Dear HR, Ini Manfaat HRIS yang Tak Dapat Diabaikan

Aplikasi sistem informasi untuk sumber daya manusia membantu perusahaan memproses kebutuhan SDM lebih efisien, mengotomatisasikan tugas-tugas HR, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas. Sistem HRIS juga membantu karyawan dan manajer meningkatkan hasil kerja mereka. 

Apa itu HRIS?

Jadi, apa tepatnya yang dilakukan HRIS? HRIS menyediakan database terpusat yang menyimpan proses rekrutmen, orientasi, demografi karyawan, pilihan kompensasi dan tunjangan, pelacakan waktu, dan masih banyak lagi. 

HRIS adalah


Menurut laporan, hampir 70 persen bisnis yang disurvei menyatakan bahwa proses HR dasar yang efisien adalah tantangan besar bagi mereka. Mereka juga menyatakan bahwa seharusnya, HRIS yang efektif dapat memberi keuntungan signifikan dalam produktivitas dan menurunkan biaya dari tim operasional karyawan Anda dengan melakukan fungsi-fungsi umum seperti:

  • Memperlancar orientasi karyawan
  • Database demografi karyawan terpusat
  • Retensi dan perencanaan suksesi
  • Pelacakan waktu, manajemen cuti, dan penjadwalan.
  • Penggajian dan administrasi tunjangan
  • Analisis data untuk pelaporan mendalam
  • Opsi employee self service karyawan

Hal-hal tersebut dapat diotomatisasikan, yang menciptakan beberapa hal bermanfaat besar bagi perusahaan.

Kenapa Anda Membutuhkan Sistem HRIS?

Pertama-tama, produktivitas yang ditingkatkan. Apakah Anda ingin mengotomatisasikan tugas berulang, mengurangi kesalahan pemrosesan manual, dan meningkatkan akurasi data Anda? 

Sejatinya, manfaat utama dari sistem HRIS adalah mengotomatisasikan tugas berulang. Misalnya, dengan software HRIS seperti Talenta yang menghadirkan pelacakan waktu dan kehadiran, perhitungan gaji setiap bulan, pembuatan berbagai laporan. Segalanya sudah otomatis dilaporkan Talenta pada Anda dengan periode yang dapat disesuaikan. 

Berbagai laporan pun dapat dengan mudah ditinjau oleh manajer dan pimpinan untuk membantu mereka membuat keputusan yang tepat. Laporan tentang tren off-boarding misalnya, yang dapat mengarah pada upaya retensi karyawan secara langsung dan merencanakan pertumbuhan perusahaan di masa mendatang. 

Karyawan juga dapat memperbarui informasi kontak, pilihan tunjangan atau benefit mereka, atau mengajukan cutu langsung dari aplikasi. 

HRIS juga meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mendapat karyawan terbaik dengan sistem yang sudah dikenal baik. Pada umumnya, sistem HRIS dalam aplikasi dapat memberikan fitur untuk menjalankan proses rekrutmen. Dengan mempercepat proses orientasi dengan aksesibilitas secara mobile dan mengurangi penggunaan kertas yang tentu menghemat biaya.

HRIS juga mempermudah pendistribusian kebijakan terbaru perusahaan, terlebih dengan adanya fitur yang membuat perusahaan dapat setiap hari mengumumkan informasi, memberi survei mingguan pada karyawan.

Dengan berbagai kemudahan ini, kebijakan dan prosedur perusahaan dapat selalu tersampaikan kepada seluruh karyawan secara bersamaan dan cepat.

Kapan Anda Membutuhkan Sistem HRIS?

Lalu yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah kapan saatnya berinvestasi pada platform HRIS untuk bisnis Anda? Berikut beberapa tanda bahwa Anda benar-benar membutuhkan HRIS: 

Tak satupun dari sistem Anda saling terintegrasi satu sama lain

Dalam pekerjaan multitasking seperti divisi HR, terdapat proses yang saling berkaitan satu sama lain. Misalnya perhitungan absensi, cuti, izin, dan lembur yang digunakan untuk menghitung penggajian karyawan. Belum lagi adanya bonus dan tunjangan, pengurangan gaji akibat keterlambatan, hingga perhitungan pajak penghasilan.

Maka dari itu, HRIS system Talenta memberikan segala kebutuhan tersebut dalam satu aplikasi terpusat yang saling terintegrasi satu sama lain.

Terlalu banyak file excel yang membingungkan

Banyak sekali HR yang terbiasa untuk menggunakan excel dalam segala hal. Namun, excel bukanlah tools berkelanjutan. Meskipun sangat terorganisir, seiring waktu, data yang ada dalam excel menjadi terlalu kompleks,ketinggalan zaman,dan selalu ada kesalahan. 

Sementara HRIS system Talenta dapat mengimpor data dan menyimpan catatan untuk setiap laporan dan pantauan kinerja karyawan secara real time

Data yang Semakin Diduplikasi

Tak ada yang lebih menyebalkan daripada harus melakukan tugas yang sama menggunakan banyak sistem. Namun,seringkali HR tetap mempertahankan cara pengulangan tugas berulang dan mengerjakan data secara manual dari satu sistem ke sistem lainnya. Hal tidak efisien seperti menunjukkan bahwa perusahaan benar-benar membutuhkan platform HRIS.

HRIS yang tepat seperti Talenta akan menghemat waktu tim HR yang berharga, membantu mereka bekerja lebih cerdas dan memungkinkan mereka memberikan panduan strategis kepada perusahaan. 

Gunakan Talenta untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda saat ini, pertumbuhan yang direncanakan, dan tujuan bisnis di masa depan.


Wahyu Eko Cahyanto seseorang yang mengaku desainer grafis iseng, penyuka matematika, suka lari dan menonton drakor. Kadang mengisi waktu luang dengan menulis.

Belum ada Komentar untuk " Dear HR, Ini Manfaat HRIS yang Tak Dapat Diabaikan"

Posting Komentar

Maaf, komentar dengan link aktif akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel