Saingi Kompetitor dengan Ikuti Tips Berbisnis Cloud Kitchen Berikut Ini!

Di tengah perkembangan teknologi sekarang, berbagai sektor ikut terus mengalami perkembangan. Salah satunya adalah munculnya ide Cloud Kitchen. Ini merupakan sebuah konsep berbagi satu dapur untuk memasak bersama restoran lainnya. Jenis pelayanan tersebut akan memberikan berbagai keuntungan, mulai dari lebih hemat hingga pendapatan meningkat.

Pesan antar makanan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat era modern. Dengan demikian, usaha kuliner dikatakan tidak ada matinya justru semakin berkembang. Untuk dapat bertahan dan tidak kalah dari kompetitor, konsep dapur bersama bisa menjadi solusi cerdas. Ikuti sejumlah tips berikut ini sebelum memulainya.

Tips Berbisnis Cloud Kitchen

cloud kitchen


1. Pilih Tempat Strategis

Langkah awal adalah dengan menentukan tempat yang strategis. Dalam memilihnya harus dapat menyesuaikan berdasarkan target pasar bisnis Anda. Pastikan sesuai dengan produk sehingga peluang mendapatkan pelanggan terbuka lebar. Sebagai contoh, target pasar adalah mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga para pekerja kantoran.

Lokasi yang strategis juga harus selaras dengan akses yang mudah dijangkau. Pastikan tempat jualan tersebut masuk ke dalam maps sehingga para kurir jasa pesan antar bisa menjangkaunya secara mudah dan cepat. Bayangkan jika lokasinya terpencil meskipun ada di daerah kota. Lamanya perjalanan pengantaran bisa mempengaruhi kondisi makanan serta pelanggan itu sendiri. 

2. Atur Pengiriman Secara Online

Pada sistem Cloud Kitchen, hal paling penting adalah penjualan dan pengiriman makanan yang menggunakan jasa delivery order. Oleh sebab itu, pikirkan hal ini dengan matang. Pilih aplikasi atau mitra yang memberikan kemudahan akses serta pelayanannya bagus. Sistem rumit sebaiknya dihindari, terlebih jika Anda baru dalam memakai metode tersebut.

Saat ini sudah banyak sekali jasa pengiriman makanan yang dapat dipilih. Penting juga dalam memperhatikan pelayanan kecepatan pengiriman ke tangan pelanggan. Jika performa dan rating jasa tersebut bagus, maka Anda bisa mendaftarkan restoran ke sistem mereka. Setelah itu, ikuti panduan selengkapnya dari masing-masing mitra.

3. Pilih Karyawan Profesional

Layaknya membuka sebuah cabang kedai baru, dalam hal ini Anda tidak bisa bekerja secara sendiri. Butuh karyawan atau staff untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik. Staff tersebut juga tidak hanya satu dua, tetapi terdapat beberapa posisi untuk diisi. Sebut saja, bagian marketing, tukang masak/koki, hingga petugas bidang kebersihan.

Dalam merekrut karyawan tersebut pastikan mendapatkan tenaga yang profesional di bidangnya masing-masing. Dengan demikian, dapat membantu mengembangkan usaha sehingga mampu bersaing di tengah maraknya bisnis kuliner dengan sistem online ini. Pastikan untuk memberikan gaji sepadan atas kerja mereka.

4. Tentukan Sistem Pembayaran

Cloud Kitchen mempunyai ciri pemanfaatan teknologi modern. Hal tersebut juga berpengaruh pada sistem pembayarannya. Gunakan cara transaksi yang memudahkan pelanggan, yaitu secara online. Masukkan berbagai metode pembayaran seperti e-wallet. Setelah itu, pastikan untuk memutar modal dalam rangka membuat point of sales.

Metode pembayaran yang baik akan memberikan kemudahan dalam memantau arus yang masuk dan keluar. Dengan demikian, bisa melihat seberapa besar keuntungan didapatkan setiap hari atau bulannya. Itu juga memudahkan ketika melakukan pembukuan keuangan sebagai audit.

Everplate.co.id, Jasa Cloud Kitchen Terbaik

Everplate adalah solusi memajukan bisnis kuliner Anda secara online. Dapatkan target pasar lebih luas, cepat, dan pastinya hemat. Lokasi disediakan dengan strategis untuk memudahkan mencari konsumen. Tersedia layanan pemasaran dan memperbanyak brand di dalam satu dapur.

Itulah ulasan tentang tips dalam berbisnis Cloud Kitchen supaya mampu bersaing dengan para kompetitor. Dapatkan berbagai keuntungan dengan metode usaha kuliner online baru tersebut. Informasi lanjut kunjungi laman Everplate.


Wahyu Eko Cahyanto hanya blogger pemula yang suka desain, matematika dan korea

Belum ada Komentar untuk "Saingi Kompetitor dengan Ikuti Tips Berbisnis Cloud Kitchen Berikut Ini!"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel