Pengalaman Mengikuti Pelatihan Prakerja dan Cara Daftar Prakerja

belum lolos prakerja? coba cek mungkin ada syarat yang tidak memenuhi. Kalian bisa baca pengalaman ikut pelatihan prakerja, dan cara daftar prakerja

Beberapa waktu yang lalu aku telah menulis ulasan tentang salah satu mitra pelatihan Prakerja. Karena memang aku sendiri pernah mengikuti program kartu Prakerja di tahun 2020, jadi bisa dibilang alumni prakerja nih. Sekarang aku ingin berbagi pengalaman belajar lagi ke kalian yang mulai dari apa itu prakerja, syarat kartu prakerja, cara mendaftar prakerja, cara mengikuti pelatihan prakerja, manfaat kartu prakerja dan alasan kenapa tidak lolos seleksi gelombang prakerja.

Q : Apa itu Kartu Prakerja?

Sekilas Tentang Kartu Prakerja

cara mengikuti pelatihan prakerja

Kartu Prakerja merupakan salah satu realisasi janji kampanye presiden Jokowi, dan saat ini remsi menjadi program pemerintah. Hadirnya program ini adalah untuk meningkatkan SDM tenaga kerja maupun pencari kerja guna dapat mengembangkan kompetensi kerja, meningkatkan daya saing dan produktivitas. 

Munculnya pandemi covid-19 di awal tahun 2020 membuat perekonomian di indonesia sulit. Sehingga banyak para pekerja yang terkena dampaknya hingga diPHK. Oleh karena itu diawal peluncurannya rata-rata alumni prakerja yang berhasil lolos mendaftar kebanyakan adalah korban PHK. Meskipun demikian siapapun yang memenuhi syarat pasti bisa mendaftar dan lolos seleksi prakerja.

Untuk yang belum lolos dari gelombang ke 1 sampai sekarang akan memasuki gelombang ke 25. Jangan pantang menyerah dan tetap semangat ya. Asalkan kamu memenuhi semua persyaratannya pasti rejeki akan segera menemui pemiliknya

Q : Apa syarat daftar kartu Prakerja?

Syarat Kartu Prakerja

Syarat utama untuk bisa mendaftar di program kartu prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) jadi jelas Warga Negara Asing tidak bisa. Usia minimal 18 tahun dan punya KTP. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal artinya jika kamu berstatus pelajar/mahasiswa yang masih pendidikan tentu tidak bisa mendaftar program ini. Jadi, pastikan kamu telah lulus dari suatu jenjang pendidikan untuk bisa mendaftarkan diri pada program prakerja.

Syarat khususnya lagi adalah kamu bukan ASN, anggota TNI/Polri, Pejabat Pemerintah, dan Anggota DPR. Kenapa demikian? Tentu pemerintah ingin berlaku adil, karena semua yang disebutkan diatas adalah abdi negara yang telah punya masa depan yang cerah. Beda cerita untuk masyarakat yang bukan ASN seperti pegawai swasta yang dibayangi adanya PHK ketika perusahaan tempat mereka bekerja kesulitan keuangan. Seperti yang banyak terjadi saat pandemi covid-19 melanda indonesia.

Q : Apa benefitnya saat berhasil lolos dalam program Kartu Prakerja?

Keuntungan mengikuti Program Kartu Prakerja

Salah satu hal yang dikejar oleh para peserta Kartu Prakerja adalah adanya manfaat prakerja yakni uang insentif prakerja baik dalam bentuk tunai maupun nontunai dengan total Rp 3.550.000,- oleh karenanya banyak pula yang mencari cara mengikuti pelatihan prakerja. Untuk mendapatkan uang tunai, peserta tidak diberikan dengan cuma-cuma. Karena harus menyelesaikan setidaknya 1 jenis pelatihan dari salah satu mitra prakerja

pengalaman ikut prakerja

Untuk membeli pelatihan ini pun sebenarnya tidak gratis, karena kita harus membayar ke pihak mitra prakerja. Nantinya para peserta yang lolos seleksi gelombang, akan diberi saldo nontunai sebesar Rp 1.000.000,- ke masing masing akun prakerja peserta yang hanya bisa digunakan untuk membeli kursus pada mitra pelatihan prakerja.

Setelah kita menyelesaikan pelatihan, para peserta akan menerima uang tunai sebesar 2.550.000,- yang dibagi jadi beberapa termin. 4 bulan pertama kita akan menerima uang tunai sebesar Rp 600.000,-. dan insentif prakerja setelah mengisi kuisoner sebanyak 3 termin jadi masing masing mendapatkan Rp 50.000,-

Q : Bagaimana cara daftar Prakerja?

Cara mendaftar prakerja

Sebelum mengetahui cara daftar prakerja, berikut adalah hal-hal yang harus kamu siapkan agar sukses mendaftar prakerja. Hal yang harus dipersiapkan untuk mendaftar adalah :

  1. Nomor HP aktif
  2. email pribadi aktif
  3. e-KTP asli
  4. Kartu Keluarga
  5. Rekening Bank BNI atau Dompet Digital
  6. Akses Internet yang lancar
  7. Smartphone
  8. Alat Tulis
  9. Waktu Luang kurang lebih 30 menit - 1 jam

Buka Website Prakerja.go.id

Jika sudah siap semuanya, insyaallah proses pendaftaran kartu prakerja akan lancar. Sebenarnya cara daftar Prakerja tuh mudah banget! Langsung buka browser smartphone kamu dan pergi ke https://dashboard.prakerja.go.id/ dan pilih "Daftarkan Dirimu". 

Masukkan email

Masukkan email kamu dan password kemudian klik "Daftar". Setelah itu, lakukan verifikasi dengan klik tautan yang dikirimkan via email. Proses verifikasi inilah yang membutuhkan email pribadi yang masih aktif. 

Input Data Diri

Ikuti saja perintahnya, mulai dari input NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan NKK (Nomor Kartu Keluarga), Nomor HP yang masih aktif untuk verifikasi akun prakerja juga. Serta data diri lainnya sesuai KTP yang terdaftar pada DUKCAPIL. 

Ingat!
Jika bermasalah dengan proses menuliskan alamat domisili tempat tinggal yang tidak sesuai data DUKCAPIL, kamu cukup menulis alamat singkat saja, misalnya sebagai contoh alamat lengkap pada KTP kamu adalah “Dusun Selamat RT xx RW xx Desa Sukses Kecamatan Dunia Kabupaten Akhirat”.

Sebab jika kamu menulis dengan lengkap maka akan terjadi eror “data tidak ditemukan mohon hubungi dinas dukcapil terdekat”. Maka untuk mengatasi masalah tersebut kamu hanya perlu menuliskan “Dusun Selamat” tanpa embel-embel "RT RW Desa Kecamatan maupun Kabupaten".

Tips tersebut merupakan pengalamanku saat membantu tetangga yang ingin mendaftar kartu pekerja di gelombang ke 23 kemarin

Verifikasi diri dengan Foto

Saat ini proses pendaftaran akun prakerja semakin diperketat, terbukti dengan diupgradenya sistem keamanan baru yakni adanya verifikasi foto ktp dan foto selfie. Usahakan foto yang kalian ambil jelas dan tidak buram, untuk diketahui proses ini hanya bisa dilakukan melalui browser di smartphone. Jadi jika kalian mendaftar menggunakan pc / laptop tidak akan bisa melewati proses ini.

Jawab soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Setelah berhasil kalian akan di seleksi dengan menjawab soal tes terdiri dari tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tenang soalnya termasuk gampang kok, bisa dibilang setara jenjang sekolah menengah hehehe. Setiap orang akan dihadapkan dengan soal yang berbeda-beda. 

Alat tulis yang kalian persiapkan tadilah yang akan digunakan pada sesi menjawab soal ini sebab beberapa soalnya merupakan pertanyaan matematika yang menguji kemampuan berhitung serta logika sisanya kadang berupa soal kuesioner dengan opsi pilihan “setuju / tidak setuju / netral”. Jadi usahakan sediakan waktu luang untuk menjawab semua soal-soalnya ya. Bisa jadi ini juga merupakan salah satu alasan lolos/tidaknya peserta saat gabung gelombang prakerja.

Hubungkan Rekening Bank / E-wallet

Lalu setelah itu, kalian akan diminta untuk menautkan rekening atau dompet digital kalian. Adapun untuk rekening bank hanya tersedia untuk BNI saja, sedangkan untuk dompet digital kalian dapat memilih LinkAja, OVO, gopay dan DANA. Jadi jika kalian tidak punya rekening atau dompet digital yang telah disebutkan maka tidak akan bisa mendaftar dan mencairkan insentif prakerja. 

rekening prakerja


Agar proses pendaftaran lebih cepat kamu cukup membuat akun dompet digital saja karena proses verifikasi nya mudah dan cepat. Cukup foto e-KTP dan foto diri saja. Setelah itu tautkan dengan akun prakerja kalian.

Gabung Gelombang Prakerja

Proses pendaftaran akun prakerja sampai sini selesai, tinggal menunggu pembukaan gelombang kartu prakerja yang saat ini sudah melewati gelombang ke 24. Saat gelombang prakerja dibuka segeralah gabung karena setiap gelombang kuota penerimaannya terbatas dan waktunya singkat menurut pengalaman hanya 4 hari. 

Jadi semakin cepat mendaftar akan sangat mungkin berpeluang lebih cepat lolos. Itulah yang aku lakukan saat mendaftar pada gelombang ke 4 dan sekali mendaftar langsung lolos, alhamdulillah rejeki. Meskipun demikian, jika kuota penerimaan masih cukup dan peserta yang gabung masih mencukupi tentu tidak masalah soal waktu walau mendaftar menjelang akhir penutupan gelombang.

Tapi pernyataanku tersebut tidak valid lagi dan dapat dibantah karena sistem penerimaan gelombang prakerja sekarang nyatanya tidak bekerja seperti itu. Sistem penerimaan gelombang prakerja menggunakan proses randomisasi yang artinya adanya proses pengacakan oleh sistem untuk menentukan penerima kartu prakerja. Yang pasti kita hanya bisa berusaha maksimal dan selalu berdoa sisanya biarkan Tuhan yang bekerja dengan cara-Nya.

Beberapa alasan tidak lolos daftar gelombang prakerja (versi bangekoo)

  • Kuota gelombang Prakerja penuh
  • Peserta merupakan penerima Bansos Lain dari Pemerintah, Contoh : BSU, BPUM, Kemensos DTKS.
  • Peserta merupakan ASN, pegawai negeri sipil, prajurit TNI, angota POLRI, Kepala desa dan  perangkat desa, 
  • Melebihi kuota dua orang penerima Kartu Prakerja dalam satu Kartu Prakerja (maksimal dua orang penerima dalam satu KK)
  • Sedang mengikuti pendidikan formal 

Q : Apa yang harus dilakukan selanjutnya, setelah lulus seleksi Prakerja?

Tips Memilih Pelatihan Prakerja

Setelah berhasil lolos di penerimaan gelombang prakerja. Selanjutnya kalian akan dikirim saldo pelatihan sebesar 1 juta sebagai manfaat kartu prakerja. Kalian bebas memilih jenis pelatihan apa saja yang menurut kalian dapat meningkatkan skill kerja kalian atau membuka skill yang baru. 

Cari materi sesuai minat dan passion kamu

Yang pasti sangat disarankan untuk mencari materi pelatihan yang sesuai dengan minat dan kesukaanmu, misalnya topik pelatihan bisnis. Jangan memaksa mengambil pelatihan yang tidak kamu sukai. Why? Sebab banyak sekali manfaat dari pelatihan prakerja. Selain bisa menambah skill di CV kamu juga dapat melampirkan sertifikat juga. 

Jadi pastikan kamu menyelesaikan dan memahami semua materi di pelatihan prakerja yang kamu pilih. Karena bakal ada tes yang menjadi penentu kamu layak dapat sertifikat atau tidak.

Kalau kamu tidak mendapat sertifikat pelatihan, maka insentif prakerja kamu yang berbentuk uang tunai tidak akan bisa di cairkan.

Pilihan platform digital Mitra Pelatihan Prakerja

Saat ini mitra kelas pelatihan prakerja sudah banyak sekali. Beda waktu di awal peluncuran pada masa aku memilih pelatihan. Kamu bisa mencari pelatihan online learning, belajar online, e-learning di Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy, Pintaria, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Sekolahmu, Sisnaker, QuBisa, Pakar, Cakap, Kelas.com, Karier.Mu dan mungkin masih ada yang belum tersebutkan.

Kamu bisa kepoin semua platform yang telah aku sebutkan di atas apakah menyediakan materi pelatihan yang ingin kalian pelajari. Salah satu materi yang aku sarankan adalah  materi tentang kemampuan digital. Hampir semua platform belajar online menyediakan kursus pelatihan materi tersebut. Tapi kembali lagi ke minat kesukaan masing masing peserta

Apakah kalian butuh rekomendasi platform online learning, belajar online, e-learning untuk pelatihan prakerja?

platform digital prakerja

Jika kalian suka belajar hal baru seperti aku, maka yang harus diperhatikan pertama memilih topik pelatihan prakerja adalah harganya. Jadi aku memilih topik yang aku minati namun dengan harga yang terjangkau setidaknya bisa mengambil 3 jenis materi pelatihan yang berbeda. Jika memang kita beda prinsip pun tidak mengapa, karena kita juga tidak dapat berbuat banyak jika memang materi pelatihan yang kita pilih sukai ternyata cukup mahal.

Bicara soal harga atau biaya, platform QuBisa dapat kalian pertimbangkan untuk menjadi pilihan, sebab QuBisa sebagai platform online learning punya ragam materi e-learning yang lengkap tidak hanya untuk kelas pelatihan prakerja saja. Di QuBisa kalian bisa eksplor banyak kategori topik untuk belajar online. 

Harga pelatihannya pun termasuk terjangkau bahkan ada pula yang gratis, iya gratis tanpa keluar uang sepeserpun. Jadi kalian tetap bisa belajar di aplikasi QuBisa untuk meningkatkan software skill maupun hard skill. Keren kan? Apalagi Instruktur dan pengajarnya merupakan seorang profesional di bidangnya.

Setiap hari selalu ada update webinar gratis yang hanya bisa disaksikan secara live. Jadwal webinar live gratis ini pun tersedia di aplikasi QuBisa. QuBisa sebagai Platform e-learning di Indonesia bisa juga diakses di website via browser tapi menurutku lebih praktis menggunakan aplikasi QuBisa di smartphone jadi dimanapun dan kapanpun itu kita tetap bisa belajar.

Semua fitur menarik dari platform belajar online QuBisa bisa kalian nikmati melalui aplikasinya. Untuk download aplikasi QuBisa bisa klik tombol di bawah ini :

Aplikasi QuBisa untuk iOS
Aplikasi QuBisa untuk Android

Sepertinya cukup sekian pembahasan mengenai kartu prakerja kali ini, jika ada pertanyaan mengenai prakerja silahkan tulis di kolom komentar, aku akan berusaha jawab sesuai pengalamanku, jika ada kekeliruan juga tolong sampaikan di kolom komentar jadi kita bisa berdiskusi di sana hehehe :)


Buat teman-teman yang belum berhasil lolos tetap semangat ya!!! Sebab rejeki pasti akan menemui pemiliknya hanya tinggal masalah waktu saja menunggu ia datang. Tetap berusaha jangan menyerah dan selalu berdoa. 

Semoga Sukses


hanya blogger amatir yang suka gambar, desain, matematika dan korea

70 تعليقًا

  1. Aku beberapa kali ikutan kelas di QuBisa juga sih dan itu baguss banget.. Materinya padat dan penyampaiannya juga enak. Tampilan websitenya juga ramah banget buat aku
  2. kudu cepet cepetan daftar begitu dibuka, supaya bisa kebagian. Kemaren sepupuku daftar tapi ngga dapet. Kalau diriku ngga memenuhi kriteria hehehe tapi kalau pelatihan beberapa platform pernah kuikutan
  3. Saya kebetulan sudah lama pakai QuBisa. Saya pernah ikut kursus kopi dan generasi sandwich. Banyak Webinar gratis juga yang bisa dipilih. Sistem kursusnya lewat video beberapa bagian, membuat saya semakin mudah memahami. Ini keren, karena QuBisa sudah bekerjasama dengan Prakerja.
  4. aku juga pernah ikutan kelas QuBisa nih, dan ternyata ada banyak platform lainnya buat asah skill selama kelas prakerja yaa
  5. Sayangnya waktu aku ikut prakerja, playform Qubisa blm gabung. Jd aku ambil pelatihannya di skill academy. Padahal di Qubisa lengkap banget, ada microlearning gratis juga
  6. program kartu prakerja ini membantu banget buat mengasah skill, saya pernah ikut kelas gratis di QuBisa dan emang membantu banget mengupgrade skill
  7. Wah kesempatan bagus nih, buat tambah skill dan daftar Prakerja.
    Eh iya, Nama email pengaruh gak sih Bang Eko buat lulus atau nggaknya Prakerja?

  8. Pokoknya jangan putus asa kalo belum lolos di 1 gelombang. Aku aja dulu baru lolos di gelombang 13 meski selalu daftar sejak gelombang 1.

    Akhirnya bs dapat insentif setelah kena PHK. Lumayan jg buat menyambung hidup. Pelatihannya jg bermanfaat buat kehidupanku.
  9. udah pernah donk kak, di tahun lalu 2021 saya ikut program pra kerja dan ikut kursus di Skill Academy. Keren dan sangat bermanfaat.
  10. Selama kalian mengikuti cara2 di atas, pasti kalian akan lolos prakerja ini sih. Yang penting selalu daftar di setiap gelombang ya kalo ngga lolos. Aku aja baru lolos di gelombang 13 meski selalu daftar di setiap gelobang sejak gelombang 1. Wkwkwk
  11. Jadi gemesss karena aku udah daftar 2x belum lolos, hihihiii...
    Btw, aku suka belajar juga via aplikasi QuBisa. Meski bukan program Kartu Prakerja, menurutku pelatihannya lengkap dan instrukturnya profesional.
  12. mantap, selamat ya yg lolos prakerja. Semoga ilmunya bermanfaat untuk usaha atau lamar kerja di tempat lain
  13. Sejak awal kemunculannya platform Qubisa memang mendominasi sih jumlah kursus untuk pelatihan pra kerja. Semakin banyak variasi juga dan bisa disesuaikan dengan keinginan.
  14. belum pernah ikutan pra kerja. Kayanya seru ya. Bisa belajar gratis banyak hal
  15. Keren ya programnya jokowi ini, sudah mau gelombang 25, mantap...
    Semoga bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pesertanya...
  16. scale up skill sama knowledge pake platform edukasi gini emang sipp ya, bisa nambah skill sekaligus portfolio buat branding dan 'jual diri' juga kalau mau kerja
  17. Kartu prakerja bantu banget sih untuk yang pengen upgrade skill. saya sendiri pernah merasakan manfaatnya, ikutan kelas prakerja menulis jurnalistik. mantap banget
  18. Ternyata uang insentif yang diberikan untuk bantuan prakerja ini banyak juga yaa... Dan senangnya, ada alokasi dana untuk belajar online di berbagai platform yang direkomendasikan.
    Semoga bisa menambah pengalaman dan skills yang sesuai dan diharapkan.
  19. QuBisa salah satu platform unggulan sekarang. Meski kursus prakerjanya baru 2, tapi banyak kelas gratis yang bisa diakses gak cuma yang dapat kartu prakerja aja. One stop learning platform banget deh QuBisa
  20. saya juga pernah ikutan prakerja, agak syok pas ikutan kelas workshopnya karena rame banget dan berisik banget, jadi sayang aja si pembicaranya jadi kurang terdengar, tapi thanks banget lumayan banget bisa dpt kesempatan ikut kelas workshop dibayarin pula kan
  21. Kalau ikut prakerja jadi pengn ikutan public speaking lanjutan xixixi kemarin dapat dari QuBisa tapi pengen ikutan lagi yg lebih dalam gitu wkwkwk ada ngga yahh
  22. Aku pernah beberapa kali ikut kelas gratis di QuBisa. Menurutku mentornya sangat kompeten dan penyampaian materinya tidak membosankan...
  23. wah aku belum pernah ikutan. yang 23 kemarin tuh sempet nyoba daftar tapi ada kendala. aku lupa sih apa kendalanya wqwq. mau cobain ah yang baruu
  24. Sekarang lagi ada Digital Bootcamp loh mbak di aplikasi QuBisa. Ikutan juga kah?
  25. Saya selalu penuh kuotanya hiks jadi sampai sekarang nggak pernah ikutan gelombangnya.
  26. Jadi banyak pilihannya ya kak, bisa disesuaikan sama kebutuhan dalam meningkatkan skill
  27. Infomasi yang perlu disebarluaskan ini, karena selama pandemi ini hal seperi ini bisa digunakan utnuk meningkatkan skill juga.
  28. Lengkap sekali penjelasannya bang Eko. Saya jadi penasaran pengen coba daftar di program pra kerja ini. Mudah2an bisa lolos yaa. Makasi lho infonya
  29. Wahh pastinya sarat faedah banget nih klo ikut aneka pelatihan di QuBisa
    Cihuy bangeett, bikin semangat menimba ilmu ye kannn
  30. Program kartu Prakerja ini bagus kali untuk membantu pengangguran/korban PHK dll untuk menambah wawasan dan mengasah skill untuk persiapan kerja.
  31. adikku menyampaikan bahwa program kartu prakerja ini sebenarny kesempatan kita untuk upgrade diri. dan aku sayanggnya belum kenal QuBisa buat direkoemndasiin ke dia
  32. pengalamanku ikut prakerja, sekali daftar alhamdulillah lolos. tapi suamiku gak, hehehe. belum rezeki ya. prakerja emang bantu banget aku yang pengen upgrade skill sih. mantap.
  33. uwaaaa aku kemarin mau daftar prakerja tapi ke-skip data apa gitu, jadi malah lupa lanjutin wqwq.
  34. ini tuh bakal ngebantu banget buat yg mau ikut pelatihan berbayar tp ga ada uang buat daftarnya. mayan dpt saldo nontunai sampe 1jt buat belajar
  35. Emang QuBisa ini bener-bener solusi banget buat siapapun yang mau upskilling atau reskilling yah, materinya lengkap abis. Semangat buat para penerima Prakerja!
  36. Makasih tuk tipsnya kak Eko..iya nih kayaknya tuk bisa diterima di program prakerja ini gampang-gampang susah ya. tetap semangatt!
  37. Belajar online guna meningkatkan skill memang perlu sih di jaman now ini.
    Karena persaingan buat dapat kerja makin ketat kan
  38. Saya pun daftar pertama pas gelombang empat. Tapi gagal. Terus daftar lagi selalu gagal juga. Ada yg bilang data ada yg gak valid kalau gitu. Yan mungkin belum rezeki saya. Hehehe
  39. Aku belum pernah nyobain daftar prakerja, seru juga ya mas. Dan QuBisa ini lengkap banget, banyak pelatihan yang bisa kita ikuti, baik gratis maupun berbayar semuanya bisa meningkatkan skill kita.
  40. Oh jadi begitu dibuka harus segera daftar ya kak. Pantesan aja aku beberapa kali daftar nggak lolos. Soalnya emang daftarnya belakangan.
  41. banyak banget ya manfaat kartu prakerja, kita bisa ikutan pelatihan yan gdi adakan dengan nilai tambah, dari sisi pelatih juga sudah sangat berpengalaman
  42. Alhamdulillah pernah ikut prakerja juga, tapi dulu belum ada QuBisa. Padahal QuBisa ini keren banget banyak pilihan kursus sesuai minat dan bakat buat ningkatin skill.
  43. aku rasa edukasi seperti inipenting ya agar orang yang mau daftar program kartu prakerjanya bisa maksimal hasilnya . pelatihan prakerja ini ternyata kata anakku manfaatnya banyak lho bis aupgarde skill apalgidapat instesiif juga kan ya
  44. saya belum mendaftar kartu prakerja ini, pastinya sangat bermanfaat ya, wajib banget cobain siapa tahu lolos niy kak, btw saya juga pengguna QuBisa
  45. Wahh banyak jugaa pelatihan yang bisa didapatkan dengan mendaftar kartu prakerja. Jadi makin jago deh skill yang dimiliki atau yang diminati. Apalagi di QuBisa juga ada kursus lainnya yang bisa diambil, makin keren deh upgrade skillnya.
  46. Baru aja kemarin baca chat grup WA, pada curhat yg engga keterima kartu prakerja. Ternyata kalau pelajar & mahasiswa engga bisa. Ya memang untuk menambah kompetensi u/ mencarai kerja sih ya... Keren banget pilihan programnya banyak...
  47. Kartu Prakerja sekarang alur pendaftarannya lebih ketat dibandingkan tahun lalu, sebagai langkah preventif yang bagus. Qbisa ini juga bisa jadi rekomendasi yang bagus dalam membeli pelatihan prakerja ya.
  48. Pelatihan Prakerja ini memang membantu banget ya buat mereka yang ingin menambah kemampuan dan ingin membuka lapangan usaha sendiri
  49. Ayo yang belum daftar, lekas daftar prakerja ya. Aku jg baru lolos di gelombang 13 setelah gagal mulu sejak daftar di gelombang 1. Tp untunglah msh bs lolos. Duitnya lumayan. Aku jg bs dpt ilmu dr pelatihan yg aku ikuti di platform belajar online itu.
  50. aku juga sudah memanfaatkan pelatihan dari prakerja ini dan sungguh bermanfaat sekali sih ini
  51. Harus terus semangat menambah skill ya, Bang. Karena dunia kerja persaingan semakin ketat. Dan Sekarang banyak platform pelathan yang bisa kita ikuti.
  52. Saya sudah pernah daftar tapi ga lolos lolos juga padahal notabene butuh sama kemampuan tersebut
  53. Wah senangnya yang sudah pernah lolos program prakerja
    Saya dua kali daftar belum keterima
    Harus ikutin cara yg ditulis di sini deh
  54. Aku berulang kalo daftar tapi belum beruntung, hingga nyerah akhirnya. Ini bakalan ada lagi enggak ya Prakerja? Mau mencoba daftar lagi.
  55. iya ya mba, program yg awalnya ngagetin tapi ternyata dibutuhin buat semua kalangan ga cuma yg kena PHK tapi buat freelancer maupun angkatan kerja baru juga butuh buat ningkatin skill
  56. Banyak temen-temen yang daftar Prakerja. Saya jadi pengen ikutan. Semoga bisa ya, udah kerja tapi daftar. Kan lumayan bisa buat belajar di platform belajar online seperti QuBisa ini.
  57. thanks kak ini lengkap banget yaa.. semoga bisa membantu temen2 yang lagi cari kelas2 baru di prakerja. jangan lupa dipraktekin juga ilmunya biar cuan terus :D
  58. kemarin daftar prakerja, tapi kok kayaknya belum berhasil ini. mau coba lagi. pengin juga upgrade diri biar portofolio semakinmenarik
  59. Senang sekali, Kartu Prakerja semakin luas kebermanfaatannya.
    Dan semoga dengan menambah skills di platform belajar Qubisa, semakin banyak ide-ide kreatif yang memantik pengusaha muda baru.
  60. Ngomongin prakerja itu kayak ada unsur strategi, juga keberuntungan kalau bisa dapat. Aku pernah amazing pas baca di sebuah forum, ada yang daftar berkali-kali dan nggak kunjung lolos. Aku yang coba daftar 2x, jarang nengok webnya untuk ngecek apakah ada peluang gelombang baru, alhamdulillah bisa lolos.
  61. Pengen banget ih ikutan program prakerja yang bisa mengupgrade skill kita. Semoga masih ada harapan untuk ikut prakerja.
  62. Pengen ikutan prakerja biar dpt pelatihan online dan upgrade skill. Semoga tahun ini bisa...Aamiin
  63. Ada banyak banget ya manfaat yang bisa diambil kalau ikut program kartu prakerja. Apalagi sudah tersedia pula berbagai platform dengan beragam kelas pelatihan prakerja. Tinggal kita aja yang pilih sesuai kebutuhan
  64. jadi ingat waktu ikut daftar Kartu Prakerja nih, banyak banget manfaatnya, bisa jadi modal usaha dan pastinya bisa upgrade ilmu dan skills dengan belajar di Platform Prakerja yang materinya benar-benar dibutuhkan untuk semua peserta.
  65. Waktu mau ikut pelatihan, saya juga belajar di QuBisa dan sampai skrg aplikasinya bermanfaat untuk mengasah skill
  66. sampai sekarang belum pernah lolos prakerja, ada satu data yang terdaftar dlm bantuan lain padahal tidak. agak males memperbaikinya krn sebetulnya itu bukan kesalahan sendiri huhu. nah iyak betul skrg platform buat kursus prakerja udah banyak dan makin beragam ya, jadi nggak bingung lagi tinggal cari yang sesuai dengan preferensi minat, misalnya di Qubisa
  67. Saya belum berhasil mendapatkan program prakerja
    Mau ikutin tips di sini ah, biar bisa lolos
  68. Kuncinya adalah pantang menyerah dalam mengajukan kartu Prakerja yaa.. Karena saingannya orang seluruh Indonesia.
    Alhamdulillah, setelah itu ditawarkan program pelatihan yang bisa meningkatkan skills pemegang kartu prakerja.
  69. program kartu prakerja ini bagus banget ya?

    banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan, tapi skill yang dibutuhkan sulit didapat dalam bursa pelamar kerja

    dengan adanya kartu prakerja, pelamar kerja bisa menambah skillnya sesuai yang dibutuhkan perusahaan
  70. Alhamdulillah ya, mbak ternyata program Prakerja ini benar-benar bermanfaat dan membantu mereka yang sedang membutuhkan keahlian khusus untuk membuka atau mencari pekerjaan baru
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Catatan Desainer Iseng. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko