasti teman-teman sudah mengira kurma, karena bukan rahasia umum lagi bahwa kurma merupakan makanan buka kesukaan Rasulullah. Namun berikut akan dibahas beberapa makanan kegemaran Rasullah SAW selain kurma. Penasaran? Nah Inilah makanan kegemaran atau kesukaan Rasulullah SAW

makanan kegemaran rasulullah

Anggur

Anggur menjadi salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah. Hal ini tidak mengherankan karena anggur memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apalagi dengan kandungan vitamin C dalam buah anggur yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membuat kamu menjadi semakin kuat selama berpuasa.

Soal rasa tentunya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, anggur memang sangat enak dan juga menjadi buah favorit banyak orang.

Anggur alam di sebut dalam surah Ar-Rad ayat 4  bahwa buah Anggur memiliki kelebihan dalam hal rasa dibanding buah lainnya. Selain itu, anggur juga punya banyak khasiat seperti mengurangi peradangan, mencegah penyakit pikun, melancarkan perjalanan darah, dan membersihkan perut.

Madu

Mengonsumsi madu setelah berbuka puasa dapat menjaga kadar gula darah dan sangat baik untuk kesehatan. Rasanya yang manis juga sering dijadikan sebagai pengganti gula yang tentu lebih sehat.

Selain itu, saat puasa kamu bisa menghindari terserang sembelit dan diare akibat makanan yang kamu konsumsi saat berbuka atau sahur. Salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah ini bahkan menjadi santapan pagi Rasulullah saat perut kosong

Sabda Rasulullah SAW: “Demi Allah yang aku dalam genggaman-Nya, minumlah madu. Malaikat akan memohon rahmat pada penghuni rumah yang ada madu di dalamnya. Jika seseorang makan madu, seribu obat masuk ke perutnya dan sejuta penyakit keluar darinya”

Jamur

Jamur dianggap sebagai anugerah yang istimewa oleh Rasulullah SAW.

Said bin Zaid bin Amru bin Nufail R.A. berkata: Aku pernah mendengar Nabi s.a.w bersabda: “Jamur adalah sejenis Manna (satu anugerah yang sangat istimewa) dan dapat mengobati mata”. Sejak zaman dahulu jamur memang sudah jadi obat herbal. Adapun nama jamur yang dimaksud adalah truffle. Tanaman ini konon dapat ditemukan dekat batang pohon besar dan berbentuk umbi. Jamur jenis ini merupakan salah satu jamur yang bernilai tinggi karena Truffle hitam bisa dibandrol berkisaran 30 juta per kg dan 120 juta untuk truffle putih.


Delima

Buah Delima merupakan salah satu daftar buah surga, Buah delima disebut 3 kali dalam Alquran dan buah ini disebut sebagai buah dari surga. yang tercantum pada surat Ar-Rahman ayat 68 yang artinya, 


"di dalam kedua-dua surga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima."
Sedangkan dalam hadits dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya.

Semangka

Semangka merupakan buah yang cukup sering kamu temuka setiap harinya. Ternyata semangka merupakan salah satu makanan buka kesukaan Rasulullah. Dengan kandungan air yang tinggi, rendah kalori, serta mengandung berbagai vitamin dan mineral membuat semangka sangat baik untuk kesehatan.

Apalagi semangka juga memiliki sifat anti kanker. Semangka juga sering dijadikan sebagai perawatan kulit dengan khasiatnya yang bersifat anti-penuaan.
Itulah beberapa makanan buka kesukaan Rasulullah. Kebanyakan makanan makanan tersebut adalah jenis buah buahan. Hal itu tidak mengherankan karena buah memang memiliki berbagai macam khasiat yang baik untuk kesehatan.

Bahkan di antara makanan kesukaan Rasulullah tersebut banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah seharusnya kita meniru makanan buka kesukaan Rasulullah tersebut agar kesehatan tetap terjaga dan puasa menjadi lancar

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata,

“Sesungguhnya Nabi -SAW- sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy no.1843,dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843)

Nabi mengatakan wanita hamil tidak akan gagal melahirkan anak yang baik, karakter dan wajahnya, bila mengkonsumsi semangka

Beberapa manfaat buah semangka adalah :  Mencegah Impoten,Mengatasi Lemak yang Menumpuk, Menyehatkan Jantung, Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian, Menurunkan Tekanan Darah, Mencegah Dehidrasi, Menjaga Kelembapan Kulit, Melindungi Fungsi Saraf, Mengatasi Sembelit, Menjaga Kesehatan Ginjal, Menjaga Kesehatan Rambut, Mengatasi Nyeri Otot, dan Mencegah Kanker.

Susu (Susu kambing)

Susu tidak hanya menjadi makanan buka kesukaan Rasulullah, tetapi juga rutin dikonsumsi saat sahur. Dengan kandungan vitamin di dalam susu dapat menjaga kebugaran tubuh kamu seharian. Segelas susu mengandung protein dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Rasulullah biasanya mengonsumsi susu kambing atau susu unta semasa hidupnya

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Akan tiba suatu masa di mana kambing adalah sebaik-baik harta bagi orang Islam. Orang Islam akan memeliharanya di puncak-puncak bukit dan di lembah-lembah, hidup terisolasi dari masyarakat demi memelihara agama dari ditimpa bencana.” Konon, susu kambing khasiatnya hampir menyamai ASI.

Menurut Journal of American Medicine, susu kambing adalah makanan paling lengkap dengan kandungan vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh


Jahe

Jahe disebut dalam surat Al-Insan ayat 17 Allah berfirman: 
“Dan mereka dalam surga itu diberi dari sejenis minuman yang campurannya zanjabil (jahe)." 
Jahe berkhasiat untuk pencernaan, sendi, dan peredaran darah

Selain Makanan yang di sebutkan diatas masih ada makanan lain yang juga menjadi favorit Rasulullah tapi belum begitu familiar di kita adalah barli, buah tin, habatussauda, safron, kelabat, dan cuka apel.



makanan favorit Rasulullah SAW




sumber dikutip dari : www.idntimes.com , www.liputan6.com


Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

1 komentar

  1. Rasulullah SAW panutan umat ISLAM> Semua menu kesukaan Rasulullah SAW juga saya sukai, terutama sekali MADU dan JAHE. Saay ska SUSU dengan jahe. SUSU jahe
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko