Peran Kurikulum Internasional Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

Seandainya sistem pendidikan di Indonesia menerapkan kolaborasi antara Kurikulum Internasional dan Kurikulum Nasional

Indonesia memiliki sejarah panjang soal pergantian kurikulum pendidikan. Tercatat sejak tahun 1974 hingga saat ini, pemerintah Indonesia telah melakukan 11 kali perubahan kurikulum pendidikan. Pergantian kurikulum pendidikan di Indonesia sebetulnya pasti bertujuan baik yakni ingin memperbaiki kualitas pendidikan. Bahkan para Ahli pun mengatakan hal serupa bahwa pergantian kurikulum itu harus dilakukan sesuai kebutuhan serta sesuai dengan perkembangan zaman.

Peranan kurikulum internasional dalam Sampoerna University


Faktanya apa yang terjadi di Indonesia adalah pergantian kurikulum terjadi justru bernuansa politik yang mana perubahan kurikulum dilakukan bukan berdasar pada kebutuhan nyata dilapangan, alhasil setiap adanya pergantian kabinet pemerintahan yakni menteri pendidikan maka kurikulum pun bakal berganti juga menyesuaikan visi misi sang menteri, akibatnya para pendidik dan sekolah kesulitan melakukan penyesuaian ulang, dan mungkin butuh waktu yang lebih lama untuk menyesuaikan.

Diperparah dengan minimnya dukungan sarana dan sumber daya di sekolah yang belum tentu memadai. Hal tersebutlah yang menjadikan kualitas pendidikan di Negara Indonesia masih ketinggalan jauh dibanding negara-negara tetangga lainnya, seperti Malaysia bahkan Singapura yang berada di sepuluh besar secara global. 

Dari ranking survei PISA indonesia selalu menempati urutan 10 besar dari bawah. Dan jika dilihat trennya dari tahun ke tahun, skor yang didapatkan oleh siswa Indonesia terasa stagnan. 

tren pencapaian pisa indonesia
dok. OECD & PISA


Tentunya Indonesia harus mau belajar dari negara yang sistem pendidikannya bagus, sehingga kualitas pendidikan kita bisa lebih baik sehingga  punya SDM dengan kompetensi bekerja berskala global.

Menurut aku, salah satu kesulitan penerapan kurikulum pendidikan di Indonesia adalah soal administrasi yang ribet. Hal ini sempat aku rasakan sendiri saat  menjadi pengajar praktek lapangan selama satu semester sebagai salah satu syarat mata kuliah. 

Fokus pendidik sebelum mengajar terpecah menjadi dua yang mana mereka diwajibkan menyiapkan administrasi yakni membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan materi, bahan ajar dan mungkin media pembelajarannya. Belum lagi harus menyusun program semester, program tahunan, evaluasi, akreditasi pada waktu tertentu.

Pada akhirnya hal ini mungkin jadi menyebab berkurangnya kualitas mengajar seorang guru. Padahal menurut beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa siswa di Indonesia cenderung memiliki minat belajar yang tinggi.

Jadi, inilah mengapa Indonesia perlu mengadopsi kurikulum internasional pada sistem pendidikannya. Berikut ini peran kurikulum internasional pada sistem pendidikan di Indonesia. Padahal jika dilihat dari kompetensi bekerja lulusan Indonesia sangat bisa bersaing, namun soal kemampuan global life skill kita masih kalah dengan negara tetangga. 

Peran Kurikulum Internasional Pada Sistem Pendidikan di Indonesia

Kurikulum Internasional punya peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga nantinya penerus bangsa ini dapat bersaing dalam dunia internasional. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan menerapkan kurikulum internasional dalam pendidikan di Indonesia.

Penguasaan Bahasa Asing

Salah satu hal positif dari penerapan kurikulum internasional adalah pelajar dapat menguasai bahasa asing, dalam hal ini bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional. Dengan mewajibkan hal tersebut tentunya siswa akan otomatis terdorong untuk menguasai bahasa asing dengan mengintegrasikan dalam pembelajaran siswa sehari-hari.

Saat kuliah aku punya teman masuk pada program studinya yang menyediakan kelas RSBI yang mana merupakan pendidikan internasional, jadi mereka mendapat buku rujukan berbahasa inggris dan bahkan dalam tugas akhirnya wajib ditulis dan dipresentasikan dalam bahasa inggris.

Dengan demikian tentu membuat siswa menjadi lebih siap dan percaya diri untuk menggunakan bahasa internasional saat bertemu orang dari berbagai negara.

Penekanan Pada Kurikulum Saintifik

Sebenarnya Indonesia juga telah menerapkan jenis kurikulum saintifik, hanya saja implementasinya yang kurang maksimal karena tanggung jawab administrasi tersebut. Berbeda dengan implementasi santifik pada kurikulum internasional yang memberikan kebebasan pada pendidik untuk menganalisa kebutuhan belajar siswa serta melakukan asesmen sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pada kurikulum nasional dapat ditemukan metode pembelajaran yang bersifat hafalan, sedangkan pada kurikulum internasional lebih memfokuskan pada project based dan studi kasus yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir tingkat lanjut siswa.

Mengenalkan Masyarakat Dunia

Masyarakat Indonesia pada umumnya sulit berperan dalam dunia global, hal ini pun terjadi pada kebanyakan siswa di Indonesia, dimana mereka tidak merasa sebagai bagian dari masyarakat dunia. Dengan kurikulum internasional secara tidak langsung siswa akan menyadari bahwa ia juga merupakan bagian dari masyarakat global. 

Sehingga siswa akan lebih mudah untuk belajar memahami perbedaan budaya, kultur dan kebiasaan masyarakat di berbagai belahan dunia. Kemampuan seperti inilah yang sangat penting untuk mempersiapkan generasi masa mendatang yang mampu berbicara di kancah internasional.

SDM Berdaya Saing Global

Sejak beberapa tahun terakhir kitatelah memasuki masa Asean Free Trade Agreement yang merupakan perjanjian perdagangan bebas antara negara-negara ASEAN. Tak mengherankan jika saat ini kamu dapat melihat begitu banyak brand/merek dari negara Asean yang hadir di pasar Indonesia.

Tentunya untuk bersaing dan meningkatkan penguasaan pasar di negara lain, kita butuh SDM yang punya kualitas dalam hal pengetahuan, kompetensi bekerja hingga basis pendidikan internasional agar kita punya SDM yang berdaya saing global.

Manfaat kurikulum internasional untuk menguasai kompetensi bekerja


Sampoerna University, Kampus Indonesia dengan Kurikulum Internasional

Sebetulnya beberapa tingkat pendidikan swasta banyak yang telah menggunakan kurikulum internasional. Dan pada tingkat pendidikan tinggi, salah satunya adalah Sampoerna University telah menerapkan secara mantap kurikulum berbasis internasional.\

Standar kurikulum internasional yang diterapkan pada Sampoerna University adalah kurikulum internasional dari Amerika Serikat. Amerika Serikat memang kerap dijadikan acuan oleh negara-negara lain terkait upaya meningkatkan kualitas pendidikan di negara masing-masing.

Sampoerna University diketahui berkolaborasi dengan University of Arizona, menawarkan program Double Degree dimana seorang mahasiswa dapat mendapat gelar sarjana dari dua kampus yakni University of Arizona dan Sampoerna University.

Proses pembelajaran di Sampoerna University mengutamakan pada kemampuan penguasaan kompetensi global yaitu critical thinking, creative, communication dan colaboration dengan menggunakan pembelajaran berbasis project dan studi kasus.

Sampoerna University memiliki 4 fakultas yaitu; fakultas seni dan ilmu pengetahuan, fakultas pendidikan, fakultas teknik dan teknologi serta fakultas bisnis. Yang menarik adalah sebanyak 94 persen dari lulusan Sampoerna University ini telah memperoleh pekerjaan dalam waktu kurang dari 3 bulan.

Dengan bergabung Sampoerna University membuka kesempatan kepada calon-calon penerus bangsa untuk bisa bersaing di dunia global dan tentunya punya wawasan yang tinggi.



Blogger yang suka gambar, desain dan lari. Pecinta drama Korea. Punya mimpi jadi ilustrator

50 komentar

  1. Sangat disayangkan ya, kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh tertinggal. SDM dan pra sarananya aja masih belum bagus. Semoga dengan adanya kampus-kampus seperti Sampoerna University bisa mencetak lulusan berkualitas tinggi.
  2. Tantangan para pemuda kita semakin kompetitif ya. Memang perlu sistem pendidikan yang lebih baik supaya unggul
  3. Program-program atau jurusan di Sampoerna University mostly adalah jurusan yang lulusannya banyak ditunggu di dunia kerja, diperkuat dengan kurikulum internasional, tak heran kalau lebih dari 90% lulusannya siap berkompetisi di dunia kerja
  4. Seiring berjalannya waktu, keadaan berubah. Begitu pula persaingan untuk masa depan. Sehingga, penting banget untuk menyiapkan diri kita agar memiliki daya saing global. Sehingga, memungkinkan kita untuk bisa bekerja di mana saja. Bahkan hingga ke luar negeri.
  5. Daku setuju bang Eko, sebenernya minat belajar siswa maupun mahasiswa terbilang tinggi. Namun memang perlu diimbangi dengan kurikulum yang tepat di lembaga pendidikan tersebut
  6. Kurikulum internasional memiliki peran penting dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia. Dalam era globalisasi, kebutuhan akan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar internasional semakin meningkat. Kurikulum internasional membuka peluang bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan yang lebih luas dan lebih terbuka dalam mengeksplorasi potensi mereka, mengasah keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja, serta memperluas pengetahuan dan pemahaman mereka tentang berbagai budaya di dunia.
  7. kalau anak mau sukses dan mampu bersaing di era globalisasi memang harus banget mempertimbangkan pendidikan ya, terlebih lembaga pendidikan dengan kurikulum internasional. udah jangan ditanya kenapa, karena kurikulum internasional emang kurikulum yang disiapkan agar peserta didiknya mampu sukses di era globalisasi ya
  8. Banyak peranan kurikulum internasional dalam pendidikan, siswa jd lebih siap bersaing global y
  9. penguasaan bahasa asing emang penting ya, plus harus tau wawasan dunia kerja global juga, dan bagus udh difasilitasi di universitas kurikulum internasional nih
  10. banyak peran kurikulum internasional untuk pendidikan di indonesia yaa.. tapi belum banyak yang memberikan, salah satu yang saya tau ya baru SU ini yang pakai kurikulum arizona univ
  11. Gak sabar nunggu Kurikulum internasional diterapkan di seluruh sekolah dan kampus negeri ini. semoga makin maju pendidikan kita
  12. betul. Menggunakan kurikulum internasional membuat SDM Indonesia siap berkancah di belahan bumi mana pun
  13. kurikulum Indonesia memang sudah mengalami banyak perubahan. Dan karena sekarang zamannya globalisasi, maka kurikulum internasional juga harus diterapkan di Indonesia, agar nantinya sudah terbiasa dengan sesuatu yang terjadi di dunia internasional. Nantinya akan bisa bersaing secara global di dunia kerja yang semakin ketat.
  14. Iya nih rangking PISA emang negara kita selalu dapat 10 besar dari bawah. Meskipun sering ganti kurikulum tapi kayanya masih ada yang belum pas. Kayanya penting deh memilih kurikulum internasional seperti yang diterapkan Sampoerna University agar para pelajar bisa mumpuni bersaing di kancah global.
  15. iyaa jurusannya kekinian banget yaaa yang emang industri global butuhkan. kesempatan masuk dunia kerja lebih terbuka ditambah koneksi kuat dan luas dari Sampoerna university
  16. iyaa jurusannya kekinian banget yaaa yang emang industri global butuhkan. kesempatan masuk dunia kerja lebih terbuka ditambah koneksi kuat dan luas dari Sampoerna university
  17. Pasti berbeda sekali ya kurikulum dari segi belajar, project, sampai ada kaitannya dengan melatih kapasitas diri spt critical thinking dan penguasaan bahasa Inggris, nantinya juga berguna untuk hidup pasca kampus. Keren si di Indonesia udah ada yang "mengadopsi" kurikulum internasional ini
  18. Miris banget lihat kondisi pendidikan dlm negeri. Terutama pendidikan sekolah negeri ya. Jadi iri dgn sekolah swasta yg bs melakukan kurikulum internasional. Mereka bs dapat pendidikan berkualitas dan berdaya saing global.
  19. Orang tua kudu aware mualai dari sekarang mempersiapkan anaknya untuk persaingan dunia kerja. kurikulum internasional beneran jadi solusi untuk mempersiapkan anak menuju persaingan dunia kerja dan ngebuat orang tua jadi lebih terbantu dengan masalah pendidikan untuk persaingan global
  20. Pas kenal dengan kurikulum international langsung takjub karena sesuai banget dengan yang dibutuhkan oleh para pelajar ya,belajar sesuai minat dan bakat dan gak dituntut harus mempelajari banyak mata pelajaran. Cuma emang setiap kurikulum punya plus dan minusnya untuk itu Indonesia juga masih dalam tahap berbenah.
  21. Setuju kak, memang harus ditunjang karena kaitannya buat masa depan pendidikan mendatang, dan pastinya terkait dengan generasi juga kan ya
  22. Dulu waktu masih sekolah suka protes sendiri, kenapa kurikulum itu sering berubah-ubah terus.eh, ternyata memang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia ya.
  23. Ngomongin kurikulum internasional jadi teringat ketika masih ada sekolah RSBI. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, di SMP SMA sudha menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Saat ada lomba bahasa inggris pun jadi makin mudah memilih kandidat peserta. Sayangnya tidka berlanjut. Tapi bersyukur soalnya ada Universitas yang menerapkan kurikulum internasional jadinya masih bisa mengejar ketertinggalan kita
  24. Manfaat adanya kurikulum internasional di indonesia ini luar biasa. Ini perlu pemikiran terbuka dari seluruh stakeholder yang ada di negara ini.

    Sehingga semuanya bersinergi mendukung kualitas pendidikan setaraf internasional.
  25. Selain skill, kemampuan berbahasa inggris memang tidak bisa dianggap remeh. Memiliki kemampuan berbahasa inggris dengan baik dan mumpuni, maka akan siap dengan persaingan global.
  26. penguasaan bahasa asing ini memang harus lebih diperhatikan lagi ya, secara ini adalah kunci di masa depan.
    jika anak dari kecil sudah diperkenalkan dengan bahasa asing, akan jadi lebih mudah untuk menguasainya dan nantinya bisa bersaing di masa depan.
    bisa kuliah di universitas yang sudah menerapkan kurikulum Internasional ini tentu lebih membanggakan ya, apalagi bisa merasakan kuliah di dua universitas berbeda, gelarnya pun juga jadi lebih keren ya.
    bisa jadi bekal saat mencari kerja nih )
  27. Indonesia ini sering banget ya ganti kurikulum, terus banyak bgt administrasinya, murid juga harus banyak menghafal. Dan mungkin sudah saatnya sih sekolah di Indonesia menggunakan kurikulum internasional.
  28. bener banget, apalagi persaingan dunia kerja semakin ketat. Tak hanya cukup emngandalkan Ijazah, Harus punya skill yang lain untuk bisa bersaing dengan sehat
  29. Indonesia keren banget nih.. Karena berbekal bonus demografi yang bisa ditingkatkan dengan SDM yang berkualitas sehingga mampu berdaya saing tinggi di dunia kerja dan kabar baiknya, sudah ada Sampoerna University di Indonesia dengan kurikulum yang sesuai dengan karakter anak zaman sekarang plus kebutuhan dunia kerja. Klop banget.
  30. Demi generasi unggul Indonesia di masa depan, maka kurikulum kita harus lebih baik
  31. Lulusan Sampoerna University memang gak perlu diragukan lagi. Apalagi jika mengadopsi dari kurikulum Amerika. Pasti alumnisnya berdaya siang tinggi
  32. Dulu Kak Seto pernah bilang kurikulum Indonesia nggak berubah dari zaman Belanda. So sad sih.
  33. Makanya sistem pendidikan di Indonesia harus segera dibenahi ya, Mas. Kalau sampai tertinggal, ya otomatis lulusan nanti akan ketinggalan dari lulusan luar negeri. Akhirnya peluang bersaing semakin kecil. Bahkan bisa saja peluang dalam negeri, diambil oleh pekerja asing.
  34. memang bagus ini sampoerna university karena memberikan kurikulum internasional yang sudah dari arizona university, salah satu yang terbaik di amerika serikat
  35. Jadi kudu tepat pilihan orang tua untuk menyekolahkan anaknya sekarang biar saat lulus bisa siap kerja
  36. Benar juga ya, Mas. Di Indonesia sistem administrasinya agak ribet sehingga guru sudah lelah dulu mengerjakan setumpuk laporan, padahal tugas utama mereka adalah mengajar dan memotivasi anak didik supaya bahagia belajar. Ini gak bisa dilakukan dalam kondisi seorang guru sudah lelah.
  37. Penguasaan bahasa Inggris sekarang dibutuhkan dimana mana ya. Bagian dari kurikulum internasional nih yang harus dimiliki mahasiswa sekarang. Biar bisa bersaing di dunia global
  38. Semoga kurikulum inteenasional bisa berlaku di banyak sekolah ya. Jadi anak tidak hanya menghafal.
  39. Bukan main upaya Sampoerna University untuk ikut memajukan pendidikan dalam negeri agar generasi penerus bangsa ini bisa memiliki daya saing dengan penerapan kurikulum internasional dan berkolaborasi dengan Arizona University
  40. Aku juga nyari2 sekolah kalau bisa yang ada kurikulum internasionalnya gini, biar nanti ke Sampoerna University ngga kesulitan adaptasi hehe..Ngga heran kalau 94% lulusannya mudah mendapatkan kerja yaa dimana2.
  41. Critical thinking penting banget tuh. Kerasa banget soalnya kalo diajak mikir sama orang luar tuh detail dan kritis..
  42. Semoga kurikulum pendidikan di Indonesia terus berbenah dan mulai menerapkan kurikulum seperti standard internasional ya.
  43. Harapan yang sama dengan Mas Hendra, semoga lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia dapat mencetak lulusan yang memiliki kualitas tinggi dengan kompetensi yang mumpuni
  44. enaknya pakai kurikulum internasional tuh gak berpatok sama hafalan, dan lebih mendorong potensi pengembangan siswanya ya :D
  45. Kurikulum internasional dalam pendidikan Indonesia memang sangat besar peranannya karena pastinya membuat kualitas generasi mudah Indoseia semakin membaik dan pastinya siap memasuki dunia global baik itu pekerjaan atau pun melanjutkan soal pendidikan
  46. Udah 11 kali ganti kurikulum ternyata ya kementerian pendidikan di Indonesia. Tapi setuju sih kalau anak2 yang sekolahnya pakai kurikulum internasional tuh lebih siap untuk bersaing secara global. Wah kalau enggak dapet kesempatam sekolah dengan kurikulum internasional, bisa nih ngampusnya aja ke Sampoerna University. Keren banget nisa double degree
  47. Iya. Setuju dengan pendapatnya Kak Eka. Kurikulum internasional ini emang disiapkan buat anak-anak di era globalisasi ini biar mereka jug bisa tumbuh dengan memiliki kompetensi global
  48. Kurikulum memang menentukan keberhasilan pendidikan ya, Kak. Semoga ke depannya, semakin banyak sekolah/kampus yang menerapkan kurikulum internasional ini ya.
  49. Zaman sekarang, bisa bahasa Inggris itu wajib yaaa? Jangankan mahasiswa, anak TK aja sudah dikenalkan bahasa Inggris. Menurut aku bagus sih, buat mengahadapi masa depan.
  50. Sepakat. Semoga kualitas pendidikan tinggi di negeri ini makin baik dan makin mudah dijangkau oleh masyarakat.
Terima Kasih atas kunjungannya.
Yuk tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling diskusi :)
© Bangekoo Personal Blog. All rights reserved. Modified by Wahyu Eko