Ketahui khasiat brokoli untuk kesehatan, mencegah penyakit berikut

brokoli merupakan sayuran yang punya segudang khasiat untuk kesehatan tubuh, berikut adalah rangkuman beberapa manfaat dari sayur brokoli

Menjaga kesehatan merupakan sebuah keharusan yang mesti kita lakukan terlebih sekarang Indonesia sedang memasuki masa transisi dari pandemi covid ke endemi. Salah satu kiat untuk menjaga kesehatan adalah mengonsumsi makanan bergizi.

Buah dan sayuran merupakan pilihan utama untuk mendapatkan manfaat asupan nutrisi tubuh yang baik. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada sayur sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Sebagian besar orang pasti sudah tahu jika sayur Brokoli punya segudang manfaat yang bagus untuk tubuh kita. Kandungan vitamin yang lengkap mulai dari vitamin A, B, C, E dan K serta punya kandungan karbohidrat kompleks, folat, air, kalium, fosfor, zinc, kalsium, zat besi, serat, antioksidan hingga mineral untuk tubuh.

Meskipun brokoli kaya akan manfaat, namun tetap saja tak semua orang menyukainya. Padahal sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi sebagai upaya pencegahan penyakit dan paling utama sekarang adalah untuk pencegahan virus Corona.

Brokoli dapat menjadi salah satu menu sayur harian anda sebab sayuran ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara memasak mulai dari dikukus, direbus, ditumis, sebagai olahan hingga sebagai campuran sup.

Sederet Khasiat Brokoli bagi Kesehatan

khasiat brokoli penawar penyakit


Lalu seperti apakah manfaat brokoli untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui? Berikut ini aku rangkum beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan Anda:

1. Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah

Berkat kandungan serat, antioksidan dan kalium pada brokoli bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta mencegah terjadinya aterosklerosis (pembentukan plak pada pembuluh darah). Bahkan menurut penelitian, ditemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi brokoli kadar trigliserida dan kolesterol LDL ‘jahat’ berkurang secara signifikan.

Kandungan kalium pada brokoli bermanfaat pada sistem kardiovaskular sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah serta irama detak jantung tetap stabil.

2. Mencegah kanker

Zat sulforaphane memberikan rasa pahit pada brokoli namun manfaatnya justru sangat bagus untuk menurunkan risiko terserang penyakit kanker, seperti kanker payudara, prostat lambung, kolorektal, ginjal, usus besar, kandung kemih hingga kanker paru-paru

Adanya zat antioksidan pada brokoli juga berpengaruh mengurangi peradangan pada jaringan tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan sel tubuh serta mencegahnya berubah menjadi kanker.

3. Melancarkan pencernaan

Brokoli merupakan makanan berserat tinggi sehingga sangat bermanfaat pada sistem pencernaan khususnya untuk merangsang pergerakan usus sehingga pencernaan jadi lancar. Hal ini mirip seperti manfaat buah pisang sehingga buah berserat tinggi seperti brokoli baik dikonsumsi untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam brokoli sangat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin C sangat baik menjalankan perannya dalam pencegahan maupun melawan infeksi. Untuk satu cangkir brokoli (sekitar 91 gram) terkandung 84% vitamin C yang berguna untuk tubuh.

5. Memperlambat proses penuaan

Lagi-lagi kandungan antioksidan dan vitamin C juga berguna untuk mengurangi keriput sebab kandungan zat tersebut mampu mencegah serta memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari langsung serta polusi. Selain itu juga dapat mengatasi kulit kering serta membantu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Sebuah penelitian menyebutkan hasil yang membuktikan bahwa ekstrak brokoli memberikan efek perlindungan yang signifikan terhadap kerusakan kulit dan menghambat perkembangan kanker setelah terkena paparan sinar matahari.

6. Meningkatkan kepadatan tulang dan sendi

Diketahui brokoli bermanfaat untuk menjaga kepadatan dan memperkuat tulang serta sendi. Dapat pula mencegah tulang keropos yang biasa dikenal dengan penyakit osteoporosis. Hal ini disebabkan karena kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K pada brokoli cukup tinggi. Selain itu kandungan zinc, vitamin A dan C yang mendukung kesehatan tulang lebih baik.


Setelah mengetahui berbagai khasiat brokoli untuk kesehatan dan mencegah penyakit di atas alangkah baiknya kita untuk segera membiasakan diri agar dapat mengonsumsi sayuran bergizi tinggi seperti brokoli. 

Untuk mendapatkan semua khasiat dari brokoli maupun sayur dan buah lainnya dengan cara yang lebih praktis kamu dapat coba kunjungi sayurbuah-praktis.com dimana tersedia produk menarik untuk penuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Referensi:
https://www.merdeka.com/jateng/manfaat-brokoli-untuk-jantung-membantu-mengontrol-kadar-kolesterol-hingga-gula-darah-kln.html
http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1289-sederet-manfaat-brokoli-hijau-untuk-kesehatan

Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko