Postingan

Kalian Wajib Tahu, Inilah Manfaat dan Kandungan Susu Kambing etawa

Manfaat susu kambing etawa ternyata tak kalah dengan susu sapi. Sebab, terdapat banyak sekali nutrisi yang berharga dalam minuman sehat ini.

Di masa peralihan cuaca seperti sekarang, sering kali kita rentan terserang penyakit akibat daya tahan tubuh yang menurun. Untuk itulah wajib bagi kita untuk menjaga daya tahan serta imunitas tubuh. Untuk menjaga imunitas tubuh, bisa dengan cara rutin berolahraga beberapa kali dalam seminggu serta menerapkan pola makan yang sehat.

Pola makan sehat pastinya tidak jauh dari program empat sehat lima sempurna. Susu merupakan salah satu tambahan dalam pola makan sehat dan merupakan minuman kesukaan Nabi Muhammad, lebih spesifiknya ialah susu kambing. Manfaat susu untuk kesehatan ternyata sudah diketahui sejak jaman para nabi. Di jaman sekarang jenis susu kambing yang banyak beredar adalah susu kambing etawa.

khasiat susu kambing etawarich


Namun. beberapa orang lebih menyukai susu sapi dan susu nabati ketimbang susu kambing etawa, hal ini dikarenakan aroma bau prengus yang ditimbulkannya. Sehingga meskipun orang mengetahui manfaat susu kambing etawa, mereka lebih memilih mundur dengan tidak meminumnya.

Sekadar info sedikit, bagi yang belum tahu asal kambing etawa merupakan hasil persilangan dari kambing lokal Indonesia dengan kambing India (Jamnapari). Perawatan dan perkembangbiakannya tergolong mudah bagi masyarakat kita sehingga hal ini bisa menjadi alternatif ternak selain sapi dan jenis kambing lainnya.

Nah beberapa bulan ini, akibat naiknya berat badan serta pola hidup yang kurang sehat (jarang olahraga) aku mudah sekali merasakan nyeri sendi serta mudah terserang flu, ditambah peralihan cuaca yang kadang tak menentu. Ternyata saat riset aku menemukan solusi buat mengatasi masalah nyeri sendi yang aku alami yang mungkin pada umumnya dialami oleh kalangan lanjut usia.

susu untuk nyeri sendi

Manfaat Susu Etawa etawarich

Susu etawarich merupakan salah satu produk susu nyeri sendi yang direkomendasikan oleh beberapa teman di komunitas. Khasiat susu kambing etawarich sendiri selain digunakan sebagai susu kesehatan,  ternyata bisa juga untuk pengapuran tulang dan untuk nyeri sendi.  

Susu untuk kesehatan juga punya segudang manfaat lain seperti meningkatkan sistem imun tubuh, membantu menjaga berat badan ideal, menurunkan kadar asam urat, cocok untuk ibu menyusui karena membantu meningkatkan produksi ASI, dan membantu sistem pencernaan tubuh.

Kandungan susu kambing etawa etawarich

Kandungan susu etawa pada produk susu etawarich memiliki kadar gula dan lemak rendah serta diproduksi tanpa penggunaan bahan pengawet. Dengan kandungan  bahan-bahan alami dan penting untuk kesehatan seperti 98% susu kambing berkualitas, daun sirsak, gamat,  kayu manis, bee pollen dan gula stevia.  Dan yang paling penting tidak bau prengus

khasiat dan manfaat susu kambing etawa

Selanjutnya di bawah ini aku mencoba menjelaskan secara detail tentang kandungan susu etawarich masing-masing bagian. Berikut rinciannya :

1. 98 % susu kambing etawa

Sebanyak 98% kandungan susu kambing etawa ini pun punya banyak nutrisi meliputi sodium, flourin, kalsium, dan fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsiumnya tinggi hampir setara dengan susu sapi. Selain itu, kandungan susu etawa berguna dalam upaya menurunkan kolesterol. Sehingga bagi penderita kolesterol tinggi bisa mencoba alternatif lain yakni meminum susu etawarich yang berguna dalam usaha menurunkan kadar kolesterol. 

2. Gamat

Nutrisi yang terdapat pada gamat yaitu protein tinggi, kolagen, glukosamin, dan kondroitin. Beberapa kandungan gamat tersebut dapat membantu untuk mengatasi nyeri sendi dan mendukung pembentukan tulang rawan. Hal ini juga aku rasakan ketika mencari riset mencari susu nyeri sendi dan susu tulang keropos yang muncul pertama adalah susu kambing etawa. Sehingga buat pegiat olahraga khususnya lari yang rentan dengan terkena nyeri sendi susu untuk pengeroposan tulang ini pastinya cocok banget.

3. Daun Sirsak

Dengan adanya senyawa flavanoid dalam kandungan ekstrak daun sirsak pastinya menambah manfaat susu kambing etawa yang berguna dalam mencegah pembentukan asam urat. Jadi khasiat susu kambing etawarich ini cocok sekali bagi kamu yang punya masalah asam urat.

4. Kayu Manis

Nutrisi penting yang terdapat pada kayu manis meliputi kumarin, eugenol, dan kaneel aldehida , yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

5. Bee Pollen

Bee Pollen juga mengandung flavonoid, seperti halnya daun sirsak. Namun terdapat pula kandungan lain seperti quercetin, dan glutathione. Berfungsi dalam melawan radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta mendukung fungsi hati dan kesehatan jantung.

6. Gula Stevia

Gula stevia sering ditemukan pada penjual minuman kekinian, tingkat kemanisan gula stevia dengan gula pasir biasa bisa dibilang dengan perbandingan 1:7 . Jadi, tak heran jika gula stevia disebut sebagai pemanis dengan nol kalori, memberikan rasa manis pada susu etawarich tanpa menambah kalori berlebihan. Jadi buat yang ingin menjaga berat badan susu kambing etawa aman karena sangat rendah kalori serta tinggi protein sehingga memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Perpaduan dan kombinasi dari beragam zat yang terdapat pada susu etawa etawarich membuat semakin yakin sebagai minuman suplemen tambahan bisa untuk mencegah nyeri sendi hingga menghambat pengeroposan tulang. Tak heran predikat susu nyeri sendi dan susu tulang keropos / susu untuk pengeroposan tulang sangat layak disematkan pada produk susu etawarich.

Cara Penyajian Susu etawarich

Cara yang benar dalam penyajian susu etawarich agar rasanya enak cukup mudah, seperti langkah berikut ini :

  1. Gunakan cangkir kecil dan tuangkan 1 sachet susu kambing etawarich
  2. Tuang 120 ml air panas saja, ingat jangan lebih agar rasa manis pas dan tidak hambar
  3. Aduk secara merata dan rasakan khasiat susu kambing etawa.
Cara penyajian susu etawarich


Sangat simpel dan praktis bukan?

Satu hal yang paling menjadi concern aku di sini adalah isu soal aroma yang mengatakan bahwa susu etawarich tidak bau prengus, jadi tak perlu lagi khawatir. Bisa dinikmati sebagai minuman susu pada umumnya. Kandungan 98% susu kambing etawa serta pemanis nol kalori gula stevia menjadikan pilihan terbaik sebagai susu untuk kesehatan serta solusi untuk masalah pengapuran tulang.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan khasiat serta manfaat dan kandungan susu kambing etawa yuk kita cobain sama-sama. Khususnya yang punya masalah nyeri sendi seperti aku sangat penasaran untuk merasakan manfaat susu etawa etawarich. Produknya sudah tersedia di e-commerce Shopee dan Tokopedia

Pastikan untuk membelinya di distributor resmi yaitu etawarich official store agar terjaga keaslian produk susu etawa etawarich. Jangan membeli produk ilegal maupun yang palsu ya. Agar manfaat susu etawa etawarich bisa secara penuh kamu rasakan sendiri.


Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

26 komentar

  1. Nah benee biasanya kalau denger kata susu kambing gitu yg dipikirin bau prengusnya itu. Nah ini susu etawa anti bau prengus yg wajib dicoba. Banyak manfaatnya dan juga menyehatkan
  2. Nah penting nih. Susu kambing yg engga bau prengus. Justru seringnya maju-mundur mau beli, takut bau prengus yah. Mana udah dibeli kaan kudu dihabiskan... Cus ah ke toko oren...
  3. Awalnya saya juga tidak suka susu kambing, Bang. Karena bau khasnya itu. Padahal banyak sekali manfaat susu kambing ini. Nah, kalau susu kambing sudah tidak bau prengus, susu kambing jadi banyak pilihan orang selain susu sapi.
  4. Gampang sekali cara penyajiannya yaaa kemasannya juga praktis tinggal langsung seduh aja. Banyak tersedia di e-commerce memudahkan kalau mau stok lagi. Stok yang banyak biar rasakan manfaatnya 🤗
  5. Di sini juga masa pancaroba, bentar panas eh siangan ujan. Bikin gampang turun imunnya kalo ga jaga kesehatan dengan makan bergizi dan tidur cukup. Untung ada etawarich sebagai pilihan susu kesehatan. Kandungan susu etawa pada etawarich juga rendah kadar gula dan lemak yaa.
  6. Susu kambing etawa etawarich ini beneran solusi buat orang yang gak suka bau prengus, seperti saya.
  7. Susu kambing etawa etawarich ini memang solusi tepat buat orang yang gak suka bau prengusnya susu kambing, seperti saya.
  8. Susu kambing etawa memang banyak khasiatnya terutama untuk susu nyeri sendi. Aku bakal konsumsi rutin ah biar sehat tulangnya
  9. Susu kambing etawarich ini memang terasa banget khasiatnya dan satu yang paling saya suka, benar2 nggak bau prengus. Cocok buat jaga kesehatan apalagi pas musim hujan kayak gini (Talif)
  10. Ooo ternyata si Susu Kambing Etawa ini nggak bau prengus ya. Awalnya sudah khawatir sih karena biasanya kalau susu kambing itu kan ada aroma-aroma khasnya gitu. Pas sih untuk dikonsumsi sesiapa saja yang berniat menjaga kesehatan tubuhnya, dan ogah minum susu kambing sebelumnya karena khawatir sama aromanya tadi.
  11. Padahal kalau dipikirkan susu nabati dan susu kambing punya ciri khas dan tektus rasa yang berbeda. Sehingga bisa sih dinikmati keduanya karena punya hal yang unik masing²
  12. susu kambing ternyata manfaatnya tidak kalah ya sama susu sapi dan bahkan bisa bagi mereka yang alergi susu sapi. bisa dcoba nih nanti susu kambing etawarich ini
  13. Ternyata memang susu etawarich bagus ya kandungannya karena menambahkan beberapa bahan alami seperti kayu manis, daun sirsak, bee polen, dll
  14. Susu etawrich dari susu kambing etawa asli sampai 98 persen, ini bikin susunya sangat berasa khasiatnya. pas awal beli etawrich nih suka banget waktu lihat pakcagingnya menurutkan simple tapi mewah, terus ada ucapan terma kaish juga. Jadi serasa spesial, dan makin senang konsumsi etawarich buat dapatin khasiatnya bagi kesehatan
  15. Banyak sekali ya manfaat susu kambing etawa ini. Bagiku ini hemat dan praktis karena bisa dikonsumsi semua anggota keluarga.
  16. Recommended yaa susu kambing etawarich ini tidak bau prengus, bahannya alami dan banyak manfaatnya. Cara bikinnya juga mudah
  17. Selain gak ada bau prengus sama sekali, ada kandungan gula stevianya juga ya, jadi gak perlu khawatir naik BB kalau konsumsi susu etawarich nih karena rendah kalori
  18. Baru suau etawarich nih yang mengklaim priyduknya memiliki komposisi susu kambing etawa sebanyak 98%, jadi makin yakin, benar2 sedang minum susu bukan minum tepung, hehe
  19. pas banget ketemu artikel bang eko, aku punya masalah pengeroposan tulang beberapa kali cek kesehatan dan bisa dikurangi efeknya dengan rajin minum susu, susu etwarich banyak manfaat bagus untuk sendi dan tulang pastinya
  20. Nggak nyangka kandungan susu etawarich ini beragam banget. Penuh nutrisi tinggi. Pantesan bermanfaat banget untuk menyembuhkan beragam penyakit.

    Nah buat kita yang masih muda, ayo segera konsumsi susu kambing etawarich ini. Jangan nunggu tua dan sakit2an baru minum susu kambing etawarich.
  21. susu kambing etawa memang sudah menjadi resep para sesepuh ya. Sedang di susu kambing etawarich ini ada bahan lain yang gak kalah kaya kandungan di dalamnya. makin oke khasiatnya
  22. Susu kambing etawarich banyak banget manfaatnya ya kak. Bukan cuma untuk pertulangan dan persendian aja. Tapi juga bagus untuk melancarkan ASI ibu menyusui. Rasanya enak dan gak bau prengus pula
  23. Susu etawarich banyak jg nih kandungan bermanfaat di dalamnya. Jadi nggak ragu lagi deh kalau mau beli dan konsumsi susu kambing.
  24. bahan kandungan lainnya merupakan bahan-bahan yang bagus buat kesehatan ya, jadi ya etawrich ini bagus banget selain buat tulang sendi juga menjaga kesehatan, rekomen deh buat jaga kesehatan usia over 30an ya
  25. sama deh cara penyajiannya, aku kasih susu kambing anakku tuh tidak terlalu banyak airnya, gelas kecil saja. kadang dia minum pagi, sebelum berangkat sekolah.
  26. Iyaaa Bang. Penting banget menjaga stamina dengan konsumsi 4 sehat 5 sempurna. Minum susu kambing Etawarich bisa bikin sehat segar bugar dan siap kerja walau musim hujan melanda.
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko